Selasa, 17 Januari 2012

Shaman: Menjembatani Manusia dan Para Roh

MP-00670

Dalam drama The Moon that Embraces The Sun, shaman menjadi hal yang banyak dibicarakan. Dan juga berperan penting karena salah satu tokoh utamanya, Heo Yeon-woo, terkait erat dengan shaman.

Seluruh kehidupannya telah diramalkan terlebih dahulu, bahkan sejak masih dalam kandungan, oleh seorang shaman bernama Ah-ri. Kehidupannya berubah karena seorang shaman bernama Jang Nok-young. Dan pada akhirnya ia pun menjadi seorang shaman yang dikenal bernama Wol. Apa itu shaman? Apakah sama dengan dukun? Paranormal? Tukang sihir?

Shamanisme (sekarang dikenal dengan muisme) adalah sebuah kepercayaan/agama yang mempercayai bahwa masalah manusia dapat diselesaikan dengan mempertemukan manusia dan para roh. Shaman (mudang) berperan sebagai perantara antara manusia dengan tuhan/dewa/para dewa. Shaman mengadakan gut (ritual) untuk memperoleh keberuntungan, menyembuhkan penyakit dengan mengusir roh tersesat yang mendiami manusia, atau berdamai dengan dewa/roh penunggu setempat. Ritual juga diadakan untuk mengantar roh orang yang sudah meninggal.

Shaman sudah dikenal sejak 40.000 tahun lalu. Apa yang membedakan shaman dengan paranormal lainnya? Shaman memiliki kemampuan untuk memindahkan jiwa dengan kemauannya sendiri (ingat shaman Jang yang beberapa kali berpindah tempat). Dalam keadaan trans (seperti orang koma), rohnya bisa berpindah ke dunia lain di mana para roh membimbingnya dalam melakukan tugas. Shaman tidak hanya menyembuhkan tubuh tapi juga jiwa dan roh. Mereka percaya tubuh, jiwa, dan roh adalah satu kesatuan dengan jiwa sebagai nafas hidup dan tempat roh bersemayam. Setiap penyakit fisik berkaitan dengan sakit di dalam jiwa. Sakit dalam jiwa berkaitan dengan hilangnya jiwa atau kerasukan.

MP-00686

Ada banyak roh yang berhubungan dengan para shaman. Mulai dari dewa-dewa utama yang menghuni berbagai tingkat surga hingga dewa gunung. Juga ada dewa yang mendiami pepohonan, gua keramat, tumpukan batu, dewa bumi, roh-roh orang yang mati penasaran, dll. Semua roh itu dianggap dapat mempengaruhi keberuntungan manusia termasuk anak-anak.

Ketika jaman semakin bergeser, jumlah ritual yang harus diadakan semakin berkurang walau pengaruh shamanisme ini tidak sepenuhnya hilang dengan masuknya berbagai agama ke Korea. Pada jaman Joseon, ritual yang sering diadakan adalah ritual panen.

Shaman adalah seorang profesional yang menerima konsultasi setiap saat ia diperlukan. Namun statusnya dalam masyarakat dianggap rendah (cheonmin).

Lalu bagaimana seseorang dapat menjadi shaman? Ada dua tipe:

1. Sessumu: shaman yang mendapat hak untuk mengadakan ritual secara keturunan.

2. Kangshinmu: mendapat status shaman melalui sebuah upacara.

Karakteristik kangshinmu adalah ia menjadi satu dengan suatu dewa atau roh sebagai bagaian dari ritual. Sepertinya Wol adalah tipe shaman yang kedua ini (atau ia bukan- benar-benar shaman).

Seseorang menjadi kangshinmu melalui sebuah upacara ritual yang disebut naerim-gunt, di mana ia mengalami keadaan yang disebut shinbyeon. Selama upacara itu, kangshinmu dirasuki oleh roh yang akan menjadi satu dengannya. Proses ini mengakibatkan rasa sakit dan psikosis. Rasa sakit dan psikosis ini akan hilang setelah kangshinmu bersatu secara utuh dengan roh yang mendiaminya. Ehm...serem juga ya ^^

Kangshinmu sendiri terbagi menjadi dua yaitu: mudang, yang bisa meramal dan dirasuki dewa yang disebut momju. Mereka mengadakan ritual dengan menari dan menyanyi. Satu lagi adalah Myeongdu, kangshinmu yang menerima roh orang yang sudah meninggal (biasanyaroh anak kecil yang masih kerabat dari sang myeongdu). Myeongdu mengundang roh itu di altar rumahnya.

Masih ada beberapa tipe shaman lainnya tapi tidak akan kubahas karena tidak ada hubungannya dengan Wol^^

MP-00649

Dalam novel The Moon that Embraces The Sun, dikatakan Hwon menderita penyakit yang makin lama makin buruk. Karena para tabib tidak ada yang bisa mengobatinya, maka mereka memanggil shaman yang dipercaya bisa menyerap penyakit Hwon dan menyembuhkannya.

Aku minta maaf karena pernah mengatakan shaman tidak boleh menikah. Sebenarnya mereka bisa menikah tapi biasanya jarang ada yang menikah dengan shaman. Mengpa? Pertama, karena status orang itu dianggap rendah bahkan di jaman modern sekarang ini. Kedua, bayangkan menikah dengan seseorang yang bisa berpindah jiwa atau kerasukan.

Dalam serial Kdrama, Heaven’s Fate (dibintangi Lee Da-hae dan Kim Sung-min), tokoh utamanya adalah seorang gadis yang tidak tahu kalau ia adalah keturunan shaman. Menginjak usia tertentu ia bisa melihat hantu lalu tubuhnya terasa mudah lelah. Tiba-tiab suara dan perilakunya berubah-ubah. Bila roh seorang kakek yang merasukinya, suaranya akan menjadi berat. Jika roh anak kecil, suaranya dan tingkahnya persis seperti anak kecil. Dan karena ia bersatu dengan roh bunga teratai,. ia selalu merasa kehausan karena bunga teratai hidup di air. Walau ini dalam drama tapi cukup memberikan gambaran mengenai kehidupan seorang shaman.

250px-Lotus_cast

Aku menemukan sebuah contoh nyata seseorang yang akhirnya menjadi shaman:

Seorang wanita bernama Yang Soon-im telah berkomunikasi dengan roh-roh gunung dan prajurit-prajurit perang sejak ia berusia 7 tahun. Baru 25 tahun yang lalu (sekarang ia berusia 60 tahun) ketika puteranya secara ajaib selamat dari tusukan pisau, ia baru menjadi shaman penuh waktu.

Suaminya waktu itu menemukannya duduk di atap mengucapkan mantera pada pukul empat subuh. Istrinya menghisap 4 bungkus rokok dan ia berkata dewa gunung telah menyelamatkan puteranya untuk suatu penawaran.

Suaminya menampar wajahnya agar ia sadar kembali tapi sang istri malah menatapnya dengan pandangan mata seekor anjiing yang siap menggigit.

Shaman Yang membuat perjanjian dengan roh –roh itu dan sekarang ia adalah salah satu shaman terlaris di Seoul.

Yang dilahirkan dalam keluarga kaya. Ayahnya seorang tuan tanah di sebuah desa di Korea bagian Tenggara. Pada masa kecilnya ia membicarakan banyak hal yang tak masuk akal bagi orangtuanya hingga ia dikurung di rumah dan tidak dilarang bersekolah. Ia melarikan diri ke gunung dan merapal mantra berhari-hari di sana. Orangtuanya memukulinya karena itu tapi ia tidak bisa menahannya.

Seorang shaman di desanya berkata ia ditakdirkan menjadi seorang shaman. Neneknya membangun kuil di belakang desa mereka di dalam hutan pinus. Ia mulai terkenal dan digendong oleh para shaman yang lebih tua untuk pergi ke desa-desa tetangga dan meramal. Bayarannya berupa beras atau permen tapi ayahnya membuang semuanya.

Pada saat ia menikahi suaminya 38 tahun lalu, dia berusaha memutuskan dirinya dengan para roh. Lalu sapi dan kuda keluarga mereka mendadak mati. Mereka pun pindah ke Seoul.

Ia selalu menemukan dirinya terbangun saat subuh dan menangis. Para roh itu tidak mau meniggalkannya sendirian.

Seorang shaman lain berkata, jika ia berhubungan dengan roh seorang pria yang meninggal akibat kanker perut maka perutnya akan sakit selama berhari-hari. Jika ia kontak dengan roh wanita yang mati saat melahirkan, perutnya akan menggembung seperti wanita itu.

Oleh sebab itulah jarang sekali shaman menikah. Selain itu kemampuan shaman biasanya diturunkan.

Bagaimana? Sudah ada bayangan mengenai seorang shaman? Menurutku Wol bukan shaman sebenarnya. Ia menjadi shaman untuk menyembunyikan identitas dirinya. Dan mungkin Jang menggunakan identitas ini untuk menjauhkan Yeon-woo dari Hwon. Tapi bukankah bulan juga ditakdirkan mendampingi matahari?

MP-00031

Sumber: Wikipedia dan nytimes

15 komentar:

  1. keren banget ya jadi shaman,tapi juga banyak liku kehidupan yang pahit ya mbak fanny +_+sedih

    BalasHapus
  2. hmm,disini aku mulai ngebandingin seorang shaman dengan anak indigo juga seorang yang punya indra keenam...
    jadi rada mirip serupa tapi tak sama..
    apalagi kalau dengar anak indigo yang paling wah(lebih pinter) disebut-sebut anak indigo yang kelahiran 2012...
    wah,kepingin punya teman seperti itu...bisa nanya-nanya...(Ngarep.com) hiks...
    kalau baca cerita shaman juga sepertinya mereka udh ditakdirkan ya mbak fanny,udh jadi jalan nasib mereka....
    hmm,lebih dari itu,meski banyak sedihnya ...aku bilang keren ya cerita hidup shaman....

    BalasHapus
  3. wah,kalau shaman bisa pindah rohnya ketempat yang ia inginkan ,kalau paranormal nggak,tapi terkadang ada juga mereka yang mempunyai kepandaian seperti itu kupikir..
    Hmm,lebih dari itu...The Moon that embraces the sun yang buat aku tertarik nonton sebenarnya dua :
    1.Han Ga In (ha ha....aku kangen aktingnya,rata-rata aku suka drama dia,apa karna dia mirip artis indonesia (Mulan kwok ya)??nyama-nyamain

    2.Karna bercerita tentang Shaman...wah,keren...aku suka yang begituan mbak fanny,...kalau intrik kerajaan dan cinta sih...udah biasa korea mengemas drama itu menjadi perpaduan sempurna.

    BalasHapus
  4. Kok,shaman-shaman nya cantik2 ya....kalau shaman pria kira-kira ada nggak ya mbak fanny?whadeh maaf banyak nanya...
    kalau nggak suka ..diapus aja komentar cha...^^

    Hmm,boleh menikah ya,iya juga ya...sulit menikah dengan orang yang memiliki kepribadian yang nggak sama dengan wanita normal biasanya...(sulit adaptasi).Tapi aku rasa,cerita tentang Shaman Yang Soon in bener-bener dramatis banget.,....yap...indah dan juga menakjubkan...
    hmm....apalagi suaminya dan keluarganya yang nggak siap melihat dia seperti itu,lumayan terkaget2...dengan semua prilakunya.

    Kamsahamnida1000x mbak fany :)

    BalasHapus
  5. Sahabatku waktu SMP anak indigo. Dia bisa ngeliat 'mereka' yang ada di sekolahku (bangunan belanda). Di rumah, dia udah biasa dengan mereka, bahkan dia berteman dengan penghuni di kamar tidurnya.

    Pas kelas tiga, di ruangan kelas dia diliatin n ditakutin sama 'salah satu' yang usil. Tiga hari dia gak masuk sekolah karena setiap masuk kelas, pemandangannya beda ama yang anak-anak lain liat.

    Terus eyangnya datang, dan membersihkan ruangan itu. Mungkin eyangnya itu yang bisa disebut Shaman ya? Hampir semua keturunan eyangnya bisa 'ngelihat'.

    Dan kemampuan itu emang gak bisa dihilangkan. Kalau ada anak yang punya kemampuan itu, mending dibimbing pelan-pelan. Bukan untuk meningkatkan kemampuan, tapi untuk menerima kalau dia itu memang memiliki kemampuan itu.

    Temenku yang lain (yang ini temen kuliah), waktu kecil suka liat yang aneh2, terus orang tuanya (yang kebetulan gak punya kemampuan itu) minta sama orang pinter agar kemampuannya ditutup. Tapi waktu gede, kemampuan itu kebuka sendiri dan karena temenku gak terbiasa, dia jadi sangat penakut kalau ada daerah yang cukup serem menurutnya.

    Dulu pernah kita lagi makan di daerah Tirtayasa, tiba-tiba dia cepet2 minta balik ke kantor karena gak mau. Ditanyain alasannya, cuman gak mau. Heheh..

    Jadi curhat.. Mungkin karena ini aku jadi gak suka nonton film2 yang aneh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. @mbak dee: suka.--suka dengan ceritanya,aku bahkan pengen tahu tentang anak indigo...huhu...sebenarnya bukan film aneh2...
    sekedar referensi bahwa kita harus menyadari bahwa dunia selain dunia manusia itu ada juga menerima keadaan teman-teman kita yang memiliki kelebihan seperti itu.
    Terkadang hal itu kan buat mereka kesulitan untuk hidup sama seperti manusia biasa tanpa kelebihan.
    Oh ya mbak dee..mungkin itu eyangnya sudah memiliki kemampuan turun temurun kali ya...makanya aku juga bingung antara shaman dengan anak indigo versi kata-kata orang pintar,

    Hmm,lepas dari itu...bener kata mbak dee..orang seperti itu harus dibimbing ya,agar bisa membantu buat dirinya dan semua orang lain

    BalasHapus
  7. @cha_sya&dee: aku suka film yg aneh2 hehe^^ tapi sebnrnya serem juga kl ngeliat kehidupan para shaman. Rasanya kehidupan mrk ngga murni hidup mrk sendiri. Keren krn mrk memiliki kemampuan lebih dr org lain. Ngeri krn mrk membuat perjanjian dgn roh2. Scr pribadi aku ngga suka dan ngga mau berurusan dgn roh2 apapun hehe^^

    Bedanya shaman dr yg lain adl mrk bisa memindahkan roh mrk ke tempat lain. Tp shaman ini ngga cuma ada di Korea. Di negara2 lain jg ada cuma sebutannya beda2. Mungkin di negara kita disebutnya dukun atau juru kunci kali ya. Kaya mbah marijan? Shaman juga ada yg boleh menmbuat ritual dan ada yg tidak.
    Shaman laki2 ada sya, tp biasanya mrk shaman yg kemampuannya lbh terbatas. Kenapa perempuan yg lebih dipilih? Kalo itu aku kurang tau hehe...soalnya kl di kita dukun kebanyakannya cowo ya^^

    Mengenai anak indigo. Mungkin mereka bisa melihat dan merasakan keberadaan makhluk lain tp sebatas itu kali ya. kalo shaman, mrk bener2 bersatu dgn para roh itu. Jd mrk membiarkan diri mereka dirasuk dan berkomunikasi dgn para roh. Anak indigo mungkin aja bisa jadi shaman kl dia menerima roh itu dlm jiwanya.

    BalasHapus
  8. obrolan yang seru antara unnie Cha, Dee & Fanny... untung bukan malem jumat ngomongin nya yg 'Mereka'


    Tapi Shaman serem juga yacc...

    Bener kata mbak Dee klo punya kemampuan kya gitu mending dibimbing, temen ku jg ada yg bisa, tapi tiap liat ekspresi temen ku itu udah aneh akunya langsung ngibrit.. takut ama 'mereka'

    BalasHapus
  9. emm..jdi sruan baca komen2nya,hehehe...
    mksh mbak fanny buat info ttg shamannya,aku baru dngr kata shaman dri drama ini,ternyta gitu tho...krain cm da dlm drama za,ternyata di khidpn nyata jg da,tp srem juga tau ceritanya gitu...
    klo ngmngn soal roh-roh,jd ingt 49 days,hihihi..ga nymbng ya sama crita ini??tp ntar ada Jung il woo...nymbung dkit lah..#maksa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha... iya2, nyambung sama scheduler! ^_^

      Hapus
  10. Hmm... complicated. Ternyata ada juga Shaman di dunia nyata. Hehe... Makasih mbak Fanny infonya. Lengkappp euy! ^_^

    BalasHapus
  11. Duuh Fanny keren dech ampe bahas shaman segala jd gatel ikutan comment jg hehe, sekedar berbagi informasi aja anak yang punya sixth sense, belum tentu indigo child. Sementara indigo child, udah pasti punya sixth sense, soal indera keenam, pada dasarnya semua orang memiliki sixth sense Cuma, ada yang udah terbuka, ada yang belum. Dan yang udah terbuka, ada yang udah terasah dengan tajam, ada yang belum & utk indigo child adalah orang yang memperlihatkan serangkaian kemampuan psikologis yang baru dan nggak biasa, misalnya bs lihat visi utk masa depan.

    Maaf klo kesannya sok tau krn Nie sering bgt guling 2x ttg anak indigo gara 2x anakku sering bgt "liat" trus org bil dia termasuk indigo, jd penasaran apa sih indigo itu ternyata anakku hanya anak yang punya sixth sense aja bkn anak indigo :)

    Anakku wkt msh blm sklh apa yg dia liat di omongin langsung misal "Bu di belakang ibu ada sp ? ..." pdhl kita cm berdua bikin jiper emaknya aja hehehe

    Tp Allhamdulilah semenjak sekolah lbh terkontrol, ga d umbar lg kecuali klo dia liat ada "mahluk baru" nah baru dech jiper dianya hehehe....

    Maaf jd curhat yaaaa ......

    BalasHapus
  12. @devi: malem jumat mau dilanjut bahasannya? hehe^^ ternyata byk ya yang bisa "melihat"

    @veely: shaman ini suka muncul di drama korea terutama sageuk :) kalo aku pertama tau sih lewat drama Lee Da-hae itu^^

    @rain: dan sekarang shaman merambah ke dunia maya^^

    @nie: wah makasih banget infonya. Ternyata org yng bisa"melihat" adl mrk yang sixth sense-nya sudah terbuka ya? dan yang berpotensi menjadi shaman adalah mereka yang indigo.

    aku jadi inget pernah baca anak perempuan umur 6 taun yang katanya dia adalah seorang kakek berumur ratusan tahun, terus dia bisa melihat masa depan. bisa bicara dengan berbagai bahasa, dan membangun rumahnya dengan bahan-bahan bangunan dan desain sendiri. hmmm...jangan-jangan dia anak indigo yang berpotensi shaman ya, soalnya dia bilang roh kakek itu di dalam tubuhnya. Kadang kasian ya anak kecil berkemampuan seperti itu. Bener kata semua yg di sini, mereka sebaiknya dibimbing untuk menerima kemampuan mrk.

    BalasHapus
  13. gak usah dilanjut fanny, baca comentnya mbak nie bikin merinding disko ^^ MALAM JUMAT lagii ....

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)