Selasa, 20 Maret 2012

Last Review The Moon that Embraces The Sun

1crazynyt

Apa yang membuat kita menyukai sebuah drama? Apa yang membuat drama itu berkesan dalam hati kita dan membekas untuk beberapa waktu lamanya? Jawabannya bisa berbeda-beda bagi tiap orang. Lalu apa yang membuat drama The Moon that Embraces The Sun begitu memikat hati banyak orang (termasuk aku^^) hingga menjadikannya drama nasional di Korea? Ratingnya melebihi 40% padahal untuk drama biasanya bisa mencapai 20% sudah termasuk bagus.

Bagiku drama yang berkesan adalah drama yang bisa membuat kita merasakan alur ceritanya dengan hati yang terdalam. Tertawa saat kebahagiaan itu datang, menangis saat penderitaan dirasakan, gemas melihat kejahatan dan kelicikan tokoh jahatnya, dan terbuai melihat romantisme kisah cintanya. Seakan-akan kita melebur dalam ceritanya. Seakan kita hadir di sana dan menyaksikan setiap perjalanan tokoh drama itu. Yup, drama yang mampu menyentuh emosi kita. Bagiku TMTETS adalah drama yang seperti itu.

201203151331796926

Bukan berarti drama ini disukai semua orang lho. Ada juga yang mengkritik habis-habisan drama ini termasuk mengkritik para pemerannya. Dan juga bukan berarti drama ini sempurna. Drama ini tetap memiliki kekurangannya, tapi bukankah mencintai berarti menerima segala kekurangannya juga? (berasa jadi konselor pernikahan nih xD)

Melepaskan sebuah drama yang berminggu-minggu mengisi hari-hari kita bukanlah hal yang mudah. Bagai melepas kepergian seorang kekasih^^ Hal terbaik untuk melepaskannya adalah dengan merelakannya hehehe… Dan bagaimana bisa kita merelakannya jika kita belum menuntaskannya, belum mengeluarkan seluruh unek-unek yang tertimbun berminggu-minggu? Itulah yang akan kulakukan sekarang. Ulasan terakhir The Moon that Embraces The Sun…hiks T_T

1crazynyt3

Pertama aku akan membahas ceritanya. TMTETS diangkat dari sebuah novel berjudul sama karena itu sebenarnya alur cerita drama ini sudah bisa ditebak demikian juga dengan akhirnya. Tapi penulis skrip drama ini menurutku berhasil membuat alur cerita yang membuat drama ini hidup. Baik novel maupun dramanya sama-sama mengundang rasa penasaran.

Dari awal cerita, Hwon dan Yeon-woo sudah ditakdirkan bersama. Baik secara simbolisme bulan dan matahari, juga dari cinta yang tumbuh dalam pandangan pertama. Hwon untuk Yeon-woo dan Yeon-woo untuk Hwon. Hal itu tidak bisa diubah, karena itu kehadiran Yang Myung tidak menjadi ancaman bagi kisah cinta mereka. Bahkan sebenarnya tidak ada yang bisa menghancurkan cinta mereka. Termasuk kematian.

MP-00695

Di pertengahan cerita, alurnya terasa sedikit melambat dan kita dibuat gemas karena Wol tidak juga mengingat siapa dirinya. Hwon yang bingung dengan perasaannya sendiri dan juga rencana-rencana jahat Yoon dan Ibu Suri. Tapi setelah disimak lagi, alur itu memang diperlukan.

Kita perlu yakin bahwa Hwon masih menyimpan Yeon-woo dalam hatinya dan juga memberi waktu untuk ia bergumul dengan perasaannya terhadap Wol. Ia ingin merengkuh Wol tapi tak bisa melupakan Yeon-woo. Lalu penderitaan yang dialami Wol. Kurasa itu diperlukan untuk membangun impact yang lebih besar saat ia mengingat semuanya.

Bayangkan jika interaksi Hwon dan Wol hanya 2 episode lalu tiba-tiba Yeon-woo ingat semuanya. Kurasa ceritanya malah terasa lebih datar. Kita belum cukup yakin Hwon mencintai Wol dan juga Wol belum cukup menderita untuk merasa kehidupannya dirampas darinya.

MP-00702

Sikap Hwon yang terus berubah panas-dingin terhadap Wol malah membuktikan pada Yeon-woo kalau Hwon selama ini tidak melupakannya. Melihat penderitaan yang dialami Yeon-woo membuat Hwon semakin bertekad untuk membalas semua orang yang menginginkan kematian Yeon-woo. Sampai di sini cerita dibangun dengan baik.

MP-00710

Setelah Yeon-woo mengingat semuanya dan berkumpul kembali dengan Hwon, banyak yang menyayangkan mengapa Yeon-woo duduk diam manis di kamar sementara Hwon harus menghadapi semuanya. Aku tidak setuju. Kehadiran Yeon-woo besar artinya. Yeon-woo yang menjadi penopang Hwon. Ia yang membuat Hwon teguh memperjuangkan kebenaran walau harus menghukum keluarganya sendiri.

1crazynyt2

Dan lagi, Yeon-woo bersikap demikian untuk melindungi keluarganya. Apa yang orang harapkan untuk ia perbuat? Yeon-woo bukan Ratu. Ia tidak memiliki kekuasaan politik apapun. Menurutku, dengan ia tetap diam di sana dan tidak meninggalkan Hwon saja sudah merupakan hal yang bagus. Berapa banyak kita melihat dalam Kdrama para pemeran utama wanita/pria yang meninggalkan kekasihnya (ke luar negeri atau entah ke mana) dengan alasan demi kepentingan kekasihnya?? 90% melakukannya^^

Tapi Yeon-woo diam di sana. Memberi kekuatan untuk Hwon dan percaya pada apapun yang dilakukan Hwon. Dan itulah yang seorang Ratu(istri) akan lakukan.

MP-00712

Banyak yang juga menyayangkan sikap Hwon saat Wol disiksa. Hwon tidak berbuat apa-apa dan lebih banyak menangis. Tapi episode-episode terakhir membuktikan sebaliknya. Ia diam-diam menyusun rencana. Ia berpikir bagaimana cara menjatuhkan musuh dalam satu kali pukulan dan menyapu habis semuanya. Dan ia berhasil. Yeon-woo dan negaranya berhasil ia selamatkan.

Akhir cerita memang terasa terburu-buru. Tapi setidaknya cukup mewakili keseluruhan akhir cerita. Semuanya mengikuti akhir dalam novelnya.

bc1

Satu-satunya yang sempat membuatku frustrasi adalah akhir hidup Yang Myung. Aku sebenarnya lebih menyukai akhir hidup Yang Myung versi dizchuu (komen sinop TMTETS 20) tapi mungkin penulis ingin menyampaikan sesuatu melalui akhir hidup Yang Myung ini. Ini adalah pilihan Yang Myung. Kalaupun hanya boleh ada satu matahari di langit, adalah pilihannya sendiri untuk menghilangkan dirinya dan bukan diakibatkan orang lain. Setidaknya pilihannya membuatnya bahagia. Siapa bilang kematian adalah akhir segalanya?

429907_204589319647140_152170751555664_303367_1379736529_n

Aku sangat menyukai Yang Myung dalam dua episode terakhir. Ia tidak larut dalam kesedihan karena Yeon-woo memilih Hwon tapi ia bekerjasama dengan Hwon untuk menghancurkan musuh. Bahkan seandainya ia berniat merebut tahta sekalipun, aku yakin pada akhirnya ia akan berpihak pada Hwon karena karakter Yang Myung sangat baik. Ia seorang yang merelakan bajunya dimuntahi anak yang sakit. Ia juga menyelamatkan Janshil. Ia bukan tipe orang yang tega menyakiti sahabat dan keluarganya. Dan akhir hidupnya membuktikan ia memang orang yang pantas dikenang.  (Apalagi dengan senyum seperti ini^^)

427093_204166446356094_152170751555664_302262_1822646475_n

Aku merindukan para tokoh lain. Misalnya ibu Hwon yang tidak pernah terlihat lagi. Ibu Yeon-woo tidak terlihat setelah Hwon dan Yeon-woo menikah. Yaaah…pada akhirnya yang kurang adalah jumlah episodenya hihihi^^

Alur cerita yang baik tak akan berhasil tanpa akting yang kuat dari pemerannya. Dari pemeran remaja, dewasa, dan para sesepuh benar-benar hebat.

padhari 4

Memang akting beberapa pemeran masih harus ditingkatkan tapi itulah kelebihan drama dengan alur baik. Peran yang tidak terlalu menonjol pun bisa mendukung cerita. Dan aku tidak memiliki kritik sedikitpun untuk para pemerannya. I love them all, termasuk pemeran antagonisnya.

1crazynyt4

Akting yang paling menonjol dibawakan oleh Yeo Jin-gu (Hwon remaja), Kim Soo-hyun(Hwon) dan Kim Min-seo (Bo-kyung). Bener-bener total!! Han Ga-in (Yeon-woo) sangat menonjol saat adegan penyiksaan dan adegan di istana bulan perak saat ingatannya kembali. Kim Yoo-jung anggun dan aura ke-bangsawan-annya menonjol banget. Jung Il-woo mengesankan dalam memerankan saat-saat terakhir Yang Myung. Terasa betulan. Nam Bo-ra dan Jin-ji-hee memerankan Min-hwa dengan sangat baik. Kekanakkan dan egois tapi tetap mampu meluluhkan hati.

Pemeran Ibu Suri Yoon (Kim Young-ae) dan shaman Jang (Jeon Mi-sun) pun patut diacungi jempol. Tatapan mata mereka mampu menembus layar *lebay dikit boleh dong*. Pemeran orangtua Yeon-woo mampu menguras air mata. Dan favoritku tentu saja kasim Hyung^^ Kehadirannya selalu mencerahkan suasana sepelik apapun.

sunnmoonphoto1203161331

Walau Seul, Woon, Janshil, dan Yeom hanya memiliki waktu sedikit di layar, tapi masih mendukung jalannya cerita. Sebenarnya aku berharap mereka lebih banyak muncul. Tapi ujung-ujungnya balik lagi….ngga cukup episode-nya :p

sunnmoonbehind120315210

Ada yang beranggapan drama ini “hanya” lah drama percintaan, seperti kisah Disney. Ada yang menginginkan lebih banyak konflik politik, konflik antar Hwon dan Yang Myung, dan konflik antara Yeon-woo dengan para pembunuhnya. Banyak yang tak habis pikir mengapa untuk menyatukan Hwon dan Yeon-woo harus mengorbankan begitu banyak nyawa. Well, jika kita mempertanyakan akhir cerita ini berarti kita mempertanyakan akhir novel aslinya.

bc2

Menurutku mungkin saja ini drama percintaan tapi drama ini juga drama kesetiaan dan integritas. Ketiganya tidak terpisahkan.

Cinta Yang Myung pada Hwon membuktikan kesetiaan dan integritasnya. Bahkan cinta yang egois seperti cinta Min-hwa pun membuatnya mampu menerima dan menjalani hukuman yang dilimpahkan padanya. Cinta Hwon dan Yeon-woo menemui kebahagiaan saat mereka setia dan menegakkan kebenaran.

201203151331796915

Cinta bertepuk sebelah tangan Seul menemukan kebahagiaan saat ia bisa melindungi orang yang dicintainya. Cinta Woon pada sahabatnya, Yang Myung, tidak membuatnya melupakan kesetiaan pada Hwon. Cinta kasim Hyung pada Hwon membuatnya ikut menangis saat Hwon menangis dan tertawa saat Hwon tertawa. Gonna miss trio kwek-kwek^^

20b-1

20c-1

So what jika ini drama percintaan? Isn’t it beautiful? Bukankah hal paling dramatis terjadi dalam hidup kita ketika kita jatuh cinta? Kisah-kisah yang menjadi legenda dan bertahan melewati jaman adalah kisah dan dongeng cinta (bahkan kisah Disney). Sebut saja Romeo dan Juliet, Little Mermaid, Cinderella, Sam Pek Eng Tay, dsb.

20a-2

Apakah aku terlalu berlebihan? Mungkin ya mungkin tidak, yang pasti drama ini berhasil menyentuh hati dan sangat berkesan hingga aku tidak bisa lagi memikirkan kekurangannya. Inilah saatnya  kukatakan: when a drama becomes more than a drama.....

20a-1

Farewell MoonSun ...farewell all casts...Hwaiting!!

final-1

fp2 jingu fp1

fp3 fp11

fp10hyw1

mbc2 418206_204743992965006_152170751555664_303972_1784898524_n

mbc9 mbc6

mbc3

Bagaimana dengan teman-teman? Apa yang membuat kalian menyukai drama ini? Share yuk....Keluarkan unek-unek dan seluruh perasaan teman-teman mengenai drama ini^^

Credit as tagged, various source on soompi especially 1crazynyt, mw.ozera, ilwoo_aein, padhari. Thank you very much^^

71 komentar:

  1. aaahhhh,,,baca artikel mba fanny,jadi makin ngerasa kehilangan drama iniii...
    hwaaaaa....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi..aku niatnya bahas kelebihdan dan kekurangan drama ini malah akhirnya ngga bisa mikir apa-apa lagi :D

      Hapus
    2. iya...
      sedihnya jadi kebangetan...
      eh ternyata bener mbak fanny bilang bahwa pasca nonton drama itusuka timbul hertsick yg berlebihan, sejam pertama sedih ga mau udahan si dramany malahan smpe bikin lemes g mau ngpa2in...n next biasanya bisa disembuhin dengan ketemu drama lain..
      ^_^ curhat sedikit/...kebiasaan saya.

      mbak...sinop "bachelor's vegetable storeny sy tunggu ya hehehe

      Hapus
    3. huaaaaaaaaaaaa hiks,,sudah terwakilkan dgn unek2nya eon,,,

      Hapus
  2. huaaaaa..... piku2'yaaaa itu lhooo.... lucuu.... cute.... paling lucu yg Hwon pake baju pernikahan itu trz membuat gaya yg lucu n aneh2... kocak abz... hahhahaha....


    menurut aq drama ini sukses buat aq jatuh cinta sama film yg bergenre kerajaan.. dl aq anti bgt m film kerajaan. skrg aq jd penasaran m film2 kerajaan... cerita film ini bnr2 mengundang segala macam emosi saat menonton'y,sehingga membuat aq susah buat move on k film lain... hihihihi....

    miss them all.... :*


    -iReNe-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...kocak banget piku yang itu, lentur-lentur ya^^

      Hapus
    2. iyahh... lentur bgt badan'y... bisa meliuk ksna kemari... klo eke? hmmm bisa patah tu pinggang... wkwkwkkk.... :P

      -iReNe-

      Hapus
  3. hmm, begitu liat pertama kali sinopsis drama ini, langsung jatuh hati, seperti pandangan pertama antara Hwon dan yeon woo (lebay,hehehe...)
    awalnya mikir karena drama ini genrenya saeguk, pasti rada berat intrik politiknya. Tapi, begitu lanjut baca sinopsisnya, wuuaaahhh...drama ini GUE BANGET !
    intriknya nggak njelimet, kisah cintanya nggak rumit, persahabatan yg keren. TOP banget mbak fanny...bikin kita nggak mau berpaling ke drama lain (halah!) dan bikin kita keinget terus sama ni drama walau banyak drama baru bermunculan.
    hiikkkksss......beraaaaat banget pisah sama TMTETS.
    gomawo mbak fanny, udah bikin sinopsis TMTETS yg keren banget,seakan-akan nonton dramanya langsung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama^^ awalnya aku juga menghindari drama berat apalagi melodrama tapi drama ini sukses membuatku berpaling dari romcom "sejenak"

      Hapus
  4. aku juga jatuh cinta ma TMTETS,terutama sama semua pemainnya n juga jalan ceritanya.Rasanya nggak rela klo drama ini berakhir

    BalasHapus
  5. setuju bgt sama review mbk fanny
    TMTETS menurutku dah perfect, meski harus banyak yang berkorban tapi memang hanya ada one moon and one sun.
    cuma g tega aja sama yang myung hiks & bo kyung mnurutku dia wanita yang paling menderita disini...
    anyway, TMTETS dah ada dalam my fave kdrama list
    Thanx bwt sinopsis TMTETS aku selalu baca meski dah baca di blog lain tapi terasa kurang kalo belum mampir di blog ini
    Gomawo :)

    Hana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama^^ Yang Myung dan Bo-kyung memang menderita tapi ada perbedaan antara keduanya. Yang Myung memang mencintai Yeon-woo tapi ia menghormati pilihan Yeon-woo.
      Sedangkan Bo-kyung menurutku seperti Min-hwa. Obsesif. Dan menurutku itu bukan cinta. Bedanya Min-hwa akhirnya bertobat dan menjalani hukumannya. Ia membuktikan cintanya pada Yeom dengan memohon agar suamina tidak ikut dihukum walau mereka harus bercerai. Ini berarti Min-hwa sudah melepaskan keegoisannya.
      Bo-kyung sebaliknya. Ketika ia mengetahui Yeon-woo telah kembali, ia malah berusaha untuk membunuh Yeon-woo kedua kalinya. Inilah yang dimaksud dengan shaman Jang kalau Bo-kyung tidak bertobat. Jika Bo-kyung benar-benar mencintai Hwon, ia tidak akan membiarkan Hwon menjalani hidup menyedihkan seperti robot lagi.

      Hapus
  6. seperti merasa tak da lagi yang ditunggu ditiap minggunya terutama setelah film ini tayang ....jika biasanya tiap jumat udh cr sinopsis n jadi rutinitas selama 3 bulan ni sekarang merasa d yang hilang......MIsss u soo MUchhhhhh THE MOON THAT EMBRACES THE SUN semoga nanti da film lagi yang ditulis oleh pengarang novel ini(hwaiting)^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. saatnya mencari sinopsis drama lain^^

      Hapus
  7. belum2 udah pengen nge- rerun TMTETS nih (-_\)

    BalasHapus
  8. Awalnya aku tertarik pada drama ini karena adanya Kim soo hyun di dlmnya. hehehehe....namun lama kelamaan, semakin aq terus membaca sinopsisnya semakin pula aq terus merasa penasaran dengan ceritanya. Dan aku yakin itu tidak hanay dikarenakan kehadiran Kim soo hyun. Ada sesuatu dalam drama ini. Padahal ini hanya drama percintaan antara 2 orang manusia. Tapi justru cerita percintaan itulah yang membuat aku terus membaca sinopsisnya hingga akhir.... =D. Thanks y mbak fan atas sinopsisnya yg keren. ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks^^ mudah-mudahan drama ini cepat tayang di indo :)

      Hapus
    2. Iya mbak...moga2 cepet tayang di indo..gak sabar nunggunya... >.<

      Hapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. HEEEHHHH ( MENGELA NAFAS...) bener banget deh dan ulasannya sangat menarik..demikian dalam hingga terbawa perasaan semua emosi yang ditampilkan dalam drama menembus layar sampai ke hati penontonnya..merasa jatuh cinta saat Hwon Yeon Woo jatuh cinta... menangis saat tokoh2nya menderita, cinta tak sampai, berkorban, mengharu biru deh...ikut tertawa saat mereka ceria...sayang sekali feel ku saat 2 episode terakhir agak hilang, mungkin karena terpotong satu minggu dengan episode special, emosiku dari episode 1-18 menurun dan menjadi dingin dengan penantian dua minggu, hingga 2 episode terakhir sudah agak hambar dengan banyak alasan...anyway tetep aku jatuh cinta dengan drama ini terutama hwon (kecil dan dewasa)....so cute.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, efek diundur satu minggu dan banyaknya spoiler yang bertebaran cukup berpengaruh ^^

      Hapus
  11. awal tertarik baca sinopsisnya karena aga2 konyol.. lama2 jd suka deh. mgkn drama ini sdri memang sdh bagus dr sononya, tp buatku sih krn cara penyampaian fanny yg enak dibaca n mudah dicerna menambah rasa suka ke drama ini. jujur ga semua penulis blog memahami alur yg mereka tulis. kebanyakan hny asal translate tnp tau apa yg mrka maksudkan. ujung2nya yg baca jg puyeng deh. good job fanny.. thx sdh setia mengikuti drama ini sampe akhir. thx utk jwban atas komen2ku.. see u .. thx u full. heheee.. nana

    BalasHapus
  12. bagussss bangeeetttt,.. yhx ya Unnie.. ^^
    ditunggu sinopsis saeguk lainnya yg oke punya..
    So, aq pnya referansi yaitu drama Queen In Soo.. emg sih blm tayang,kykx masih dalam pembuatan..
    tp ya syp tw aja.. referansiq masuk..ya gak..
    sekali lagi Gomawo yoooo.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku suka sageuk tapi ngga sanggup kalo merecap episode yang terallu banyak hehehe^^ MoonSun aku recap karena cuma 20 eps.

      Hapus
  13. Alasan pertama saya suka sama drama ini,, karena,,, "ketidaksengajaan". Cuhat ya unnie,, hheee....
    Di kampus saya punya beberapa kakak tingkat yang bisa dibilang korean lover,,, suatu ketika saya pinjem hardisknya dan ngopy2 file2 (film,mv, lagu2) yang ada di dalamnya,,, dan bertepatan dengan waktunya liburan hhee,,,
    pas lagi liburan,, bosen karena gak da kegiatan,, akhirnya ngubek2 hardisk (maklum kalo mnta file suka asal ngopy) ekh ternyata ada film ini cuman dikasih judul the moon and the sun.... pertamanya mikir,, film kartun,, hhhheee ekh pas ditonton ternyata itu drama korea yang sedang tayang dan bagus bgt,, bahkan sampai saya nonton baru tau kalau yang main itu kim soo hyun sama jung il woo,,, so,, karena TMTETS yang saya tonton baru nyampe episode 8,, saya penasaran untuk ngikutinnya,, ekh searching sampailah ke blognya Unnie,, dan karena lagi liburan+akses internet terbatas jadi saya harus sabar menahan keinginan untuk nnton drama ini.... lama kelamaan saya jadi pecinta berat,,, mulai mengkoleksi photo2nya,, sountracknya,,,info2,, terbarunya,, dan sama kayak unnie,, saya merasakan kehilangan ketika drama ini berakhir,, hiks,,,,,, ini adalah drama korea pertama yang saya ikutin dan saya tunggu tayangnya...
    Yang pasti drama ini,,, keren abis,,, kalo gak bagus biasanya mood saya down dan gak lanjutin nonton,, ini drama pertama saya yang tetep saya tonton walaupn udah tau ceritanya,,,
    saya adalah tipe orang yang gampang penasaran dan gampang bosen,,, banyak drama korea yang saya tonton tapi hanya intinya aj,, gak ngikutin alurnya atau saya tonton dulu endingnya,, kalau bagus endingnya baru di tonton,, hhheee
    pokonya drama ini,, special bgt buat saya,,,, terima kasih buat unnie yang udah sabar dan baik hati meluangkan waktunya untuk mengerjakan sinopsis drama ini,, gumawo unnie,, fanny,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama^^ ngga apa-apa curhat. Aku suka baca komen-komen di sini :)

      Hapus
  14. bnr bgt mbak fanny kasim hyung mmg sllu mencerahkan suasana...kasim hyung jg favoritku,kita sama mbak fanny..hehe.. Aq emg sllu trtarik sm drama sageuk,apalg klo para pmain'y aktor/aktris favoritku,krn ad kim soo hyun&kim yoo jung aq jd tmbh pnsrn sm TMTETS,penulis sungkyunkwan sm penulis novel TMTETS org yg sama kan..,krn dulu sgt suka SKKS otomatis trtarik sm TMTETS.. Dtambah baca tulisan punya mbak fanny yang mudah dimengerti,,,bagus pokok'y,drama ini brhasil meng aduk2emosiku^^. Thanks bgt atas kerja keras mbak fanny menulis allaboutTMTETS...two thumb up\(^_^)/ Smg drama ini cepat-cepat diputer di tv indo.... #ulli

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mudah-mudahan penulis novelnya membuat novel lain yang ngga kalah seru dari novel-novel sebelumnya

      Hapus
  15. Betul..betul...betul! Memang agak sulit melepas TMTETS,sampai beberapa hari kemarin saya masih ngerumpi soal drama ini dengan sesama penggemar dari luar korea. Yep...it's hard to say goodbye.
    TMTETS memang tidak sempurna dan memang tak ada sesuatu yg sempurna bukan. Jadi,seperti bunyi iklan kita harus "enjoy aja" dalam menikmati tiap drama. Trims banget untuk segala pernak-pernik TMTETS dan komennya teman2.
    Di tunggu sinopsis drama barunya mbak fanny.
    Bye.....

    *eka*

    BalasHapus
  16. Mbaa Fanny, salam kenal :D
    Makasi mba ya buat sinopsis2 n ulasan2 ttg moon sun-nya..
    Aku sebenernya mulai ikutin dari ep 5, stlh liat sinopsisnya disini, jdi penasaran, ternyata ceritanya bagus dari pertama, n akhirnya keterusan ikutin sampe akhir..
    Buatku,cerita ini menarik karena buat aku penasaran terus..
    Gimana akhirnya kisah Hwon sma Wol,gregetan wktu Wol ga inget2 sma masa lalunya,gregetan jg sama perasaannya Hwon,tapi aku salut sma Hwon,dia mampu jaga perasaannya kpd Yeon Woo,jarang kan cwo skrg kaya gitu...
    Salut juga sma cerita persahabatan di cerita ini,pokoknya cerita di drama ini kompleks,tapi ga mengurangi makna satu sama lainnya...
    Daebak dah buat drama ini,favoritku kedua setelah Secret Garden...
    Ayo mbaa,ditunggu sinopsis menarik drama selajutnya, kalo boleh request,ulas ttg King 2 Heart yaaa,hehehe :D
    Hwaiting !!!

    BalasHapus
  17. ini drama sekedar intermezo sih boleh la ya fan..
    sebagian bisa dijadikan pelajaran (loyalitas dan integritas), sebagian lagi dihindari krn tak patut...( guna-guna, persembahan perawan?? what kayak jaman jaliliyah aja )
    joseon jaman itu nggak/belum kenal TUHAN ya..
    syirik nggak kira2..
    intinya ambil yg baik tinggalkan yg tak baik
    good job fanny..salam kenal dari sy..ariey..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ariey^^ setuju...kita ambil yang positif dan jangan ikuti yang negatif. Drama ini tidak mengajarkan agar kita mengguna-guna orang lain. Joseon seperti Cina pada jaman dulu, didasarkan pada ajaran Konfusius jadi memnag masih berupa kepercayaan, belum menjadi agama. Pengaruh agama Buddha mungkin ada karena itu ada kuil seperti kuil ibu Yang Myung.
      Drama ini adalah fiksi, bahkan tidak diambil dari sejarah (berbeda dengan sageuk biasanya) jadi kita nikmati sebagai karya fiksi :)

      Hapus
  18. eonnie thanks ya buat sinopsisnya. aku suka banget sama sinopsisnya, gampang di menegrti.

    abis ni mau bikin sinopsis drama apa lagi?

    bikin sinopsis Rooftop Princess sama Fashion King dong hehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama^^ Aku belum tertarik dengan cerita Fashion King, jika ada perkembangan positif akan aku pertimbangkan hehehe :D

      Hapus
  19. Awalnya aku mo nonton drama ini karna ada Kim So Hyun and Jung Il woo tapi makin lama koq aku lebih suka sama Yeo jin goo yah?? jadi kangen waktu pemeran remajanya diganti dengan pemeran dewasa XD

    And aku setuju banget ama semua tulisan mbak Fanny di atas...
    semua alur cerita membuat perasaan kita campur aduk...
    jadi kangen ama nih drama :(

    aq request sinopsis King 2 Hearts donk mbak... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. request (akhirnya) diterima^^

      Hapus
    2. makasih mbak...

      ditunggu lohhh sinopsisnya :)

      Hapus
  20. mba fanny maaf baru mengenalkan diri padahal dah melirik sampai habis episode TSTETM nya , makasi bgt.. ceritanya T.O.P.B.G.T, pas tidak berbelit-belit deh mba, sayang banget Yang Myung berakhir begitu, trus Woon cool ciyeee kok kagak dapat pasangan, ngakak habis liat senyum kasim Hyung habis Yeon Woon bilang hatinya milik Hwon..satu lagi pas scene jadi penjaga malam mencegah malam pernikahan xiixixixi, makasi bgt ya mba sinopsisnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama. Aneh juga ya sebelumnya belum pernah liat kasim Hyung di drama. Tapi ternyata dia aktor veteran lho^^

      Hapus
  21. Wah Dah abis... padahal aku anti ma drama yng bertema melo drama, tapi setelah baca sinopsisnya fanny jadi jatuh cinta ma ni drama.... sampai2 nungguin di tukang dvd akhirnya dapat..........trimakasih sinopsisnya........^_^

    BalasHapus
  22. unni request sinopsis king 2 hearts
    thank's

    BalasHapus
  23. Kangen Bo Kyung Mbak...

    menurutku peran paling tragis di sini adalah dia.

    gak dicintai ayahnya dan gak dicintai oleh pria yang dicintainya. Hidupnya penuh rasa was-was..

    RIP Bo Kyung, di masa depan mudah2an dia dapat peran
    lead aktris.. hehe. siapa sih nama aslinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kim Min-seo. Dia yang jadi gisaeng Cho-sun di SKKS dan jadi saingan Jang Nara di Baby Faced Beauty (lupa nama karakternya). Asli aktingnya bagus banget^^

      Hapus
  24. Unforgetable drama of the year pokoknya mbak... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. benerrrr bangettt

      aq aja berapa kal ngulangin nonton...

      Hapus
  25. benerrrr bangetttt
    ini adalah salah satu drama yang bikin gue geregetan, hahhahaha kyk lagu Sherina
    ceritanya bagus banget dan akting para pemain TOP ABIS

    best drama of the year deh !!!!!

    BalasHapus
  26. thx y mbak fanny atas sinopsisnya :)
    awalnya aku tertarik ma drama ini coz ada soohyun & ill woo nya
    tapi setelah ngikutin dramanya ternyata ceritanya menarik banget, ada lucunya, sedihnya, bahagianya pokoknya bikin gregetan deh, para pemainnya bisa bikin cerinya jadi hidup...
    sampe2 aku bela2in buat download dramanya coz kalau tunggu dvd nya pasti bakalan lama, karena aku download yang english sub jadi kadang ada beberapa teks yang gak aku ngerti, tapi berkat sinopsis postingannya mbak fanny aku jadi lebih ngerti deh alur ceritanya...
    pokoknya drama ini berkesan banget buat aku, bukan cuma buat muka aku keram karena ketawa terus tapi juga bikin mata aku sembab karena nangis pas sad episodenya...
    rasanya gak rela drama ini berakhir, pinginnya nonton terus...
    mudah2an bisa jadi best drama & dapat banyak award,
    fighting!!!!

    BalasHapus
  27. Wonderful and interesting drama

    BalasHapus
  28. waaaa nama aku disebut.. :">
    itu foto triokwekkwek sumpah lawak abis =))))))

    biasanya kalo drama bagus kaya gini pasti ada beberapa orang yg berharap ada sekuelnya..
    tapi menurutku adanya sekuel juga belum tentu bagus seperti drama pertamanya..
    malah justru nanti kita bakal ngebanding-bandingin sama drama pertama.. jadi biarlah drama bagus ini jadi kenangan.. :')

    yah kalau boleh sekedar berharap..
    dilain waktu boleh lah para pemeran TMTETS ini berkumpul kembali di satu drama lain.. :D

    onnie.. jadi selanjutnya king2hearts nih?? :DDDD

    BalasHapus
  29. Setuju banget..... pertama suka dramanya karena ada Ga In eonni, Soo Hyun dan Il Woo oppa,, trus ngikutin dramanya jadi suka semua pemainnya plus alur ceritanya yang bener2 menurutku terbaik... :DDD
    hwaaa kangen gila sama drama ini.. mungkin satu saran buat PDnya dan MBC.. apa ini drama bener2 ngga bisa ditambah ya?? atau di buat episode spesialnya gitu.. atau buat drama lain yang pemainnya itu juga.. hihihihi.. aaahhh kangen beraat..

    BalasHapus
  30. menurutku dramanya bagus...perannya hidup ...setiap nnton episodenya lanngsung kebwa alurnyaaa aaa

    BalasHapus
  31. misi , mau nanya yang jadi pemeran HWON dan YEON WOO
    saat masiih kecil itu nama aslinya siapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pemeran Hwon kecil: Yeo Jin-gu, pemeran Yeon-woo kecil: Kim Yoo-jung

      Hapus
  32. baru ketemu blog ini setelah episode 17 ditayangkan di Indosiar :((. selama ini sibuk nyari di youtube ja, tanpa minta bantuan mbah gugel :D
    nyari-nyari CD nya ga ketemu :((

    terimakasih buat mba fanny yang sudah nulis sinopsis nya.
    setuju dengan semua ulasannya, merasa kehilangan kalo drama ini akan segera berakhir.

    walopun begitu, sekarang sudah ada obatnya, yaitu blo ini.
    sekali lagi terimakasih :)

    Yetmi

    BalasHapus
  33. haha...saya orangnya paling telat dengn drama korea terbaru...
    sebenarnya sudah pernah liat iklan dari internet di awal tahun, tp krn blm tayang di indonesia jadi g bisa nonton.
    Referensi saya untuk memilih korean drama adalah stasiun tv ikan terbang. Saya cenderung menonton dramanya dulu di tv, menilai dramanya bagus atau tidak, nah kalau dramanya benar2 memikat hati saya, pasti saya akan beli dvdnya.
    Kalau baca sinopsis tanpa melihat aktingnya, saya gak akan puas. Justru ketika saya suka dan ingin tahu eps selanjutnya,di situlah saya hunting sinopsis.
    Komentar saya di film ini: bagus, indah, lucu.
    tapi menurut saya, untuk sebuah drama saeguk, kurang kuat.
    Menurut saya drama ini hampir seluruhnya menceritakan masalah di sekeliling pemainnya, dari awal konflik hingga puncak, sehingga kurang memenuhi standar drama saeguk. Interaksi raja dengan rakyat, menteri dengan rakyat hanya sebagai pelengkap, tidak terlalu penting. Tapi mungkin juga karena temanya sendiri sudah dibatasi, tentang kisah cinta. sehingga mungkin skripnya menitikberatkan hal ini. Walau begitu alangkah baiknya jika ada adegan yg berhubungan dgn pemerintahan, apalagi tokoh utamanya seorang raja.
    Namun jika bicara soal pengambilan gambar, saya katakan: luar biasa ! Sangat indah. Awalnya saya melihat adegan di eps awal begitu lambat (pas Hwon dan Yeon Woo jatuh ke tanah, trs muka mereka ditutupi payung), tapi adegan berikutnya saya sngt menikmatinya.
    Tapi kualitas sebuah saeguk memang sangat diperhatikan, selain plot lebih berat juga pngambilan adegan betul2 berbeda dengan kdrama modern.
    Pemain yang paling membuat saya adalah Yeo Jin Goo alias si Hwon muda. Saya benar2 kaget dia adalah Hwi Chan dlm Sad movie, di mana dia msh berumur 8 tahun saat itu. Aktinganya benar2 berkembang pesat. Terutama saat dia berpisah dengan Yeon Woo, dan berdebat dengan ayahnya. Selain itu saya setuju dengan penulis ttg pemain lain. Kim Soo hyun benar2 berkarakter raja di sini.
    Adegan yang saya kurang setuju adalah kematian Yang Myung. Kenapa Yang Myung rela mati, padahal selama hidupnya dia tidak benar2 bahagia. Dia bebas tapi dia yg dia miliki demi seorang raja. Saya ingin melihat pangeran memberotak terhadap raja, tanpa mengajak sekutu. Ini membuat Raja kelihatan begitu egois, setelah kematian Yeon Woo. Akan lebih baik jika Yng myung tetap hidup damai dengan Raja, tetap jadi pria playboy tapi tidk menderita seperti sebelumnya.
    Overall, dramanya mantab. Dan sekarang foto BTS Hwon dengan pakaian pernikahannya jadi wallpaper di lappy saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Drama ini dibuat berdasarkan sebuah novel fiksi jadi sama sekali tidak ada hubungannya dengan sejarah seperti sageuk umumnya. Itulah sebabnya alur politisnya kurang terasa. dan memang novelnya menitikberatkan cinta Hwon dan Yeon-woo. Bahkan dalam novel aslinya, karakter Yang Myung tidak semenonjol dalam dramanya. Karakter Woon malah lebih sering disebut^^

      Hapus
  34. Hi mbaa fanny slm kenal yah,,waah bru kali ini loh mba sy nonton film korea dan langsung JATUH CINTA! Suami smpe bingung liat sy nangis2 n ketawa bahagia,ngena bgt deh seolaah2 qt ada di dlm alur ceritanya.btw mba boleh minta saran ga film dengan tema sejenis lain?tentang kerajaan n cinta gtu mba,mohon referensinya yah mba,sy tunggu loh blsnnya,thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. drama sejenis lain yang aku tau Sungkyungkwan Scandal. Ceritanya masih seputar kerajaan dan bertema cinta. Kebanyakan drama kerajaan lebih berlatar belakang sejarah jadi endingnya biasanya mengikuti sejarah. Satu lagi drama yang aku rekomen mengenai kerajaan dan cinta adalah Dong Yi. Dua drama yang aku sebut ini happy ending^^

      Hapus
  35. pengen rasanya ada drama yang nggak jauh beda sama ini, lumayan sebagai penyembuh rasa kangen sama TMTETS :"

    BalasHapus
  36. omooooo aku suka suka sukaaa banget sama reviewnya :D huehehehhehe..
    dramanya ini keren banget..
    kalo drama-drama saeguk yang bikin aku ngebet pingin ngikutin sebenernya baru Queen In Seon Deok dan ini yang kedua soalnya aku pilih2nya kebangetan huehhehe..
    daaan... aku nggak tau kenapa, tapi aku ngerasa ini bakal jadi satu film terbaik bertema saeguk yang pernah mengisi hari-hariku fufufuu... ada banyak yang unik dari drama ini dan membuatnya berbeda dari drama lain , makannya wajar kalo ratingnya tinggi bangett.. XD ratingnya tinggi padahal cuma 20 episode aja udah buktiin kalo ini salah satu drama terbaik yang bakal laris manis tahun ini ^^ hehe.. aku juga bikin reviewnya lho:)

    BalasHapus
  37. Setuju!!!!!
    Drama ini termasuk salah satu drama saeguk favoritku..
    Selalu ngebuat ga berenti mikirin klo abis ntn dlu. ~(•≧☐≦•)~
    Suka banget penjiwaan karakter pemaennya. Keren!
    Smpe skrg aja klo inget drama ini, jd pengen ntn lg. Hehe

    BalasHapus
  38. Udah 3 tahun berlalu dan blm move on sm akting nangisnya KSH as Hwon (。>﹏<。)
    Klo Hwon udah nangis, ga nahaaan ikutan banjir juga
    Dulu klo g salah, di Maaduu munculnya tiap Kamis apa Jumat jd hari paling ditungguu (๑•̀ㅁ•́๑)✧
    Blm nemu lagi tokoh yang lebih berkesan dari Hwon
    Sukaaa banget akting KSH di TMETS ♥♥♥

    BalasHapus
  39. Udah 3 tahun berlalu dan blm move on sm akting nangisnya KSH as Hwon (。>﹏<。)
    Klo Hwon udah nangis, ga nahaaan ikutan banjir juga
    Dulu klo g salah, di Maaduu munculnya tiap Kamis apa Jumat jd hari paling ditungguu (๑•̀ㅁ•́๑)✧
    Blm nemu lagi tokoh yang lebih berkesan dari Hwon
    Sukaaa banget akting KSH di TMETS ♥♥♥

    BalasHapus
  40. Ah drama ini prnh tayng di indosiar tp sayng nya pas aq bs liat bhs nya korea gk da dubing nya tp saat adegn yeon woo di siksa aq smp nangis pdhl gk ngert pd ngmg apa
    Daebak nih drama pengn rerun krn cm liat adegn yeon woo di siksa doang.

    BalasHapus
  41. mba, aku buka sinopsisnya pada gak bisa kebuka, gimana?

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)