Kamis, 13 Maret 2014

Ketika Tak Cukup Hanya Cinta: Review Emergency Couple dan Cunning Single Lady

shot0018

“Aku berjanji akan mengasihimu, baik dalam keadaan senang dan susah, miskin atau kaya, sakit maupun sehat.”

Kira-kira itulah sepenggal janji pernikahan yang biasanya diucapkan sepasang mempelai yang sedang menikah. Mudah untuk mengucapkannya, tapi apakah mudah juga untuk menepatinya?

Itulah yang dialami para tokoh utama dalam dua drama romcom yang saat ini sedang kuikuti. Emergency Couple dan Cunning Single Lady. Keduanya sama-sama mengisahkan pasangan yang sudah bercerai, namun mereka “tidak sengaja” (atau takdir?) bertemu kembali dan di situlah cerita mereka kembali dimulai.

 Official_Poster_-_Emergency_Man_and_Woman images 

Emergency Couple mengisahkan pasangan Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk) dan Oh Jin Hee (Song Ji Hyo). Keduanya menikah saat mereka masih muda. Bisa dibilang mereka kawin lari karena mereka menikah tanpa disaksikan orangtua mereka. Namun pernikahan mereka hanya bertahan 1 tahun.

Tidak terlalu diceritakan bagaimana kehidupan pernikahan tersebut, yang pasti setelah satu tahun menikah, Chang Min yang awalnya mahasiswa calon dokter sekarang menjadi sales obat yang berkeliling rumah sakit demi menafkahi keluarganya. Sementara Jin Hee yang tadinya seorang nutrisionis, menjadi ibu rumah tangga yang stress berat hingga mengalami kebotakan dan masalah jantung. 

Setelah pertengkaran hebat hingga seisi rumah hancur, keduanya memutuskan bercerai. Namun 6 tahun kemudian mereka tak sengaja bertemu di sebuah rumah sakit. Dan keduanya sama-sama menjadi intern di rumah sakit tersebut.

shot0072 shot0080

Awalnya keduanya saling membenci. Terutama Chang Min yang menganggap remeh mantan istrinya itu. Ia pikir Jin Hee tak becus mengurus rumah tangga, apalagi mengurus pasien yang berurusan dengan nyawa seseorang.

Namun seiring kebersamaan mereka menjadi intern, Chang Min melihat mantan istrinya yang menurutnya bodoh dan ceroboh, ternyata malah lebih berani dan lebih nekat dari dirinya jika itu menyangkut masalah keselamatan pasien. Ia mulai melihat Jin Hee dengan pandangan berbeda.

Seiring dengan berubahnya cara pandang Chang Min terhadap Jin Hee, ia kembali merasakan getar-getar cinta kembali tumbuh dalam hatinya. Tapi bagaimana dengan Jin Hee?

 shot0085 shot0112

Meski tidak mau mengakuinya, Jin Hee sebenarnya masih trauma dengan perceraiannya. Apalagi mantan ibu mertuanya sangat tidak menyetujui hubungan mereka dan berusaha menjodohkan Chang Min dengan anak menteri yang juga rekan intern mereka. Di samping itu, Jin Hee juga menemukan sosok pria dewasa yang ia kagumi yaitu Dr. Gook (Lee Pil Moo), dokter kepala di ER.

Namun ia juga tidak bisa memungkiri rasa hangat yang kembali merayap di hatinya ketika ia bersama Chang Min. Akhir-akhir ini ia kembali bermimpi mengenai kebersaman mereka dulu-dulu. Masa-masa bahagia mereka berdua. Sayangnya, masa-masa pahit yang sudah dilupakan oleh Jin Hee pun kembali bermunculan. Membuatnya enggan untuk kembali pada Chang Min. Ia tidak mau umengulang kepahitan itu lagi. Tapi Chang Min sepertinya tidak menyerah, demikian juga Dr. Gook, dokter galak berwajah polos yang menaruh hati pada Jin Hee.

shot0108 shot0092

Berbeda dengan pasangan Jin Hee dan Chang Min yang bercerai setelah 1 tahun menikah, pasangan Cha Jung Woo (Jo Sang Wook) dan Na Ae Ra (Lee Min Jung) di Cunning Single Lady bercerai setelah 4 tahun menikah.

Ae Ra bertemu dengan Jung Woo ketika Jung Woo masih menjadi mahasiswa yang suka makan siang di kedainya. Meski Jung Woo saat itu nampak culun dan kuper, tapi Ae Ra melihat potensi di dalam diri Jung Woo. Ia yakin Jung Woo akan menjadi orang yang berhasil sebagai pegawai negeri. Dan Jung Woo memang berhasil lulus ujian pegawai negeri.

Maka mereka pun menikah. Tapi baru 100 hari pernikahan mereka, Jung Woo mengumumkan sesuatu yang tidak disangka-sangka. Ia berhenti menjadi pegawai negeri dan berniat membangun perusahaan IT sendiri.

 shot0003 shot0015

Meski kecewa, Ae Ra berusaha mendukung suaminya. Ia yang awalnya ibu rumah tangga, kembali bekerja untuk membantu ekonomi keluarga.

Tapi rencana tinggal rencana. Bisnis yang direncanakan Jung Woo berkali-kali gagal dan Ae Ra harus mengerjakan lebih dari 1 pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka. Kondisi seperti itu membuat keduanya terpuruk. Ae Ra tak tahan dan mengajukan perceraian setelah 4 tahun. Jung Woo berusaha mempertahankan pernikahan mereka, tapi tekad Ae Ra sudah bulat. Mereka pun bercerai.

shot0027 shot0029

Tiga tahun kemudian, Ae Ra shock saat melihat artikel di sebuah majalah bisnis mengenai Jung Woo. Jung Woo sekarang menjadi konglomerat dan bos perusahaan IT yang sedang naik daun. Sementara Ae Ra? Nasibnya tidak berubah. Ia bekerja menjadi pelayan toko dan tinggal bersama sahabatnya.

Ae Ra tidak bisa membiarkannya. Ia merasa dikhianati. Ia mengira ketika Jung Woo bercerai dengannya 3 tahun lalu, Jung Woo sebenarnya sudah mengantongi uang investor untuk memulai bisnis namun menyembunyikan hal itu dari Ae Ra. Padahal sebenarnya sama sekali tidak seperti itu.

Ia juga merasa punya andil dalam kesuksesan Jung Woo karena ia merasa ia yang mengajukan ide untuk bisnis Jung Woo hingga bisa berhasil seperti sekarang ini. Dan juga ia yang sudah bersusah payah membanting tulang membayar hutang-hutang bisnis Jung Woo.

Ketika Jung Woo bersikap dingin padanya dan cenderung merendahkannya, harga diri Ae Ra terusik. Ia tidak terima Jung Woo memperlakukannya seperti itu. Ia berniat balas dendam. Caranya? Dengan menjadi pegawai baru di perusahaan Jung Woo. Perang pun dimulai.

shot0035 shot0036

Kira-kira seperti itu gambaran cerita yang terjadi dalam kedua drama ini. Aku tidak akan membahas detilnya, karena cerita detil bisa dibaca di blog berikut ini.

Sinopsis Emergency Couple:

My Story (blog Ayu) & Drama Queen (blog Fiiefieen) & Drama Populer (blog Lilik) – mereka membuatnya trio, bergantian.

Sinopsis Cunning Single Lady:

Drama Timeline (blog Anis) duet dengan Beautiful Life (blog Inda)

shot0142 shot0096

Meski bercerita mengenai kehidupan pasangan yang sudah menikah dan bercerai, namun kedua drama ini ringan dan sangat menghibur. Secara keseluruhan, aku merasa alur Emergency Couple lebih ringan dibandingkan dengan Cunning Single Lady tapi harus tahan dengan tindakan medis yang diperlihatkan. Banyak irisan dan darah >,<

Single Cunning Lady lebih terasa komikal dan mengenai alurnya aku belum bisa bicara banyak karena baru 5 eps. Dua-duanya recommended bagi mereka yang menyukai romcom dan cerita yang tidak berat.

Dalam segi akting, para tokoh utama dalam drama itu bisa memerankan karakter mereka dengan baik. Di Emergency Couple kita akan sering melihat Choi Jin Hyuk dengan senyum lebarnya yang membuat kita ikut tersenyum. Sementara di Single Cunning Lady, untuk pertama kalinya aku melihat Joo Sang Wook yang biasanya cool menjadi cute^^ (Joo Sang Wook pernah bermain romcom di One Mom Three Dads, tapi di sana juga perannya lebih cool dibandingkan pemeran utama yang lain;p)

shot0110 shot0131

Lee Min Jung dan Song Ji Hyo? Karena aku penggemar Lee Min Jung, jelas aku sangat menyukai perannya dalam drama ini. Perannya sangat hidup dan penuh ekspresi. Sementara Ji Hyo sanggup memerankan tokoh yang kadang terlihat bodoh namun nekat(errr….mungkin karena aku sering nonton Running Man >,<).

shot0064 shot0106

Sementara dari segi cerita keduanya tidak bisa dibandingkan karena kondisi dan penyebab pertemuan mereka berbeda.

Jin Hee dan Chang Min bertemu kembali secara kebetulan. Sementara Jung Woo dan Ae Ra bertemu karena Ae Ra ingin membalas mantan suaminya yang sudah mengusik harga dirinya dan pernah membuatnya menderita.

Tapi aku merasakan ada persamaan di antara kedua drama ini. Awalnya kedua pasangan itu menikah karena cinta. Kukira Ae Ra menikah dengan Jung Woo karena impiannya adalah memiliki suami mapan jadi ia menggaet pria yang menurutnya berpotensi mapan, seorang yang pintar seperti Jung Woo. Tapi Ae Ra ternyata benar-benar menyayangi Jung Woo dan ia juga berusaha untuk mendukung suaminya.

shot0010shot0023 

Lucunya, ada yang terbalik juga. Di Emergency Couple, Chang Min (suami) yang mati-matian bekerja sementara Jin Hee stress. Di Cunning Single Lady, Ae Ra (istri) yang bekerja keras sementara Jung Woo stress karena usahanya tidak berhasil.

Di Emergency Couple, ibu Chang Min yang merongrong menantunya. Sementara di Cunning Single Lady, kakak dan ayah Ae Ra yang berkali-kali menemui Jung Woo untuk meminta bantuan (tapi masih jauh lebih baik daripada ibu Chang Min sih). Bedanya, keluarga Ae Ra menginginkan keduanya rujuk.

shot0091 shot0044

Bagaimana dengan perpisahan mereka? Apanya yang salah?

Pasangan Chang Min-Jin Hee menikah saat mereka masih sangat muda. Ketika itu Chang Min belum lulus namun memaksakan diri menikah. Penyebab perceraian mereka dan bagaimana kehidupan pernikahan mereka sedikit demi sedikit terkuak sepanjang perjalanan drama ini.

Chang Min adalah seorang yang pintar, penuh percaya diri, namun kekanak-kanakkan. Penyebabnya tidak lain karena ibunya. Ibu Chang Min adalah seorang wanita yang ingin mempertahankan status sosialnya, dan ia sangat menggantungkan harapannya pada putera semata wayangnya itu. Karena itu ia mendikte Chang Min harus menjadi seorang dokter. Ia juga mendikte dengan siapa Chang Min harus menikah.

Sementara Jin Hee sebenarnya seorang yang baik hati, namun ia kurang percaya diri. Apalagi ia menikah dalam pernikahan yang tidak disetujui mertuanya. Mertuanya terus merongrongnya namun Jin Hee tidak mau menyusahkan Chang Min sehingga terus memendam semuanya dalam hati.

Akibatnya Jin Hee stress berat dan itu terlihat dari fisik dan tingkah lakunya. Rambutnya rontok hingga ia mulai botak. Ia juga sering sesak nafas karena masalah jantung. Stressnya ini membuatnya tidak bisa melakukan apapun dan tidak bisa berfungsi sebagai ibu rumah tangga yang baik.

Sayangnya, itulah yang dilihat Chang Min dalam diri Jin Hee. Ia pikir di saat ia bersusah payah mencari nafkah berkeliling rumah sakit sambil menahan malu karena harus menawarkan obat pada teman-temannya yang sekarang menjadi dokter, Jin Hee malah enak-enakkan tidur dan santai di rumah.

Masing-masing memendam kekecewaan dalam hati mereka. Mereka tidak membicarakannya secara terbuka malah mencari dokter untuk curhat mengenai pasangan mereka. Kurangnya komunikasi dan kelelahan emosional mereka menyebabkan mereka tidak mampu lagi memahami apa yang dirasakan pasangannya.

shot0076 shot0078

Sementara Ae Ra dan Jung Woo menikah dengan impian keluarga pada umumnya. Rumah yang cantik dan keluarga bahagia seperti dalam iklan-iklan. Kesalahan Jung Woo adalah memutuskan untuk berhenti bekerja tanpa membicarakannya lebih dulu dengan Ae Ra.

Ketika seseorang memiliki keluarga, maka apapun yang diiputuskan haruslah mengenai keluarga itu. Namun yang ditekankan Jung Woo pada Ae Ra hanyalah kepercayaan. Ia bertanya apakah Ae Ra percaya padanya. Ae Ra percaya, tapi tagihan-tagihan dan pengeluaran rumah tangga tidak bisa dipenuhi hanya dengan kepercayaan.

Menurutku Jung Woo di sini agak egois. Ia hanya melihat penderitaannya sendiri dan tidak mau melihat apa yang dirasakan Ae Ra selama 4 tahun menikah dengannya. Menurutnya menikah adalah berbagi suka dan duka bersama, tapi Jung Woo sendiri tidak menyadari duka yang ia sebabkan pada istrinya (atau mungkin belum diperlihatkan kilas baliknya karena drama ini baru tayang 5 episode).

Ae Ra pun memiliki kesalahan. Ketika suaminya kedinginan dan tidak memiliki tempat, ia malah mengunci suaminya di luar karena kesal. Ia terus menerus memarahi suaminya dan tidak bisa mendukungnya lagi. Ia juga tidak memberikan kesempatan lagi meski Jung Woo memohon agar mereka tidak bercerai.

shot0040 shot0041

Berbagai pertanyaan muncul di benakku.

Apakah mereka akan seperti ini jika mereka tidak berpisah? Apakah Chang Min dan Jin Hee bisa menjadi dokter jika mereka tidak bercerai waktu itu? Apakah Jung Woo akan menjadi jutawan jika ia tidak bercerai dengan Ae Ra? (Jung Woo mendapatkan investor di hari perceraiannya. ironis memang >,<) 

Selain itu aku juga masih bertanya-tanya apakah cinta Chang Min kali ini akan bertahan? Sepertinya ia hanya ingat masa-masa indahnya dengan Jin Hee dan tidak memikirkan apa yang terjadi saat pernikahan mereka hingga mereka bercerai. Chang Min memang mulai berubah dan kali ini mereka sama-sama dokter, tapi pengaruh ibu Chang Min masih cukup besar. Dan aku yakin ibu itu siap melakukan apapun untuk menghalangi putera kesayangannya kembali pada Jin Hee. Sementara Jin Hee sendiri sepertinya saat ini menyukai Dr. Gook.

shot0105 shot0122

Ae Ra dan Jung Woo belum menunjukkan tanda berbaikan. Mereka masing-masing tidak mau kalah dan berusaha membalas setiap kali harga diri mereka terusik. Tapi akhir episode 5 sepertinya menunjukkan sedikit perubahan. Ada yang cemburu^^ Dan cemburu artinya…..

shot0067 shot0068

Seandainya mereka kembali rujuk...apakah kali ini cinta mereka akan lebih kuat? Ataukah memang tidak cukup hanya cinta....

19 komentar:

  1. Dua-dua citer ni bes, couple lam dua citer sesuai and padan jeee.... dua-dua ade part funny,, ade part sedih... Terbaikkkkkk...

    BalasHapus
  2. KEREEENNN,,
    hayooo mbak fan pilih siapa Dr. Gook atau Chang Min?? hehe

    BalasHapus
  3. yangg aku pikirin tuh gimana reaksi klo di rs tau seorang jin hye itu mantan istri chang min, sama di dt klo tau ae ra mantan istri jung woo.. aah ngebayangin aja bikin aku penasaran episode yg bakal tayangg secara ditempat kerja chang min sama jung woo dianggap keren, cakep, mapan kaya..

    BalasHapus
  4. ada yang bilang cinta kedua pada orang yang sama akan lebih kuat dan dan dalam,dibandingkan cinta sebelumnya....mungkin mereka akan mengalaminya mbak!!!

    BalasHapus
  5. Duhhh. .. kalo bisa jin hee balikan lg deh ma chang min.. dr gook biar sama Dr shim hhehehehhe

    BalasHapus
  6. pertamanya juga mendukung bgt chang min dan jin hee balikan, tapi setelah nonton 2 episode minggu lalu, jadi kasian sama jin hee....... tapi bukan berarti gak setuju kalo jin hee balikan sama chang min ..........

    tapi aku bisa merasakan kepedihan jin hee mengenang masa lalunya bersama chang min,
    dan tidak ada salahnya kalo sekarang jin hee menaruh hari sama dr. gook .....

    aku malah berharap episode minggu ini chang min sedikit menyerah untuk mengetahui perasaan yg benar2 jin hee rasakan saat ini ..........

    BalasHapus
  7. bener mba tak cukup hanya cinta ,karena pada kenyataannya kalo sama2 belum bisa menerina kondisi yang di hadapi sekarang maka akan berantakan,cinta pun lama2 menghilang,,,jadi selain cinta perencanaan masa depan dan saling mendukung pasangan juga penting...ini bisa di jadiin pelajaran untuk pasangan yang baru mulai kehidupan rumah tangga...

    BalasHapus
  8. aku suka keduanya, trutama emergency couplenya
    isi ceritanya ringan, namun menyentuh hati :) aku berharap mereka bs balikan lg, sebenarnya agak hwtir jin hee tmbah suka sm Dr. Gook, soalnya ngeliat Chang Min skrg (kyk yg kenal wkwk) dia trlihat lebih tulus .. jd Jin Hee ayo buka hatimu!!

    BalasHapus
  9. Karena pernikahan mereka karena cinta, maka sebenarnya sangat sulit bagi mereka utk Move On..
    Terbukti walaupun CM-JH berpisah 6 tahun, mrk sama2 tak mencari pengganti, gitu jg dg JW-Aera, setelah 3 tahun cerai bahkan JW menjdi pengusaha sukses dan mungkin sangat mudah utknya mencari pengganti Aera, dia tdk melakukan itu,,,
    Secara keseluruhan aku senang Kdrama karena konfliknya selalu memperlihatkan hub sebab akibat yang sangat beralasan,,,
    Hanya menunggu waktu mrk utk CLBK lagi, dan tentu dengan alasan2 yang sangat beralasan...hehehe....
    Hidup rom-com.....

    BalasHapus
  10. Kedua drama ini adalah drama favoriteq... Sy sangat suka dengan drama tema pernikan sprti ini... Sangat menghibur...
    Tiap rabu,kamis,jumat,sabtu malam... Sy selalu menantikan kelanjutan dr 2drama ini.
    Jin Hye sm Dr.Gook aja... N Ae Ra sm SH saja... Hehehehehe... Nggak usah balikan sm mantan...

    BalasHapus
  11. hehe, lama gak mampir jadi baru tau mbak fanny bikin posting uri min jung^^ (+kotak komen anonymous yang menghilang lagi)
    setuju dengan mbak fanny, karakter min jung yang ini fresh banget dan bikin betah (nb:yang nulis belum liat all about my romance)
    begitupun dengan jsw haha seperti punya 2 kepribadian ceo satu ini :)
    oya mbak, lagi-lagi ada L ya? (di masters sun yang mbak fanny nyinop juga ada L :P)
    guling2 waktu mbak bilang "seperti di iklan2" xD
    bisa aja nih mbak fanny...
    oke, tidak terasa keduanya pun akan berakhir meski satunya dengan 21 episode dan satunya 16 episode
    hem, mungkin keduanya bakal punya ending yang beda kalo diliat dari sebab perceraiannya
    at the end, MAKASIH MBAK FANNY ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe kotak komen anonymous aku terpaksa hilangkan karena banyak komen spam berupa iklan. Sehari bisa puluhan yang masuk notifnya dari email ;)
      Aku juga belum liat All About My Romanca. Akting Min Jung yang paling aku suka waktu di Smile, You^^

      Hapus
    2. hehe, yg sering bingung kalo kotak itu ilang cuma saya ya mbak? heheeee
      oh, iya jadi ga suka juga sih..
      hemm, smile you belum liat:(
      btw, mbak mau ngereview ending kedunya? tamatnya deketan tuh wkwkwk

      Hapus
  12. hi mba'Fanny pa kabar..
    accecorisnya kemana hilang hehehe...
    aku juga suka LMJ pas smile,you
    adegan jolangmerah yang tak terlupakan walo episodenya numpuk...hahaha
    EmpresKi, dilanjutkan ya

    Gomawo

    BalasHapus
  13. Aku udh nonton cunning single lady dan suka bgtttt,jd salah satu fav ku,suka sama ceritanya yg lebih realistis kayak perceraian krn mslh materi,tokohnya sukses dan kaya krn merangkak dr bwh.sedih liat perjuangan cewenya kerja serabutan demi nyokong usaha suaminya,lucu waktu ngeliatin usaha si cewe buat balas dendam ke suaminya yg udh tajir setelah mrk cerai,blushing waktu liat adegan romantis mrk hehe..overall suka film ini,ditambah yg main cakep2 n dress yg dipake si cewe lucu2 hehe😍

    BalasHapus
  14. Kalo aku lebih suka nonton cunning single lady,gak tau kenapa dulu pernah nntn emergency couple nggak begitu tertarik,tp kalo cunning single lady aku suka banget soalnya kalo liat film ini perasaan kita kayak diaduk aduk,kadang sedih,tp banyakan lucu sih he...

    BalasHapus
  15. Kalo aku lebih suka nonton cunning single lady,gak tau kenapa dulu pernah nntn emergency couple nggak begitu tertarik,tp kalo cunning single lady aku suka banget soalnya kalo liat film ini perasaan kita kayak diaduk aduk,kadang sedih,tp banyakan lucu sih he...

    BalasHapus
  16. Ingin Menang Puluhan Juta.....!!!!!! Hanya Dalam Waktu Sehari??
    Bukan MIMPI Lagi!!!
    Situs Suka Bandar Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0.3 - 0,5% / Hari
    Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup hanya di suka88,tk
    Info Lebih Lanjut hubungin kami :

    BBM : D8E87241
    Telp / WA : +62 812 9801 4659

    BalasHapus
  17. "Binggung .....!!! Tidak ada penghasilan.....???

    Nahh,ini waktu nya kalian bergabung di situs SUKABANDAR...Hanya Dalam Waktu Sehari Bisa Menghasilkan Berjuta-Juta.....!!! ^^
    Ayo, Buruan Tunggu Apa Lagi...!!! Segera Gabung Di Situs Terpecaya "SUKABANDAR"
    Bukan MIMPI Lagi Untuk Dapatkan Penghasilan Yang Lebih Dalam Sehari..!!!

    Situs "SUKABANDAR" Online yang akan Membuat MIMPI Anda Menjadi Kenyataan
    Hanya Di SUKABANDAR ^-^

    Dan Dapatkan Juga Bonus Rollingan/TO Sebesar 0.3 - 0,5% / HARI
    Bonus Referral Sebesar 200% Seumur Hidup Hanya Di {suka88.tk}

    Info Lebih Lanjut Hubungin kami :

    BBM : D8E87241
    LINE : christella288
    Telp / WA : +62 878 8707 6927

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)