Rabu, 14 September 2016

Dua Versi Scarlet Heart

Scarlet-Heart-Ryeo-OST-soundtrack-terlengkap

Bubujingxin (Startling by Each Step) awalnya adalah sebuah novel yang ditulis Tong Hua dan diterbitkan secara online pada tahun 2005, yang kemudian dicetak dan direvisi tahun 2009 dan 2011.

bbjx4

Ceritanya mengenai seorang gadis bernama Zhang Xiao yang mengalami suatu kecelakaan hingga terdampar ke masa lampau pada masa Dinasti Qing, pemerintahan Kaisar Kangxi. Ia terjebak dalam tubuh seorang gadis bangsawan bernama Ma’ertai Ruoxi, adik dari Ma’ertai Ruolan yang merupakan selir pangeran ke-8.

Ruoxi lalu bertemu dengan para pangeran dan berteman dengan mereka. Ia juga bertemu dengan Kaisar dan disenangi olehnya hingga ia menjadi dayang yang turut melayani keluarga kerajaan. Novel ini menceritakan bagaimana lika-liku perjalanan hidup Zhang Xiao, seorang gadis modern, dalam menjalani kehidupan di istana yang seringkali menakutkan.

Ia yang tahu sejarah, sudah tahu siapa yang akan menjadi raja berikutnya dan tahu bagaimana nasib para pangeran yang lain. Karena itu ia berusaha sangat berhati-hati untuk bertahan hidup di tengah-tengah mereka.

Novel ini dibuat menjadi serial C-drama pada tahun 2011 berjudul Scarlet Heart (Bubujingxin/Startling by Each Step) sebanyak 35 episode. Alur dalam drama ini cukup setia mengikuti alur dalam novelnya. Dan karena popularitasnya, drama ini dibuat sekuelnya: Scarlet Heart 2 pada tahun 2014, dengan mengikuti setting modern.

Scarlet_Heart_Drama_Korea_-_soompi.jpg.pagespeed.ce.AV66tLgjrG

Oke...sekarang beralih ke Moon Lovers : Scarlet Heart Ryeo, K-drama yang juga dibuat berdasarkan novel yang sama. Hanya saja settingnya diubah menjadi pemerintahan Raja Taejo pada Dinasti Goryeo. Karena perubahan itulah, ada penyesuaian yang dilakukan terhadap beberapa karakter drama ini.

Tapi setelah aku menonton 7 episode Scarlet Heart Ryeo (SHR), aku mendapati banyak alurnya yang sebenarnya mengikuti cerita novelnya. Mau tidak mau aku membandingkan keduanya untuk melihat perbedaannya sekaligus kesamaannya.

Oya..mulai dari sini, mungkin akan ada banyak spoiler. Jadi bagi yang tidak suka spoiler sebaiknya tidak melanjutkan^^

Kita mulai dengan para pemeran utamanya:

Ruoxi/Hae Soo

2ueqof8

C-version: Zhang Xiao bertengkar dengan pacarnya lalu tertabrak mobil hingga terlempar mengenai papan billboard dan tersetrum. Ketika bangun, ia berada di masa lalu dengan kepala terluka dan berada dalam tubuh seorang gadis bernama Ruoxi. Belakangan ia tahu kalau luka itu diperolehnya karena jatuh dari tangga.

Ruoxi adalah adik dari Ruolan, selir Pangeran ke-8. Ia terkejut saat mendapati dirinya berada pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi, Kaisar Dinasti Qing yang masa pemerintahannya paling lama. Apalagi ia tinggal dalam keluarga Pangeran ke-8. Selanjutnya ia juga bertemu dan berteman dengan pangeran ke-4, 9, 10, 13, dan 14.

Ia tahu apa yang akan terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Kangxi, termasuk siapa yang akan menjadi penerusnya, dan siapa saja yang akan menjadi korban dalam perebutan kekuasaan antara para pangeran tersebut. Karena itu ia berusaha berhati-hati agar ia bisa bertahan hidup.

Meski awalnya ia sulit menyesuaikan diri dengan kehidupan yang kuno, akhirnya ia menjadi sosok yang membawa angin segar di dalam istana. Bahkan Kaisar pun menyukai keberanian dan kepintarannya. Ia dijadikan dayang istana yang bertugas mengurus acara minum teh dan kudapan keluarga kerajaan.

Ruoxi terlibat asmara dengan kakak iparnya, Pangeran ke-8. Yup, pada masa itu hal seperti ini masih dianggap wajar. Tapi ia tahu kalau akhir hidup Pangeran ke-8 adalah kematian di tangan saudaranya sendiri akibat perebutan tahta. Karena itu ia meminta Pangeran ke-8 tidak mengejar tahta jika ingin bersama dirinya. Pangeran ke-8 kecewa dan tidak habis pikir dengan permintaan tersebut. Akhirnya mereka berpisah.

Ruoxi kemudian dekat dengan Pangeran ke-4, yang ia tahu di kemudian hari akan menjadi raja menggantikan Kaisar Kangxi. Mereka pun saling jatuh cinta.

Scarlet-Heart-Poster10

K-version: Hae Soo terdampar di masa lalu setelah dirinya tenggelam. Sebelum tenggelam, ia sempat berbicara ingin mengubah hidupnya pada seorang tunawisma. Ia muncul di kolam pemandian para pangeran dan membuat kehebohan.

Ia terkejut saat menyadari ia berada di masa pemerintahan Raja Taejo, pendiri Goryeo (cikal bakal Korea). Kakak sepupunya ternyata adalah istri Pangeran ke-8.

Tapi berbeda dengan Ruoxi, Hae Soo tidak terlalu ingat sejarah. Ia tidak tahu siapa yang akan menjadi raja menggantikan Taejo. Ia sempat bermimpi mengenai Raja Gwangjong yang membunuh saudara-saudaranya sendiri demi naik tahta. Namun wajah Raja Gwangjong tidak jelas dalam mimpinya hingga untuk sementara Hae Soo tidak tahu siapa sebenarnya orang itu.

Hae Soo mulai jatuh cinta pada Pangeran ke-8, Wang Wook, yang adalah kakak sepupu iparnya. Belum sempat mereka bersama, Hae Soo dikejutkan dengan berita kalau ia dinikahkan. Para pangeran membantunya melarikan diri namun tak berdaya setelah mengetahui kalau orang yang akan menikahi Hae Soo adalah ayah mereka sendiri, Raja Taejo.

Hae Soo menyayat tangannya sendiri untuk menghindari pernikahan itu (wanita yang memiliki bekas luka tidak bisa menjadi istri Raja). Ia berhasil dan dijadikan dayang istana. Hae Soo menyukai tata rias dan perawatan kecantikan. Sepertinya keahliannya itu akan berguna kelak. Aku menduga ia akan menggunakan keterampilannya itu untuk menyamarkan bekas luka di wajah Wang So.

Pangeran ke-4 Yinzhen/Wang So

startling_by_each_step_bubujingxin_4thprince_nickywu

C-version: Pangeran ke-4 adalah seorang yang pendiam, penyendiri, pintar, penuh perhitungan, tajam, penuh harga diri. Pada episode-episode awal ia jarang berinteraksi dengan Ruoxi namun pertemuan mereka selalu mengesankan. Itu dikarenakan Ruoxi menjaga jarak dengan Pangeran ke-4, yang ia tahu akan menjadi penerus Kaisar Kangxi.

Tapi setelah Ruoxi berpisah dengan Pangeran ke-8, ia mencari perlindungan dari Pangeran ke-4, terutama saat Putera Mahkota berniat menikahinya demi kepentingan politik (Putera Mahkota C-drama karakternya bertolak belakang dengan Putera Mahkota K-drama Wang Mu).  Akhirnya mereka benar-benar saling mencintai.

Dari semua saudaranya, Pangeran ke-4 paling dekat dengan Pangeran ke-13 padahal ia bersaudara kandung dengan Pangeran ke-14. Ibu kandungnya tidak menyukainya dan terang-terangan menunjukkan kalau ia hanya menyayangi Pangeran ke-14.

moon-lovers-scarlet-heart-ryeo-character-poster-lee-jun-ki

K-version: Wang So digambarkan sebagai seorang yang liar, dingin, dan penyendiri. Namun ia juga seorang yang penuh perhitungan, jeli, dan pintar. Setelah tinggal di istana, ia berusaha menyesuaikan diri dengan saudara-saudaranya. Mungkin itu dikarenakan ia ingin diterima sebagai bagian dari keluarga kerajaan.

Wang So kecil wajahnya terluka oleh ibunya sendiri,  lalu ia dikirim untuk diadopsi oleh keluarga lain di luar kota. Keluarga angkatnya memperlakukannya dengan sangat buruk, sementara ibu kandungnya sendiri tidak mau mengakuinya sebagai anak. Bekas luka di wajahnya selalu ia tutupi dengan topeng, namun luka di hatinya tak bisa dipulihkan. Hingga ia bertemu dengan Hae Soo.

Ia bersaudara kandung dengan Pangeran ke-3 Wang Yo dan Pangeran ke-14 Wang Jung. Wang Yo seorang yang berambisi dengan tahta sama seperti ibunya, sementara Pangeran ke-14 lebih dekat dengan Pangeran ke-8. Sama seperti versi C-dramanya, tampaknya Wang So akan dekat dengan Pangeran ke-13 Baek Ah.

Pangeran ke-8 Yinsi/Wang Wook

340528608847796554_7c22a399_f

C-version: seorang yang lembut, tenang, penyabar, penyayang, namun diam-diam ambisius. Ia memiliki dua orang istri. Salah satunya adalah Ruolan, kakak Ruoxi. Ia sangat mencintai Ruolan tapi cintanya tidak berbalas karena cinta Ruolan hanya untuk kekasihnya yang sudah gugur di medan perang. Istri pertamanya bernama Minghui, seorang wanita yang tegas dan sanggup melakukan apapun demi mendukung suaminya.

Kemudian ia jatuh cinta pada adik iparnya sendiri, Ruoxi. Awalnya Ruoxi bimbang untuk menerima perasaannya karena tahu bagaimana akhir hidup menyedihkan Pangeran ke-8. Tapi kegigihan Pangeran ke-8 dalam mendekatinya membuatnya jatuh hati dan akhirnya menerimanya. Meski begitu ia ingin Pangeran ke-8 melupakan ambisinya akan tahta, dengan harapan hidup Pangeran ke-8 akan terselamatkan nantinya. Sayangnya, Pangeran ke-8 salah paham dan merasa sangat kecewa pada Ruoxi. Merekapun berpisah.

83083-450383

K-version: Wang Wook memiliki karakter yang sama dengan Pangeran ke-8 Yinsi, namun belum terlihat ambisinya untuk menguasai tahta. Ia memiliki seorang istri, Lady Hae, yang akhirnya meninggal karena sakit. Terbalik dengan C-drama, Lady Hae yang cintanya tak berbalas pada Wang Wook dan meminta agar suaminya itu menikah lagi setelah tahu suaminya dan Hae Soo saling mencintai.

Pangeran ke-10 Yin’e/Wang Eun

startling_by_each_step_bubujingxin_10th_prince_ye_zhu_xin

C-version: ceria, polos, nakal. Ia yang pertama kali jatuh cinta pada Ruoxi namun cintanya tak berbalas. Akhirnya ia menikah dengan Mingyu (adik Minghui, istri Pangeran ke-8). Awalnya ia protes keras karena dinikahkan dengan Mingyu tapi lama kelamaan jatuh cinta, dan Ruoxi yang membantu menyatukan mereka berdua (padahal Mingyu selalu memusuhi Ruoxi). Dari seluruh pangeran, akhir hidup Pangeran ke-10 yang paling bahagia.

baekhyun-scarlet-heart-goryeo

K-version: Sama seperti versi C-dramanya, Eun adalah seorang yang ceria, polos, dan cenderung nakal. Jatuh cinta pada Hae Soo dan salah paham mengira Hae Soo juga menyukainya. Ia tidak menyadari ada seorang puteri jenderal yang menyukainya. Kurasa, sama seperti C-dramanya, Eun akan menikah dengan puteri jenderal itu dan jatuh cinta padanya.

Pangeran ke-13 Yinxiang/Baek Ah

13_prince_bubujingxin

C-version: pemberontak, berjiwa bebas, setia. Ia adalah sahabat Ruoxi. Mereka sering minum bersama dan mengobrol. Ruoxi sangat nyaman dan bebas berbicara dengannya. Sayangnya mereka tidak saling mencintai. Pangeran ke-13 jatuh cinta pada seorang gadis penghibur bernama Lu Wu. Namun karena status Lu Wu, kisah cinta mereka tidak selalu bahagia.

Cmfpz3ZVUAQrZ7S

K-version: senang melukis, berjiwa bebas, lebih suka berada di luar istana. Awalnya ia memendam perasaan pada Lady Hae, teman masa kecilnya. Dan ia sempat marah saat tahu Pangeran ke-8 dan Hae Soo saling menyukai. Ia merasa mereka mengkhianati Lady Hae.

Tapi setelah kematian Lady Hae, ia banyak mengobrol dengan Hae Soo sambil minum-minum dan akhirnya menjadi dekat.

Pada suatu ketika ia bertemu dengan seorang gadis yang ternyata puteri dari kerajaan Baekje (Goryeo adalah persatuan tiga negara Goryeo, Silla, dan Baekje). Puteri itu lalu menjadi gisaeng Woo Hee (diperankan oleh Seohyun SNSD). Baek Ah dan puteri itu akan saling jatuh cinta.

Pangeran ke-14 Yinti/ Wang Jung

P14_dress04

C-version: pemberani, tulus, blak-blakan. Ia dekat dengan Pangeran ke-8, karena itu ia marah pada Ruoxi ketika Ruoxi memutuskan hubungannya dengan Pangeran ke-8. Apalagi kemudian Ruoxi memilih bersama Pangeran ke-4, yang walaupun kakak kandungnya merupakan rival dari Pangeran ke-8 dalam perebutan tahta.

Akhirnya Pangeran ke-14 juga jatuh cinta pada Ruoxi, namun ia tidak pernah memaksa Ruoxi menikahinya meski Kaisar Kangxi memerintahkan agar Ruoxi menikah dengannya.

ji-soo-scarlet-heart-goryeo

K-version: sayangnya dalam K-version, Wang Jung belum terlalu menonjol kecuali ketika ia ditolong oleh Ruoxi saat berhadapan dengan orang-orang yang hendak membalas dendam pada ibunya. Ia bersaudara kandung dengan Pangeran ke-3 dan Pangeran ke-4. Tapi karena pengaruh Pangeran ke-3 dan ibunya, ia juga menjauhi Pangeran ke-4.

Pangeran ke-3 Wang Yo

photo742630

Dalam C-versionnya, Pangeran ke-3 sempat muncul tapi bukan tokoh yang penting. Dalam K-version, Pangeran ke-3 adalah seorang yang ambisius akan tahta. Licik, arogan, dan kejam. Ia juga yang paling tidak peduli dengan Hae Soo. Ia jatuh cinta pada adik tirinya sendiri, Puteri Yeon Hwa yang adalah adik kandung dari Pangeran ke-8. Dalam sejarah, ia sempat menjadi Raja namun tidak lama, dan digantikan oleh Pangeran ke-4.

Pangeran ke-9 Yintang/Wang Won

 zmjouq

C-version: licik, egois, arogan. Paling tidak dekat dengan Ruoxi. Ia yang mengompori perseteruan antar pangeran dalam perebutan tahta. Ia memihak pada Pangeran ke-8 dan memata-matai Pangeran ke-4. Ia juga yang menyebabkan perpecahan dari balik layar.

Prince 1

K-version: sejauh ini tidak terlalu menonjol tapi menunjukkan tanda-tanda memihak pada Pangeran ke-3.

Sinopsis singkat Bubujingxin

96c65e10437c725a99a02f857c41a6b0

(warning: mengandung potensi spoiler untuk ending versi K-dramanya, jadi bagi yang tidak suka spoiler sekali lagi kusarankan untuk tidak melanjutkan^^)

Tadi sudah kuceritakan secara singkat bagaimana Ruoxi terdampar di masa lalu dan bertemu dengan para pangeran. Ia jatuh cinta pada Pangeran ke-8 tapi mereka putus karena Pangeran ke-8 tidak mau melepaskan ambisinya akan tahta. Sebenarnya wajar saja seorang pangeran menginginkan tahta apalagi ketika itu Putera Mahkota adalah seorang yang sebenarnya tidak pantas menjadi Kaisar.

Tapi Ruoxi bukannya tanpa alasan meminta hal tersebut. Ia tahu Pangeran ke-8 akan mati di penjara setelah Pangeran ke-4 naik tahta. Ia tidak ingin orang yang dicintainya mengalami akhir seperti itu. Dan pada masa itu, keluarga orang yang dihukum juga akan mengalami hukuman. Jika ia bersama Pangeran ke-8, maka nyawanya juga kemungkinan akan melayang.

Sebelum berpisah dengan Pangeran ke-8, ia memperingatkan Pangeran ke-8 agar berhati-hati terhadap Pangeran ke-4 dan beberapa orang pejabat. Ia menyebutkan nama-nama mereka. Dengan harapan, Pangeran ke-8 bisa menghindari tragedi di masa depan.

Setelah berpisah dengan Pangeran ke-8, Ruoxi mulai dekat dengan Pangeran ke-4 dan akhirnya jatuh cinta padanya. Sayangnya, nasihat Ruoxi pada pangeran ke-8 malah digunakan Pangeran ke-8 untuk memfitnah Pangeran ke-4 dengan tuduhan rencana menggulingkan Putera Mahkota. Pangeran ke-8 bersekongkol dengan Pangeran ke-9, 10, dan 14.

Pangeran ke-13 yang merupakan orang terdekat Pangeran ke-4 maju di hadapan Kaisar dan menyatakan ia yang melakukannya tanpa sepengetahuan Pangeran ke-4. Padahal mereka tidak melakukannya tapi tidak bisa membuktikannya pada Kaisar. Pangeran ke-13 diasingkan. Pangeran ke-4 dan Ruoxi sangat terluka dengan peristiwa ini.

Putera Mahkota akhirnya diturunkan karena kejahatannya. Kaisar mulai menunjukkan kesukaannya pada Pangeran ke-14 dan hendak menikahkannya dengan Ruoxi. Ruoxi dengan berani menolak perintah Kaisar hingga Kaisar marah dan mempekerjakannya sebagai budak cuci.

Ruoxi menjadi budak cuci selama beberapa tahun. Para pangeran terkadang mengunjunginya dan membantunya dalam berbagai cara. Ketika Kaisar Kangxi jatuh sakit menjelang ajal, Ruoxi dipanggil kembali ke istana untuk membuat kudapan kesukaan Kaisar.  Ruoxi diampuni dan kembali menjadi dayang teh.

Kaisar mangkat. Pangeran ke-4 menyatakan kalau Kaisar menunjuk dirinya sebagai penerus (padahal Kaisar hendak memberikan tahtanya pada Pangeran ke-14 tapi Pangeran ke-14 sedang di medan perang). Hal ini sesuai dengan rumor dalam sejarah yang menyatakan Pangeran ke-4 melakukan kudeta. Tapi ada juga yang berpendapat mungkin saja Kaisar Kangxi memang mewariskan tahtanya pada Pangeran ke-4 karena Pangeran ke-4 lebih mampu menjadi seorang pemimpin.

vlcsnap-2011-10-24-00h12m18s46

Setelah menjadi Kaisar, Pangeran ke-4 membebaskan Pangeran ke-13 dari pengasingannya dan membawa Ruoxi ke kediamannya. Tapi ia tidak pernah menikahi Ruoxi karena ia ingin hidup bersama Ruoxi setiap hari. Pada masa itu, Raja harus bergilir mengunjungi Permaisuri dan selir-selirnya. Jadi ada jadwalnya gitu^^ Untunglah Permaisuri Pangeran ke-4 adalah seorang yang sangat baik dan lembut.

Tapi Pangeran ke-4 bersikap keras pada saudara-saudaranya yang lain. Ia selalu mencari-cari kesalahan mereka untuk menghukum mereka. Ia hendak membalas bagaimana fitnah mereka telah membuat Pangeran ke-13 menderita. Apalagi saudara-saudaranya tidak bisa menerima kalau ia yang menjadi pewaris tahta. Termasuk Pangeran ke-14.

Pangeran ke-4 juga diam-diam menghukum mati kasim Kaisar terdahulu karena tahu wasiat Kaisar sebenarnya. Padahal kasim itu sangat dekat dengan Ruoxi. Ia juga menghukum dayang Ruoxi karena bersekongkol dengan Pangeran ke-9. Padahal dayang itu sudah dianggap adik oleh Ruoxi.  Hukumannya? Dikukus. Ruoxi kerap kali bertengkar dengan Pangeran ke-4 karena kekejamannya ini.

Suatu ketika, istri Pangeran ke-8 memberitahu Ruoxi kalau semua ini gara-gara Ruoxi. Jika saja Ruoxi tidak memberitahu Pangeran-8 agar berhati-hati terhadap Pangeran ke-4, maka Pangeran ke-8 tidak akan membuat rencana menjatuhkan Pangeran ke-4.

Ruoxi shock dan keguguran. Pangeran ke-4 sangat marah dan memerintahkan Pangeran ke-8 menceraikan istrinya. Tidak mau membebani suaminya, istri Pangeran ke-8 bunuh diri dengan membakar diri.

Ruoxi memberitahu Pangeran ke-4 dan Pangeran ke-13 kalau ia yang menyebabkan Pangeran ke-8 berupaya menjatuhkannya. Pangeran ke-4 terluka dan mulai bersikap dingin pada Ruoxi. Ruoxi tak sanggup lagi menanggung beban mentalnya dan meminta bantuan Pangeran ke-14 untuk mengeluarkannya dari istana. Pangeran ke-14 menunjukkan titah kaisar sebelumnya pada Pangeran ke-4, bahwa Ruoxi dinikahkan dengannya.

Pangeran ke-8 tahu Pangeran ke-4 tidak akan melepaskan Ruoxi. Ia memberitahu Pangeran ke-4 kalau ia dan Ruoxi pernah menjadi pasangan kekasih (Pangeran ke-4 memang tidak pernah tahu sebelumnya). Pangeran ke-4 murka merasa dikhianati dan akhirnya membiarkan Ruoxi pergi dari istana.

Pangeran ke-14 menikah dengan Ruoxi namun mereka tidak pernah benar-benar menikah. Kesehatan Ruoxi semakin memburuk dan di saat akhirnya ia mengirim surat pada Pangeran ke-4 untuk bertemu terakhir kalinya. Tapi kesalahpahaman menyebabkan Pangeran ke-4 tidak membaca surat tersebut. Ruoxi terus menanti dan menanti tapi Pangeran ke-4 tidak juga datang. Ia merasa Pangeran ke-4 sudah tidak mencintainya lagi. Ia meninggal dalam pelukan Pangeran ke-14.

Begitu mendengar kabar kematian Ruoxi, Pangeran ke-4 sangat menyesal. Ia akhirnya membaca surat Ruoxi tapi semua sudah terlambat. Ia dan Pangeran ke-13 menyebarkan abu Ruoxi.

tumblr_m2yj2prRIu1r8d99h

Pangeran ke-8 dan 9 dihukum dalam penjara. Pangeran ke-13 membawa racun (seusai permintaan Ruoxi sebelumnya)  agar mereka bisa mengakhiri penderitaan mereka. Mereka pun bunuh diri. Pangeran ke-13 wafat beberapa tahun kemudian, diikuti oleh Pangeran ke-4. Pangeran ke-14 hidup di luar istana menjaga makam ibunya dan tidak menikah lagi. Hanya Pangeran ke-10 yang bahagia hidup bersama istrinya.

Kembali ke masa kini, Zhang Xiao sadar dari komanya dan diberitahu kalau ia koma selama beberapa minggu (padahal di masa lalu ia hidup belasan tahun). Ia bertanya-tanya apakah pengalamannya di masa lalu adalah hal nyata atau hanya khayalan. Ia mulai meneliti sejarah Disati Qing namun tidak menemukan catatan mengenai Ma’ertai Ruoxi.

Suatu ketika ia mengunjungi museum dan melihat barang-barang peninggalan Dinasti Qing. Ia melihat sebuah lukisan di mana Kaisar Kangxi sedang minum teh bersama para pangeran. Dan salah satu dayang di lukisan tersebut mengenakan pin rambut magnolia. Pin rambut magnolia adalah pin pemberian Pangeran ke-4 untuk Ruoxi dan menjadi simbol cinta mereka. Ruoxi sadar semua itu nyata.

Di museum itu pula Ruoxi bertemu dengan seorang pemuda yang sangat familiar. Tapi pria itu tidak mengenalinya. Ruoxi menangis melihat sosok pemuda itu menjauh. Pemuda itu sangat mirip dengan Pangeran ke-4.

Ending drama ini berlanjut ke sekuel Bubujingxin berjudul Bubuqingqing, dengan pemeran utama sebagian besar sama. Meski dramanya berakhir menyedihkan, pemeran Ruoxi dan Pangeran ke-4 (Cecilia Liu dan Nicky Wu) mendapatkan happy ending mereka karena mereka jatuh cinta betulan dan akhirnya menikah^^

Bagaimana dengan K-dramanya?

4th-Prince-and-Hae-Soo-scar-1

Pastinya ada perbedaan karena menggunakan latar belakang sejarah yang berbeda. Tapi aku belum tahu apakah penulis drama ini akan betul-betul mengikuti sejarah atau lebih mengikuti novelnya.

Dalam sejarah Goryeo, Raja Taejo akan digantikan oleh Putera Mahkota Wang Mu. Putera Mahkota Wang Mu hanya memerintah selama 2 tahun dan wafat karena sakit. Digantikan oleh Pangeran ke-3  Wang Yo yang memerintah selama 4 tahun. Baru kemudian digantikan oleh Pangeran ke-4 Wang So dengan gelar Raja Gwangjong. Raja Gwangjong terkenal agresif menekan lawan politiknya dan menciptakan ketakutan.

Dalam sejarah juga dicatat kalau Raja Gwangjong memperistri adik tirinya sendiri. Apakah itu artinya Wang So akan menikah dengan Yeon Hwa demi kepentingan politik?

Menarik jika dilihat bahwa sejarah Dinasti Qing ada kemiripan dengan Dinasti Goryeo hingga bisa dibuat dua drama dari buku yang sama. Ditambah lagi adanya perbedaan kebudayaan dari kedua negara membuat drama ini semakin menarik untuk disimak. Aku membandingkan keduanya bukan untuk melihat yang mana yang lebih bagus, tapi aku ingin melihat bagaimana perbedaan tersebut bisa membuat cerita yang sama menarik dan tidak membosankan meski sudah tahu kira-kira ke mana jalan ceritanya.

Sekilas dilihat, versi C-drama terkesan lebih serius daripada K-drama apalagi dengan pemeran yang tampaknya lebih dewasa daripada para pemeran K-dramanya. Tapi awalnya BBJX juga banyak adegan lucunya sama seperti SHR. Menyenangkan melihat bagaimana Ruoxi membuat para pangeran itu bingung sekaligus kagum melihat keunikannya. Sama seperti Hae Soo yang membuat para pangeran terheran-heran dengan tingkahnya.

moonlovers05-00529

Dan lagi masa hidup Ruoxi di masa lampau sekitar belasan tahun- dua puluh tahunan, jadi tidak heran kalau mereka pun semakin dewasa. Ruoxi tinggal di istana untuk belajar menjadi dayang teh saja memakan waktu 10 tahun lho. 

Keadaan makin dramatis setelah Pangeran ke-4 naik tahta. Aku bahkan tidak sanggup meneruskan menonton BBJX dan hanya stop di eps 29. Aku tidak sanggup melihat bagaimana cinta Ruoxi dan Pangeran ke-4 yang dibangun dengan susah payah berakhir tragis, begitu juga nasib para pangeran yang selama ini baik pada Ruoxi. Melihat saudara saling menyerang dan menjatuhkan benar-benar menyesakkan hati >,<

Karena itu aku benar-benar takut (sekaligus penasaran) melihat Scarlet Heart Ryeo. Di satu sisi aku sangat menyukai ceritanya, tapi di sisi lain aku khawatir dengan akhir hidup mereka. Apalagi membuat sinopsisnya? Wah…ngga deh hehe…daripada nanti aku berhenti di tengah jalan XD

Mudah-mudahan penulis versi K-dramanya bisa membuat ending yang lebih memuaskan penonton. Setidaknya, tidak open ending…. please writer-nim \^o^/

Source: Wikipedia, Koalasplayground

62 komentar:

  1. awalnya aku memutuskan nonton drama ini karna RM,
    aku bahkan mencari alasan knp org² menyukai lee joon ki, tapi setelah nonton RM yg guestnya 3 pangeran, kok aku jadi penasaran sama akting joon ki, waktu nonton skip² ep,1, pamdangannya pindah lagi ke IU, kok cantik bgt ya d drama ini, aktingnya juga gak kagok, kok jadi terpesona sama IU,
    jadi deh nonton, tapi untuk ep mgu ini aku belum nonton,
    nah jadi deh searching² ttg drama ini, kaget !!!!! kok jalan ceritanya kaya gitu sih, soo awalnya bakalan sama wook dulu, duuuhhhh
    aku sama sekali gak suka jalan cerita yg 'nikung' dulu....hehehehe
    terus nanti soo gak bakalan jadi istri so kan, cuman sebagai selir, hedeH
    sampai dgn ep5 yg sdh aku tonton, aku masih luv sama drama ini, karna ku pikir dramax bakalan jadi drama tragedi seperti princess man,

    apalagi ep6,7 banyak scene soo dan wook kan, haduuuhhhh
    jadi gamang mau nonton ep mgu ini atau gak....
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. so soo scene selalu ada sih, meski tetep soo belum ngerasain apa apa kayaknya
      so udah mulai ngerti nih hatinya haha sampe senyum senyum sendiri ngeliatnya
      awwww baru ngeh ini jun ki kayak meranin lagi karkaternya di two weeks, kasar padahal peduli :)

      Hapus
  2. Sampe segitunya khawatir sma nasib karakternya yah mbk fan?๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ tapi ga muna jg sih..jika kita menonton drama dgn tulus dan bner2 suka sma karakter ataupun ceritanya..kdg2 kita suka kebawa2 dan keinget2 trs di dunia nyata..bahkan bs bikin kita addicted banget..susah move on..smpe ktemu lg ma drama yg bagus lagi ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ trnyta ga cm ak yg ngerasai kaya gitu..๐Ÿ˜deeehhhhh smpe curhat ginihh๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚tp mau begimanapun..mnrtku..drma sejarah lebih dalem efeknya krn emg bner2 ada tokohnya..pa lg klo pemerannya lee jun ki??cocok buangett desse meranin begituan yaa kann mbk??dr awal emg uda penasaran ma drama yg kayak gni..๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜gunawoo udah dikasih spoilernya krn ak emg gak nton dan baru akan ntin stelah kelar episodenya๐Ÿ˜๐Ÿ˜tengkyuhh unniee fannyy ..muach..muach..

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul aku merasa drama sejarah lebih dalam karena berdasarkan tokoh nyata meski ceritanya sendiri fiksi...biasanya memang endingnya pasti ada yang mati seperti Queen Seon Deok, Dong Yi, Empress Ki. Tapi aku lebih memilih Dong Yi yang tidak diperlihatkan kematiannya...

      Hapus
  3. Semoga di K dramanya g serumit c dramanya y mb...cz yg aku baca k dramanya cm 20 ep c dramanya 35 ep.. masa wang so sm hae so nnti sweet2nya sbentar aja..g banget deh klo ky gitu..scene sm wook aja dri ep 1-7 udh byk bgt.skrg nntn msh diulang2 bsk klo udh tragis2 bs2 diskip2..cm ngintip ending aja..g tw deh skrg nikmati aja dulu Lee Jun Ki keren abiz disini aplgi pas adegan action..wook jg ganteng tp aku tetep dukung Pangeran ke 4๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya pasti jatuh cinta dengan Pangeran ke-4 hehe...aslinya memang lebih banyak adegan dengan Pangeran ke-8 daripada Pangeran ke-4. Tapi setiap adegan dengan Pangeran ke-4 selalu berkesan dan tak terlupakan^^

      Hapus
  4. Baik mba fanny salam kenal yaa..
    Aku juga lagi nonton versi korea nyaa..
    Ngbayangin para pangeran di Kdrama saling berebut kekuasaan dan berakhir kayak Cversion rasa nya gak mauuuuuuuuu :(
    Di Kdrama mereka keliatan sangat kekeluargaan. Apalagi pangeran ke 14 dan 10 (Jung dan Eun )
    Lucu banget liat mereka di Kdrama ..
    Aku sih blm nnton yg Cversion nya tapi cerita nya sangat menarik.. Aku juga jd penasaran gimana akhir dr Kdrama nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan lebih manusiawi daripada ending C-dramanya ya hehe...minimal ngga open ending. Pengennya sih mereka bertemu dulu untuk terakhir kali sebelum Soo meninggal. Lebih bagus lagi kalau tidak meninggal *banyak maunya*

      Hapus
  5. kenapa ya kalo liat orang korea/china/jepang, bawaanya gimanaaa gitu...he

    BalasHapus
  6. ak ga ntn versi china nya cm dl smpt ikutin sinopsis nya dan bikin pusing sm ceritanya pas p.ke 4 naik tahta dan cm ntn ep terakhir nya krna terlanjur penasaran sm endingnya.

    mknya waktu versi korea keluar dan tau ep ga pjg jd tertarik ntn jg
    smg aja versi korea ga dibuat seribet ky versi china nya dan smg happy ending.tp ktnya rating nya rendah ya mba
    mb fanny bikinin review nya aj ky w mba tiap episode atau sekaligus beberapa ep jg gpp.hehe

    thx u mb fanny.smgt



    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya, iya ratingnya rendah bahkan di cina katanya hehe
      menurut saya sih memang kurang greget dibanding saingannya, cuma makin ke sini kayaknya konfliknya makin nambah tuh, baru deh naik dikit kayak episode 7 kemarin
      haha mbak fanny mau nambah review lagi? bukannya apa, tapi kalo yang lain dikesampingin apa reader gapapa dan mbak fanny nyaman? ^^"

      Hapus
  7. komen awalku, aku tulis sebelum membaca postingan di atas dgn lengkap,
    ngeri juga ya so ini, kalo aku baca dari postingan mbak fan, sadis juga ya,
    yaaa meski kalo d zaman itu adalah hal yg lumrah kalo mau jadi raja, harus mengorbankan apa saja,
    peraturan istana juga ribet, drama saguk emang bikin geleng² sama peraturan istananya,

    kalo novelnya gmana mbak fan, se ekstrime Cdrama gak??
    kok aku jadi goyah setelah baca ini mbak fan,
    takut kecewa nanti-nya
    padahal lagi fallin bgt sama so dan soo......
    kalo soo nya meninggal dan so salah paham

    apa nonton ep akhirnya nanti aja,hahahhaa
    kehidupan setelah soo kembali jadi hajin dan ketemu so dkehidupan selanjutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di novelnya malah tidak ada adegan di masa depan. Jadi setelah kematian Ruoxi dan para pangeran ya sudah....Hanya saja Tong Hua akhirnya memasukkan epilog mengenai bagaimana kehidupan Pangeran ke-4 dan yang lainnya setelah kematian Ruoxi. Ada juga cerita mengenai anak Pangeran ke-13 dan anak Pangeran ke-4....

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. kadang kalo nonton drama,
    bisa suka sama lead dan second male nya dgh kadar suka yg sama, kaya di CITT kemarin, seol sama siapapun oke,

    karna aku juga ngikutin drama JI, gong hyo jin,
    aku malah suka nari sama jungwon, visualnya oke, heheheh

    nah kenapa sama drama ini, aku sama sekali gak toleran sama adegan wooksoo, apalagi scene soo ngikutin jejak kaki wook disalju, bahkan dijadiin cover ost lagi....
    makin terbakar....!!!!!!!
    teruz scene romantis sosoo kapan.......
    aliran wang so, garis keraz
    hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. eeeeeeeeeey, terlalu kasian ya sama so? pingin hidupnya berbalik 180 derajat bareng soo? wah wah, kamu dulu jangan jangan di team jung hwan?
      please dear, manage your heart^^ wook ga salah apa apa hahahahaha

      Hapus
    2. awal-awal memang lebih banyak scene soo dan Wook. Dalam novelnya, Ruoxi dan Pangeran ke-8 saling berkirim surat selama 10 tahun Ruoxi dilatih di istana. Jadi perjalanan cinta mereka memang cukup panjang. Justru di versi K-drama ini aku merasa Pangeran ke-4 lebih cepat jatuh hati pada Soo. Mungkin karena episodenya yg lebih pendek^^

      Hapus
  10. ckckck penjelasannya mbak fanny ya selalu haha
    novelnya bagus...
    tap apa bisa dipadatin ke 20 episode kdrama dengan pemain segitu banyaknya. udah siap siap ada yang terkorbankan salah satu cerita pemain nih
    btw kok ngeri ya mbak versi cinanya, hukumannya dikukus, terus ada yang membakar diri (jadi inget masak-masakan duh))??? pantes aja mbak fanny ga tega lanjutnya...
    tp cukup paham juga sih, mungkin jaman dulu emang gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi K-drama alurnya lebih cepat dari versi C-drama. Jadi kurasa 20 episode cukup^^
      Iya...jaman dulu hukumannya ngeri-ngeri. Itu Ruoxi yang minta Pangeran ke-13 membawa racun untuk Pangeran ke-8 dan 9 lho...soalnya akan lebih menderita jika seumur hidup di penjara hingga mati..

      Hapus
    2. sampe sini aja masih ada yg belum kebahas mbak karakternya. tapi yaudah lah ya dinikmatin aja wkwkwk

      Hapus
  11. Seneng deh akhirnya mbak fanny ngasih ulasan juga tentang Scarlet heart bonus dengan versi Cdrama nya...secara saya nya ga tau dengan garis besar cerita Cdrama dan ga pernah nonton juga. Jadi bisa mempersiapkan hati yang terlanjur baper ini dengan kemungkinan endingnya yang terburuk sekalipun.
    Ngikuti Scarlet ini karena Lee Jun ki dan semakin suka dengan karakter Wang so di sini. padahal pernah juga ngikuti Wang so versi Jang Hyuk yang menurutku awut awutan hahaha
    Meski ratingnya rendah....tapi lebih Scarlet Heart ini rame di bahas di berbagai forum.....
    Semangat buat Scarlet Dehhhhh...
    oh ya mbak, kalo ga sanggup nulis sinopsisnya...please buat reviewnya aja dong ya ya ya ya... :)

    BalasHapus
  12. Hae Soo menyukai tata rias dan perawatan kecantikan. Sepertinya keahliannya itu akan berguna kelak. Aku menduga ia akan menggunakan keterampilannya itu untuk menyamarkan bekas luka di wajah Wang So.

    -----===----

    Wow iyes bangets ini mah
    http://pic.twitter.com/YncsLZincG
    *GoodGoodOke


    BalasHapus
  13. menurutku cemsnya C dramanya lebih ngena mba...interaksi Ruoxi dengan para pangeran dapet banget...Liu Shi shi memainkanya dengan sangat baik...aku ga bilang IU ga bagus tapi feelnya aku kurang dapet padahal pangeran so and wook berperan udah bagus banget...apa hanya perasaanku aja ya mba...?

    BalasHapus
  14. Aku selalu falling in love sama semua drama kolosalnya Lee Jun Ki kecuali yang Joseon Gunman. Apalagi di drama ini Lee Jun Ki makin keren.
    Sayang bgt mba Fanny ga bikin sinopsis Scarlet Heart Ryeo, padahal aku suka bgt kalo mba Fanny yang bikin sinopsisnya. Selalu detail, baik dalam segi cerita, gambar maupun komentar2nya.
    Mudah2an drama ini bakal Happy Ending, ya kalo ga mirip2 sama Splash Splash Love jg gpp lah. Ketemuan lagi di masa depan.

    BalasHapus
  15. Salam kenal , Kalau menurutku sih jang hyuk lewat dah kalau dibandingin lee jun ki di peran Wang so , Di tangan Lee jun ki wang so lebih menarik karakternya

    BalasHapus
  16. Salam kenal , Kalau menurutku sih jang hyuk lewat dah kalau dibandingin lee jun ki di peran Wang so , Di tangan Lee jun ki wang so lebih menarik karakternya

    BalasHapus
  17. Samaaaaaaaa .... aku juga gak terus nonton bubujingxin, gak tega hati hahaha.... sepertinya bakalan senasib nih scarlet heart versi kdramanya. Baca recapnya ajalah di DB nanti pas udah selesai biar gak berkeping keping hatinya kaya waktu ngikutin reply 1988 qiqiqi.. yes, I'm team junghwan... dan sejak itu sy berhenti nonton ongoing drama wkwkwk

    BalasHapus
  18. Haduh kok begini bgt ya? Pdhl saya ngikutin cerita ini Dan terpaksa skip nonton moonlight Drawn by clouds. Huhuhu...jd pengen berhenti nonton Dan beralih marathon nonton MDBC aja. Di ep. 9 aja saya udh bamal (baper maximal), gmn nanti klo alur ceritanya sama kayak versi C...๐Ÿ˜–๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. BTW, Salam kenal ya mb... saya selama ini silent reader

    BalasHapus
  19. Haduh kok begini bgt ya? Pdhl saya ngikutin cerita ini Dan terpaksa skip nonton moonlight Drawn by clouds. Huhuhu...jd pengen berhenti nonton Dan beralih marathon nonton MDBC aja. Di ep. 9 aja saya udh bamal (baper maximal), gmn nanti klo alur ceritanya sama kayak versi C...๐Ÿ˜–๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ. BTW, Salam kenal ya mb... saya selama ini silent reader

    BalasHapus
  20. Pertama prefer moonlight drawn by clouds karna ratting drama ini rendah, tp seletah nonton eps 1,2 ketagihan dan habis sampe eps 9 ��������
    Bagusss bgt! Im at loss why people hate IU's acting, i think she gives the best and j

    BalasHapus
  21. aku suka banget drama ini..alasannya krn lee jun ki, karna tiap drama saeguk yg dia mainin aktingnya gk pernah gagal, cuma agak kesel pemeran utamanya kan dya, tp dr 1-9 episode yg udh aku nonton kok kyaknya si wang wook ya jd pemeran utamanya -_-" pliss.. kedepannya adegan wang so sama hae soonya diperbanyak, moga gak menyesal nonton 12 episode lg kedepannya.

    menurut aku, kedepannya ceritanya sdikit berbeda deh kedepan, kalo dalam sejarah ada 2 pangeran yg dibunuh oleh gwangjong, krn dalam sejarah hae soo jg gk ada, dan mgkin dy mencoba merubah sejarah, ke 2 pangeran itu tetap mati tp dgn cara yg berbeda bkn dibunuh oleh wang so, klo dlm sejarah yg mati pangeran heunghwa/ wang eun, tp krn sejarah berubah yg mati wang yo dan wang won (mudah2an mereka yg mati krn jahat), wang so tetap jd gwang jong dan hae soo kembali menjadi go ha jin, menurut aku endingnya ngikutin bubujinxin, tp aku berharap sebaliknya :D ini cuma pemikiran aku ya.. makasih yg udah baca :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Rahmah salam kenal yaa, lagi googling tentang Scarlet Heart eh taunya masuk ke sini :)

      Kalau dari info yang aku baca di Wikipedia, 2 orang pangeran yang dibunuh Gwangjong itu bukan saudaranya tapi keponakannya

      Pangeran Heunghwa itu bukan Wang Eun, tapi anaknya Wang Moo dan yang satu lagi adalah Pangeran Gyeongchunwon anaknya Wang Yo

      Info family tree nya ada di link ini https://en.wikipedia.org/wiki/Family_tree_of_the_Goryeo_kings

      Hapus
    2. Di ep terbaru yg tayang krmn. Hae soo mendpt penglihatan saat melihat penikahan wang eun. Dlm penglihatannya nanti gwangjong/ wang so bunuh wang eun dn istrinya

      Hapus
  22. ngkutin terus ni drama..kata temen kok alay..hehehehe..emg gak boleh cowok seneng drama!!!!!mudah2an endingnya cintane pangeran k 4 ama soo gak sad ending..kalo sad ending ya nangis aja..hehehehehe

    BalasHapus
  23. Wah kita samaan mbak fan... Aq juga takut mau nerusin nonton drama ini... Ga tega ngelihat endingnya, takut baper... Ah sudahlah campur aduk perasaan ini...

    BalasHapus
  24. Mb Fanny... ingat dulu mb Fanny pernah bilang g berani nulis sinopsis drama ini karena khawatir dengan endingnya yang semakin ke penghujung semakin menyedihkan...
    Sy g nonton yang versi cina dan ga berani juga baca bagian sinopsis versi Cinanya mb... Entah kenapa jadi ikutan parno...
    Sy sangat-sangat menyukai drama ini, setiap episodenya membuat perasaan seperti roller coaster...
    Meskipun awalnya memilih drama ini karena Junki selalu saja cocok memerankan drama saeguk, tapi sama sekali tidak kecewa karena di awal-awal munculnya sangat sedikit...
    Katanya di versi Cina-nya hingga hampir pertengahan cerita, Pangeran ke-4 bahkan belum muncul...
    Sama mb, apa pun endingnya, sy berharap tidak open ending... Kalau ingin dibuat bahagia, ya bahagia saja... Tapi kalau pun ingin dibuat sad ending, ya sad ending sekalian... biar g bisa move on dari drama ini..

    BalasHapus
  25. Salam Kenal....thx reviewnya mbak.....aq baru kali ini nonton on going drama...berapa banget deg2an nya..apalagi yg main Lee Jun Ki.....smogs happy ending dech

    BalasHapus
  26. Bakak fanny reviewnya daebak....gereunde.....gak ngikutin dramnya nona gong bak??????jelousy incrnate?????daebak!

    BalasHapus
  27. Mb fany keren. Dtunggu tulisannya selanjutnya ttg drama ini.

    BalasHapus
  28. Hai mbak fanny, jujur kalo aku blm nonton yanf chine version nya. Karna emanng dari awal liat scarlet hanya pengen liat IU nya aja hehhe. Banyak yg gak suksa sama acting IU pada awalnya, you know lah..she has so many haters, tapi itu gak buat aku berhenti nonton, krna actignya malah lebuh bagus disini.tapi waktu kesininya liat komentar orang..kok sad ending :( jadi penasaran china versionnya gimana.thanks mbaaa...ini penjalasan yang sedikit menyayat hatiii..semogaaasemogaaaaa HAPPY ENDING.TOLONG :((((

    BalasHapus
  29. jadi baper,,, galau mau lanjut nonton drama ini apa gak... takut klo sad ending

    BalasHapus
  30. Makasih mba udah ngasih sedikit pencerahan dari Moon Lovernya nih, aku suka banget sama Lee Joon Gi yang minta ampun gantengnya kelewatan pas banget jadi Wang So yang temperamen tapi baperan sama Hae Soo hehe...sama dengan aku yang baper dan engga bisa move on sama desse...hehe...udah ngintip BTSnya juga dan engga berhenti ketawa ngakak liat polah si ganteng Wang So yang jahil tapi kalo udah take action langsung serius dan baguuuussss banget aktingnya....paling ga tahan kalo udah liat tatapan matanya pas lagi pake topeng, koq bisa bikin aku mimpi terus yaaa....ohhh...mudah-mudahan endingnya engga bikin aku nelangsa ya mba...soalnya Hae Soo yang versi C-Drama kan meninggal...trus nasib Kang Ha Neul yang patah hati juga bikin aku mewek2 mbak...udah eps 10 yang aku tonton, walau subtitlenya blom nongol aku udah engga tahan pengen nonton...yah gitu deh...udah aku ulang dari ep 1-9 koq engga bosen2 yah...malah jadi addict bingits lho...mba Fanny You are the best pokoknya!!!

    BalasHapus
  31. Tiap Senin ga sabaran mantengin tipi..nungguin serial ini,sampe dibelain searching kira² gimana endingnya Scarlet Heart....untung nemu pembahasan Mba Fanny๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘
    Meski jadinya Baper duluan๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ๐Ÿ˜ญ
    Semoga hepi ending๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜
    Berhร rap SoSoo couple bisa happily ever after huhuhu

    BalasHapus
  32. mo nanya dong mbak,itu knp si wang so dibenci ma ibunya sendiri, ketinggalan episode awal nih๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  33. Awalnya pengen banget hae so sm wang wook aja...tp setelah liat eps 11 ternyata cinta wang so lebih besar drpd wang wook jd rela dah kl hae so jd suka sm wang so...poor wang wook...yaah ternyata d novelnya ga ada crita di jaman skr ya? padahal pengen liat kehidupan hae so n pangeran2 versi modern...paling gak sm wang wook n wang so hehe..penasaran sm lee jon ki kl gak dandan ala2 saeguk

    BalasHapus
  34. awalnya aku penasaran bgt sma drama ini, drama nya di gadang2 bakalan kaya dots..
    numpuk ep 1-3 aku nnton borongan .. ahhh trnyata suasana dramanya bkin mata seger bgt, viewnya, pangeranya, baju2 iunya.. smwnya kreen.. lanjut nnton ep 4-5 mulai sdkt ilfeel krna hae soo suka sama suami org dan sma2 punya perasaan, mulai lah jdi bnci sma krkter wook krna jdi pnghianat cinta๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚..
    ep 6-9 aku download tpi gak di tonton krna bnyak scene hae soo sma wook, sgtu gak suka nya aku sma org2 yg suka nikung di belakang๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
    tpi ttp tau crta nya gmn krna sering muncul do time line ig, cuma gak nnton full nya.. ep 10 mulai klihatan klo bntar lagi bakalan brbah hub hae soo dan wang soo aku mulai greget lagi .. dan memutuskan nnton lagi kalo wook udah mulai jahat๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚ dan akhirnya ep 11 ep legendaris muncul.. ke aduk bgt perasaan ku
    bner2 keren

    BalasHapus
  35. Aah mba fanny pokonya akuh padamuh..mksih ulasan tentang skarlet heart c drama dan k dramanya, pokonya mau bagaimana pun endingnya akuh pasti nangissssssssss..

    BalasHapus
  36. Aah mba fanny pokonya akuh padamuh..mksih ulasan tentang skarlet heart c drama dan k dramanya, pokonya mau bagaimana pun endingnya akuh pasti nangissssssssss..

    BalasHapus
  37. Aah mba fanny pokonya akuh padamuh..mksih ulasan tentang skarlet heart c drama dan k dramanya, pokonya mau bagaimana pun endingnya akuh pasti nangissssssssss..

    BalasHapus
  38. Aah mba fanny pokonya akuh padamuh..mksih ulasan tentang skarlet heart c drama dan k dramanya, pokonya mau bagaimana pun endingnya akuh pasti nangissssssssss..

    BalasHapus
  39. salam kenal mba.. baru ini saya ongoing nontn drama korea, awalnya saya nonton drama ini bukan karena pemainnya tapi krn memang alur ceritanya yang sangat bagus, pada akhir setiap episodenya selalu bikin penasaran.. selalu gk sabar nunggu drama ini tayang setiap minggunya.. penasaran gimana endingnya nanti.
    siapa yg jdi raja selanjutnya setelah putra mahkota ya..??
    meskipun di korea ratingnya rendah tapi katanya di asia jdi rating tertinggi ya?
    btw thanks mba buat spoilernya..

    BalasHapus
  40. Aah mba fanny pokonya akuh padamuh..mksih ulasan tentang skarlet heart c drama dan k dramanya, pokonya mau bagaimana pun endingnya akuh pasti nangissssssssss..

    BalasHapus
  41. Halo mb fanny, sy zahra, salam kenal ^ ^. Wah seneng bgt nemu postingan ini, penasaran bgt perbandingannya Bubu jingxin sm Bobo kyeongshim. Ternyata sm ep ini alurnya mirip bgt ya mba?? Aq jg heran bgt kan ceritanya emg sejarah tuh, tp kok bisa sejarah 2 negara bisa mirip banget hehe. Moga aja bobo kyeongshim ini lebih manusiawi deh dr pd bubu jingxin

    BalasHapus
  42. Kak diceritain pas di masa depannya gak pas udah di museum itu mereka akhirnya gimana?

    BalasHapus
  43. Saya tetap berharap kalau pangeran k-4 dan hee soo tetap bersama selamanya,tidak mengikuti alur cerita asli novelnya soalnya aku sudah suka banget dengan film ini,sayang kalau ngikutin filmnya dari awal sampe akhir tapi tau-taunya gak heppy ending๐Ÿ˜ช

    BalasHapus
  44. Saya tetap berharap kalau pangeran k-4 dan hee soo tetap bersama selamanya,tidak mengikuti alur cerita asli novelnya soalnya aku sudah suka banget dengan film ini,sayang kalau ngikutin filmnya dari awal sampe akhir tapi tau-taunya gak heppy ending๐Ÿ˜ช

    BalasHapus
  45. semoga happy ending wang so dan hae soo ya sudah terlanjur antusias nonton. Biasanya aku nga begitu suka drama model kerajaan begini, tapi berhub yang main ganteng2 dan cantik2. aktingnya juga oke jadi keterusan,ya semoga alur ceritanya bagus dan sesuai dg harapan penonton seperti kita2 ini

    BalasHapus
  46. Wang eun kdrama mati berbanding terbalik dg versi c-drama yg bahagia

    BalasHapus
  47. Wang eun kdrama mati berbanding terbalik dg versi c-drama yg bahagia

    BalasHapus
  48. wah sama dg versi c-drama, so menghukum mati chaeryung dn soo marah ke so. Soo pergi dg jung

    BalasHapus
  49. wa, ternyata dari novel ? bagus sekali ceritanya.
    Drama terbaik.. :'D
    Tapiii endingnya, butuh tambahan episode di dunia modern, mereka di pertemukan kembali, atau bagaimana, yang happy ending... :')
    *ngarep
    After all, suka banget sama drama macam begini :) <3 it.

    BalasHapus
  50. mungkin aku telat coment karna baru beres nonton seminggu yg lalu..
    awalnya aku ngga terlalu excited nonton kdrama kerajaan karna mungkin dari tampilan pakaian nya kurang keren hehe maapkan..
    tp pas liat drama ini koq semua yg di fikirin salah.. malah keren koq para pangeran pake baju kaya gt..
    dan kebetulan aku jg ngga nonton cdrama nya..
    baper banget kebawa suasana sama jalan cerita drama ini.. ngga sanggup knp mereka mesti pisah omoo.. sampe nangis nangis...
    dan yg bkin jatuh Cinta karakter nya wang so keren bgt dan ketika ngomong suaranya pun mendukung dengan karakternya dia..
    aaah pokonya masih blm move on sama drama ini.. sedih...

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)