Rabu, 21 Januari 2015

Final Review: Pinocchio

tumblr_ni7kl5EWrK1sl7awmo1_1280

Meski drama ini sudah diperkirakan happy ending, tetap saja episode terakhir menjadi episode yang paling dinanti^^

Dalam review ini aku akan membahas sedikit endingnya dengan lebih menekankan pada masing-masing tokoh dalam drama ini. Alur dalam drama ini memang bagus, tapi kita tidak akan terpikat pada drama ini tanpa terpikat pada para tokohnya. Ketika aku membuat sinopsis episode 18, tiba-tiba aku merasa sedih karena menyadari tidak akan bertemu dengan para karakter yang kusukai.

피노키오

Happy ending for everyone….kecuali Madam Park Ro Sa tentunya. Sampai akhir ia tidak menyadari kesalahannya. Ia tetap menganggap dirinya seorang yang penting dan memiliki kekuasaan meski seluruh kekayaannya beralih menjadi milik orang lain. Miris sih…mengingat ia seorang ibu yang sangat menyayangi anaknya.

Salut untuk Kim Hae Sook yang aktingnya luar biasa.Senyum manisnya yang di awal nampak lucu, di episode-episode terakhir malah membuat ngeri. Keren deh pokoknya^^

ki-00290ki-00041  

Begitu juga Jin Kyung yang memerankan Cha Ok. I like her^^ Aku sudah melihat penampilannya di Nice Guy (sebagai Sekretaris Hyun), Gu Family Book (sebagai Gonita), It’s Okay That’s Love (sebagai Young Jin). Meski di Nice Guy dan Gu Family Book ia menjadi pemeran pembantu, tapi kemunculannya selalu memberikan dampak yang membuat kita mengingatnya. Dalam dua dramanya terakhir, ia semakin menempati peran penting. Dan kabarnya, ia juga akan berperan dalam drama Blood yang diperankan Ahn Jae Hyun^^

Demi menapaki tangga karier, Cha Ok telah mengorbankan hati nuraninya. Dan untuk menutupi rasa bersalahnya, ia mengeraskan hatinya dengan terus meyakinkan dirinya bahwa ia tidak bersalah. Aku yakin ia tidak sedingin itu ketika ia masih menjadi seorang isteri dan ibu.

Perasaan bersalahnya yang membuatnya bersikap dingin seolah tak mempedulikan perasaan orang lain. Terlalu banyak yang ia korbankan demi kariernya. Ia sudah melepaskan In Ha demi karier. Ia sudah mengubur hati nuraninya demi karier. Jika ia bersikap lemah sedikit saja, semua pengorbanannya sia-sia.

Tapi In Ha dan Dal Po terus menohoknya dengan keputusan benar yang mereka lakukan. Dal Po mengungkapkan kebenaran tentang kebohongan pemilik bis meski itu artinya melepaskan kesempatan untuk membalas dendam. In Ha melepaskan pekerjaan impiannya demi melakukan hal yang benar. Kedua anak muda itu membuatnya malu dan mengorek hati nuraninya hingga akhirnya ia menyerah dan memutuskan untuk memperbaiki kesalahannya.

ki-00279ki-00048 

Kedua anak hebat itu adalah Dal Po dan In Ha. Keberanian mereka memilih kebenaran membuat terobosan baru.

Namun karakter yang lebih berkesan untukku adalah In Ha. Aku tidak pernah menyangka bahwa tidak bisa berbohong adalah hal yang menyulitkan XD Apakah kebohongan sudah menjadi hal yang lazim di dunia ini, sehingga kejujuran malah terasa aneh?

Sejak kecil kita diajari untuk tidak berbohong dan harus selalu jujur. Karena itu awalnya aku pikir malah enak menjadi seorang Pinocchio karena ia tidak perlu bersusah payah untuk tidak berbohong. Tapi ternyata tidak juga ya…. Ada kalanya kita memang ingin menyembunyikan perasaan kita.

Hebatnya, In Ha menerima “kelebihan”nya itu. Ia memilih berkata jujur dan menerima konsekuensinya daripada menghindar untuk bertemu dengan orang lain. Kejujurannya menyegarkan dan mempermalukan mereka yang bermuka dua. Orang-orang tersentak dengan kejujurannya, tapi akhirnya mereka merasa malu dan menghargai kejujuran In Ha.

In Ha adalah peran yang sangat cocok untuk Park Shin Hye. Dalam kehidupan aslinya, Park Shin Hye lebih mendekati karakter In Ha dibandingkan dengan karakter-karakter dalam drama-dramanya sebelumnya. Ia seorang yang ceria, sangat percaya diri, dan juga blak-blakan dalam berbicara^^

ki-00292ki-00275 

ki-00142ki-00194

Sebaliknya Dal Po sejak awal bertemu dengan In Ha sudah harus berbohong. Ia harus berpura-pura menjadi Choi Dal Po demi kakek. Ia menyembunyikan jati diri keluarganya dari Dal Pyung, ia juga sempat berbohong pada kakaknya. Aku ingat kata-katanya pada Dal Pyung,” Apa salahnya mengatakan sedikit kebohongan?”

Tapi pada akhirnya, Dal Po menyadari bahwa semenyakitkan apapun sebuah kebenaran, tetap lebih baik kebenaran daripada kebohongan. Karena kebohongan pada suatu saat akan terungkap dan kebenaran akan muncul. Itulah yang membuat Dal Po berani mengakui pada Kakek mengenai hubungannya dengan In Ha meski hubungan mereka ada kemungkinan tidak direstui. Tidak ada lagi kebohongan.

Lee Jong Suk memerankan Ki Ha Myung/Dal Po dengan sangat baik. Aku bisa merasakan ia nyaman dengan perannya hingga ia bisa memerankannya dengan total. Aktingnya yang paling menohok adalah saat ia mengakui pada Jae Myung bahwa ia adalah Ha Myung. Ia benar-benar terlihat seperti Ha Myung kecil yang baru bertemu kembali dengan kakaknya. Astaga…hanya mengingatnya saja sudah membuatku berkaca-kaca…

ki-00291 ki-00134

 ki-00274 ki-00261

Bum Jo, the sweet mama boy. Awalnya kita hanya menganggapnya anak mama yang cute, tampan, dan menyukai In Ha. Tapi semakin kita mengenalnya, kita menyadari kebaikan hatinya. Bahkan ketika ia diperhadapkan situasi sulit, ia mampu memutuskan hal yang benar meski itu artinya ibunya harus dipenjara.

Percakapannya dengan Dal Po di akhir episode 19 meninggalkan kesan yang sangat mendalam. Terutama ketika ia mengatakan ia adalah seorang reporter, meski hanya sebentar. Padahal jika kita ingat, alasan pertamanya menjadi reporter adalah demi bertemu dengan In Ha^^

 ki-00276ki-00987 

Bersama dengan Yoo Rae, bertemanan mereka berempat mengasyikkan untuk ditonton. Lee Yoo Bi lucu dan cute banget dalam drama ini, berbeda jauh dengan perannya dalam Gu Family Book^^ Ekspresinya dan tingkahnya selalu memancing senyum dan tawa.

Banyak yang bertanya-tanya apakah Yoo Rae bersama dengan Gyo Dong pada akhirnya. Sayangnya, aku tidak merasa mereka bersama^^ Gyo Dong memang menunjukkan rasa suka, tapi Yoo Rae sendiri menurutku belum mencapai tahap benar-benar suka. Ia hanya seperti seorang gadis yang mencari cinta. Karena itu patah hatinya tak pernah lama dan ia dengan mudah beralih pada orang lain.

Tapi itu yang kusuka dari Yoo Rae. Di tengah kemelut rumit di antara para tokoh utamanya, ia menjadi penyegar dan penyeimbang. Sepertinya untuk karakter seperti ini diperlukan satu seri drama baru lagi untuk memperlihatkan ia jatuh cinta XD

ki-00052ki-00125

Jangan lupa dengan ayah dan kakek^^ Mereka adalah alasan kenapa Dal Po dan In Ha tumbuh menjadi anak-anak yang baik, peduli pada orang lain, dan tidak egois. Mereka adalah penyemangat dan pendorong kedua anak muda hebat itu. Meski awalnya kakek tidak menyetujui hubungan Dal Po dan In Ha karena di hatinya Dal Po adalah puteranya, tapi sudah kita duga bagi kakek yang terpenting adalah kebahagiaan dua anak muda itu^^

Meski ayah terlihat penggerutu, tapi ia menyayangi Dal Po dan In Ha. Justru karena kata-katanya yang seringkali pedas, sedikit senyum saja sudah membuat kita tahu bahwa ia sebenarnya peduli ;)

ki-00288 ki-00289

Selain Fantastic Four (Dal Po, In Ha, Boom Jo, Yoo Rae), aku juga menyukai para reporter senior dalam drama ini, terutama para reporter YGN. I’ll miss them :’)

ki-00278 ki-00280

ki-00281 ki-00282

ki-00286 ki-00284

Oya, ada Chan Soo juga^^ Umur 25 tapi seperti 15 tahun hehe....

ki-00010 ki-00011

Dan satu karakter yang membuat kita simpati sejak awal. Jae Myung. Seorang yang kita anggap lebih menderita karena ia harus berjuang sendirian karena mengira adik dan ibunya sudah tiada, dan hidup hanya untuk menanti ayahnya. Seorang yang sayangnya melakukan kesalahan yang fatal dalam hidupnya.

Tapi ia menebusnya dengan menyerahkan diri dan menjalani masa hukumannya. Sama seperti teman-teman, aku juga merasa kehilangan Jae Myung di episode terakhir meski ia sempat muncul untuk kilas balik adegan pemotretan. Tapi kuanggap Jae Myung masih menjalani masa hukumannya.

Meski terbukti Presdir Park bersalah karena melakukan korupsi dan memerintahkan manipulasi berita, tapi Jae Myung tetap sudah membunuh 3 orang. Dan sepertinya kesalahan seberat itu tidak mungkin hanya dihukum setahun saja.

ki-00015  ki-00293

Shin Jae Ha (drama Pinocchio ini drama pertamanya lho^^) dan Yoon Kyung Sang (ini drama ketiganya setelah Faith dan Gap Dong) memerankan Jae Myung dengan sangat mengesankan. Berharap karir mereka semakin sukses dan semakin sering muncul dalam drama-drama.

ki-00300ki-00170 

Awal drama ini dimulai dengan peristiwa kebakaran tragis yang membuat Ha Myung kehilangan ayahnya. Lalu manipulasi berita dari reporter bernama Song Cha Ok membuat Ha Myung kehilangan ibunya dan terpisah dari kakaknya.

Kita diperlihatkan bagaimana sebuah berita mempunyai kekuasaan untuk menghancurkan hidup seseorang. Bagaimana sesuatu yang diyakini sebagai suatu kebenaran bisa menghancurkan hidup orang lain.

Penulis tidak tanggung-tanggung memperlihatkan akibat dari suatu pemberitaan yang dimanipulasi. Tapi, penulis juga menutup drama ini dengan memperlihatkan bagaimana sebuah pemberitaan bisa mengungkap kebenaran dan menghukum mereka yang bersalah.

ki-00310 ki-00029

Drama ini memperlihatkan bagaimana seharusnya reporter melakukan pekerjaan mereka. Menjadi reporter bukanlah untuk menjadi terkenal karena sering muncul di layar kaca. Menjadi reporter bukanlah mencari cara agar mendapat rating tinggi dengan mendramatisir suatu berita. Menjadi reporter bukanlah untuk melindungi kepentingan pribadi, atasan, atau kelompok tertentu. Menjadi reporter adalah memberitakan apa yang harus diketahui semua orang, apa yang harus diketahui pemerintah, apa yang harus diketahui dunia.

Ketika ada ketidakadilan, reporter bisa menjadi alat untuk menyuarakan ketidakadilan tersebut agar diketahui banyak orang. Ketika ada bahaya, reporter bisa menjadi alat peringatan bagi masyarakat. Ketika ada bencana, reporter bisa menjadi mata para pemirsa untuk mengetahui apa yang dibutuhkan para korban. Reporter adalah mata, telinga, dan mulut masyarakat. Seharusnya reporter menyadari beratnya tugas mereka ini dan konsekuensi yang timbul jika mereka memberitakan hal yang salah.

ki-00243

Sayangnya, banyak media belum menyadari itu. Mereka menggunakan judul-judul berita yang didramatisir hingga bila tidak membaca keseluruhan beritanya orang-orang bisa salah tafsir. Mereka melaporkan berita tanpa mempedulikan perasaan orang-orang yang terkait dalam pemberitaan tersebut. Dan sering mereka melaporkan berita demi kepentingan kelompok atau golongan tertentu. Padahal seharusnya media bersikap netral dan hanya melaporkan kebenaran.

Topik yang berat ini berhasil diramu oleh penulis Park Hye Ryun menjadi cerita yang menarik dan sarat makna. Aku kagum melihat bagaimana penulis menggunakan judul dongeng-dongeng terkenal pada setiap episode. Bermula dari Pinocchio hingga Peter Pan, setiap judul dongeng berkaitan dengan tema yang hendak disampaikan penulis. Luarrrr biasa^^

62b6a9c5jw1eocf2f30abj20sg0iywkz

Beberapa foto saat acara pesta usainya Pinocchio: (aku tidak menemukan foto Jong Suk, tapi Jong Suk hadir kok^^)

zwj1vb B7d7cS4CIAQ_scq

91e8af3dgw1eobn3plj5ij20c80nzwhiB7eIpOZCQAAyPIG  

Dua orang ini penampilannya keren^^

c0p9ru6286e43ejw1eobsc8drh1j20hs0vkgpu

B7dzKKgCUAAcwqXB7d6YWJCcAAZJDG

B7d35t-CEAACrCkB7dzg7ICQAAJ40b 

B7d4prbCEAA-bQx B7dzhO5CQAA7CBd

B7d6JGbCEAAea6-B7d3qxRCIAE9uEL    

B7dz3l5CEAI_CMA B7dz4OTCUAAmvEt     

10665568_1552455171678253_1645456015_n

Rujuk nih ceritanya^^

Beberapa foto  BTS:

WnYJCU

Cantik mana?^^

tumblr_ni9ewi9Pv21r2n2w2o1_1280

Ahahahaha XD Snack vampire...ini guru dan murid yang cocok^^

B7diE_TCEAAJBP_

Astaga...kalau ada adegan ini bisa langsung dijadiin berita^^

tumblr_ni9fpray8G1sl7awmo1_1280  

Cha Ok menemukan tambatan hati yang baru XD

tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo10_1280

Gini nih ketawanya grumpy Gyo Dong ^^

tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo1_1280 tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo2_1280

tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo3_1280 tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo4_1280

tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo9_1280tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo8_1280

tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo5_1280 tumblr_ni5om2fPZ61sl7awmo6_1280

Berat mengucapkan selamat berpisah pada drama yang luar biasa ini…. tapi happy ending harus selalu dirayakan bukan^^ Mengucapkan selamat tinggal lebih sulit jika kita belum mengatakan apa yang ingin kita katakan. So, let’s share. Mari kita ungkapkan apapun yang ingin kita ungkapkan mengenai drama ini, karena di sinilah tempatnya^^

Terima kasih pada teman-teman yang setia mengikuti sinopsis ini. Terima kasih untuk teman senasib dan seperjuanganku Mumuzizi *hug*

Sampai bertemu lagi di sinopsis Hyde Jekyll Me ^^

28 komentar:

  1. sediiiih pas baca tulisan mbak fanny, pdhal bru seminggu yg lalu... tpi rsany udb kngen bgt, semoga yoon kyung sang bisa main lgi dn smga bsa jdi lead male ^O^ aq suka bgt sma dia semenjak di faith.. mbak fanny abs inii mau ngelanjutin nulis sinop ap ea?? bagi info donk mbak

    BalasHapus
  2. Aahhhh...ga berasa ikutin ceritanya...tiba2 udah episode akhir...thx u mbak fanny n mbak mumu...suka banget dm gyo dong.. hihihi....

    BalasHapus
  3. entah kenapa nonton pinocchio ep 19 jd keinget ama kasusnya park bom 2ne1.. hahahaha... terserahlah,, tp ni drama keren banged,, tiap habis nonton rasanya belum afdol kalo belum baca sinopsisnya.. yg nulis jeli banged kadang waktu nonton g kepikiran ... fighting onnie...!!

    BalasHapus
  4. masih gk rela ngelepas mreka semua.
    bener kata kak.fanny reporter harus jadi mulut,telinga,dan mata masyarakat,dn para reporter harus nonton drama ni biar tau arti reporter yg sebenarnya.
    DAEBAKKK!!!!! bwt kak.fanny,mbk.mumu,dn para pemain Pinocchio jg semua kru yg terlibat dlm drama ni.
    ketemu lg di hyde, jeckyl,and me.(hari ini perdana)\(^o^)/

    BalasHapus
  5. Sesuai permintaan saia...dikasih juga salam perpisahan dr drama ini....hehehe...salut buat drama" korea yg klo bikin drama g pernah ngasal dr naskah.pemain.sutradara semuaaaanyaaaa daebak.....makasih ia mba fanny tuk final review pinnocchionya.mdh"an couple leejongsukparkshinhye main drama lagi...jdi abis lee jong suk terbitlah hyun bin ya...hehehehe...

    BalasHapus
  6. Ma kasih mbk fanny dan mbk mumu sinopsis nya mian bru bs komnt. Jd ikut terharu dgn kata2 mbk fanny dr smua drama LJS cm pinocchio yg aq tonton krn di pasangn ma shin hye suka bgt ma acting shin hye di pinocchio karaktr nya fresh bgt.. drama ini jga pemain nya lucu sk ma kim young kwang dan yoon kyun sang smg mrk bs jd prn utama drama lain nya #ngarp.

    BalasHapus
  7. Repeat dari episod awal lagi ahhh....:)

    BalasHapus
  8. Seneng Baca sinopsis ni... Awalnya ga ngeh & malas Baca. Tp pertama kl liat video nya, malah lgsg penasaran sm drama ni. Suka bgt akting para aktor & aktris nya. Keren....

    BalasHapus
  9. Itu jae myung pas d party keren bangeeeeett,, hhahahaha, iyaa jong suk ga ada fotonyaa,, oh iyaa,, yang pake kaca mata itu yang jadi siapa ?? Yg jadi il joo kah ??

    BalasHapus
  10. Bnyk manfaat yg didapt dr drama ini terutama dunia reporter.... Top swnim yg bikn jaln ceritany begitu daebak... Bakl kangn d sm para pemainny.... Goodbay pinocchio.... Gomawo sist fany ats priview n piku"ny.. tp sayang, LJSny tak tampk... Ditunggu sinop hyde jeykl me... N tak lupa komenny jg... Hehehe... ^^

    BalasHapus
  11. Malam rabu yang kosong. Hampa. Namun tulisan mbak Fanny cukup ampuh mengobati rasa kangen pada Pinocchio.

    BalasHapus
  12. Rasanya blum rela move on dr Pinocchio, dwi senangnya liat drama korea ya spt ini, kita bisa dpt byk pelajaran secara tdk langsung dan jd tahu sisi lain dr dunia pertelevisian spt hal nya di IOIL(kita jd tahu tentang sisi lain para penderita scizo), makasi byk mba fanny dan mumu yg udah susah payah membuat kita mengerti dan paham sebuah drama :) jempol buat buat mba fanny jg mumu

    BalasHapus
  13. Paling senang dengarin dal pyung ngomong. Suaranya lucu dan khas, apalagi kalau sudah bilang "dugu ya" asli pengen ketawa. Jadi susah buat move on dari drama ini. Bakalan di rerun lagi nih kalo kangen hihihi. Semoga dramanya hyun bin bisa sebagus pinocchio.

    BalasHapus
  14. Seandainya semua reporter di indonesia nonton drama ini. Kayanya mereka bakalan ketampar keras banget. Apalagi stasiun-stasiun tv yg suka memanipulasi berita dan melebih-lebihkan berita itu. Pengen banget rasanya teriak sama semua reporter kaya gini, "HEH LO SEMUA JANGAN NGAKU REPORTER KALO NGGAK BISA KAYAK IN HA DAN DAL PO!!"

    Btw, gomawo mbak fanny dan mbak mumu udah bikinin sinops drama yg cetarr ini XD

    BalasHapus
  15. om gyo dong, yoo rae, jae myung, missss uuuuuuuuuuu <3

    BalasHapus
  16. Aku baru kemarin selesai nonton eps.20
    Tapi aku lebih suka komentar mbak Fanny,, lebih ngerti dan Keerrennn..

    Gomawo mbak udah nulis sinopsisnya sampe akhir bareng mbak Mumu :) fighting didrama berikutnya ^_^

    BalasHapus
  17. wah komentar apa ya?
    aku udah liat endingnya dari minggu2 yg lalu tapi baru bisa komen hehe ^^
    emm.. my jong suk uri jong sukie kau sangat tampan di sini XD
    park shin hye lebih cocok meranin sebagai choi in ha di drama ini daripada drama shin hye yang lainnya karena disini wajah shin hye terlihat lebih alami. dan untuk pemain lainnya juga kereeeen :D
    Drama ini mengajarkan kita arti kejujuran yang sebenarnya bahwa sesuatu yang ditutupi atau kebohongan tidak selamanya akan tersimpan dan pastinya suatu saat akan terungkap kebenaran dari kebohongan itu.
    untuk endingnya alhamdulillah happy ending #udahkuduga
    akhirnya mereka menikah XD
    shin hye jong suk sangat cocok disini dibandingkan dengan psangan shin hye di drama yang lain. lebih dapat chemistry (?) nya :D
    pokoknya ending nih drama mememuaskan :D
    GOOD JOB FOR ALL :) #takancunginjempoldeeeh

    BalasHapus
  18. makasi banyak u mbak fanny n mumu yg sudah meluangkan waktunya u nulis sinopsis ini. aq gak bs nonton kl blm baca sinopsis dr mbak. wkt nntn final episode,aq nangis krn sedih bakalan berpisah dr cerita ini.
    aq kehilangan karakter In Ha, Dal Po,Bum Jo, Yoo Rae, Kakek, Ayah In Ha, Capt Hwang, Capt Gyong, Jang Kepo dan Cha Ok :'(
    ternyata jd reporter yg 'bener' tu susah yaa. karna biasanya mreka lebih mentingin rating ketimbang kualitas. mdh2an para reporter pada nonton drama ini
    untuk mbak fanny n mumu, gamsahamnida

    BalasHapus
  19. makasi mba fan..drama ini hebat dee,baru ttdi kami selesai nonton drama ini lewat dvd,asal tau mba kasetnya aja fdi makassar selalu habis,pdhal sdh ada dileptop,tpi
    tea mn2 mau nonton barengdi rmh,pokoknya drama ini keren sekali,masi kangen terus dgn in ha dan dal po

    BalasHapus
  20. sediiih liat flashback ginii, itu chansoo beneran 25 kan ya? gak yakin hahaha

    BalasHapus
  21. Sudah selesai berbulan2 lalu, tapi masih asik dikenang. 😁. Drama yg bagus. Aslinya pas baca2 review pertama, g terlalu ngarep dapat cerita yg asik. apalagi, g terlalu nge fan sama lee jung suk. (maaf). Hehe. iseng, nonton episode pertama, lha kok pingin nonton lagi episode berikutnya. Penasaran banget. Bagus banget critanya. Kocak lagi. Adegan yg bikin terus bergidik, pas mbayangin park shin hye, keramas di closet (wc), hahaha. Jauh lebih bagus dari i can hear your voice.(menurut aku lo ya). Tks mb fani.

    BalasHapus
  22. Sudah selesai berbulan2 lalu, tapi masih asik dikenang. 😁. Drama yg bagus. Aslinya pas baca2 review pertama, g terlalu ngarep dapat cerita yg asik. apalagi, g terlalu nge fan sama lee jung suk. (maaf). Hehe. iseng, nonton episode pertama, lha kok pingin nonton lagi episode berikutnya. Penasaran banget. Bagus banget critanya. Kocak lagi. Adegan yg bikin terus bergidik, pas mbayangin park shin hye, keramas di closet (wc), hahaha. Jauh lebih bagus dari i can hear your voice.(menurut aku lo ya). Tks mb fani.

    BalasHapus
  23. Aku sukaaa bangettt ama drama ini... Pemerannya semuanya aku suka, sungguh berkarakter..
    Semakin baca semakin bikin aku penasaran, ada lucunya trus kalo pas yg sedihnya jd pgn nangis jg, feel nya dapet banget pas bca disini. Jago neh yg nge recap sinopsisnya. Lbh ngerti pesannya setelah bca disini.
    Maap baru komen disini, abisnya rasanya aku telat bgt bacanya hehe...
    Makasih banyak buat yg nge recap...

    BalasHapus
  24. setuju ini drama korea terbaik, walaupun nonton berkali" tetep g bosen
    Lee jong suk dan Park shin hye serasi banget kemistrinya dapet,akting mereka jempol dech.
    Aku lebih suka Shin Hye dan Jong Suk di pinocchio daripada drama yg lain ( menurut aku lho..)

    BalasHapus
  25. makasih mbak fanny dan mbak mumu :-)

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)