Senin, 07 Oktober 2013

The Master’s Sun: Final Review

tumblr_mskco0g7771s2mfkeo2_500

Seorang dapat melihat dan mendengar apa yang tidak bisa dilihat dan didengar orang lain. Seorang lagi hanya mau melihat apa yang ia ingin lihat dan dengar. Apa yang terjadi jika keduanya bertemu?

Itulah sinopsis awal yang dikeluarkan SBS saat pertama kali drama ini akan ditayangkan. Dikisahkan mengenai Gong Shil yang bisa melihat hantu setelah mengalami koma akibat kecelakaan. Bertemu dengan Joong Won, seorang yang dingin, egois, hanya mempedulikan diri sendiri, dan mengukur segala hal dengan uang, termasuk dalam hubungan antar manusia. Keduanya bertemu lalu karakter dan kepribadian mereka tumbuh bersama.

Dan Hong Sisters benar-benar mengembangkan premis itu ke dalam dramanya. Gong Shil yang memiliki kemampuan melihat hantu, bertemu dengan Joong Won yang hanya peduli dengan apa yang ia anggap menguntungkan dirinya.

web_2040517675_297d6659

Pada awal pertemuan mereka, Gong Shil seorang yang sangat menderita. Kurang tidur, selalu berada dalam ketakutan, selalu bekerja, dan hidup bersembunyi dalam tempat kosnya. Ketika bertemu Joong Won yang ajaibnya bisa “mengusir” hantu yang membuatnya takut, dalam seketika ia merasa menemukan tempat berlindung, lubang untuknya bernafas.

Bayangkan kita terkurung dalam ruang sempit dan gelap, pengap dan ketakutan, lalu kita menemukan celah kecil yang memungkinkan kita melihat cahaya dan bernafas bebas walau hanya sesaat, tentu kita akan berusaha menjaga agar lubang itu tetap ada dan kita akan terus duduk di depan lubang itu. Demikian pula dengan Gong Shil. Ia berusaha untuk terus menempel pada Joong Won.

6gtb2

Joong Won yang awalnya sebal dengan kehadiran Gong Shil, mau tidak mau mulai memperhatikan Gong Shil. Tidak mungkin kita tidak memperhatikan orang yang terus menerus berada di dekat kita, bukan? Terutama setelah ia percaya pada kemampuan Gong Shil dan kenyataan Gong Shil bisa melihat hantu “ Hee Joo”. Maka hubungan mereka pun dimulai, sebagai barter antara “radar” dan “tempat persembunyian”.

Kehadiran Joong Won, membuat Gong Shil lebih berani menghadapi para hantu itu. Sementara Joong Won yang semakin terlibat dengan Gong Shil (yah..karena kebanyakan hantu ada di Mall Kingdom >,<) semakin tidak bisa mengabaikan hal-hal yang tidak ia lihat. Dan seiring dengan itu perasaan di antara keduanya bertumbuh. Bukan hanya antara mereka saja, tapi juga pada orang-orang di sekitar mereka. Gong Shil semakin berempati pada hantu-hantu yang membutuhkan bantuannya, demikian juga dengan Joong Won. Ia tidak lagi menjadi orang yang “tidak peduli”. Keduanya berubah, seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Kim.

fbnd-01097

Pertanyaannya adalah apakah perasaan cinta mereka tumbuh karena mereka membutuhkan satu sama lain? Gong Shil membutuhkan Joong Won untuk bersembunyi dari hantu, dan Joong Won membutuhkan Gong Shil sebagai radar. Kenapa tidak? Mungkin saja awalnya seperti itu, tapi pada akhirnya cinta adalah cinta. Ketika mereka saling mengorbankan diri untuk yang lainnya, alasan mereka jatuh cinta lenyap sudah. Tak peduli apa yang menyebabkan mereka jatuh cinta, sekarang mereka saling mencintai.

Pasti kita sering mendengar pertanyaan dilontarkan pada kita atau pada orang lain: kenapa kau menyukai orang itu? Jawabannya bisa beragam. Karena ia baik, karena ia pandai, karena ia bisa membuat jantung berdegup kencang (liat hantu juga bikin jantung berdebar sih ……dan bikin menjerit pastinya ;p), karena ia tampan/cantik, karena ia banyak uang *plakk*, dan lain-lain.

Berbeda ketika kita ditanya (terutama bila kita sudah memutuskan untuk menjalani sisa hidup kita bersamanya alias menikah): mengapa kau mencintai orang itu? Mungkin ada yang bisa menjawabnya, tapi seringkali kita tidak bisa menjawab dengan kata-kata pasti.

You. Just. Know. It. In your heart. And that’s why you made decision to be with him/her forever^^

Gong Shil loves Joong Won dan Joong Won loves Gong Shil. Sesederhana itu. Karena itu aku puas dengan endingnya. Kemampuan Gong Shil tidak hilang namun ia menerimanya sepenuhnya sebagai bagian dari dirinya dan tetap bahagia. Joong Won pun menerima Gong Shil apa adanya dan siap mendampingi Gong Shil. Itulah cinta.

shot0815

Setelah membicarakan endingnya, mari kita bicarakan awalnya. Lho kok terbalik? Hehe….suka-suka aku dong *dijitak pembaca*

Banyak yang bertanya padaku…ehm sebenarnya bukan padaku juga sih cuma aku aja yang ge-er >,<….kenapa hanya Joong Won yang bisa membuat hantu pergi setiap kali Gong Shil menyentuhnya?

Pada akhir episode 17, sekilas ditampilkan kilas balik pertemuan pertama mereka di mobil, saat Gong Shil menumpang mobil Joong Won. Gong Shil merasakan seperti ada setrum atau sengatan listrik ketika bersentuhan dengan Joong Won walau waktu itu Joong Won menyangkalnya.

fbnd-00793 fbnd-00802

Jadi aku kembali ke episode 1 dan mencoba mencari tahu apa yang menjadi penyebabnya. Masih ingat kan Joong Won memaksa membeli rumah dari pemilik rumah yang yakin roh istrinya masih ada di sana? Pemilik rumah berkata mawar istrinya mekar saat ia tidak menjual rumah, dan mawar itu layu saat ia memutuskan menjual rumah. Karena itu pemilik rumah mengira istrinya masih ada di rumah itu dan tidak ingin ia menjual rumahnya. Ketika itu Joong Won dengan cueknya memotong bunga mawar putih itu lalu membeli rumah itu.

Pemilik rumah lalu mengutuk Joong Won, berkata Joong Won akan disambar petir jika mengabaikan perasaan manusia hanya karena tak bisa melihatnya. Joong Won saat itu dengan angkuh merentangkan tangannya dan menantang petir menyambarnya.

fbnd-00813 fbnd-00758

Ketika itu petir tidak menyambar Joong Won, tapi jika diperhatikan dengan teliti…seperti ada sesuatu yang masuk ke dalam tubuh Joong Won. Pemilik rumah bergumam jika hantu benar-benar ada, mereka akan mengejar Joong Won.

fbnd-00771 fbnd-00773

Dan setelah itu, Joong Won berpapasan dengan Gong Shil di pinggir jalan namun tidak menghentikan mobilnya. Cahaya menyilaukan seperti petir membuat Sekretaris Kim menginjak rem mobil hingga Gong Shil bisa menumpang dalam mobil mereka.

Ketika Sekretaris Kim bertanya apa yang dilakukan Gong Shil di pinggir jalan pada hujan seperti ini. Gong Shil berkata seorang ahjumma memberinya petunjuk. Dan ahjumma itu berkata “walau kau bisa menghindari sambaran petir, kau tidak bisa menghindar dariku (Gong Shil)”.

fbnd-00815 fbnd-00787

Kemudian Gong Shil melihat dokumen Kingdom dan menduga Joong Won adalah Presdir Kingdom. Ketika itu Gong Shil mengulurkan jarinya untuk menunjuk dokumen tersebut dan Joong Won menepis tangannya. Saat itulah “petir” (terasa seperti sengatan listrik) menyambar di antara mereka dan Joong Won benar-benar tidak bisa lagi mengabaikan hal yang tidak ia lihat. Dan ia tidak bisa lagi menghindar dari Gong Shil. Untuk seumur hidupnya ia berurusan dengan hantu karena ia akan hidup selamanya bersama Gong Shil ;D

Tapi kalau begitu, itu bukan kutukan dong, malah membawa kebaikan untuk hidup Joong Won, kan?

fbnd-00794 fbnd-00804

Sepertinya ahjumma yang dimaksud Gong Shil adalah hantu istri pemilik rumah (bukan hantu nenek karena pasti Gong Shil memanggilnya ‘nenek’). Masih ingat kan hantu cucu Nyonya Wang? Ketika itu bunga mawar hijau di rumah Nyonya Wang mekar berbulan-bulan karena hantu cucu masih menghantui rumah itu dan layu ketika hantu cucu pergi dengan damai. Menurutku, hantu istri pemilik rumah di episode 1 juga seperti itu. Ia bersiap pergi dengan tenang (mawar layu) ketika suaminya memutuskan menjual rumah, dan kembali menghantui (mawar mekar) ketika suaminya tidak mau menjual rumah.

Sayangnya suaminya salah mengerti. Ia pikir istrinya tidak mau ia menjual rumah. Padahal hantu sang istri ingin suaminya menjual rumah itu dan meneruskan hidupnya . Karena itu ketika Joong Won akhirnya membuat si pemilik rumah menjual rumahnya, hantu istri pemilik rumah malah menolong Joong Won. Dengan mempertemukan Joong Won dan Gong Shil (Gong Shil kan selebritis dunia hantu^^). Dan kisah mereka pun dimulai.

Note: kesimpulan ini adalah hasil analisisku jadi belum tentu benar ya^^ Jika ada yang punya pendapat lain silakan di-share di bagian komen ;)

fbnd-00816 fbnd-00819

Mengenai hubungan Joong Won dan ayahnya, aku yakin Joong Won tidak lagi berprasangka buruk pada ayahnya. Buktinya kalung ibunya ditemukan ada di tangan Hee Joo asli (alias penculik Joong Won). Itu artinya ayahnya memang membayar tebusan kala itu. Kenapa tidak diperlihatkan dalam dramanya? Ayah Joong Won sama seperti Joong Won, bukan tipe yang mudah memperlihatkan perasaan sayangnya. Joong Won selama 15 tahun didampingi Sekretaris Kim, karena itu ia lebih dekat dengan Sekretaris Kim. Sementara itu ayah Joong Won sepertinya cukup lama mengenal Kang Woo, karena itu ia juga bersikap lebih ramah pada Kang Woo. Namun bukan berarti Joong Won dan ayahnya tidak saling menyayangi, buktinya mereka saling mengenal kepribadian  mereka.  Hanya saja mereka tidak pandai dalam mengungkapkan perasaan mereka.

Drama ini mengingatkan kita pada banyak hal melalui kisah-kisah hantu yang ditampilkan per episodenya. Ada yang mengingatkan kita untuk berhati-hati dengan ucapan kita (hantu air mancur), berhati-hati dengan tingkah laku kita (hantu sepatu), untuk berani menghadapi hari esok (ahjumma koma dan hantu kopi), untuk berani mengungkapkan perasaan (hantu cucu), untuk tidak menyerah (hantu anjing), untuk bertanggungjawab atas kesalahan yang kita perbuat (hantu Woo Jin), untuk berhenti menyesali diri (hantu tempat sampah), untuk tidak bergantung pada orang lain/malas (hantu istri pianis), atau untuk menerima diri kita apa adanya (hantu obsesi kecantikan). Intinya, jalani hidup dengan sebaik-baiknya selama masih ada kesempatan.  Life is not just about yourself.

Terima kasih untuk Mumu yang menjadi teman seperjuangan selama drama ini ditayangkan^^   Thank you partner!! *hug*

Juga terima kasih para pembaca yang dengan setia dan sabar menunggu sinopsis setiap minggunya. Terima kasih untuk apresiasi, saran, dan kritik semuanya..love you all :-*

See y’all in next project *wink wink*

59 komentar:

  1. Qu ska bgd ma ksmpln'a mba fany bner2 mnjwb smwa prtnyaan yg da dbnak qu,,
    qu makin ngefans sma mba fany... Gomawo sinop'a eoni,,, always fighting...

    BalasHapus
  2. wwwwwooooaaaa...mba fannyyyyyy....it's so cool...menjabarkan apa yg sebenarnya terjadi di antara JW n GS...even itu pendapat sendiri, tp it's really detailed...walaupun ada banyak sekali pertanyaannya, salah satunya kenapa GS bisa ada di gunung..kan pengen banget tau alasan dia lg disana...tp after all aku cukup puas....ga perlu dengan wedding dress or hot kissed...:P tp itu cukup mengungkapkan bahwa cinta tidak semudah yg dijalani, tp tidak sesulit yg dibayangkan. kita hanya perlu tahu kelebihan dan kekurangan kita untuk mengisi dan mendapatkan hal yg kita inginkan dari pasangan begitu juga sebaliknya. dan drama korea selalu mengajarkan aku untuk tidak menyerah dan tetap bersemangat menjalani kehidupan, Karena rata para aktris nya selalu bersikap demikian...hehehee...panjang dan ga jelas ya comment aku..... intinya puassssssss...dengan pembahasan mba fanny and mba mumu...... gomawo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. like this^^ love is not about hot kisses ;)

      Gong Shil ada di gunung karena kecelakaan itu sepertinya terjadi di gunung, Gong Shil mengalami koma dan rohnya memberitahu Jin Woo. Karena itu Jin Woo bisa menemukan Gong Shil dan Gong Shil dirawat di rumah sakit
      .
      Hanya saja aku juga penasaran kenapa Gong Shil tidak segera kembali ke tubuhnya dan berkelana selama 3 tahun bersama Jin Woo. Karena sepertinya, jika dilihat dari kasus hantu kopi dan ahjumma hotel, mereka tidak kembali pada tubuh mereka yang koma karena mereka memang belum mau kembali ke tubuh mereka.

      Hapus
    2. berarti hantu kopi itu juga aslinya masih hidup dan koma ya mbak?? salam kenal mbak fanny:-)

      Hapus
  3. °•ⓣⓗⓐⓝⓚⓢ‎​•° mbak fanny analisanya,kya nonton serial detiktif aj,tapi ttap smngat y mbak.....keren penjelasannya,

    BalasHapus
  4. Aku masih gak rela drama ini berakhir :(

    BalasHapus
  5. Mungkinkah ada TMS jilid 2..yg akn menjawab smua ke"penasaran" kita..soalnya bny peristiwa yg seakan dibuat mengambang.mngkin dg menampilkan detail2 spt kejadian wktu gong shil kecelakaan.perjalanan rohnya wktu koma ,situasi yg makin kompleks pasca gong shil-jong won merried..atau mngkin jong won junior yg jg pny kemampuan yg sm dg momynya..heheehee..ngayal.com.. anyway trimakasih sdh berbagi sinopsis TMS mba Fanny n mba Mumu.. :)

    BalasHapus
  6. He.. mba fanny daebak! aq jg bru ikutan ngerti..
    aq gk sampe mikir ngulang ke episode 1, kmampuan q nganalisa drama blm trasah nih dgn baik nih..
    maaf ya readers aq blm bisa kyk mba fanny.. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak papa ko mba, tetep TOP juga kok :-)

      Hapus
  7. Selama ini aku nonton drama korea ya cuma nonton aja tp sejak tanpa sengaja buka blog2 ini aku jadi menemukan sisi lain dr sebuah drama... terimaksih untuk semuanya mb fanny dan mb mumu daebakkk gamsahamnida
    ~순다리~

    BalasHapus
  8. Mba... kurang hantu anak kecil yag di dalam boneka...
    Yang mengajarkan kita gak boleh melakukan kekerasan pada anak2, tapi harus memberikan kehangatan dan kasih sayang ^o^ (akh... lebay benget yach jwabanku^^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul^^ thank you buat tambahannya :)

      Hapus
  9. Mba Fanny, makasih pencerahannya.....aq jd ngerti knp cuma Joong Won yg bisa menghilangkan hantu2 itu.... Legaaa banget deh, sdh terjawab pertanyaanku.....
    Gomawo mba Fanny n mba Mumu for duet mautnya..... Ditunggu sinopsis2 selanjutnya yaaaa

    Adra's Mom

    BalasHapus
  10. wooow... Mba fanny keren... bisa membuat sebuah drama menjadi bermakna dgn analisisnya... Jd kita nga hanya menonton dan menikmatinya saja tp mengambil manfaat dr kisah2 yg terjadi dlm sebuah drama... Terima kasih utk sinopsisnya ... ^^

    BalasHapus
  11. ^^
    jadi ngarep ad season 2... -_-"
    Mba Fanny kereeeenñn dee.....
    ^__________^

    BalasHapus
  12. Buat mbak mumu n mbak fanny..aku suka gaya bahasa kalian dsetiap sinopsis..Aku sll penasaran untuk tiap episodenya..Gaya bahasa yang sederhana namun tdak mengurangi isi dari cerritnya..Jujur aku bca sinopsis ini jadi kaya nonton DVD sndri mbak.. Tetap semangat yah mbak mumu n mbak fanny...Sukses buat klian semua..ditunggu sinopsis lainnya yah...

    *oh iya,aku suka sma analisisnya mbak fanny,bnr2 krenn mbak..dan mmg di drama ini banyak hal yg bsa ddpat..bukan hanya sekeedar drama tapi dmn isi drama tersebut mengajarkan kita banyak hal kebaikan*

    BalasHapus
  13. Mbak fanny kerennn.. Analisanya ngebantu bgt dr penasaran2 yang ada

    BalasHapus
  14. Setujuuu dengan coment coment diatas, banyak pesan yg bisa diambil dari drakor ini. Mba fanny top deh analisisnya, mba fanny dan mba mumu makasi yah semoga ada duet duet lainnya ^^

    BalasHapus
  15. Mba Fanny suka sekali dan bisa dimasuk akal analisis mba..
    Thanks ya mba fanny dan mba mumu, DUET MAUT FAVORIT KE2 setelah Mba dee n mba fanny.

    Next Project Heirs ya mba..Pleaseee ..duetnya terserah mba dehh.

    tx, idadedabes

    BalasHapus
  16. Waktu liat recapnya di soompi, jujur aja aku jadi kebawa ngga puas dgn ending TMS, tapi pas baca spoiler dan sinopnya mbak fanny dan mbak mumu, aku jadi lebih ikhlas dengan endingnya. ini ending yang masuk akal. walaupun memang ada pertanyaan yang masih belum kejawab dan masih belum utuh puzzlenya. Tapi pada akhirnya puzzle yang ngga utuh itu yang buat kita -para penonton- menginterpretasi sendiri. :)

    BalasHapus
  17. Aaaaaaak keren mba fanny ^^ jadi ga penasaran tingkat akut lg nih. Kejawab smua dr yg ga pernah ak pikirin. Daebaaakkkkk!! Makasih ya mb fanny n mb mumu yg hebatnya ngebuat drama dlm tulisan aja menjadi lebih dr drama itu sendiri. Kereeeeeeeeeeen !!!!!!!! ^^ gomawo ^_^ ~amel~

    BalasHapus
  18. Yeyyy... ^^ selesai juga. Makasih yah mba dah setia buat sinopsisnya ampe ending. Drama ini bikin haru+bikin ketawa.^^ ditunggu next projectnya.
    Gomawo^-^

    BalasHapus
  19. Inilah kenapa aku lebih suka baca sinopsis ketimbang nntn langsung.. Akhirnya pertanyaanku bisa kejawab.. Mba fanny daebak !!!
    Maksi buat kerjasamanya mba fanny n mba mumu, sukses buat project selanjutnya *hug*

    BalasHapus
  20. Two tumbs utk mba Fanny dan mba Mumu.... Analisa mba fanny bener2 menambah masukan buat kita gimana sbnrnya alkisah di balik cerita yg kdg gak terpikirkan. Sukses utk kalian berdua... tetap semangat untuk recap berikutnya ya.....

    BalasHapus
  21. Analisis nya mba Fanny masuk akal juga kenapa Jong Won bisa mengusir hantu, tapi saya ga kepikiran kesitu .. jadi penasaran mau rerun eps 1 nya lagi... tapi bca final review jadi lebih jelas..

    Aq juga puas mba sama Ending nya... jadi kangen So Ji Sub a.k.a Sajang Nim Jo Won hehhe

    Thanks buat mba Fanny n Mba Mumu yg udah join buat nih sinop.. Gomawo
    Tetep semangat ya mba buat sinop nya..
    Ditunggu project selanjutnya
    Fighting :D

    BalasHapus
  22. daebak... analisa mba fanny bnr2 membuat berfikir.. sepertinya memang begitu.... wah.... ga nyangka drama ini sudah berakhir... terima kasih buat mba fanny dan mba mumu yh.... setiap minggu menyeleaikan sinopsinya dengan sangat luar biasa. dan buat aq jd bnr2 paham akan ceritanya....

    thanks a lot...

    BalasHapus
  23. keren analisnya memang sdh seharusnya qt baca drama tdk sebatas drma tp diambil pelajaran hidupnya when drama becomes than more dramas he3

    BalasHapus
  24. Omoo,daebak pendapat mba fanny,sy smpt kepikiran kesitu juga. Apa yang kita lakukan akan selalu ada hal yang baik atau tidak baik yg kt dpatkn.

    BalasHapus
  25. terimakasih banyak mbak fanny dan mbak mumu^^
    pujian untuk mbak berdua rasanya banyak banget dan semoga selalu menambah kerendahan hati
    maafkan jika kami terlalu mendesak hehe
    buat semua pelajaran dan kebersamaannya sungguh sangat berharga :)
    em, sinopnya mbak fanny dah kelar ya? jangan2 yang buat sinopsis episode pertamanya besok itu mbak dulu baru?hihihi
    FIGHTING!!! jaga semangat dan kesehatannya ya mbak :D

    BalasHapus
  26. cuma bisa bilang kerennnnnnnnnnnnnnnn.........
    aku juga kepikiran kl alasan jong won bisa ngusir hantu itu gara2 mawar putih...
    tp ga sampe menghubungkan sama mawarhijau mba....
    keren bgt mba fanny bisa menyerap detail drama nya...
    aku setuju kl tiap drama korea pnya pelajaran hidup yang sebenernya bisa kita ambil dr ceritanya, namun tak dapat dipungkiri kitanya aja yang sering terlena sama aktor n aktris nya yg ganteng n cantik.
    jujur aja aku penggemar kang chi...
    tp yang paling aku suka n ngena bgt di aku yaitu kata2 jendral lee o shin...
    tiap nasehat dy ke kang chi selalu menohok bgt deh...
    master sun jg bnyak bgt yang bisa diambil buat pelajaran hidup kyk yang dibilang mba fanny...
    kita2 yg masih muda harus selalu semangat n jgn malas ....
    ih jadi panjang deh komen nya...

    maap ya mba...
    akhir kata terima kasih banyak untuk kerja kerasnya buat selalu update sinopsis ini...
    buat mba fanny, mba mumu....
    lope lope bgt dah.....
    di tunggu project selanjutnya.......

    BalasHapus
  27. Kereeeen mba :D
    Di tunggu project selanjutnya :D

    BalasHapus
  28. Gomawo... Duet eonni fanny and eonni mumu is daebak... Salut untuk setiap detail sinopsisnya... Keep fithing buat sinopsis yg laennya yah.... Maaf aku jaranh2 kasih komen....hehehe

    BalasHapus
  29. Ʈƕǎƞƙƴǒǘ ˚Mβªќ° fany sinopsis Πўǟ ,d tngu lho Ɣάªª"̮ sinopsis heirs ma mira'e choice Πўǟ .ħᵊᵊ:D ħᵊᵊ:D ħᵊᵊ:D ħᵊᵊ:D ħᵊᵊ

    BalasHapus
  30. Setelah baca sinop di blog mb Fanny dkk, pas nton dvdnya banyak yg aq skip..haha... Soalnya bc sinop udah kyk nton lgsg. Dan dgn ada review kyk gini, aku jg bs bantuan teman2 aq yg banyak gak ngerti sm ending2 KDrama, sekalian promosi blog mb Fanny dkk hehehe... Tengkyu mb... Cukup legowo sm ending drama ini, kl semua harus dijelasin sm penulisnya, bakal sampe season 7 #eh?... Biar qt pembaca jg jd lebih pinter utk nyatuin puzzle2nya.. #tp kebanyakam mb Fanny yg kerja keras qt tinggal terima bersih aj wkwkwk#
    Makasih kerja kerasnya mb Fanny, mb Mumu.. Ditunggu karya selanjutnya.. Fightingg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak...jadi sok2 pinter gitu ngejelasin sama orang rumah klo lagi nonton bareng, padahal sih krn baca blogx mbak Fanny, hehehe, tks yaa mbak Fanny dan mbak Mumu

      Sa

      Hapus
  31. makasih bwt mbak fanny n mbk mumu udh bikin sinopsisny dg cepat tiap mingguny,jd qt yg mmbaca g menggalau trlalu lama,hee..
    sbg penggemarny so ji sub,aq suka bgt sm drama ini,krn ini prtama kaliny oppa main drama romcom n trnyata aktingny ttp daebak seperti biasanya..smoga aja film n drama2ny yg akn datang kyak gini jg jgn mellow n action trus..:-)
    chi

    BalasHapus
  32. hmmm daebak fanny eoni untk komentarnyaa. jadi semakin mengerti pesan apa yang ingin hong sister sampaikan pada para penontonnya.
    aku mah ga ngehin sama sekali kalau ada pesan2 dari setiap hantu yang nongol hehehe keasikan ngliat so ji sub oppa sama seo in guk oppa. hihihi

    semangat terus ya eon untuk next projectnya. aku akan selalu menjadi pembaca setianya blog ini (^o^)

    BalasHapus
  33. Kamsha,,,kamsha,,,
    nuhun pisan teh fanny bwt sinopsis n yg terutama komen2 teh fanny yg lucu,,bkin penasaran,,,,bkin deg2n pokony smw ny deh
    wah,,,analisis te2h keren bgt,,,pokony daebak
    interpretasi te2h bsa ampe sjauh it y,,,,jd ngrasa ngerti bgt dg drakor TMS ini
    selain it makasih krn tiap mingguny sinopsis te2h it cpet bgt dposting
    trz setuju dg reader laen,ngbantu bgt bwt sy yg ga bsa streaming
    malahan sy lebih suka bacany klo ntn kn ga bsa nangkep ekspersi sedetail yg te2h jabarin
    sekali lg maksih bwt teh fanny n teh mumu

    BalasHapus
  34. Makasih mba Fanny ^^. Analisisnya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ada di pikiran. Hmm, nggak nyangka bisa lihat sisi lain dari sebuah drama. Setiap baca sinopsisnya, bisa nemu sisi lain dari drama dengan lebih detail. Jadi gak cuma sekedar nonton doang.he... Malah lebih asyik baca sinopnya.hehe..
    Terimakasih buat kerja keras mba Fanny dan mba Mumu untuk sinop MS ini. Di tunggu project selanjutnya ^^
    -Yumenas-

    BalasHapus
  35. thank's mbk fanny and mbk mumu q dach bli dvd nya tp karena dach liat setiap episode nya di blog ini jd q skip terus xixixi....two thumbs jg bwat hong sister yg dach bwat oppa ji sub lebih banyak adegan ngomong and senyumnya itu loh hehehe...apalagi yg waktu adegan nyanyi untuk hibur hantu wo jin wkwkwk.....lucu abiez,o ya mbk fanny and mbk mumu ditunggu duet maut nya lagi ya fighting.......

    BalasHapus
  36. Kejawab juga sama pertanyaannya sama analisisnya mba fanny...setuju mba...mwnya episodenya ditambahin lagi...biar" bner puas#ngarep.com# makasih ia mba fanny dan mba mumu udah buat sinops.review dllnya buat kita" .ditggu sinop selanjutnya.gomawo

    BalasHapus
  37. Bener-bener duet maut keren abeeeeesss deeh mbak Fanny dan mbak Mumu ini hhihii
    Sinopnya cepet bangeeettt diposting, bahasanya enak banget dibaca ^^
    Makasih banyak mbak Fanny dan mbak Mumu :))

    - Ama -

    BalasHapus
  38. daebak!
    analisis super nya mba fanny bikin saya lebih ikhlas buat nonton eps. akhir...(setelah sengaja saya pending 4hari )...

    ijin kutip quote nya mba fanny ya, yg "You. Just. Know. It. In your heart. And that’s why you made decision to be with him/her forever^"...
    ...
    gomawo..untuk kerja keras & tulisan yg penuh pelajaran...

    BalasHapus
  39. Whoaaa, makasih mba dah buat review paling akhiiirrrrr untuk drama TMS..

    Drama ini memang unik ya menggabungkan romantis,komedi, dan horor dan itu ternyata sebuah perpaduan yang unik dan bagossssss..

    Pemeran dalam drama ini juga semua nya hebatttt, dan dpt banget feel nya.. Suka banget liat mereka..

    Finally selesai juga drama ini setelah membuat kita penasaran setiap hariiii, ga sabar nunggu next episodenya..

    Jujur pertama kali yg buat aku nonton drama ini ada lah So ji sub nya, aku suka bgt ma diaaaa, krn oppa cool bgt.. Hadeuhhh panjang amat aku ngomong nya.. Maaf ya, suka keterusan nih kl dah dpt topik yg asik..

    Thanks

    BalasHapus
  40. mba fanny............klo ga salah kang woo pernah manggil ayah jong woon dengan sebutan "ayah" juga kan meskipun dengan nada terpaksa..... ko d ceritanya ga d sebutin alasannya ya?

    BalasHapus
  41. Thanks mbak buat sinopsisnya....

    BalasHapus
  42. Awalnya sih cm coba2 buka nih blognya mbak fanny. Recom dr temen. Soalnya dia sll blg aq uda bc sinopsisnya kok. Jd byk skip nya pas nonton. And now.... aq jd suka buka blognya mbak fanny. Hahaha... terima kasih buat kerja kerasnya ya.... (buat mbak fanny n mbak mumu). Uda terpikir krn itu makanya joo won jd shelter nya gong shil. But both of you really amazing.... Thanks a lot.....
    Nb: ini pertama kali aq bc sinopsis drama di blog mbak fanny. Salam kenal ya.... ^_^

    BalasHapus
  43. Wahh mbk fanny analisa nyaaa jituuu.. Bener2 tu mbk.. Emang bener analisa mbk fanny.. Emang beneran gitu mksudnya hong sisters.. Hhe.. Daebak..

    BalasHapus
  44. aaahhh.. msi nggak rela semuanya berakhir....
    semoga akan ada kerjasama lagi antara Ji Sub Oppa dan Hyo Jin Onnie... hehehehehe...
    *ngarep..
    BIG THANKS utk mb Fany dan mb Mumu yg telah me-recap drama ini... drama tentang Hantu yang paling mengesankan yg pernah kulihat... :D
    meski bru sempet ksi comment,tp aku sering baca blog mb Fany lho...
    semangaaaattttt :) :)

    BalasHapus
  45. Makasih mba fanny final review nya ... kebetulan itu emang jadi tanda tanya bwt aq.. Napa jong woon bisa ngusir hantu?? keasikan liat soo ji sub oppa he,ee eitss ama mba fanny dijabarin & aq setuju :) sma kesimpulannya, nyambung sama arti mawar masih gak rela nih drama end :( ..

    BalasHapus
  46. ahhhh... analisis nya keren bgt....!!!!!
    makasih kakak.. ^^

    BalasHapus
  47. pas banget analisisnya. semua pertanyaan terjawab sudah.thank you. ini drama korea favorit aq

    BalasHapus
  48. pas banget analisisnya. semua pertanyaan terjawab sudah.thank you. ini drama korea favorit aq

    BalasHapus
  49. pas banget analisisnya. semua pertanyaan terjawab sudah.thank you. ini drama korea favorit aq

    BalasHapus
  50. drama the greatest love juga bagus banget
    pemain cewek nya sama kayak di master sun.
    cowok nya juga OKE.
    cerita nya lucu deh. hehe

    BalasHapus
  51. Hahaa ngeri bnget sama hantu"nya. Mengerikan atau aku yg penakut? Haha yg paling menakutkan hantu sepatu kali ya. Pokoknya drama ini bgus dah. Sip sip.
    Mksih buat mbk" yg nghbisin waktunya buat bkin sinopsis ini. Psti melelahkan, tp tetap semangat yak.

    BalasHapus
  52. Awalnya gak mau nonton ini drakor karna banyak hantu2y, tp temen sy yg hobi nonton drakor bilang kl film ini seru jd sy cb untuk nonton dan ketagihan setiap episode2y, tambah semangat lagi setelah baca review disini. thx kka ;)

    BalasHapus
  53. Hy mbak Fanny mbak mumu,Q pembaca setia sinopsis kalian,masih ada yg mengganjal nih satu tentang drama ini,gk tw diepisode berapa saya lupa deh,tp kl gk salah c kang woo manggil ayahny woo jin kan ayah,apa hubungannya c kang woo ma ayahny woo jin ya???? Masih penasaran saya sampai sekarang

    BalasHapus
  54. Udh sering nonton to baru ngerti pertanyaan yang sering jadi teka teki ini pas baca synopsis akhirat ini mbaaaaa.keren parah analisisnya!! Daebakkk

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)