Kamis, 28 Februari 2013

Sinopsis Flower Boy Next Door Episode 16 – Final (Bagian 2)

shot0492 

[Sinopsis Bagian 1]

Enrique dan Dok Mi menghangatkan diri di dekat api unggun. Enrique berkata ia hendak menunjukkan sesuatu. Ia berdehem dan mulai bernyanyi (lagu “Like a Child” – Kim Dong Ryul).

Saat ia menerima hidupku…saat aku katakan aku mencintainya,

Dengan percaya diri aku katakan aku tak akan membutuhkan yang lainnya.

Tapi keserakahanku muncul dan aku meminta lebih

Aku memikirkan dirimu sepanjang hari…

aku mulai cemburu…

aku mulai takut…

Aku tak percaya kau sedang tersenyum di sisiku.

Aku hanya sangat menyukaimu…begitu menyukaimu

Aku tidak bisa tidur memikirkan aku akan kehilanganmu…

shot0388 shot0390

“Itulah perasaanku padamu,” kata Enrique.

Dok Mi tersenyum. Keduanya terdiam selama beberapa saat.

“Aku juga ingin memperlihatkan sesuatu padamu,” kata Dok Mi. Ia mengeluarkan ponselnya dan memperlihatkan foto Enrique di kebun binatang. Di balik tulisan itu ia menulis: “Dunia wanita itu”

“Kau memintaku untuk merekam film dunia ini. Yang pertama kulihat di dunia ini dan aku rekam adalah Kkae Geum-sshi. Aku menyadarinya saat membuat judul untuk foto ini: dunia wanita itu.”

shot0395 shot0396

Enrique terus menunduk memandangi foto itu.

“Kau adalah duniaku. Ini pengakuanku. Biar aku ulang permainan kata yang tadi kita mainkan. Aku minta maaf karena aku baru memberitahumu sekarang. Terima kasih telah menjadi dunia bagiku….aku mencintaimu…”

Enrique menoleh. Ia tidak sanggup berkata-kata dan mulai menangis.

 shot0403 shot0410

“Ahjumma, kau curang. Kau mengatakan aku duniamu. Kau mengatakan hal yang begitu luar biasa hingga pengakuanku terdengar tidak ada apa-apanya,” keluhnya. Hahaha...dasar Enrique >,<

Dok Mi tersenyum. Ia berkata ia sudah mendengar nyanyian cinta Enrique. Ia merasa sangat tersentuh.

“Seharusnya aku merekamnya. Bisakah kau menyanyikannya lagi agar aku bisa mendengarnya tiap hari?”

shot0417 shot0422

“Bodoh, aku kan bisa menyanyikannya tiap hari mulai sekarang.”

“Apakah kau akan tetap menjadi duniaku mulai sekarang?”

Enrique mengangguk.

“Aku akan menjadi duniamu. Dunia yang damai dan cerah.”

Dok Mi berkata tidak ada dunia seperti itu. Kadang-kadang akan turun hujan. Kadang-kadang mereka akan bertengkar. Kadang-kadang mereka akan terluka. Tapi bukan berarti dunia itu lenyap.

“Aku akan menunggumu. Aku aku menunggu hingga kau memenuhi impianmu dan kembali. Aku akan berpikir kalau kau ada di sisiku dan aku akan menunggumu. Aku tidak akan berubah, seperti matahari yang selalu terbit dan terbenam setiap hari. Aku akan menunggu,” kata Dok Mi.

Enrique tersenyum.

“Mulai sekarang mari kita tidak membicarakan mengenai kepergianku atau kau menungguku. Pikirkan saja tentang kita. Seakan hanya ada kita berdua di dunia ini.”

Dok Mi mengangguk.

shot0445 shot0452

Mereka berpindah ke dalam. Dok Mi memberi pelajaran dikte pada Enrique untuk memperkuat bahasa Korea Enrique.

“Pemandangan matahari terbenam sungguh indah,” Dok Mi memberikan soalnya.

Enrique berpikir lalu mulai menulis. Whoaaaa bolpennya segede gajah!! *lebay*

shot0455 shot0459

Enrique sepertinya kebingungan. Dok Mi ingin melihat apa yang Enrique tulis. Karena malu, Enrique menutupi kertasnya. Dok Mi memberi soal yang lebih sulit dan lebih panjang.

Enrique mencoba menulisnya tapi ia gagal. Dengan kesal ia mencoret tulisannya. Dok Mi diam-diam tertawa geli.

“Kau tidak bisa? Sayang sekali. Kau harus mengirim surat.” (Haha.. jadi hukuman tidak bisa dikte adalah mengirim surat tulisan tangan pada Dok Mi?)

Enrique meletakkan bolpennya. Ia protes, pada jaman digital seperti sekarang ini mana ada yang mengirim surat tulisan tangan? Kalau dalam ponsel/kompi kan biasanya ada program untuk mengoreksi tulisan yang salah.

“Apa kau sudah selesai? Aku bisa memeriksanya sekarang?

“Belum, aku belum selesai. Tunggu,” Enrique kembali menelungkup untuk menulis.

shot0475 shot0482

Dok Mi tersenyum geli. Ia menusuk pinggang Enrique dengan jari hingga Enrique berguling karena geli.

Dok Mi cepat-cepat mengambil kertas Enrique. Enrique berusaha merebutnya. Keduanya berebut hingga menyadari kalau mereka berdekatan. Keduanya terdiam.

Dok Mi cepat-cepat menyerahkan kertas Enrique. Enrique tersenyum seolah tak ada apa-apa. Dok Mi tersenyum walau jantungnya berdebar kencang.

shot0495 shot0499

Malam itu, Enrique menyelimuti Dok Mi yang tertidur di sofa. Ia terus memandangi Dok Mi

Enrique: Aku mengira cinta adalah memberikan setengah dari dirimu dan mengisinya dengan setengah orang itu. Wanita itu takut pada cinta karena merasa malu setengah dari dirinya adalah hal yang gelap dan kelam. Akhirnya wanita itu sadar bahwa cinta adalah menyatukan kedua bagian yang tidak sempurna.

shot0501 shot0504

Dok Mi terbangun dan melihat Enrique tertidur di lantai.

Dok Mi: Cinta seperti jam putar. Saat jam itu masih baru, ia menunjukkan waktu yang tepat. Saat waktu berlalu dan kau lupa memutar pegasnya, jam itu rusak dan berhenti. Pria itu memutar pegasnya agar jam itu tidak berhenti meski waktu terus berlalu.

Ia ganti menyelimuti Enrique dengan selimut yang tadi dipakainya dan duduk di dekatnya. Keesokan paginya keduanya telah pergi.

shot0508 shot0518

Satu tahun kemudian….

Kembali pada saat Dok Mi rapat dengan rekan-rekan kerjanya. Ia keluar dan tak sengaja berpapasan dengan Jin Rak.

Jin Rak berkata webtoonnya baru saja diterbitkan menjadi komik oleh penerbit di seberang jalan. Dok Mi tersenyum, ia sudah membacanya.

“Kudengar kau penulis cerita cinta terbaik,” kata Dok Mi.

“Benarkah? Aku masih belum memulai cerita cintaku. Ini rahasia ya, jangan katakan hal ini di forum online,” ujar Jin Rak. Dok Mi tertawa.

shot0524 shot0526

Jin Rak berkata hari ini ulang tahun pernikahan pertama Satpam Hong dan ahjumma 404. Ia bertanya apa yang sebaiknya mereka lakukan untuk merayakannya.

Dok Mi bertanya apakah Jin Rak masih sering ke kantor satpam. Jin Rak berkata ia pernah melewati kantor itu dan melihat sentuhan wanita di dalamnya.

“Ya, jejak topi itu telah hilang, ditutupi oleh foto mereka. Setelah waktu berlalu, foto itu juga akan meninggalkan jejak. Bukan hanya jejak salah satu dari mereka. Tapi jejak keduanya,” kata Dok Mi.

shot0532 shot0536

Keduanya berjalan bersama. Jin Rak bertanya apakah Enrique benar-benar ada di Spanyol. Ia terus mengganggu Jin Rak tiap hari (melalui chatting).

“Bagaimana ia bisa begitu berisik saat online? Ia pasti lebih parah padamu, ya kan?” Hehe…Jin Rak ngga tau kalau Dok Mi tidak memperbolehkan Enrique mengirimnya pesan online, hanya boleh melalui surat tangan ;D

“Apa yang dia katakan?” tanya Dok Mi.

“Ia hanya membicarakan Dok Mi-sshi. Apa ia bekerja dengan baik? Apa ia menulis bukunya? Apa ia sudah makan atau belum? Apa ia masih mendaur ulang? Apa ada pria yang mengejarnya? Apa ia masih cantik? Hal-hal seperti itu,” kata Jin Rak sambil tersenyum.

Dok Mi tertawa geli. Mereka berjalan pulang bersama.

shot0542 shot0552

Dok Mi sibuk menghias kue dengan bimbingan Ryu. Ahjumma 404 sangat senang mendapat hadiah cincin dari satpam Hong.

shot0556 shot0558

Dong Hoon bertanya mengapa selama ini satpam Hong tidak menarik uang jaminan dari para penyewa apartemen. Apakah selamanya mereka tidak akan diminta menaruh uang jaminan.

Jin Rak berkata sekarang bukan saatnya untuk membicarakan hal itu. Ia berbisik bulan depan adalah kontrak perpanjangan sewa mereka, jika Satpam Hong berubah pikiran maka mereka tidak akan punya rumah lagi. Dong Hoon langsung menutup mulutnya rapat-rapat.

shot0563 shot0564

“Itu adalah impianku,” jawab satpam Hong. “Masa mudaku sungguh sulit. Aku sangat miskin dan kelaparan. Aku pikir jika ada orang yang mau menampungku, aku akan membalas dengan cara yang sama. Semua yang di sini masih muda. Uang jaminan adalah modal untuk kalian memulai. Aku tidak boleh mengambil jaminan dari mereka tanpa modal untuk memulai. Tapi kalian tidak boleh terlambat membayar uang sewa, karena itu akan menjadi kebiasaan. Menyalahkan dunia akan menjadi kebiasaan. Menyerah akan menjadi kebiasaan. Mengerti? Jika kau terlambat membayar, selesai sudah.”

Dong Hoon dan Jin Rak manggut-manggut kagum mendengar penjelasan satpam Hong.

Ryu dan Dok Mi menaruh kue di atas meja. Ia membuatnya untuk pasangan Hong. Love Cake. Semua bertepuk tangan. Satpam Hong berterima kasih pada Ryu.

shot0567 shot0578

Seorang wanita berjalan ke apartemen 403.

“Permisi,” sapanya. Dia adalah editor tanpa mata pana. Hehe…mata pandanya sudah hilang^^

Dong Hoon tersenyum penuh arti. Semua bingung karena tidak kenal dengan editor. Jin Rak berbisik pada Dong Hoon, apa Dong Hoon yang meneleponnya.

Dong Hoon mengangkat bahu dan menyuruh editor masuk.

shot0582 shot0589

“Aah, kau yang akan pindah ke 403, tempat aku dulu tinggal, iya kan?” tanya ahjumma 403…sekarang panggil ahjumma Hong aja ah ;)

“Apakah pemanasnya pemanas pusat atau masing-masing? Apa aku harus membayar biaya lift walau tidak menggunakannya? Aku melihat kantor satpam saat berjalan ke sini, apa aku harus membayar biayanya? Bagaimana dengan air panas? Ada berapa pertemuan per bulan? Aku melihat atap. Apa itu terbuka untuk semua orang?” celoteh editor. Dong Hoon melihatnya dengan bangga.

“Aku tidak tahu mengenai semua itu. Tapi tidak ada uang jaminan,” kata ahjumma Hong.

“Yeeeeeeaaaaaah,” seru editor girang. Semua terlonjak kaget.

“Terima kasih. Aku mencintai kalian. Aku menyambut kalian sebagai tetanggaku.” So cute^^

shot0602 shot0605

Dong Hoon mengulurkan tangannya, yang segera disambut oleh editor.

“Kurasa ini tempat dudukku,” kata editor pada Jin Rak yang duduk di sebelah Dong Hoon. Ia memberi isyarat untuk pindah. “Right now!”

Jin Rak bengong. Editor menepuk-nepuk tangannya agar cepat pindah. “Right now!” katanya dengan galak.

Jin Rak terpaksa bergeser. Dok Mi tertawa geli.

shot0610 shot0615

Dong Hoon langsung memeluk editor.

“Apa kalian berpacaran sekarang?” tanya Jin Rak.

Keduanya menjulurkan lidah pada Jin Rak.

shot0624 shot0625

Ryu mengumumkan pada mereka sudah saatnya ia pergi. Ia akan pergi ke Afrika untuk mempelajari masakan di sana. Satpam Hong dan ahjumma menyayangkan kepergian Ryu. Mereka sudah dekat dan masakan Ryu sangat enak.

Ryu memberikan sebuah hadiah pada Dok Mi. Sebuah pajangan berbentuk burung hantu.

“Ini peri, yang bisa mengabulkan permintaan dan memberi kebahagiaan.”

Dok Mi menerimanya dan berterima kasih. Ia teringat saat pertama kali bertemu Ryu ketika tiba-tiba Ryu muncul di luar jendelanya dan keceriaan Ryu saat memasak.

shot0636 shot0637

Tiba-tiba Dong Hoon bertanya apakah mereka semua tahu berapa jumlah uang dalam tabungannya sekarang. Jin Rak malah bingung, memangnya Dong Hoon punya rekening?

“Aku punya lima puluh…delapan….won!”

Semua bingung, cuma editor yang menangis bahagia. Dong Hoon berkata akhirnya rekeningnya tidak minus lagi. Ia tidak lagi memiliki hutang. Dong Hoon memeluk editor erat-erat.

“Ada apa dengan orang-orang miskin ini?” gumam Jin Rak.

shot0647 shot0655

Mereka makan kue bersama. Dok Mi melihat sekelilingnya, semua tersenyum bahagia. Ia teringat pada Enrique. Ketika Enrique memeluknya di ruangan yang sama dan memintanya untuk keluar ke dunia dan menjaga diri baik-baik.

shot0669 shot0672

Dok Mi kembali ke apartemennya. Apartemennya lebih terlihat cerah dari sebelumnya. Ia duduk di mejanya dan membaca surat terbaru Enrique.

“Ahjumma, aku akan memberitahu hasil pertandingan Barcelona semalam. Barcelona mencetak gol pada perpanjangan waktu, 30 detik sebelum pertandingan berakhir. Aku sangat senang. Ahjumma, apa kau tahu? Saat ini aku juga membutuhkan perpanjangan waktu. Kau bisa menunggu sebentar lagi, kan? Kali ini semua ejaanku benar, kan? Hihihi…. Dunia Dok Mi, Enrique.”

“Benar, ejaanmu semua benar. 100& benar,” gumam Dok Mi sambil tersenyum. “Tapi kau tidak seharusnya mengatakan ‘sebentar’ dalam situasi seperti ini. Bagaimana kau bisa bilang sebentar untuk waktu 1 tahun 3 bulan? Akan lebih baik jika sejak awal ia memintaku menunggu lama. Apa ini latihan gajah? Apa ia memintaku datang ke Spanyol?”

shot0677 shot0690

Dok Mi melipat surat itu dan menaruhnya di dalam kotak bersama surat-surat Enrique lainnya. Ia tiba-tiba terpikir sesuatu lalu menelepon atasannya. Ia ingin menggunakan sisa 3 hari waktu cutinya. Sepertinya Dok Mi ingin menyusul Enrique ke Spanyol^^

shot0699 shot0703

Dok Mi bangkit berdiri dari kursinya. Saat melewati jendela ia melihat sesuatu dan terkejut. Enrique berdiri menatapnya dari apartemen Tae Joon. Dengan gaya rambut baru lagi^^

shot0706 shot0708

Dok Mi terkejut dan membalikkan tubuhnya. Ia menoleh tapi apartemen Tae Joon kosong. Dok Mi berkata ia benar-benar harus ke Spanyol karena mulai berhalusinasi.

Tapi ia tetap merasa penasaran. Ia berjalan mundur ke tembok dekat jendela, lalu mengintip ke apartemen seberang. Persis seperti ketika ia pertama kali bertemu Enrique.

 shot0722 shot0723

Enrique ada di sana, sedang tersenyum padanya. Dok Mi kaget. Kali ini ia mengambil teropongnya dan kembli melihat ke seberang.

Ia melihat Enrique menunjuk ke arahnya seakan berkata “aku melihatmu”. Teropong di tangan Dok Mi terlepas. Ia segera berlari turun.

shot0725 shot0729

Dan di sanalah ia. Enrique menatapnya sambil tersenyum.

“Bagaimana kabarmu?” tanyanya.

“Ini bukan mimpi, kan?” batin Dok Mi. Seakan tak percaya Enrique ada di hadapannya.

shot0742 shot0743

“Ini bukan mimpi, aku baru saja tiba.”

“Aku merindukanmu,” kata Dok Mi dalam hati.

“Aku juga merindukanmu, ahjumma.”

shot0749 shot0751

Dok Mi tersenyum dan berjalan menhampiri Enrique. Mereka bertatapan. Enrique mencium Dok Mi. So beautiful...

shot0758 shot0763

Jin Rak melihat-lihat hasil gambar seseorang dan memujinya. Ia bertanya kapan orang itu bisa mulai bekerja.

“Bisakah aku bekerja di rumah? Aku akan melakukan apapun,” kata wanita di hadapan Jin Rak takut-takut. Ia persis seperti Dok Mi, bahkan cincinnya juga. (Cameo oleh Park Se Young, pemeran ratu No Gook di Faith. Ia dan Shin Hye baru-baru ini membintangi sebuah iklan bersama.)

shot0779 shot0780

Jin Rak memperhatikannya.

“Apa kau juga memilih tinggal di rumah? Kau tidak suka keluar begitu kau masuk. Kau takut keluar dan sulit bertemu orang lain. Kau tidak suka kiriman atau hantaran. Kau memilih pergi ke kantor pos untuk mengambil barang. Apa kau melakukan itu?”

“Bagaimana kau tahu?” tanya wanita itu.

Jin Rak melongo. Ia menemukan Dok Mi 2.0.

shot0793 shot0794

Do Hwi pergi ke klub bersama trio bulu (yup, mereka masih berbulu). Bartender menyajikan botol minuman setengah kosong di meja Do Hwi. Dengan galak Do Hwi bertanya apa itu memang botolnya. Bartender itu berkata ia akan membawakan lagi jika kurang, sambil tersenyum penuh arti pada Do Hwi.

shot0802 shot0804

Salah satu temannya berkata ia mendengar rumor kalau bartender itu berasal dari keluarga kaya dan meninggalkan rumah untuk mengejar impian. Do Hwi segera menoleh melihat bartender itu.

Ia mulai bergaya dan bertanya pada bartender itu apakah mereka bisa bertemu sebentar. Bartender itu berkata ia akan membawakan minuman lagi. Ia menambahkan kalu Do Hwi terlihat lebih baik saaat bergaya keren. Trio bulu bersorak. Ha, Do Hwi telah menemukan pria impiannya.

shot0805 shot0828

Satpam Hong dan istrinya hidup bahagia.

Ryu telah mengemasi barangnya dan bersiap pergi.

Dong Hoon dan editor main game bersama. Mereka bertengkar lalu berbaikan.

shot0837 shot0851

Dok Mi melihat jurnal di komputernya. “Wanita Itu”. “Pria Itu” “Dunia Wanita Itu”. Dok Mi memilih yang ketiga.

“Mengetuk pintu yang tertutup. Merengkuh bahu yang lelah. Menghapus air matanya dan mendengarkan hatinya. Saling mencintai seperti itu.”

shot0856 shot0857

Enrique: “Satu orang tidak bisa mengubah dunia. Tapi kau menjadi dunia bagi orang lain. Dunia yang hangat, cerah, dan damai. Jika semua orang bisa menjadi dunia seperti itu bagi satu orang lainnya, satu akan menjadi sepuluh, lalu menjadi seratus. Dunia ini akan dipenuhi orang-orang yang berbahagia. Dunia Enrique: Go Dok Mi.”

Dok Mi: “Dunia Go Dok Mi: Kkae Geum-i.”

Dok Mi dan Enrique berlari bergandengan tangan sambil tertawa bahagia. Para tetangga mereka mengikuti, Jin Rak, Dong Hoon dan Ryu, Satpam Hong dan Ahjumma 404. Mereka berlari dengan bahagia.

shot0867 shot0881

End.

Komentar:

Drama yang ringan, menghibur, dan menghangatkan hati. Tidak ada alur berat dan berbelit-belit. Menonton drama ini seperti menonton drama kehidupan sehari-hari orang-orang yang tinggal dalam apartemen itu. Bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain, bagaimana mereka akhirnya saling mengenal, dan pada akhirnya menemukan cinta.

Satu hal yang tidak akan bisa kulupakan dari drama ini adalah Enrique. Yoon Shi Yoon benar-benar menjiwai perannya. Sebenarnya kepribadian aslinya sangat bertolak belakang dengan Enrique (Yoon Shi Yoon pendiam seperti Dok Mi). Tapi ia memerankannya dengan sangat apik. Dari cara berjalan, mimik wajah, cara berbicara, senyum, cemberut, lirikan mata, semua benar-benar khas Enrique. Aktor berbakat yang akan terus bersinar ;)

Meski dari segi rating tidak melampaui Queen In Hyun’s Man dan Reply 1997, drama ini telah memikat hati banyak orang…termasuk kita, bukan? ^^

42462699

96 komentar:

  1. yah udah tamat...sedih banget pisah ma enrique dan dokmi

    BalasHapus
  2. setujuuuu mba fanny :)

    BalasHapus
  3. yachhhhh....5sih pingin tambah episode lagi...hiks hiks

    ~nur isnayni~

    BalasHapus
  4. mw ninggalin jejak terakhir di FBND,,
    bakal kangen berat sama semua pemeran di FBND,,
    drama ini udah menyihirku untuk menjadi orang yang lebih baik n pantang menyerah.
    dalam hidup pasti ada banyak maslah yang terjadi,,
    tapi hidup masih terus berlanjut apapun yang terjadi.
    jadi jangan menyerah,,
    GOMAWO mbk fanny yang udah bikin sinop semenarik ini,,
    tetap semangat,, karena aku akan nunggu sinop mbk fanny yang selanjutnya.

    ,,yanz,,

    BalasHapus
  5. Setujuuuuuuuu :D
    Makasih ya Mbg fanny...
    Ditunggu sinopsis drama korea lainnya...
    (ง'̀⌣'́)ง

    Ree

    BalasHapus
  6. Thanks, uda buat sinopsisnya sampai akhir.
    Love YsY, Dokmi. DH+editor.

    BalasHapus
  7. trims yaach buat semua sinopsisnya...

    BalasHapus
  8. sedih..dramanya berakhir...mudah"an yoon shi yoon di jumpakan lgi sama park shin hye...

    BalasHapus
  9. huhuhu...
    sedih hrs pisah sama enrique yg cute
    makasih mb fanny sinopnya jd gk penasaran gra2 sibuk kul jd blm download ep 16, hehe
    #curcol
    bsk sabtu siap2 download

    ::LaLa::

    BalasHapus
  10. huhuhu...
    sedih hrs pisah sama enrique yg cute
    makasih mb fanny sinopnya jd gk penasaran gra2 sibuk kul jd blm download ep 16, hehe
    #curcol
    bsk sabtu siap2 download

    ::LaLa::

    BalasHapus
  11. Yaayy!
    Happy ending \(^O^)/
    no comment deh *speechless* :D
    mantap poko'nya mah ^^b

    Fie

    BalasHapus
  12. Yaayy!
    Happy ending \(^O^)/
    no comment deh *speechless* :D
    mantap poko'nya mah ^^b

    Fie

    BalasHapus
  13. Senangnya semua bisa terselesaikan dgn baik ^^,

    BalasHapus
  14. thanks yha mba fanny..
    gak rela pisah ama duo couple enrique - dokmi
    hiks hiks,,
    wlopun akhirnya happy ending..


    _dee_

    BalasHapus
  15. mba' Fani benar ... terlalu jatuh cinta sama sosok enrique .. sayang harus pisaaah ... T_T

    BalasHapus
  16. mbak fanny apa proyek sinopsis selanjutnya?

    BalasHapus
  17. Seneng tp bercampur sedih drama ini sudah selesai, tp sya seneng akhirnya drama ini selesai degan akhir yg bgus.
    Terima kasih bwat mba fany yg uda nyelesain sinopsisnya, di tunggu sinopsis selanjutny ^^

    BalasHapus
  18. Liat rambut baru Enrique (dicat hitam dan pakek poni), jadi inget kim tak goo. Baru sadar ternyata mereka orang yang sama... Hehe. Tapi Enrique lebih keren rambutnya yang dulu. Lebih unyu...

    BalasHapus
  19. aku minta maaf karena jarang comment,
    aku berterima kasih karena semua sinopsis yang anda buat sangat menghibur,
    aku mencintai drama korea.

    Rambut baru Enrique bagu, tapi malah membuat Yoon Shi Yoon semakin terlihat mirip Jung Jin Woon (kecuali hidungnya)

    BalasHapus
  20. Akhirnya FBND tamat jg. Tengkyu sinopsisnya, mb fanny...

    BalasHapus
  21. Akhirnya FBND tamat jg. Tengkyu sinopsisnya, mb fanny...

    BalasHapus
  22. Makasih fanni atas kerja kerasnya ngerekap drama ini. huhuhu gak ada lg drama yg ditunggu2 tiap senin malam..abis ini proyeknya apalagi ya..lee seung gi ama suzy?.saeguk sih.. sptnya fanni gak terlalu suka ya?

    BalasHapus
  23. Si Jinrak sama putri Nogook. Hehehe....cocok.

    BalasHapus
  24. gomawo eon :)

    tp jujur,dr semua flower plg suka/nntn full tnpa skip cm shut up flower boy band :D

    BalasHapus
  25. Akhir yg bahagia, smua tokoh nemuin soulmate masing-masing. ^^
    Donghoon & editor (tanpa) mata panda pasangan yg kocak. :D
    Liat enrique rambutnya item jd keinget takgoo..hehe
    abis ni rencana mau sinopsis drama apa mbak??
    Gomawo

    BalasHapus
  26. nyanyian enrique buat dok mi, itu bukan ost. yang judulnya wanting to dating khan ???
    ada yg tau gak lagu apa ?
    kok gak dijadi'in nee ost yach ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lagu Like A Child, penyanyinya Kim Dong Ryul (aku tahu dari Dramabeans)

      Hapus
  27. si editor mata panda juga ngisi ost nee drama... featuring lagi..entah lah apakah itu suara dong hoon atau gak ??
    .....

    ternyata tu editor muda sekaleee... lahiran '91...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mereka bernyanyi bersama untuk OST ini^^

      Hapus
  28. Makasih ya mba Fanny atas sinopsis2 nya...
    Ini drama yg ringan bgt tp tetap menghibur
    Ga kerasa tau2 dah selesai..

    BalasHapus
  29. oh thanxz a mbak untuk sinop y yeahhh
    itu cewek yg mirip dok mi kyak yg main di school 2013 ya mbak ?

    BalasHapus
  30. senengnya happy ending,, tapi kok seo young sma tae joon gg diselipin sama sekali yaa,, ending mreka sperti apa.
    tapi apapun itu, seneng bgt udh ngikutin FBND dn ditambah baca sinopny mba fanny, huwaaa makasih bgt mba fanny.
    bner2 drama yg menghibur apalg liat ekspresi ny enrique, bisa senyum2 sndri bhkan ikut sedih klo dy sedih.

    BalasHapus
  31. ah selesai juga ni dramanya, dan akhirnya juga memuaskan..
    makasih sudah dibuatkan drama.y ini komentar pertamaku karena aku suka baca sinopsis.y lewat hp, heee..
    mba next k-drama apa lagi yang mau dibuat, aku setia nunggu ko... ^_^

    salam kenal..

    wiwinn

    BalasHapus
  32. Aku paling seneng adegan kissu di drama ini...sweet banget!! #plak hahahahah >.<♥
    Happy ending, bakal kangen berat sm enrique..he realy is someone.
    Gomayo mba fanny, mba fanny...kalo boleh req aku png bgt mba fanny bikin sinop that winter the wind blows..

    Aku rasa gaya nulis mba cock banget tuk membeberkan alur dramanya, tp kmbali ke mba fanny siih, aku cuma request, hehehhe..

    Chika..

    BalasHapus
    Balasan
    1. That Winter The Wind Blows sudah dibuat sinopsisnya oleh hazuki di blog Clover Blossom^^ Terus terang aku sendiri belum nonton, cuma mengikuti recapnya ;)

      Hapus
  33. Waaa gomawoyo unni atas sinopsis nya! ^^/
    Dong Hoon sm Editor -bukan lagi- mata panda cute bgt! Hihi XD

    BalasHapus
  34. Finally happy end..!! Horay..
    Drama niy berhasil membuat tersenyum2 sndri(pdhal lagi Galau berat)..
    Thx u mba fanny bwt sinopny

    BalasHapus
  35. Jejak terakhir di FBND
    Gomawo......eonnie fanny.....
    cute couple enrique ♥ dok mi
    funny couple dong hoon ♥mata panda

    ~nine

    BalasHapus
  36. mba Fanny makasih .... akhirnya tamat deh ....

    BalasHapus
  37. Bakal kangen sama couple ini T^T
    Pengen nambah beberapa episode lagi...

    Thanks Mba Fanny ^,^

    BalasHapus
  38. @all: sama-sama, terima kasih semua^^ masih ada kok postingan tentang FBND. Ditunggu aja ya, minggu depan aku poting ;)

    BalasHapus
  39. awwww,,,,, so sweet,,,,,,,,
    bkalan kangen sma mereka semua

    BalasHapus
  40. Terima kasih untuk semua sinopsisnya mbaa...

    BalasHapus
  41. Wah setuju bgt sm pendapat mba fanny, walopun ceritanya ringan tp berkesan bgt. D tunggu sinopsis berikutnya mba. Thengkyu... ^_^

    BalasHapus
  42. senang lihat happy ending,, tpi sedih juga karena FBND dach habis.. krena aku suka dgn DRAMA ini trutma ENDRIQUE. trus trang drama ini sdikit menggambarkn dgn kehidpanq, kehdupan GO DOK MI,, do mik yg suka mengurung diri, tdk percanya pada cinta itulah aku, aku yang terkadang sulit menerima diri sendiri/mencintai juga orang lain..tpi pada akhirnya dok mi bisa dan bahagia, semua karna berkat endrique.... lalu bagaimna denganq mgkinkah ada endrique lain yg akn menarikq kluar dri duniaq yg skrg ini, dan menjadikan dia sbagai duniaq,,,,.???
    wkwkwwww panjang amaaaaaaaatt yach,,, mgkin ini ungkpan isi htiq terhadap DRAKOL FBND.....

    BalasHapus
  43. yey happy ending ^^
    yah,tapi dramanya seru ,mau ada lanjutannya lagi
    selamat buat enrique dan dokmi ^^

    BalasHapus
  44. mbaaak fannyyyyy aku sedih musti pisah sama si enrique :( huwaaaa itu anak luccuu buangethh wkwkkwk drama yang ringans egar setuju bnaget dan yang aku suka disini gak ada orang JAHAT yang mesti MENDELIK2 matanya wkwkwkwkwkwk duhh kapan yaaahh ada lagi drama yang kaya gini wkwkwk hidup enrique eh aku suka banget wkwkwkwk makasih mbaaak fanny
    salam hangat ICA

    BalasHapus
  45. Baru kali ini merasakan kehilangan sebuah drama. Ga rela untuk berpisah.T_T
    Terima kasih sudah membuat sinopsisnya. Jadi bisa tahu apa yg mereka bicarakan setelah nonton tanpa subtittle. :)

    BalasHapus
  46. YAA AKU JUGA SEDIHHH....AKU KANGEN ENRIQUE...HUAAAAAAAAAA

    BalasHapus
  47. mba fanny saya mau tanya yg jadi enrique itu yg main di 'me to flower juga bukan sih??? kadang mirip kadang engga hahaha...ampe saya harus bener2 meyakinkan diri sendiri niy...hahahah

    please mba jawaban nya tq'

    BalasHapus
  48. mba fanny kereeeennn
    terima kasih untuk sinopnya...

    henny

    BalasHapus
  49. setuju sm komentarnya mba fanny...^^

    terima kasih sudh buat sinopis nya mba...

    dtunggu sinopsis drama2 selanjutnya ...^^

    BalasHapus
  50. Hikssss, rasanya deg2an nungguin sinopsis2 terakhir FBND, aihhhh aku suka recapan mbak Fanny, daebak sekali.
    Baru tau kalo Si Yoon pendiam, aku awalnya nggak suka sama dia, tp kok aktingnya bikin aku jatuh cinta yaa, apalagi episode berapa gitu yang dia meminta Dok Mi-ssi ikut ke acara seminarnya. Aduhh cute banget, aku putar berulang2 jadinya.
    Beneran yaa, FBND temanya ringan dan mengena, ada aja orang yang suka tertutup dengan dunianya karena merasa dunia begitu kejam, tapi bagaimanapun juga kita harus berani menghadapi dunia.

    BalasHapus
  51. haaa,,,mkasih mba fanny sinopsis.y
    bkal kangen berat ma enrique,,
    suka bgt liat klakuan.y

    mau nnya mba,,,enrique it prnah main kdrama apa aja???

    BalasHapus
  52. buat mbak fani, trimakasih bnyk untuk kerja kerasx dlm membuat sinopsis ini, bahasa yg digunakan mbak fani tu enaaaakk bgt dibacax. Aq yg g bisa download film ni,mrasa puas bgt hanya dengan baca sinopsisx mbak fani. Makasih bnyk y mbak..

    BalasHapus
  53. finally finish...

    tp ms penasaran dg kisahnya Tae joo. sgt misteri bgt.
    aku kira di belakang episode mereka akan muncul lg.
    eh, ternyata gk muncul!!! hikz

    BalasHapus
  54. yah ...
    jd koMenan ke 60
    telat bgd baCanya...

    kalw drama tamat gni pasti sediH...
    krn kangen ama pmainNya

    BalasHapus
  55. thank's mba~ happy ending. Drama ini juga ninggalin bekas di dalam ingatanku .. Inspirasi baru ^^~!!!!!

    BalasHapus
  56. makasih sdh buat sinopsis nya mbak fanni, senang karna happy end taoi sedih karena sdh tamat

    BalasHapus
  57. Gomawo mbak fanny, amat berkesan dechh hbis baca sinopsis FBND akhirnya Happy Ending ☺

    BalasHapus
  58. Gomawo kak buat sinopsis nya. mungkin aku telat komentnya tapi , drama ini ngajarin aq banyak hal, terimakasih banget, sinopsis kakak udah bikin aku ngerti keseluruhan ceritanya. :)

    BalasHapus
  59. The End..
    Thanks mbak, sinopsisnya..
    Duh,..aq Ngarep ada drama Park Shin Hye ama Yon Si Yoon lagi..:-)

    BalasHapus
  60. Waah Daebak!! Makasih mba fanny, udah buat sinop nya~ aku suka bgt dengan gaya bahasa yang mba pakai ;)

    Hmm rasanya gk rela berpisah dengan mereka.. YoonShin couple aku akan merindukan kalian~~
    Bner2 Daebak! ^_^

    BalasHapus
  61. daebaakkk, trimakasih sinopsisnyaa, aku lebih suka baca sinopsis drpd liat fim nya hahahaha..
    jd kyk ntn ber dua klo baca sinopsis, coz fanny jg kasi komentar", jd kita kyk debat ber dua Lol >.<
    aku baca sinopsis nunggu selesai semua, klo baca tiap episode, hrs nunggu episode berikutnya bikin penasaraann T_T
    sekali lg trimakasiiihh fanny :*

    BalasHapus
  62. thank you all^^ sorry komennya ngga bisa aku bales satu-satu...you're great readers too *group hug*

    BalasHapus
  63. Memoria susi s18 Maret 2013 17.35

    Maksih ya mb sinopsinya aku bc dari awal ampek akhir n dah liat dvd nya jg . Keren abizz slam kenal dari ku memoria susi

    BalasHapus
  64. wahh mbaaakk
    makasih banget sinopsisnya ya
    sumpah deh keren abis
    ketawa ketiwi sendiri lagi bacanya
    update terus ya mbaaaak
    fighting:):):)

    BalasHapus
  65. Gumawo wat sinopsisnya bgus bngat deh...
    Bisa tlo bwatin sinopsis "me too, flower" nggak ? Soalnya d website lainya nggak da yg bwat.
    Sebelumnya makasih y

    BalasHapus
  66. gamsahamnida buat sinopsisnya.. :) *bow

    seperti di comment kaka, film ini daebak, ringan, menghibur dan menghangatkan hati... (blablabla) aku setuju itu :D

    dulu, aku mengira orang seperti kkae geum itu hanya ada di drama atau film saja. ternyata, orang seperti itu juga ada di dunia nyata. mungkin karena aku terlalu menutup diri dari dunia ini seperti Dok mi. Dia datang, menarik keluar melihat betapa luasnya dunia ini. Seseorang yang awalnya benar2 membuatku risih dengan kebisingannya, namun benar2 membuatku kesepian ketika dia tak bersamaku.

    dari drama ini aku juga suka kata2 mutiara Dokmi dan kka geum.. itu indah.
    sekali lagi drama ini daebak..

    BalasHapus
  67. rasanya kayak gak mau tamat. ini drama critanya bagus bgt :D :D
    kayak gak rela ngeliat Yoon si yoon maen sama orang lain di drama "Me too Flower" :| .. cocoknya kan sama Park shin Hye :D :O .. hehehe

    BalasHapus
  68. huaaahhh,,,udah end ya??? msih pengen liat mreka smuaaaaa...
    seandainya aja ada drama yang ceritanya dari sisi dong hoon ama editornya...atau crita Jin Rak ama si Dok Mi #2... bakal seru tuh,,hahaha... eh tapi dri awal smpe akhir, kok aku blom tau nama editor mata panda ya???

    yahh...Ryu kok castnya dkit bnget ya??

    #banyak bacot,,,hehe.

    gomawo eonnie, udah dengan senang hati buat sinopsisnya...
    d.tunggu sinopsis2 yang terbarunya yaaa...XDXDXD

    BalasHapus
  69. tereremenkyu bt final sinopsisny,mb fanny :-)

    BalasHapus
  70. akhirnya selesai juga, karena drama ini ampe lupa ngerjain tugas, bahkan ampe lupa kalo lagi sakit wah,,, wonderful dech

    BalasHapus
  71. Drama Park shin hye itu slalu amzing.. mulai dr He's beautiful, Heartstring, dan skrg Flower Boy Next Door ^O^ Yaampun, yoon shi yoon beda bgt waktu rambutnya pirang ga sama kyk di Baker Kim Tak Goo,,,,, Hmm, Ryu kasian gadapet pasangan-,- Thanks :) Unnie fanny
    --Algia Widya Artha--

    BalasHapus
  72. Eonni..menurut aku (scene waktu Dog Mi sama Kkae Geum di penginapan) dialognya Dog Mi gini "kau tidak bisa? padahal kau harus mengirim surat" jadi menurut aku mengirim surat bukan hukuman buat Kkae Gum karena gag bisa mengeja, gitu eonni menurutku..

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. happy ending. . . . . . Senang deh. . .. .

    BalasHapus
  75. Biar lambat asal bisa baca dengn tuntas,maksih sebanyak mungkinnnnnnnnj,dan tetp semagat

    BalasHapus
  76. sedih harus pisah sama enrique dan dokmi:'(
    episodenya tambahan lagi dong...:(

    BalasHapus
  77. kirain shin hye bakalan jadi sama kakaknya enrique atau tetangga 401 :)

    BalasHapus
  78. keren bgt drama ini..sediiih harus berpisah sm dok mi yg cantik n enrique yg ceria T_T what a sweet couple...

    BalasHapus
  79. Lebih suka rambut lamanya Enrique:D tapi tetep suka deh ya!! soalnya gua suka semua drama yang di bintangin sama park shin hye!! gatau kenapa,suka aja gitu!! ��

    BalasHapus
  80. Akhirnya happy ending ya.. seneng liatnya.. :). Bakal kangen sm tokoh enrique yg ceria..
    Stlh baca mcm2 sinopsis drama, ternyata saya baru sadar, saya lbh suka drama yg lbh ke kehidupan sehari2 yg lbh realistis dgn cerita yg sbnrx sederhana tp penyampaiannya apik.. salah satunya its okay its love.hhehe
    Trimakasih buat mb2 yg sdh bkin sinopsisnya :)

    BalasHapus
  81. Wuahhh kereeen!
    Makasih ya untuk sinopsisnya! ;)

    BalasHapus
  82. I dont like the ending... argggghhhh... sejak awal episode, gw lebih prefer ke Oh Jin Rak / Jae Woon..... aaarrrrrhgghhh... gw benci enrique yg munafik, sok2 jodoh2in oh jin rak dgn dok mi padahal dia sendiri yg menikung! Damned!

    BalasHapus
  83. belajar itu ga usah secara formal dr film korea aja kita bisa belajar yeah

    BalasHapus
  84. Akhirnya selesai sdah bca ceritanya.. wah great drama, keren pokoknya.. makasih buat mb fanny yg udah nulis ni sinopsis dr setahun yg lalu.. & q bru tau ada ni drakor pas muncul di tv :-O Cerita tokoh go dok mi sdikit2 hmpir mirip kndisiq.. tp tentu.. tokoh enrique blm ada mncul smp skg.. dan aq berharap suatu hari bneran ada sosok seperti itu.. hha aamiin #loh jd curhat maaf mb ^^ hhe

    BalasHapus
  85. Suka bngt jalan crtanya ringan. Suka bnget sma Enrique .ekspresinya itu loh bikin ngakak sendiri. Haha pas cmberut pas tersenyum haha pokonya suka bnget. Semua pemainnya top. 100 buat drama ini.
    Semngat ditunggu sinopsis yg lainnya.

    BalasHapus
  86. Berat nggal critanya yg mengharukan..gumawoo

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)