Kamis, 13 Juni 2019

Drama Misteri Fantasi : Hotel del Luna




Hotel del Luna. Drama Hong Sisters terbaru yang membuatku tertarik setelah mengetahui sinopsis awalnya. Drama ini bergenre misteri fantasi mengenai sebuah hotel untuk arwah gentayangan (terinspirasi dari Hotel Transylvania mungkin?). Kemewahan hotel ini hanya bisa dilihat oleh roh-roh yang tidak bisa meninggalkan dunia. Sedangkan di mata orang biasa, hotel ini hanya hotel tua yang kumuh di tengah kota Seoul.


CEO hotel ini adalah seorang wanita cantik bernama Jang Man Wol (IU). Hotel tak biasa tak mungkin dikelola orang biasa. Jang Man Wol adalah orang yang dikutuk atas dosa yang diperbuatnya lebih dari ribuan tahun lalu. Karena ia tidak bisa menemukan orang yang melakukan dosa lebih besar dari dirinya, ia terperangkap menjadi presiden Hotel del Luna selama 1000 tahun.

Waktunya terhenti sama seperti pohon bunga di taman hotel yang belum berbunga sejak ribuan tahun lalu. Dia hanya ada begitu saja. Meski kecantikan dan keanggunannya seperti bulan, ia sebenarnya roh tua yang bertemperamen buruk, serakah, plin plan, penuh kecurigaan, dan boros.

Ia tidak ingat masa lalunya hingga ia juga tidak ingat dosa apa yang dulu telah diperbuatnya. Ia tidak bisa meninggalkan hotel dengan bebas tanpa ditemani tubuh manusia. Karena itu ia menggunakan kelemahan manusia untuk mengikat mereka pada Hotel del Luna dengan menjadikan mereka pegawai.

Salah satunya adalah Goo Chan Sung. Suatu malam ia tidak sengaja tidur di sisi Goo Chan Sung dan bermimpi mengenai peristiwa 1000 tahun lalu. Untuk mengetahui dosa apa yang telah ia lakukan dahulu, ia berbagi tempat tidur dengan Chan Sung.


Goo Chan Sung (Yeo Jin Goo) adalah seorang ahli perhotelan super elit namun berkepribadian terlalu obsesif, kemungkinan OCD. Ia bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Karena tidak terima dengan mendapat hasil IQ 129, ia belajar keras hingga mendapat nilai 143 setelah 4 kali mengikuti tes. Ia tidak terlahir berbakat tapi membuat dirinya sendiri menjadi seorang jenius. Meski terlihat rasional dan kurang ajar, ia sebenarnya terganggu dengan kenyataan ia tidak terlahir jenius. Dan nyatanya ia seorang yang polos dan mudah dimanipulasi.

Ia sudah mendapat posisi asisten manajer termuda sebuah perusahaan hotel multinasional. Tapi karena perjanjian bodoh yang dibuat ayahnya dengan Jang Man Wol 30 tahun lalu, ia dipindah ke Hotel del Luna. Pada akhirnya, ahli hotel top Goo Chan Sung menjadi manajer di hotel tua dan kumuh del Luna.

Selama ia bekerja di sana, ia mengalami berbagai peristiwa menarik. Lalu datanglah seorang tamu tak diundang dan tak diharapkan, teman terdekatnya yang pernah ia bunuh (ngga sengaja sepertinya). Temannya datang untuk membalas dendam.

 Para pemeran lain



Jung Dong Hwan sebagai Manajer No
Shin Jeong Geun sebagai Kim Sun Bi
Bae Hae Seon sebagai Choi Seo Hee
PO sebagai Ji Hyun Joong
Lee Do Hyun sebagai Go Cheong Myeong
Lee Tae Sun sebagai Yeon Woo
Seo Yi Sook sebagai Dewi Mago
Kang Hong Seok sebagai Malaikat Kematian
Kang Mi Na sebagai Yoo Na
Jo Hyun Cheol sebagai Sanchez


Sumber: Soompi forum 

Menarik bukan? Tapi terus terang meski aku menonton banyak drama Hong Sisters dan beberapa pernah aku recaps (Best Love, Big, The Master’s Sun), drama mereka akhir-akhir ini kurang mengena terutama di bagian ending.

Ciri khas mereka adalah keunikan mereka membuat metafora-metafora unik sepanjang drama yang komedik namun bermakna.  Walaupun ide-ide mereka selalu fresh dan menarik di awal, seringkali mereka tidak bisa mengakhiri dengan mulus cerita yang sudah mereka bangun. Contoh yang paling menyakitkan adalah Big dan yang terbaru adalah Hwayugi.  Dan sepertinya hampir selalu ada lompatan waktu di episode terakhir untuk endingnya. Lompatan waktu yang seringkali sebenarnya tidak dibutuhkan. Apalagi kalau setelah ada lompatan waktu pun endingnya tidak sesuai harapan para penonton.

Aku sangat tertarik dengan drama ini, selain karena ceritanya juga karena pemerannya IU dan Yeo Jin Goo yang semakin bagus aktingnya. IU membuktikan kemampuan aktingnya melalui My Ahjusshi. Dan karakter Jang Man Wol sepertinya ada beberapa kemiripan dengan Cindy (Producers). Sedangkan Yeo Jin Goo meski tergolong muda, tidak bisa dianggap pemula. Terutama akting kerennya di The Crowned Clown.

Selain itu Hong Sisters juga bukan kali ini saja membuat drama dengan tema hantu. The Master's Sun dan Hwayugi adalah dua drama mereka yang menampilkan sosok-sosok menyeramkan. Mudah-mudahan tidak membuat jantungan saat menonton malam-malam ya XD

Baca juga : Read If You Dare, The Ghosts of The Master's Sun

Aku berharap dengan drama kali ini, Hong Sisters bisa menunjukkan ending yang baik, setidaknya happy ending seperti  beberapa drama mereka terdahulu yang kusukai: Sassy Girl Chun Hyang, My Girl, You’re Beautiful, My Girlfirend is a Gumiho (walau tetep jadi gumiho), Best Love, dan The Master’s Sun.

Bagaimana dengan teman-teman? Apakah tertarik untuk mengikuti drama ini?

4 komentar:

  1. Wah.. jadi kangen dg sinopsis Mba Fanni

    BalasHapus
  2. Aa mb Fan ditunggu sinopsisnya kangen tulisan mb Fan ��

    BalasHapus
  3. bikin sinopsisnya mbak fan

    BalasHapus
  4. Iya mbak, bikin dong sinopsisnya, suka selalu sama komentar nya

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)