Rabu, 27 Juli 2011

Sageuk: Perpaduan Apik Sejarah, Drama, dan Budaya

credit to: thundie

Sageuk apa hubungannya dengan Ki-young (Heartstrings) lagi nyanyi? Penasaran? Akan aku jelaskan^^

Sageuk. Hal pertama yang terlintas di pikiran adalah sejarah. Jumlah episode yang banyak. Kolosal. Dan umumnya berakhir tragis (walau tidak semua). 

Sageuk pertamaku adalah Jewel in The Palace (Dae Jang-geum-2003). Jujur, aku tidak menonton semua episodenya dan pada masa itu belum ramai blog sinopsis Drama Korea. Namun aku tertarik dengan pengetahuan luar biasa Dae Jang-geum mengenai pengobatan dan seni memasak. Dan ternyata ia benar-benar tercatat dalam sejarah Korea sebagai satu-satunya tabib kerajaan wanita.


 
Sageuk kedua, Hwang Jini (2006). Diperankan oleh Ha Ji-won dengan begitu luar biasa mempesona. Tarian yang dibawakan sangat indah bahkan aku terpukau dengan tarian memukul drum yang dibawakan Bu-yong, rival Jini. 



Sageuk ketiga, Queen Seon Deok (2009) yang diputar di Indosiar. Sama seperti pada Dae Jang-geum, aku awalnya tidak tertarik karena menurutku drama seperti ini panjang dan alurnya penuh intrik dan berbelit-belit. Tapi suatu ketika aku menonton salah satu episodenya dan melihat kepintaran Deokman. Insting feminisku bangkit. Aku suka dengan tokoh utama wanita yang  pintar, berakal, melebihi para pria. Yup, aku juga menyukai Mishil, lengkap dengan tatapan mautnya. 

Rasa tertarik membuatku mengubek-ngubek mencari sinopsis drama ini. Mengapa? Karena aku sudah ketinggalan jauh (aku mulai menonton di episode 20-an). Aku ingin tahu crita sageuk ini lengkap dari awal tanpa perlu menonton dari awal.  Aku penasaran darimana Deokman ini datang? Dan sejauh mana sageuk ini mengikuti sejarah aslinya?



Pencarianku membawaku ke blog Tirza (kadorama-recaps). Angkat jempol untuk Tirza yang bukan hanya membuat sinopsis sageuk 62 episode ini, tapi juga menyertakan sejarah aslinya. Tak berhenti di situ, aku ikut mengubek-ngubek wikipedia mengenai sejarah Silla dan terkagum-kagum dengan bagaimana sang penulis drama meramu cerita sedemikian rupa hingga esensi sejarah tak hilang. (Walau aku masih merasa pahit dengan kematian Bidam yang tragis >,<)



Sageuk berikutnya adalah Dong Yi. Lagi-lagi tokoh utamanya adalah seorang wanita yang pintar. Menghadapi lawan seorang wanita yang tak kalah pintar, Jang Hee-bin. Kali ini aku mulai mencari referensi sejarah Dong-yi dari Wikipedia, juga melalui Jackie dari blog Dramatomy. Sama seperti Tirza, Jackie menyertakan latar belakang sejarah sageuk ini begitu detil, sampai ke pemilihan ornamen rambut dan pakaian selir raja melalui tingkatannya. Luar biasa bukan? Mereka inspirasiku^^



Bersamaan dengan hampir berakhirnya Dong Yi (2010), Sungkyunkwan Skandal (2010) mulai ditayangkan di Korea. Sageuk fusion ini membuatku tertarik karena adanya Raja Jeongjo. Mengapa? Karena Raja Jeongjo adalah cucu Yeoning (putra Dong Yi yang menjadi Raja Yeongjo). Sesederhana itu.  



Bila dilihat-lihat hampir semua sageuk yang pernah kutonton pemeran utamanya adalah wanita. Wanita diakui sebagai tabib untuk raja (Dae Jang-geum),  ratu yang memerintah kerajaan (Deokman), selir yang dicintai rakyat (Dong Yi), bahkan bersekolah (Kim Yun-hee), merupakan hal yang langka pada jaman itu. Bagaimanapun juga Korea seperti negara-negara Asia lainnya, menganut sistem patriarki yang mengagungkan garis keturunan lelaki. Dalam sageuk, kita bisa merasakan perjuangan mereka untuk mencapai visi dan impian mereka. 

Hal lain yang menonjol dalam sageuk adalah kebudayaan Korea masa lampau. Aku membayangkan betapa beratnya ornamen rambut yang harus mereka pakai. Hanbok yang berlapis-lapis. Juga cara menghormat yang membungkuk sampai ke tanah. Beberapa tradisi itu tetap terjaga dan dapat kita lihat dalam drama modern.
Bicara mengenai budaya, tak lepas dari dunia seni. Soundtrack sageuk umumnya menyertakan lagu-lagu dengan irama dan alat musik khas Korea. Perpaduan seni tradisional dan modern, membuat lagu-lagu dan irama terebut enak didengar. Aku masih bisa mengingat soundtrack Dae Jang-geum..Ohnara ohnara…
Baru-baru ini aku blogwalking ke blog Thundie dan menemukan sebuah lagu yang hingga saat ini masih terngiang di telingaku. Lagu ini dinyanyikan oleh Ki-young (Lee Hyun-jin) dalam drama Heartstrings episode ke-3. Ia menyanyikannya dengan luar biasa, diiringi petikan gayageum Kyu-won dan alat musik tradisional lainnya. 



Tak cukup sampai di situ, Thundie menyertakan sebuah klip video dari mana lagu indah itu berasal. Lagu itu berjudul “If I Leave”, dinyanyikan oleh Jo Sumi (pernah muncul sebagai cameo dalam Dream High, sebagai guru Hye-mi). Ternyata lagu tersebut merupakan soundtrack sageuk “Empress Myeongseong” (2001). Berikut klipnya (alert: mengandung spoiler akhir sageuk ini) :


Menarik namun tragis. Maka aku mulai mengubek-ubek kembali sejarah Korea dan mencari siapakah permaisuri ini? Mengapa Jepang sangat ingin membunuhnya dan malah melepas sang raja tak tersentuh sedikitpun? Penasaran bukan? ^^


Bagiku sageuk adalah sebuah petualangan ke masa lalu. Menyenangkan, mendebarkan, mengiris hati, namun membuka pikiran. Satu-satunya yang diperlukan untuk mengalami petualangan itu adalah : waktu.....

16 komentar:

  1. ^^
    seneng ma bahasannya mbak fanny!!!
    sampe blogwalking karena pensaran ma satu "petunjuk" wkwkwkw..
    thanks mbak :D

    BalasHapus
  2. @diar: you're welcome^^ blogwalking memang menyenangkan hehehe...

    BalasHapus
  3. ups sorry, bukan diar...tapi Dira^^

    BalasHapus
  4. aku juga tertarik dengan cerita ini hingga menginspirasiku dan memotivasiku selama ini!

    BalasHapus
  5. @yume: sageuk penuh inspirasi^^ paling suka sageuk yg mana?

    BalasHapus
  6. salam kenal buat mbak fany. nonton drama saeguk awalx q krg suka krn pikirx cerita ttg masa llu, gak modern. jd waktu masa tayangx great seon doek q gak full nontonx. tp ketika nonton dong yi q jd bnar2 tertarik....... sweet drama, sampai q juga jdix tergila-gila sma TMTETS baca sinopsis yang dibuat sma mbak fany wlaupun blm nonton dvdx.krn sprtx dri tulisan mbak fany q da nonton. tq buat kerja kerasx. maia

    BalasHapus
  7. Min
    jenis dramkor yg plg aq suka tUh saeguk
    krn crtany brisi bgd
    tp klw gak dr awl nNtnnya
    pSti agak susah ngikuTin
    krn pemaennya bejibun plus mukanya mirip2 y min....

    BalasHapus
  8. Mbak, sageuk hwang jini yg dibawakan sama ha jiwon paling berkesan ya? Klo mbak fanny terpukau tarian memukul drum, aku paling kagum waktu jini berlatih tari pedang, di pinggir (tengah ?) sungai dilatih sama mae hyang orishin (yg juga gurunya buyong kan?)
    Dae Janggeum sageuk pertama jg yang aku tonton. Sebetulnya ada juga legend mbak, dullu drama itu paling populer di tahun 2007 kalo g salah

    BalasHapus
  9. saeguk pertama yang aku tonton itu Dae Jang Geum, emang keren... ada ilmu pengetahuannya terutama masakan dan obat-obatan, plus intrik istana yang bikin geregatan apalagi lihat Dayang Choi. Tapi seaguk yang paling berkesan ya... Hong Gil Dong. meski bukan murni saeguk, tapi aku suka banget. Semua unsur jadi satu., ada komedi, action, roman.

    BalasHapus
  10. Makasih infonya!

    BalasHapus
  11. wah..ternyata ada saeguk empress myeongseong yah ?......

    lagi cari film itu...soalnya sejarahnya berbeda2 ceritanya.....

    tengkyu infonya yah

    san

    BalasHapus
  12. Ga pernah ngelewati saeguk....
    Sekarang lg hobby baca sejarah joseon.. cuz bingung ma sejarah nya dong yi dan jang ok jung (jang hee bin)...
    Semua ngeklaim mereka yg benar dan mennyudutkan yg lain

    BalasHapus
  13. mbak Fanny...i love you
    tengkyu ya untuk sinopsisnya. Bener2 memkau dan bikin penasaran. Apalagi yang saeguk, bener2 sampe dihati heheh

    BalasHapus
  14. pertama tertarik krn ad gambarnya ki-young lg nyanyi di heartstring
    yup, aq ud ngubek2 lagu ini ga nemu jg
    akhirnya ketemu disini
    pertama denger di you are beautiful, jdi soundtrack waktu versi imajinasi ortunya go mi nam
    kedua denger dinyanyiin ki-young, masih bareng park shin hye lagi
    mari donlot
    ^_^

    BalasHapus
  15. Wah mba fany lgi ngomongin saeguk ya..drama saeguk pertamaku adl sungyungkwan scandal...jatuh cinta sama yoo ah in sama tuk pertama kalinya :D pdhal dsitu ada si nice guy soo joong ki....makasih mba fany wat inponya :)

    BalasHapus
  16. Sejarah kerajaan korea begitu menarik dlm beberapa dramanya..saya menyesalkan kenapa sejarah indonesia tidak bisa dibuatkan drama2 seperti korea...
    Btw saya juga mulai perhatikan sejarah korea dr bloknya tirza..dan jd pemerhati sejarah korea krn beliau..tq

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)