Jumat, 21 Desember 2012

Sinopsis Faith Episode 24 – End

shot0289

Melihat Dol Bae jatuh tergeletak, Choi Young mengambil pedang dari lantai dan maju menyerang Ki Chul. Ki Chul mengayunkan pedangnya dan menjatuhkan pedang Choi Young dalam sekali pukul. Tapi saat ini Choi Young lebih memikirkan Dol Bae. Ia segera menghampiri anak buahnya itu.

Dol Bae tersenyum pada Choi Young lalu menghembuskan nafas terakhirnya. Seakan tak ada penyesalan dengan apa yang telah ia lakukan. Poor Dol Bae :’(

shot0038 shot0042

Choi Young berdiri menghadap Ki Chul. Ia meminta seseorang memberikan pedang padanya. Dae Man menyerahkan pedangnya. Choi Young menyuruh semuanya mundur. Ia berniat melawan Ki Chul satu lawan satu.

Lalu Choi Young menyuruh Choong Seok membawa Gong Min keluar dari aula istana. Gong Min dan Choong Seok khawatir melihat Choi Young yang bahkan terlihat kesulitan mengangkat pedangnya. Gong Min meminta woodalchi membantu Choi Young tapi Choi Young melarang seorangpun mendekatinya.

Ki Chul melangkah hendak mendekati Gong Min. Choi Young langsung mengayunkan pedangnya dengan susah payah. Ki Chul memungut pedang dari lantai. Sekali lagi ia berhasil menjatuhkan pedang Choi Young. Choi Young kembali memungut sebuah pedang dari lantai. Ia bertanya mengapa Choong Seok tidak bergerak juga. Gong Min tidak mau pergi meninggalkan Choi Young. Ki Chul berkata ia akan membunuh setiap orang di istana hingga ia mendapatkan Eun Soo.

Choi Young berkata hal itu tidak akan pernah terjadi. Ia memegang pedang dengan kedua tangannya. Ki Chul mengolok keadaan tangan Choi Young.

“Daejang, tidak apa-apa mundur sekali ini saja,” kata Gong Min khawatir.

“Hamba baik-baik saja, Yang Mulia.”

“Aku tahu tanganmu tidak dalam keadaan baik,” kata Gong Min.

“Tangan hamba baik-baik saja. Hanya saja pedangnya terasa berat.”

“Omong kosong,” sahut Ki Chul. Ia kembali maju menyerang.

shot0051 shot0055

Satu kali…dua kali…Choi Young gagal menahan pedang Ki Chul. Tiga kali…Choi Young berhasil menahannya. Ki Chul yang kaget menjadi lengah. Choi Young memanfaatkan kesempatan itu untuk terus menyerang Ki Chul hingga pedang Ki Chul patah.

“Pedang apa itu?” ujar Ki Chul kebingungan.

“Sudah kubilang, pedang yang berat.”

shot0060 shot0069

Bagaimana dengan Eun Soo? Apakah ia selamat?

Dayang Choi menghampiri Eun Soo yang sudah sadar. Hal yang pertama ditanyakan oleh Eun Soo adalah Choi Young. Dayang Choi berkata Choi Young pergi ke istana karena terjadi sesuatu.

Dayang Choi bertanya apakah Eun Soo baik-baik saja. Semalaman Eun Soo demam tinggi. Eun Soo berkata ia merasa sedikit pusing dan seluruh tubuhnya terasa sakit. Sekarang ia merasa lega. Dayang Choi juga merasa demikian, bagaimana bisa Eun Soo senekat itu.

Namun yang dimaksud Eun Soo bukanlah karena ia selamat dari racun. Ia ketakutan selama ini keberadaannya di Goryeon hanyalah mimpi. Ia sangat takut jika ia sadar dan mendapati semuanya hanya mimpi.

Dayang Choi berkata semalaman Choi Young berada di sisi Eun Soo. Eun Soo tahu Choi Young juga merasa takut. Dayang Choi memeriksa dahi Eun Soo. Demamnya sudah hilang dan nadinya berangsur normal. Eun Soo menangis, ia hidup. Dayang Choi memeluknya.

shot0077 shot0084

Tapi nyawa mereka masih terancam. Hwasuin dan Eum Ja menerobos masuk istana untuk mencari Eun Soo. Untunglah Dae Man melihat mereka dan memperingatkan para woodalchi.

Sementara itu, Choi Young meminta ijin pada Gong Min untuk membunuh Ki Chul. Gong Min menawarkan kesepakatan. Bagaimanapun juga Ki Chul adalah bagian dari rakyatnya. Selain itu Gong Min juga teringat pada kakak Ki Chul yang adalah permaisuri Yuan. Ia ingin mereka bisa hidup berdampingan.

Ki Chul berkata awalnya ia berpikir Gong Min adalah orang lemah tapi ia mengakui Gong Min seorang politisi. Ia berkata pada Choi Young kalau Choi Young seharusnya tidak mengabdi pada raja seperti itu.

“Hati-hati dengan perkataanmu!” ujar Choi Young.

“Raja seperti itu hanya menggunakanmu sebagai anjing pemburu. Dia bisa melemparkanmu ke neraka kapan saja dengan alasan yang ada. Dan kau akan berjalan ke neraka dengan sendirinya. Kau adalah orang seperti itu.”

“Aku telah memperingatkanmu,” kata Choi Young tak bergeming.

“Rakyat tidak mengenal nama Raja. Tapi…hanya sedikit yang tidak mengenal nama Choi Young.”

Gong Min terlihat kesal, ia tahu Ki Chul sedang berusaha mengadu domba dirinya dan Choi Young. Choi Young teringat pada tuduhan Raja terdahulu yang akhirnya menyebabkan kematian gurunya.

“Sebenarnya, apakah ada yang telah Yang Mulia lakukan hingga bisa menduduki tahta itu?” tanya Ki Chul pada Gong Min. “Apakah Yang Mulia pernah meneteskan darah? Seluruh pejabat di luar dibawa olehnya (Choi Young). Pasukan kerajaan dan tentara perbatasan mengikuti dia. Apa yang Yang Mulia miliki hanyalah gelar kerajaan. Karena itu aku berkata, Choi Young….kau seharusnya menjadi Raja. Jika kau mau, aku bisa mendapatkan titah kerajaan Yuan sekarang ini juga.”

shot0098 shot0100

Sigh, Ki Chul ini ngga kenal Choi Young ya. Choi Young tuh paling males ngurusin yang beginian. Apalagi jadi raja? Mendingan molor (tidur) di lantai kali :p

Gong Min meminta Choi Young menjawab pertanyaan Ki Chul. Hmm…sepertinya Gong Min juga penasaran dengan jawaban Choi Young.

“Aku akan memberikannya jawabannya pada Yang Mulia.

Tujuh tahun lalu, seseorang yang kukenal diberi pertanyaan yang sama. Pertanyaan itu begitu berat hingga ia menyerahkan nyawa untuk menjawabnya. Sekarang aku tahu. Dia telah salah.”

“Daejang?” Gong Min jadi khawatir. Apakah Choi Young menyesal telah mengabdi padanya dan memilih menjadi raja?

“Dia salah karena dia melarikan diri dari pertanyaan itu,” kata Choi Young.

“Choi Young, kau tidak mau menjadi raja? Mengapa kau tidak memiliki ambisi?”

“Aku sudah memiliki seorang raja. Apalagi yang kuinginkan?”

Aaaaa…kalo ini drama komedi, hidungnya Gong Min udah terbang tuh XD

shot0110 shot0113

Choi Young bertanya sekali lagi apakah Gong Min akan membiarkan Ki Chul hidup. Gong Min nampak ragu. Belum sempat ia menjawab, Ki Chul tersenyum. Ia berkata ia telah cukup mengulur waktu dan keluar begitu saja dari aula istana. Choi Young terkejut. Berarti sejak tadi Ki Chul sedang mengulur waktu?

Ia memerintahkan agar tak seorangpun menyerang Ki Chul lalu berjalan menyusulnya.

Para woodalchi di luar istana berusaha menghadang si tangan api dan pemuda suling. Tapi mereka bukan tandingan kedua orang kejam ini. Hwasuin melihat Dae Man lalu mengikutinya.

Dae Man memperingatkan Eun Soo dan Dayang Choi mengenai kedatangan Hwasuin dan Eum Ja. Dayang Choi buru-buru membantu Eun Soo berdiri. Tapi terlambat, Hwasuin masuk menemukan Eun Soo.

Dae Man melawan Hwasuin agar Eun Soo bisa melarikan diri bersama Dayang Choi. Walau bukan tandingan Hwasuin, Dae Man berusaha mati-matian agar Hwasuin tidak bisa keluar menyusul Eun Soo.

Hwasuin membuka sarung tangannya dan memegang leher Dae Man. Membakarnya. Dayang Choi tak tega meninggalkan Dae Man. Ia menyuruh Eun Soo melarikan diri sendirian.

Seorang woodalchi menemukan Eun Soo. Ia mengajak Eun Soo keluar dari markas woodalchi karena Eum Ja sedang menyusul ke sana. Woodalchi itu akan membawa Eun Soo ke kediaman Ratu. Eun Soo mengikuti woodalchi itu. Why I feel bad about this?

shot0127 shot0131

Dae Man dan Dayang Choi tidak mampu mengalahkan Hwasuin. Hwasuin sedang berjalan keluar ketika tiba-tiba Dae Man menahannya. Hwasuin mengulurkan tangan apinya yang segera disambut oleh Dae Man yang memegangi handuk basah untuk meredam api. Kedua tangan Hwasuin dipegangi oleh Dae Man. Dayang Choi memanfaatkan kesempatan itu untuk menikam Hwasuin dari belakang. Hwasuin pun roboh. Mati. (fiuhhhhh….finally)

shot0137 shot0143

Dae Man meminta Dayang Choi segera menyusul Eun Soo. Benar saja, Eun Soo dimasukkan ke dalam kereta yang berisi Yong Gak. Yong Gak membuat Eun Soo pingsan. Woodalchi gadungan membawa kereta meninggalkan istana.

Eum Ja menemukan Hwasuin telah mati di kamar Choi Young. Ia pun segera ditiup oleh angin balas dendam. (Hehe…beneran ditiup angin hingga rambutnya berkibar. Untung bukan “angin surga”….ups sorry ;p)

shot0151 shot0156

Dae Man pergi melapor pada Choi Young kalau Eun Soo telah menghilang. Walau terkejut mendengar Eun Soo hilang, Choi Young sempat memeriksa leher Dae Man yang terbakar. Mengetahui Dae Man telah mempertaruhkan nyawa untuk melindungi Eun Soo, Choi Young mengusap kepalanya.

No Gook menemui Raja. Tepat saat itu Dol Chi menemukan kotak berisi peralatan Hwata di lantai ruang kerja Gong Min. Gong Min mengira peralatan itu milik Eun Soo tapi No Gook tahu itu bukan peralatan yang sama. Sisa diari Eun Soo juga ditemukan. Mereka mengkhawatirkan Choi Young dan Eun Soo. Gong Min telah memerintahkan agar Choi Young menunggu karena tidak ingin Choi Young berkeliaran tak tentu arah sedangkan No Gook mengkhawatirkan kondisi Eun Soo.

Gong Min berkata Choi Young telah meninggalkan Eun Soo untuk melindunginya. No Gook berkata Gong Min juga telah melakukan hal yang sama untuknya. Gong Min telah membawa orang dari langit untuk menyelamatkan nyawanya.

“Sebenarnya, kita menculiknya,” kata Gong Min tersenyum.

“Tentu saja, karena ia tidak berasal dari sini mungkinkah langit sedang memberi kita tanda?”

“Aku yang memerintahkan agar ia dibawa ke sini. Aku juga yang menahannya agar tidak kembali. Jika memang akan ada hukuman, akulah yang seharusnya menanggungnya.”

“Kalau begitu aku akan menanggung hukuman itu juga.”

“Kenapa?”

“Saat ini kita seharusnya mengkhawatirkan Tabib Langit, tapi begitu kita menemukannya ada yang ingin kukatakan pada Yang Mulia.”

“Apa itu?”

“Kata dari langit yang Tabib Langit ajarkan padaku.” Sarang sarang^^

Gong Min meminta No Gook memberitahunya sekarang, tapi No Gook berkata ia akan mengatakannya saat Gong Min merayakan sesuatu. Dol Chi tersenyum melihat keduanya.

Gong Min tak bisa tidak tersenyum lebar hehe^^ No Gook memegang tangan suaminya dan memintanya untuk memikirkan Eun Soo dan Choi Young. Gong Min langsung nurut hehe…Coba inget ngga keduanya seperti apa saat episode-episode awal?

shot0176 shot0178

Choi Young menemukan Dayang Choi termenung sendirian di kamarnya. Dayang Choi berkata Eum Ja pasti telah membawa mayat Hwasuin. Tidak mungkin Eum Ja membawa Hwasuin dan Eun Soo bersamaan. Pasti ada yang membantunya. Choi Young menanyakan keadaan Eun Soo. Dayang Choi berkata keadaannya masih lemah karena demam semalaman. Lalu bagaimana dengan racunnya? Dayang Choi berkata Eun Soo yakin telah sembuh.

Choi Young berbalik pergi. Dayang Choi bertanya ke mana Choi Young hendak pergi, Yang Mulia telah memerintahkan agar Choi Young menunggu.

“Aku telah menunggu!!” seru Choi Young frustrasi. “Aku menunggu, tapi….”

Dayang Choi meminta Choi Young tinggal agar tidak ketinggalan kabar terbaru. Tapi Choi Young berkata rasanya ia mau mati sekarang ini. (cinta ini membunuhku, gitu kali ya kata Choi Young hehe)

shot0184 shot0186

Choi Young mengambil pedangnya dan langsung menemui Gong Min. Gong Min berkata ia telah memerintahkan pemeriksaan di seluruh kota hingga perbatasan. Choi Young yakin mereka membawa Eun Soo ke gerbang langit.

“Jika kau menemukan Tabib Langit, apa kau akan mengikutinya ke dunianya?” Dengan kata lain: apa Choi Young akan meninggalkan Gong Min?

Choi Young bertanya apakah Gong Min menahannya di istana untuk menanyakan hal ini. Gong Min mengaku ia ingin mengetahui kabar terbaru mengenai Eun Soo dan ya, ia juga ingin tahu jawaban Choi Young. Gong Min tahu Choi Young sangat lelah berada di Goryeo ini.

“Hamba telah memberikan jawabannya pada Yang Mulia. Respon guruku dan jalan yang ia tempuh, tidak akan hamba ikuti. Hamba telah kembali, Yang Mulia. Karena itu, tolong bantu hamba membawa kembali wanita hamba.”

Ekspresi Gong Min saat mendengar jawaban Choi Young bagaikan seseorang yang telah diterima cintanya. Ia tersenyum dan mengangguk kecil, memberi ijin pada Choi Young untuk menyelamatkan Eun Soo.

Choi Young langsung keluar. Ia membari tahu anak buahnya bahwa ada mata-mata di antara para woodalchi baru.

shot0190shot0421 

Eun Soo terbangun di suatu tempat. Ia kaget saat melihat Eum Ja sedang menghunus pedang ke arahnya. Eum Ja ingin tahu siapa yang telah membunuh Hwasuin. Eun Soo menggeleng, ia hendak menjawab tapi lidahnya kelu.

Untunglah Ki Chul datang dan memerintahkan Eum Ja menyingkirkan pedangnya. Ki Chul duduk di hadapan Eun Soo. Ia bertanya apakah Eun Soo sedang sakit, apakah masih ada racun di tubuh Eun Soo.

“Apa aku diculik?” Eun Soo balik bertanya.

“Tidak, kau sedang diantar.”

Eun Soo bertanya apa itu artinya ia boleh pergi jika ia ingin pergi. Hadeuh, Eun Soo ini masih juga ngga tau ya Ki Chul itu seperti apa. Ngga mungkin kan diculik Cuma buat dilepasin gitu aja?

Ki Chul berkata mereka akan pergi bersama ke gerbang langit dan ke langit. Ki Chul berkata ia telah membawa peninggalan Hwata yang ketiga. Eun Soo hanya diam, berbeda dengan ketika ia begitu bersemangat ingin tahu semua peninggalan Hwata.

shot0193 shot0199

Sementara itu Suribang masih mencari keberadaan Eun Soo. Bibi Manbo khawatir Choi Young akan kembali seperti hantu berlidah hitam jika Eun Soo tidak ditemukan. Ia mendapat ide bagaimana cara melacak keberadaan Ki Chul. Toko obat. Yong Gak selalu membeli obat-obatan untuk membuat obat Ki Chul. Jika mereka melacak ke seluruh toko obat, mereka mungkin bisa menemukan Ki Chul.

Eun Soo membuka kotak yang dibawa Ki Chul. Ia mengeluarkan sebuah kotak yang mirip sebuah perekam, atau kamera? Ki Chul mengamati reaksi Eun Soo. Tampaknya Eun Soo mengenali kotak itu karena ia menangis.

Suribang berhasil melacak keberadaan Ki Chul dengan mengekori anak buah Ki Chul yang membeli obat-obatan. Sayangnya mereka ketahuan dan rombongan Ki Chul berhasil melarikan diri sebelum mereka tertangkap.

Choi Young segera menyusul ke daerah itu untuk melanjutkan pencarian.  Ratu dan Raja menanti dengan khawatir.

shot0214shot0224

Eun Soo dan Ki Chul berada dalam kereta. Eun Soo memberitahu Ki Chul sepertinya terbukanya gerbang langit berhubungan dengan badai matahari (wah, kalo gitu sebentar lagi gerbang langit terbuka dong :p *abaikan*). Tapi ia tidak tahu bagaimana kaitan gerbang langit dengan tempat yang dituju. Berdasarkan pengalaman Choi Young yang berhasil kembali ke tempa asalnya setelah menculik Eun Soo, maka bisa disimpulkan mereka bisa kembali ke tempat semula asalkan mereka melalui gerbang itu pada satu waktu (selama gerbang itu terbuka dan belum menutup).

Eun Soo berkata ini pertama kalinya Ki akan melewati gerbang langit. Ia tidak tahu Ki Chul akan sampai di mana. Ki Chul tak peduli. Ia akan terus mencari hal yang bisa mengisi kekosongan hatinya dan menyembuhkan penyakitnya. Ia yakin akan menemukannya.

Eun Soo berkata ia akan mengantar Ki Chul ke sana tapi ia minta dilepaskan. Ki Chul berkata Eun Soo akan melewati gerbang langit itu bersamanya. Eun Soo ingin tinggal tapi Ki Chul tak mau tahu.

Mereka tiba di sebuah rumah makan sambil menyamar. Diam-diam Eun Soo mengambil sebuah arang.

Choi Young tiba di tempat yang sama. Ia tidak menemukan Eun Soo. Namun sesuatu menarik perhatiannya saat ia keluar. Sebuah tulisan di dinding. Choi Young mengenali tulisan itu sebagai tulisan langit yang pernah ditunjukkan Eun Soo. Tulisan itu berkata: aku baik-baik saja. Choi Young menghela nafas panjang. Setidaknya ia berada dalam jalur yang benar.

 shot0235 shot0237

Rombongan Ki Chul hendak melewati perbatasan. Mereka melihat tentara kerajaan memeriksa setiap orang yang lewat. Itu bukan masalah, dengan segera Eum Ja menghabisi tentara itu.

Ki Chul menyewa seluruh penginapan untuk rombongannya. Choi Young tiba di tempat yang sama. Eun Soo menyadari kondisi Ki Chul yang buruk dan menawarkan diri untuk memeriksa nadinya. Tapi Ki Chul tidak mau karena tidak percaya pada Eun Soo.

Tiba-tiba terdengar suara pintu didobrak. Yeaaaayy…Choi Young!! Terjadi pertempuran antara Eum Ja dan Choi Young. Ki Chul segera memerintahkan Eun Soo untuk pergi bersamanya. Eun Soo mengambil belati dari kakinya dan melukai tangan Ki Chul. Eun Soo melarikan diri. Ki Chul serta merta mengejarnya.

Saat terjadi adu pertahanan antara Eum Ja dan Choi Young, diam-diam Yong Gak mendekati Choi Young dari belakang untuk melukainya. Choi Young bisa merasakan gerakan Yong Gak. Ia segera berbalik dengan memegangi tangan Eum Ja yang memegang pedang dan pedang Eum Ja menusuk Yong Gak. Kalo dulu no more poni, sekarang no more mister poni^^

Eum Ja kaget telah menusuk sekutunya sendiri. Ia meraih meja untuk dijadikan tameng. Choi Young menusuk meja itu kuat-kuat hingga menembus dan menusuk tubuh Eum Ja. Bye-bye Eum Ja^^

Ki Chul tak bisa menemukan Eun Soo. Ia segera melarikan diri.

shot0258 shot0260

Choi Young? Tentu saja bisa karena Eun Soo tidak perlu bersembunyi dari Choi Young. Choi Young bertanya apakah Eun Soo baik-baik saja. Eun Soo mengangguk dengan mata berkaca-kaca dan menggeleng ketika Choi Young menanyakan apakah Eun Soo terluka.

“Kalau begitu, sekarang kau tidak akan sakit lagi? Kau akan bersamaku?”

“Ya,” Eun Soo mengangguk.

Choi Young langsung meraih Eun Soo dalam pelukannya. Eun Soo menangis lega dan bahagia.

shot0262 shot0274

Malam itu mereka tidur di penginapan. Choi Young berkata gerbang langit akan terbuka besok, apakah Eun Soo akan baik-baik saja? Apakah Eun Soo tidak ingin berpamitan pada orang-orang di dunianya?

“Apakah boleh?”

“Aku akan mengantarmu.”

Eun Soo berkata Ki Chul mungkin akan datang ke gerbang itu juga. Jika Choi Young bertempur dengan Ki Chul apakah Choi Young akan menang?

“Mungkin…aku akan menang,” kata Choi Young.

Ia terus memandangi Eun Soo. Ia ingin terus mengingat walau ia tidak perlu melupakan Eun Soo karena Eun Soo akan terus berada di sisinya.

Eun Soo membelai wajah Choi Young. Choi Young menggenggam tangan Eun Soo dan mengecupnya dengan lembut. Ia menyuruh Eun Soo tidur lalu membelai rambutnya.

shot0286 shot0291

Ki Chul berlari ke gerbang langit. Gerbang itu terbuka!

Ki Chul segera berjalan hendak melewati gerbang itu. Tapi anehnya gerbang itu menolak Ki Chul. Ki Chul tidak bisa melewatinya.

Choi Young dan Eun Soo berjalan ke arah yang sama. Mereka melihat Ki Chul berjalan gontai sendirian. Mereka menghampiri Ki Chul. Duh…ngapain sih mereka deketin Ki Chul. Jelas-jelas Ki Chul mau membawa Eun Soo, kan?

Ki Chul berkata gerbang langit telah terbuka. Eun Soo menyadari perhitungannya benar. Ki Chul bertanya bagaimana cara melewati gerbang itu.

“Kau hanya tinggal melewatinya,” kata Eun Soo.

“Sampai akhir kau masih menipuku. Bagaimana kau bisa begitu kejam saat aku begitu tertekan,” kata Ki Chul marah.

shot0294 shot0300

Choi Young menyuruh Eun Soo menyingkir.

“Jawab aku! Apakah hanya ada tanah ini di dunia ini? Apakah kematian adalah akhir dari segalanya? Tidak ada yang lain?!” seru Ki Chul sambil menghampiri Eun Soo.

Choi Young hendak menahannya tapi gagal. Ki Chul berlari ke arah Eun Soo. Choi Young melempar pedangnya ke arah Ki Chul. Pedang itu menancap di punggung Ki Chul. Lalu Choi Young memegangi kedua tangan Ki Chul dan menyerangnya dengan tenaga dalam. Ki Chul berhasil memegang tangan Choi Young dan menyalurkan energi dinginnya. Choi Young berlutut, wajahnya mulai membeku. Lalu ia terkapar jatuh ke tanah. Eun Soo segera berlari ke arahnya dan memberi pertolongan pertama sambil menangis.

shot0308 shot0317

Ki Chul pun terkapar di tanah tapi ia berhasil bangkit berdiri. Ia lalu menarik Eun Soo pergi. Choi Young hanya bisa memandangi kepergian mereka.

“Mengapa dia dari semua orang di dunia ini? Aku membuang waktu dengan memikirkan hal tak berguna seperti itu. Ayah, aku telah menemukannya. Apakah sekarang sudah terlambat?” kata Choi Young dalam hati. Ia teringat saat pertama kali melihat Eun Soo di langit dan seluruh kebersamaan mereka selama ini.

Ki Chul menarik Eun Soo ke garbang langit. Eun Soo terus meronta-ronta. Akhirnya ia berhasil melarikan diri dan berlari menembus gerbang langit. Ki Chul hendak menyusul tapi lukanya terlalu parah. Gerbang itu menutup. Ki Chul terpana lalu menghembuskan nafas dingin terakhirnya.

shot0329 shot0339

Eun Soo tiba seberang gerbang. Apakah ini adalah masanya? Yang pasti ini masa depan.

Choi Young: “Ia akan menjawab semua akan baik-baik saja. Ini hanyalah sebuah permulaan.”

Eun Soo tiba di rumah sakit tempatnya bekerja. Ternyata ia kembali ke jamannya. Beberapa wartawan dari Jepang menantinya untuk mewawancarai Eun Soo mengenai penelitiannya. Hmm…tampaknya karir Eun Soo akan berkembang pesat jika ia tinggal di masa depan. Apakah Eun Soo akan tinggal?

Eun Soo tak meladeni mereka, bahkan mengambil ransel dari seorang di antara mereka. Ia lalu masuk ke kantornya dan mulai memasukkan barang-barang. Salah satunya alat perekam (benda Hwata ke-3). Ia lalu membawa peralatan operasi (benda Hwata ke-1). Dan berbagai perlengkapan medis lainnya untuk menyelamatkan Choi Young.

shot0343 shot0346

Sementara itu perawat menelepon polisi untuk memberitahukan kedatangan Eun Soo. Selama ini Eun Soo dilaporkan hilang karena diculik. Dan sekarang ia kembali dengan pakaian aneh dan bersikap aneh.

Eun Soo membawa ranselnya kembali ke gerbang langit. Berita menyampaikan badai matahari sedang mencapai puncaknya.

Eun Soo berlari ke gerbang langit (eh? Kok gerbangnya masih terbuka ya? Bukannya gerbang itu sudah tertutup ya?).

Eun Soo: Waktu itu aku berlari di Seoul hanya untuk menyelamatkannya. Apa yang salah pada hari itu? Setelah meninggalkannya, apa yang kuperlukan agar aku bisa kembali ke sana? Apakah aku kurang kerinduan? Atau apakah itu keyakinan?”

Eun Soo tiba di seberang gerbang langit namun ia tiba di tempat yang berbeda. Choi Young tidak ada di sana.

“Aku terpisah lagi darinya. Aku tertinggal sendirian di dunia 100 tahun sebelum dunia tempat ia sekarat.”

shot0357shot0358

Eun Soo kembali ke gerbang langit tapi gerbang itu telah tertutup. Maka Eun Soo pun tinggal di dunia itu dan menjalankan praktek pengobatan. Ia menuliskan hal-hal yang ia ingat ke dalam diarinya (benda Hwata ke-2). Sesekali ia melihat video dalam alat perekam miliknya. Dalam video itu ada video prosedur operasi plastik, juga video kedua orangtuanya.

Eun Soo tersenyum melihat orangtuanya di dinding (alat perekam itu merangkap sbagai proyektir mini). Dalam video itu, orangtuanya menanyakan keadaan Eun Soo dan segala pertanyaan lainnya. Eun Soo menjawab pertanyaan mereka seakan mereka berada di hadapannya. Bahwa ia sudah sembut dari flunya sejak lama sekali dan ia sangat merindukan masakan ibunya. Dengan mata berkaca-kaca ia melambaikan tangan pada ayahnya. Ia berkata ayahnya tak menua sedikitpun. “Eun Soo-ya” sapa ayahnya. Rekaman itu pun terputus.

Ternyata baterainya habis. Eun Soo menyadari ia tidak akan pernah lagi melihat orangtuanya.

shot0376 shot0375

Eun Soo menanti gerbang langit terbuka.

“Seseorang pernah berkata, kerinduan yang sungguh-sungguh akan menciptakan hubungan, dan hanya kenangan yang akan membuat kenangan-kenangan itu menjadi nyata.”

Gerbang langit terbuka dan Eun Soo melangkah melewatinya. Ia kembali ke Seoul. Tapi kali ini ia langsung kembali melewati gerbang langit tanpa berdiam di dunianya.

Ke mana Eun Soo tiba? Ia sendiri tidak tahu. Ia tiba di sebuah rumah makan dan mengenali seragam woodalchi yang dikenakan beberapa orang di sana. Ia bertanya pada salah seorang dari mereka mengapa tentara Goryeo ada di sana. Apakah tidak apa-apa mereka berada di daerah Yuan?

shot0393 shot0394

Woodalchi itu menjawab bagaimana bisa ini daerah Yuan. Apakah Eun Soo tidak tahu Daejang mereka telah menaklukkan daerah Barat Sungai Yalu? Ia bertanya apakah Eun Soo baru turun gunung hingga tidak tahu.

Eun Soo menanyakan gelar Raja terdahulu. Raja Chungjeong, jawab woodalchi itu. Eun Soo terkesiap. Ia bertanya sudah berapa lama Raja yang sekarang menduduki tahta. Sekitar lima tahun.

Eun Soo melihat para woodalchi yang duduk agak jauh dari tempat duduknya. Ia mengenali Deok Man. Lalu muncul Dae Man dengan rambut lebih rapi dan diikat. Mereka terlihat bertambah dewasa. Eun Soo terharu melihat mereka. Ia lalu melihat Chong Seok menanyakan keberadaan Daejang mereka pada para anak buahnya.

Deok Man menjawab daejang mereka pergi ke tempat yang sama, tempat di mana pohon itu berada. Dae Man mengusulkan untuk membawakan makanan pada daejang mereka. Ia akan tinggal 3-4 hari jika pergi ke pohon itu (kok kaya bertapa hehe ^^).

shot0403 shot0405

Eun Soo berlari ke tempat yang dimaksud. Ke pohon itu. Choi Young menoleh. Eun Soo terkejut. Choi Young berjalan ke arahnya lalu tersenyum. Ia tidak melupakan Eun Soo. Eun Soo tersenyum. The end.

shot0408 shot0412

shot0417 shot0418

Komentar:

Hwaaaa…finally! Happy ending^^ My last synopsis for this year ;)

Terlepas dari adanya bagian yang tidak masuk akal di sana-sini, drama ini berhasil menyampaikan temanya dengan baik. Keyakinan dan kepercayaan. Aku pernah bilang selama ini aku menyukai drama ini karenaadanya ujian terus menerus antara kepercayaan Gong Min dan Choi Young, juga keyakinan dan kesetiaan tak terpatahkan di antara para woodalchi.

Namun akhirnya kita juga melihat keyakinan Eun Soo dan Choi Young akan cinta mereka. Eun Soo meninggalkan prospek cerahnya di Seoul (yang awalnya sangat ia cari) dan melanglangbuana untuk mencari Choi Young yang tidak jelas masih hidup atau sudah mati. Dibutuhkan keberanian dan tekad yang besar untuk menjadi seorang Eun Soo. Bagaimana jika Eun Soo terus berputar-putar melewati gerbang waktu tanpa pernah bertemu Choi Young lagi? Tapi ia yakin suatu saat mereka akan kembali bertemu.

Demikian juga dengan Choi Young yang selama lima tahun terus menunggu Eun Soo. Ia tetap melakukan tugasnya sebagai jenderal dengan baik. Ia membuktikan kesetiaannya pada Gong Min dengan berperang melawan Yuan. Namun ia juga selalu menanti Eun Soo kembali.

Nah sekarang bagian tak masuk akalnya. Aku merasa tak masuk akal Choi Young kalah dari Ki Chul. Keadaan Ki Chul sangat buruk dan sudah tertikam pedang. Ki Chul juga sudah menghbiskan tenaganya untuk membunuh Dol Bae. Sedangkan Choi Young? Ia jarang sekali menggunakan tenaga dalamnnya. Ditambah lagi efek obat dari Yong Gak seharusnya sudah habis.

Lalu mengenai perjalanan lintas waktu. Mengapa Ki Chul tidak bisa melewati gerbang langit? Apakah hanya Eun Soo dan Choi Young yang bisa melewatinya? Bukankah Eun Soo berkata gerbang itu terbuka untuk pulang pergi ke tempat yang sama asalkan dilakukan sekali waktu, tapi mengapa Eun Soo malah terdampar ke waktu yang lain? Berbeda dengan ketika Choi Young pergi menculik Eun Soo, ia kembali ke tempat Gong Min menunggunya.

Hal lain yang agak mengganggu dalam drama ini masalah teknis. Menurutku pengambilan gambar dalam drama ini kurang baik. Seringkali aku merasa pusing melihat gambarnya yang terasa bergoyang. Juga adegan per adegan yang kadang terasa choppy.

Banyak yang menyukai setengah terakhir drama ini, sedangkan aku pribadi lebih menyukai episode-episode awal. Saat orang Goryeo terheran-heran melihat perilaku Eun Soo yang “aneh” ;D

Thanks Dee yang sudah menemaniku membuat sinopsis drama ini. Walau kita tersendat-sendat dalam membuat beberapa episode terakhir, namun kita berhasil membuktikan kesetiaan kita dengan menyelesaikannya haha :D You’re the best, pateneo (gaya Eun Soo ngomong partner) !!

54 komentar:

  1. Thank you fanny.. you're the best deh!! Yang tersendat-sendat mah akunya.. Fanny mah enggak. So thank you so much for your understanding. :))

    Aku juga ngerasa agak aneh dengan gerbang langit itu. Kok kayanya diskriminatif ya gerbangnya. Apakah orang yang berniat jahat gak boleh lewat gerbang itu?

    Terus apakah Hwata itu Eun Soo? Atau Hwata dan Eun Soo adalah dua orang yang berbeda? Yang berarti siapa Hwata itu? Lagi2 kembali ke Dr. Jin. Tapi kang dr. Jin itu ada di jaman joseon. Berarti bukan dong. Jadi ada orang dari masa depan yang juga kembali ke masa depan lagi, karena kan legendanya si hwata kembali ke gerbang langit.

    Tapi kalo hwata itu eun soo.. jadi tambah gak masuk akal. karena Eun Soo dibawa oleh Choi Young, karena ada legenda hwata.

    yang lebih membingungkan lagi, kenapa Eun Soo meninggalkan tabung isi surat dan diarinya?

    dan pertanyaannya adalah mana yang terjadi lebih dulu? Eun Soo membaca buku harian atau Eun Soo menulis buku harian?

    Eun Soo membaca surat yang tersembunyi di bawah batu (sehingga ia tahu kalau ada hal darurat di kerajaan) atau Eun Soo menulis surat itu (untuk memperingati Eun Soo di masa goryeo)?

    Pertanyaan itu seperti lebih dulu mana keluar : telur atau ayam?

    Ataukah ada dua Eun Soo? apakah dunia itu paralel?

    Eun soo yang diperingatkan, membuat lingkaran kehidupan sendiri. Ia membaca surat yang memperingatkan kalau Choi Young dalam bahaya (dari buku harian), kalau di kerajaan ada bahaya (dari surat di tabung). Kemudian dia kembali ke masa depan dan mengambil semua barang, masuk kembali yang ternyata dia ada di 100 tahun kehidupan seblm choi young, ia menunggu saat gerbang terbuka dan menuliskan apa yang dulu pernah ia baca dan meninggalkan tulisan itu.

    tapi tak sesederhana itu. Eun Soo sudah pernah membaca surat peringatan itu dan sekarang menuliskannya kembali. Jadi sudah ada Eun Soo sebelumnya, yang pernah kehilangan Choi Young (karena ia tak pernah mendapat surat peringatan itu sehingga Choi Young berhasil bunuh diri).

    Kalau itu yang terjadi, dimanakah Eun Soo yang menulis buku harian untuk Eun Soo? Apakah ia masih melalangbuana dan tersesat di tahun-tahun yang tak kita ketahui?



    yang btw nggak mungkin pas seratus tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku cari sinopsis ini setelah tamat nonton faith di dvd, memang membingungkan. setelah aku baca komen komen sebelumnya, aku nonton lagi episode terakhir (penasaran, karena memang bingung. ya sudahlah haha).

      aku sedikit mengerti, mungkin eunsoo itu adalah hwata di masa 100 taun kedepan. karena waktu eunsoo masuk ke pintu langit (yang choi young sekarat) dia kan beres- beres peralatan. terus waktu eunsoo mau balik lagi untuk nolong choi young, dia bilang "aku ditinggalkan ke massa 100 thn sebelum choi young sekarat" berarti itu di massa si choi young belum lahir kan!? haha. terus dia buka praktek tabib (yang aku bingung kenapa namanya berubah dari eunsoo ke hwata).

      setelah beberapa lama, kan dia coba ke pintu langit lagi tapi dia cuma liat keadaan (yang ada gedung2 tinggi, tapi itu ga tau thn berapa, eunsoo langsung balik lagi ke massa jaman dulu.>>>perhatikan, sebelum dia masuk pintu langit ada bunga2 kuning tapi setelah balik lagi bunga2nya ga ada. itu mungkin jawaban kenapa saat eunsoo balik malah ke massa 5 thn setelah choi young sekarat<<<<

      Jadi maksudku, itu semacam cerita yang berulang. hwata atau eunsoo dahulu udah yakin kalau nanti bakal ada eunsoo yang dapet peringatan dari buku diary. makanya hwata atau eunsoo terdahulu taro surat dlm plastik di bawah batu karena dia udah pernah ngalamin kejadian yang sama di tempat yang sama. untuk memperingatkan eunsoo yang jaman sekarang biar dia ga menyerah atau melarikan diri walaupun itu jadi hari terakhirnya karena mau di eksekusi sama utusan yuan. >>>karena kenyataannya, si hwata atau eunsoo terdahulu malah milih melarikan diri yang menyebabkan dia terpisah sama choi young di masanya<<<

      --sekian deh aku jadi bingung sendiri, oke! cukup! haha. btw makasih ka sinopsisnya, aku jadi buat penelitian singkat tentang inti cerita Faith. yang pasti aku suka drama ini karena aku suka Lee minho yang ada adegan berantemnya kaya di city hunter gitu haha (maco -mantan copet- haha bukan bukan) keren deh!! cerita yang memingungkan itu salah satu daya tariknya :^)--

      Hapus
  2. Iya bagai mikir mana dulu, telur atau ayam? penyelesaian masalah tine travelingnya ngga masuk akal. lagian legenda hwata itu kan ktnya tabib langit ngga mau nyembuhin seseorg "jojo" mknya balik ke langit. Sedangkan eun soo kayanya nyembunyiin identitasnya deh di jaman 100 tahun seblm goryeo itu.

    Dan bener kata dee, eunsoo kan ngga ngalamin choi young mati jd gmn bisa nulisin diari ttg hal itu >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eunsoo mengalami kekhawatiran bahwa apakah choi young mati atau hidup..pd saat dia kembali lg masuk ke gerbang langit sejarah ternyata malah terdampar 100 thn sebelumnya. Makanya dia memperingati eunsoo spy jangan meninggalkan choi young dan balik ke istana menyelamatkan raja ratu. Krn kalo sampe eunsoo pulang raja ratu mati tentunya choi young jg akan mati... dan eunsoo dr masa depan ga bs ketemu si choi young....

      Hapus
  3. kayaknya eun soo dan hwata orang yang sama deh...
    hwata adlah eun soo yang terlempar ke waktu sebelum choi young..
    abis gimana lagi coba? hahahaha
    terimakasih atas sinopsnya ya mba :DD

    BalasHapus
  4. Numpang komen yaa ,, maaf sblmnya, aku sbnrnya pgn liat FAITH krn akang Lee Min Hoo. Tp bener2 sedih abis dramanya datar banget n gampang ditebak dari awal. Tp aku ttp setia nonton dgn berharap ada seru2nya di pertengahan. Tp menuju episode terakhir malah lambat bgt, begitupun penyelesaiannya, musuhnya pada mati dgn "gampang", ga seperti yg kuharapkan, hufffth....

    BalasHapus
  5. huaaaaa akhirnya selese juga stlh ngebaca sinopsisny slm 2 hari!!
    tp kurng puaz xm adegan akhirnya, harusny mereka hug n kisses utk menandakan kembaliny bersatu!!! hiks hiks

    BalasHapus
  6. Istiqfar Nada M6 April 2013 10.53

    Faith apa udah pernah ditayangin di tv ?

    BalasHapus
  7. klo bukan krn mas lee min ho,,, kamprink emg nih drama :D tebul, awal2nya koplak beut kocak abeees :D

    BalasHapus
  8. Halo mb: ), pengen komen yaa..
    Nnton faith dr awal mpe episode trakhir "lega " yaa trnyata, akhirnya choi young dan eun soo tetap brsama. Jd ga galau hbis nntonnya. ㅋㅋㅋ biasanya suka galau tiap kali hbis nnton kdrama.
    Habis kalo ga sediiih bnget critanya, kalo ga heppyy bnget ^^~.
    Jdi ada istilahnya kalo lg broken heart bilangnya "sediihnya sesedih drama korea" hehe..

    Hmm, juga aktingnya minho awesome bnget. Lumayan dpt chemistry nya dgn kim hee su smpai dpt award gtu di drama fever award.. minhonya best actor, dan barenh kim hee su dpt best couple award..

    Waa, pkoknya heppiii buat mreka brdua,, heppi buat faith drama.. daebak!^^~…

    BalasHapus
  9. Halo mb: ), pengen komen yaa..
    Nnton faith dr awal mpe episode trakhir "lega " yaa trnyata, akhirnya choi young dan eun soo tetap brsama. Jd ga galau hbis nntonnya. ㅋㅋㅋ biasanya suka galau tiap kali hbis nnton kdrama.
    Habis kalo ga sediiih bnget critanya, kalo ga heppyy bnget ^^~.
    Jdi ada istilahnya kalo lg broken heart bilangnya "sediihnya sesedih drama korea" hehe..

    Hmm, juga aktingnya minho awesome bnget. Lumayan dpt chemistry nya dgn kim hee su smpai dpt award gtu di drama fever award.. minhonya best actor, dan barenh kim hee su dpt best couple award..

    Waa, pkoknya heppiii buat mreka brdua,, heppi buat faith drama.. daebak!^^~…

    BalasHapus
  10. acting ny minho bnr2 mnjiwai bgt smpe2 ngebayangin sosok jenderal choi young sbnarny, mmng spt sosok minho di serial drama faith ini dan mrsa pd crita sbnrny mmng ini yg trjdi.wlu ini ga mgkn ... ha ha ha ha..

    dan ga tau kenapa stiap nnton drama korea jd mrasa msuk ke dlm crta. seakan akan ikt mrsakn crita tsb... klo ad adegan sdh jd mrsa sdh.. klo ad moment romantis spt yg di alami choi young sm eun soo jd mrsa bnr2 ngerasain.. dan bwt snyum2 sndiri...
    dan hmpir smua drama korea mmpunyai unsur spt it.. kt yg mnonton atw hny skdr mmbca sinopsis drama korea mrasa crta bnar2 msuk kedlm pikiran para penonton n pembaca...

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener saya setuju sama anda.. choui young bener2 menjiwai perannya cool bgt sosok nya.. jujur setia bertanggung jwb dll.. bener jg sampe kebayang2 sosok mulia nya.. dan penurut.. eun soo pernah blg ke choi young klo eun soo g bersama nya iy hrs makan teratur tidur teratur dll..

      jk ada ada sosok seperti choi young dg kesetiaanya,kejujurah yg g tamak akan harta dan kekuasaan dan wanita.. pasti di perebutkan org.. hehehe

      Hapus
  11. min ho oppa memang cool .. ^-^

    BalasHapus
  12. akhirnya selesai juga...kebut baca sinop faith dari awal...ampe" gak brani baca sinopnya Gu Family Book sampe baca sinop faith selese...
    pokoknya mbah fanny ma mbak dee....daebak deh

    BalasHapus
  13. menarik juga ceritanya........mantap!!

    BalasHapus
  14. akhirnya selesai juga episode terakhir... walaupun agak membingungkan tp aq sedikit tau klo eun soo itu berkelana melewati lorong waktu untuk menyelamatkan nyawa choi young... dan ia yakin klo choi young itu masih hidup... dan akhirnya setelah lama ia berjuang bolak balik waktu ke waktu... akhirnya buah kesabaran, kerinduannya dan keyakinan klo ia bakal bertemu dan yakin klo choi young itu masih hidup... akhirnya berbuah manis... aku berharap klo cerita dari drama ini emang ada di dunia nyata.. klo bener2 ada eun soo dan choi young yang hidup bahagia dan menikah dan juga memiliki anak dan bisa hidup bersama sampai kematian menjemput mereka berdua... duh kayak.na g mungkin deh... tp aku berharap itu ada... entah d dimensi mana... aku berharap itu ada...
    wah aq salu ama scrip writer drama ini... buat aku dulunya g suka ma lee min ho jadi suka gara2 tokoh choi young yg mana lee min ho ini perfect meranin jendral wooldachi choi young... uh seandainya aja aku punya laki2 seperti itu.... #ngarep...

    BalasHapus
  15. Makasi ya mb. .uda bikin sinopsisny..aq ngikutin terus walu mesti bolakblik ke kutubuku n kdrama he

    BalasHapus
  16. masih terus bertanya tanya ?

    dapatkah ada yang bisa menjelaskan?

    BalasHapus
  17. -•-τ̲̣̣̥н̲̣̣̣̥a̶̲̥̅̊N̤̥̈̊к̲̣̣̥ ({}) y̶̲̥̅̊O̲̣̣̥u̶̲̥̅̊ -•- buat sinopsisnya..keren..Lee Min Ho forever...Faith always...

    BalasHapus
  18. Kalo menurut aku semuanya berawal dari tahun 2012 dimana eun so diculik oleh cheo young kembali ke jaman goryeo. Episode 24 menunjukkan kalo eun so terpaksa masuk ke gerbang langit karena di dorong oleh Ki Chul. Sampailah ia di tahun 2012 kembali. Pada saat itu gerbang langit mengecil dan tertutup sehingga Ki Chul tidak bisa ikut masuk. Saat itu yang terpikir oleh eun so aadalah untuk menyelamatkan choe young, sebelumnya ia membawa obat-obatan dan alat kesehatan yang dibutuhkan. Kemudian ia kembali ke gerbang langit yang mulai membuka lagi. Karena gerbang langit sempat tertutup sebelumnya, maka ia malah kembali ke 100 tahun sebalum masa cheo young. Pada saat itu dia berpikir untuk meninggalkan petunjuk2 untuk eun so di jaman choe young, sambil menunggu gerbang langit kembali membuka. Ketika gerbang kembali terbuka masuklah eun so, dan bertemu dengan cheo young yang lebih tua 5 tahun dari masa pertama kali mereka bertemu.
    Kesimpulan aku, Ki Chul tidak bisa menembus gerbang langit karena ia memang orang jaman goryeo, sedangkan cheo young bisa masuk gerbang langit karena ia menjemput jodohnya yang ada di masa depan. Bener gak??

    BalasHapus
  19. Wah... Ceritanya ngubrek ngubrek (?) perasaan. Ada saat dimana senyum senyum ada juga saat dimana aku bisa nangis nangis bacanya.
    Ini drama menurut aku menyampaikan kepada kita bagaimana tekanan yang didapakan oleh seorang raja. Dia harus milih rakyatnya atau Choi Young. Tapi aku suka episode episode akhir dimana Gong Min sama No Gook udah saling terbuka satu sama lain. Mereka melewati suka duka bersama. Walaupun, pada akhirnya Gong Min harus ditinggalkan No Gook.
    Waktu baca tadi, aku sempet kepikiran apa iya nanti Eun Soo bakal menetap ditahun 2012 apa kembali ke Jaman Dinasti Goryeo. Dan ternyata Eun Soo kembali ke jaman Dinasti Goryeo dan bertemu dengan Choi Young lagi. Asikk!! ^^ Akhirnya happy ending.

    Maaf ya mbak aku baru bisa comment di episode ini. Aku orangnya emang sering gitu #peace. Coz, aku pingin fokus ke ceritanya dulu.Tetep nulis sinopsis ya, mbak. Jangan capek buat nulis sinopsis!! Jjang~

    BalasHapus
  20. gatel eh pengen komen.. hëe ;p

    kalo menurut aku,hwatai ama eun soo itu orang yang sama. hwatai itu eun soo yg di antar ke pintu langit waktu ratu diculik. eun soo nya pulang ke Gangnam tuh balek lg eh ternyata malah masuk 100 thn sbelum Geuryo. nah eun soo nya yg jd hwatai berkelana sklian ngasih pesan buat eun soo yg ada di Geuryo biar gak salah ngambil keputusan.
    karena eun soo balek lg buat nyelamatin ratu, maka nya eun soo bukan jd hwatai yg berkelana tp eun soo yg ketemu lg ama choi young.. akhir yg berbeda.

    pertanyaan mana duluan eun soo nulis ato baca diary nya,ya kalo menurut aku ya nulis nya lah (ini sama gak kayak pangeran lee gak yg nyembunyiin cincin ama surat buat park ha di Rooftop Prince). nah kalo kejanggalan yg lain nya biar kan lah cuma penulis nya aja yg tau maksud dan tujuannya. Dan buat telur apa ayam yg duluan,aku nyerah mbak...hee

    itu semua cuma cuma menurut aku loh gak usah msukin hati tp buat mbak fanny ama mbak dee (*mbak dee sklian disini biar pahe) tenkiu sinopsisnya.. =)

    _♡cAnDiEs♡_

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di dengar lagi suara hwata di episode 1 nya.itu suara laki laki,jd siapapun hwatai nggk mungkin itu eun soo.

      Hapus
  21. aku suka banget drama korea, apa lagi ada Lee Min Ho. tambah anteng aja didepan TV :)

    BalasHapus
  22. mba lam kenal..q pencinta drama korea apalg ada lee oppa!terus trg wlau q bingung soal ad eun soo dua atw soal diary yg jelas kseluruhan ceritana keren wlau bkin bingung tp bs bkin merinding skujur tubuh..saat si choi bgt sayangnya k eunsoo..sooo sweeet..tp kok kaku amat y choiny..itu loooh g nyium eunsoonya..pdhal q ngarep ad adegan kissingny..heehee mgereasO:-)..

    BalasHapus
  23. Ya....ampun, so sweEt bgt endingnya...
    Ampe nangIs2 terharu, pengorbAnan choi young untUk eun soO sangat sangat sangat luar biasa, sampek2 choi young bela2in nungGu eun soO 5 taun, ampe kumisan, tp terbAlaskan dg kembAlinya eun soO, hIdup bAhagIa slamanya...
    Thanks bwt sinOpsisnya yah, membAntU bgt... Jd gag saBar pngen liat ending filmNya...
    :-D :-D

    BalasHapus
  24. Mnurutku, hwata itu gurunya eun soo (prnh djelasin dieps2 sblmny pas eun soo lg breng tabib jang).
    Soal eun soo dluan nulis ap bca, mnrtku dluan nulis. Jd dlunya eun soo prnh time travel (dbuktiin sm omonganny peramal di eps awal klo eun soo dsuruh mengingat org yg prnh dpcarinya dlu, tp mlh keinget mantan pcarny). Jd pas time travel it eun soo khlgn choi young, trus nulis ptunjuk buat dia sndri, kelak dia akn brstu dgn choi young.. Chaaa skian pdptku :D

    BalasHapus
  25. Lam knl mba.... Waaaa, crtnya nyentuh perasaan bgt... Sampe kebawa sama filmnya.
    Menurutq Hwata dan Eun Soo dicerita ini orang yang sama. Dan yang lebih dulu itu Eun Soo yang baca diary (di culik dari masa depan). Karena dia yang dh jalani dan ngalami terlebih dahulu sampe dia bisa tw kejadian-kejadian apa dan yg sudah terjadi saat itu, makanya dia bs buat peringatan2 (nulis diary dan surat) utk dirinya sendiri. Peringatan dan peninggalan itu di buat Eun Soo saat dia melakukan time travelling untuk kedua kalinya ke Goryeo (bwt nyelamatin Chou Young yg terluka wkt di tinggal) yg nyasar di 100 tahun sblm Chou Young. Walaupun Eun Soo dtg dr masa depan dan nyasar di 100 thn sblm Chou Young dan membuat peninggalan2 itu pastinya dlm sejarah akan ada terus peninggalan (namanya jg sejarah, tp hny dlm film loch) itu walaupun ru dibwt. mknya wkt di masa Goryeo Eun Soo bingung sama barang-barang itu, jelaslah blm pernah diliat kan baru dibwt!!! ^^
    Dan knp Gi Choul gk bs msk pintu langit yach karna Gi Choul gk yakin dan blm percaya (alias msh ragu-ragu)akan adanya dunia langit (masa depan) mknya dia gk bs nembus wkt mo msk!!!
    Untuk Eun Soo yg nyasar di 100 thn sblm Chou Young yg mgkn krn keyakinan jg, mknya Eun Soo gk bs nyiptaain hubungan dlm hatinya dgn pintu langit sampe dia nyasar ke 100 thn sblm Chou Young. Tp ada hikmahnya jg loch dia nyasar, biar bs bwt peringatan2 dan bwt sejarah Hwata kan... ^^

    Oops, maaf dh bnyk comment nich... ^^
    Makasih yach mba atas sinopsisnya...
    Ditunggu Sinopsis2 selanjutnya....

    ^OshiN^

    BalasHapus
  26. terimakasih atas di sediain sinopsisnya .... ^_^
    .. sangat membantu ... dan dapat mengisi waktu2 kosong...

    BalasHapus
  27. endingnya kenapa engga maksimal yaa??
    gak seru cuma tataptatapan doang-__-

    BalasHapus
  28. kereeeeeeeeennnnnn!!!! epic drama

    alur ceritanya yg maju mundur, mengharuskan mengikuti alurnya pake otak ahahaha

    pokoknya keren keren keren!

    Ki Chul gabisa masuk lewat gerbang langit mungkin karena dia yg hatinya kotor, jadi aja ga dibolehin masuk
    coba kalo dia bisa lewat gerbang langit trus memenuhi keserakahan dia? gawat dong bisa-bisa dia beneran ngerubah langit (sejarh)

    emang agak gak masuk akal sih, kepana Choi Young yang masuk lewat gerbang langit buat 'ngambil' Eun Soo dan itu kan engga sebentar, sampe Choi Young nyasar ke kuil, tp giliran melewati gerbang langit lagi tetep di waktu yg sama, giliran Eun Soo yg cuma buat ngambil peralatan malah mundur ke 100 tahun sebelum Goryeo :/

    jadi yg pertama kali itu Eun Soo yg terdampar di Goryeo, lalu terdampar ke 100 tahun sebelum Goryeo, lalu terdampar lg di Goryeo.

    agak gantung :/ trus keadaan di Seoul 2012 gimana? Pada kehilangan Eun Soo dong ya? jadi????

    BalasHapus
  29. Aku numpang komen ya
    Sempet beberapa kali terpikir kalau eun soo itu hilang ingatan sejak pertama kali dia menjelajahi pintu langit. Coba deh pikir, jaman yg kita tonton/baca ini sudah ada peninggalan hwata salah satunya buku harian yg di dalamnya tertulis eun soo, berarti otomatis itu milik eun soo dan otomatis hwata itu eun soo, yg mungkin seperti komen2 lain kalau eun soo menutupi identitasnya saat dia berada pada jaman 100 th sebelum goreyo.
    Yg masih aku tanyakan apakah eun soo sudah pernah menjelajahi waktu sepoerti yg dia alami saat itu lalu lupa ingatan atau apa? Ini sangat membingungkan. Benar, hanya penulis yg tau alasannya kenapa. Jadi pengen tanya langsung ke penulisnya.
    Tp aku juga pernah dengr dari orang yg bekerja d bidang perfilman kalau video yg bagus(aku artikan jga termasuk film atau drama) adalah yg membuat orang bertanya2 maksud video itu apa, dan kita ga akan pernah dikasih tau oleh pembuat(penulis)nya,karena memang video itu dibuat agar orang bertanya2. Sudah, abaikan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. numpang komen di komen kakak..

      saya setuju klo hwata itu eun soo yg dtg..
      eun soo yg nulis diari dan nulis.di botol itu karena penyesalan diri nya yg memilih untuk melanjutkan ke gerbang.ketika ia memilih tuk kembali maka ratu tiada karena keracun dan choi young terbunuh di matanya(sesuai yg terlihat di mimpi eun soo yg meliht choi young tergeletak) lalu ia menulis di botol agar eun soo di masa dpn tdk memilih untuk kembali sesuai dg yg di tulis.dan saat gerbang terbuka eun soo memutuskan untuk kembali.

      dan klo masalah hwata 100th yg lalu kyknya eun soo nyasar dan g kembali..

      dan ada lg saat smua.terbunuh kemana deok huang ato sapa lupa namanya yg pernah jd tunangan eun soo ngomng2 gmn cerita dan nasib ny ya??

      Hapus
  30. Jgn dpkirin deh alur crita ny, itU lah ukuran tingGi rendah ny seni dalm suatU film. .
    Smakin rumit film ny, makin tingGi seni ny. .krn rSa pnasaran yg gk trungkap itU indah. .
    Jadi, trima aja smw ny ya. .
    Buat ending verSi masing2 aja gAn :D kan lebiH puas. . :D

    BalasHapus
  31. Wah thanks yah infonya :)
    ternyata happy ending
    jadi semangat nntonnya, walau bnyk konflik yg bikin gregetan, haha

    BalasHapus
  32. happy ending :D

    BalasHapus
  33. Koq ad Deok Man?itu Deok Man si The Great Queen SeonDeok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini lucu, hehehe. itu deokman anggota wuldachi haha ^^V

      Hapus
  34. thx bgt bwt sinopsisny.. ^^
    gomawo.. ^^

    BalasHapus
  35. aku berterima kasih banget dg adanya sinopsis ini,, soal nya hari ini aku gak bs nonton episode terakhirnya.. pokoknya Mantab.. :D

    BalasHapus
  36. hah??? koq endingnya gitu? btw, thx ya udah nulis sinopsisnya. yg eps terakhir di ind*s*ar gbs nonton sih...

    BalasHapus
  37. mw ikutan komen y mbak_mbak,
    nggak bisa nahan buat nggak komen,
    ceritanya emang membingungkan seperti telur ama ayam,
    ya mungkin Ɣɑ̤̥̈̊п̥̥̲ƍ paham betul cuma scrip writernya aja,
    ..^.^..
    awalnya sih kecewa pas τ̅ªa̲̅ů endingnya cuma tatap_tatapan,
    tapi waktu τ̅ªa̲̅ů ama cerita sejarahnya jadi sedikit berkurang kecewa к̣̣̥μ
    ᵔ.ᵔ
    kalo Choi Young Ɣɑ̤̥̈̊п̥̥̲ƍ asli seganteng lee Min Ho ɑ̤̥̈̊Ƙů jadi merasa nggak rela pas Choi Young d̲̅i̲̅ hukum mati karena ϑȋ̝̊ curangi,
    (>_<)
    mkasih mbak_mbak cantik udah bikin sinopnya,

    BalasHapus
  38. Hallo....
    mb thx u dh bwt Recapx, Q sih udah ad DVD nya tp tetep suka baca tulisannya mb.
    mau iktan Rumpis ya mb.
    Klo mnrutQ perhitungan waktu di jaman Eun Soo di 2012 lbh cepat dgn Jaman di Goreyo.
    Terbukti waktu Eun Soo di dorong masuk dan dia bkemas alat pengobatannya stlh kembali jaman d Goreyo sdh terlewat bbrapa tahun padahal di jaman 2012 dia hanya bbrapa jam saja ato bbrpa menit.
    It mmrut sih...

    Tp tlepas dr semuanya action Lee min ho di sni lbh dewasa dan bkembang dr drama BBF dlu.
    Klo d Drama ini mngkn adegan spt kiss, peluk dll trkesan pelit yah.ato kta lainx krng greget.
    yang setauQ pernah baca klo g salh si Penulis ato skenariox mmg dbuat bgtu.jadi tidak hrs bsentuhan kulit spt hug or kiss smcam itulah (binggung mau neranginnya ..^^)
    dengan hanya pandangan mata pun org bisa tau that "I lov U"
    jadi para pemeran d tuntut bnr2 acting n pendalaman karakternya.

    Itulah Q bilang acting para pemain khususx Lee min ho d sni hrs d uji Total.
    thx u mb n di tunggu sinopsi berikutx.
    Good Job!!


    BalasHapus
  39. keren sumpah !!!

    BalasHapus
  40. numpang komen aahh....:D
    karena penasaran dari episode 17 lompat ke episode 24...hehehe
    karena aq pikir endingnya eunsoo bakal ketemu sama choi yong di masa depan seperti kisah rooftop prince...ternyata mereka ketemua setelah eun soo melanglang buana dulu....sedih juga ngebayanginnya..:D
    tapi sukaaaaaaa bgt sama drama korea ini ^^

    BalasHapus
  41. Hai kak. kuno bgt rasanya kalo mau ikutan nimbrung komen. hahah xD

    overall aku ska bgt sama inti dari drama Faith ini. mulai dari akting pemain2.a khususnya lee minho <3 trus tema time travelingnya sampe mor value yg mau disampein di drama ini tuh ketjeh banget kkkk xD

    sama kaya komentator yg lain, aku juga sependapat kalo hwata dan eunsoo adalah orang yang sama.
    aku juga setuju kalo eunsoo itu baca dulu baru nulis. tujuannya?? Tentu aja buat ngelengkapin sejarahnya hwata. yang pasti sejarah akan berubah tanpa peringatan2 yg eunsoo tulis utk dirinya di jalan goryeo saat itu. yg menurutku janggal antara kisah hwata dan eunsoo adalah katanya hwata udah ada sejak ribuan tahun lalu, tapi faktanya eunsoo cuman maju ke 100th. trus katanya hwata mmenghilang saat di kepung jojo. so can u tell me why? Anybody pls?? Hehe ^^V


    bersyukur bgt seenggaknya emang ada jendral berhati mulia kek Jend Choi Young ^^b sumpah aku lgsg ngefans dn pen bgt ziarah ke makamnya kalo bisa ke korea. hahha amiiin.

    "Untuk menjadi orang besar, maka lihatlah emas seperti melihat batu."

    Thanks kak :D

    BalasHapus
  42. Karna nonton faith ini aku jadi suka sama lee min ho :) film nya membingung kan,oh iya waktu eun soo kembali dan bertemu dengan choi young.waktu itu masa pemerintahan kaisar yang lama atau yg lain ya ?

    BalasHapus
  43. Kyak pernh liat filmnya jdi mles"an bca sinopsis. tp bisa nangkep inti da. mksud crtanya. top.
    buat mbk fanny n mbk dee semangatt trus.

    BalasHapus
  44. Semoga ada yang jawab ><
    taun 2012 kan eunsoo dibawa sama minho ke goreyo. Pas disana si eunsoo nemuin diary, peringatan, surat yg bahkan ada nama nya eunsoo, alat2 kedokteran sama proyektor kecilnya.. itu milik siapa?

    BalasHapus
  45. kalo menurut aku ceritanya bagus banget, awalnya aku sendiri bungung apa dan siapa hwatai itu tapi abis nonton sampe akhir aku paham kalo hwata itu nulis semua yang dialamin sama dia itu untuk dirinya dimasa depan dan berharap eun soo tidak melakukan kesalahan yang sama dengan dirinya sendiri di 100 tahun sebelumnya. dan masalah eun soo keluar masuk pintu langit itu masuk akal ko, karena setiap melewati pintu itu maka tidak akan di waktu yang sama jadi eun soo coba berulangkali keluar masuk pintu itu dengan harapan bisa kembali ke masa choi young tanpa tau sebenarnya kapten choi young masih hidup atau sudah mati karana whatai tidak tau hal yang terjadi setelah eun soo ninggalin kapten young.
    dan pada akhirnya mereka bisa ketemu lagi di masa 5 tahun setelah kapten young sekarat. ( seneng banget)
    1 hal yang ga aku pahmi, kenapa anggota whu dal cai ngga ada yang kenal sama eun soo sedangkan kapten young bisa kenal dia?? mungkin ga sih ada hubngannya sama kata" choi young waktu sekarat yang dia bilang "akhirnya aku menemukannya ayah, apakah sekarang sudah terlambat?" apa mungkin choi young juga dapat peringatan dari terdahulunya atu semacamnya gitu. huuuftitu aja yang ga paham
    keseluruhannya aku suka banget sama kaisar dan permaisuri apalagi dibagian awalnya, walaupun dalam sejarah kaisar akhirnya depresi setelah permaisuri meninggal setelah melahirkan , menyerahkan tahtanya dan ga lama ditemukan terbunuh. sedangkan kapten choi young yang aneh klo ngliat eun soo tapi pada akhirnya mereka jadi pasangan.
    aku juga suka sama semua anggota wu dal cai apa lagi sama yang laarinya cepet yang sukangikutin kemapun kaptennya pergi.
    terima kasih untuk sinopsisnya :)

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)