Senin, 28 Oktober 2013

Empress Ki: Drama Sejarah yang Tak Mengikuti Sejarah

Well, sulit mencari drama sejarah yang benar-benar sesuai dengan sejarahnya^^

Bagi yang menonton drama Faith, pasti masih ingat dengan tokoh antagonisnya: Ki Chul. Ki Chul adalah kakak dari Permaisuri Ki di negeri Yuan (Cina). Empress Ki adalah drama sageuk terbaru MBC yang menceritakan kisah hidup Permaisuri Ki. Awalnya drama ini berjudul Hwatu, namun kemudian diubah menjadi Empress Ki.

4RcRdq1Bener-bener suka sama poster drama ini^^

Dalam sejarah, Permaisuri Ki berasal dari Korea (nama aslinya Ki Ja O) dan awalnya menjadi selir Raja Huizong dari Dinasti Yuan. Setelah permaisuri pertama (Danashiri) diturunkan, Raja ingin menjadikan Ki sebagai permaisurinya namun ditentang oleh salah satu jenderalnya. Akhirnya Ki berhasil menjadi Permasuri ke-2 dan ingin menjadikan puteranya sebagai Putera Mahkota.

Raja mengetahui rencana Permaisuri Ki dan mulai menjauhinya. Sementara itu, Ki Chul mengancam posisi Raja Gong Min di Goryeo. Raja Gong Min membasmi Ki Chul. Akibat kejadian ini, Permaisuri Ki memilih orang Yuan sebagai Raja Goryeo dan mengirim pasukan untuk menyerang Goryeo, tanah kelahirannya. Namun pasukan Yuan kalah dari pasukan Goryeo (abis ada Daejang Choi Young  sih^^).

Saat  kekuasaan Mongol di Cina melemah, Permaisuri Ki melarikan diri. Di sana suaminya mati dan puteranya naik tahta. Ia menjadi ibu suri namun belakangan dilaporkan menghilang.

Sumber: Wikipedia

HJEviPY

Namun dalam drama ini, Permaisuri Ki dikisahkan dengan fiksional. Namanya bukan Ki Ja O, tapi Ki Seung Nyang.  Sementara itu, Joon Jin Mo yang awalnya diberitakan akan berperan sebagai Raja Chunghye (Raja yang dikenal amoral, dalam Faith sempat muncul sebagai Raja yang membunuh guru  dan kekasih Choi Young), dalam drama ini akan berperan sebagai Wang Yoo, raja fiksional karena tidak ada dalam sejarah Korea,

Sepertinya perubahan ini dikarenakan banyak yang keberatan Raja Chunghye menjadi tokoh pahlawan, berbeda dengan sejarahnya.

Ji Chang Wook akan berperan sebagai Ta Hwan, Raja Huizong dari Yuan.  Dan mereka bertiga akan terlibat cinta segitiga walau akhirnya kita tahu Ki Seung Nyang akan menjadi Permaisuri Raja Huizong.

Namun yang membuat drama ini benar-benar melenceng dari sejarah adalah Ki Seung Nyang akan memiliki anak dari Wang Yoo, padahal dalam sejarah Permaisuri Ki memiliki anak dari Raja Huizong. Selain itu, selama ini Permaisuri Ki dan keluarganya dianggap sebagai pengkhianat Goryeo (cikal bakal Korea). Sama seperti Jang Ok Jung yang menjadi tokoh utama baik hati dalam drama Jang Ok Jung in Love, akankah Permaisuri Ki menuai pro kontra yang sama?

Berikut adalah para tokoh dalam drama ini:

zv2a

Ha Ji Won sebagai Ki Seung Hyang/ Selir Ki/ Permaisuri Ki

Terlahir di jaman Goryeo, Seung Nyang terpaksa hidup sebagai anak laki-laki untuk bisa hidup sebagai manusia. Ia menjadi orang kepercayaan Wang Yoo, dan belakangan dijual sebagai budak ke Kerajaan Yuan.

gofz (1)

Joo Jin Mo sebagai Wang Yoo

Raja Goryeo (fiksional) yang pintar dan tegas. Ia bertekad membebaskan Goryeo dari kekuasaan Yuan. Tidak hanya ia melawan Raja Yuan sebagai lawan politik, ia juga menjadi saingan cinta dalam memperebutkan hati Permaisuri Ki.

mjio

Ji Chang Wook sebagai Ta Hwan/ Putera Mahkota Sunje/ Raja Huizong

Ia tumbuh rapuh dan penuh rasa takut karena perlakukan semena-mena ayahnya dan anggota dewan kerajaan. IA diasingkan ke Goryeo setelah  sebuah kudeta mendudukkan adiknya ke atas tahta Yuan. Di Goryeo, ia bertemu dengan Seung Nyang dan menjalin persahabatan.

BaekJinHeeCharacterDescription_zps4e626fdc

Baek Jin Hee sebagai Puteri Danashiri

Diatur untuk menikahi Kaisa Huizong oleh keluarganya tapi seperti bisa diduga Kaisar lebih memilih Permaisuri Ki hingga ia harus melawan Ki demi mendapatkan kasih sayang suaminya.

EmpressDowagerCharacterDescription_zps61b9225c

Kim Su Hyung sebagai Bayan Khutugh, Ibu Tiri Ta Hwan/ Kaisar Huizong

Episode pertama Empress Ki akan ditayangkan malam ini di MBC Korea, dan seperti biasanya, sebelum penayangan dramanya, selalu diadakan konferensi pers dan pemutaran trailer panjang, Seperti apa? Yuk kita lihat saja....

Konferensi pers:

j9tg

 3cggha-ji-won

She’s beautiful and gorgeous as always ^^

1384350_562515587151536_1975105012_n BXUYR2iIUAAJHn7jpg_large_zps47ceb6b3

cynj  HJW_EmpressKi_PressConf_bc6-1

   i3kdHJW_EmpressKi_PressConf_bc4-4

lwm3  xzlfmvxfwmrwe22vu6cefg5fjijacmm1

ky8w l8iv  

nad7q0x0

Long Trailer:

Kisah ini dimulai dari Ki Seung Nyang diangkat menjadi Permaisuri Ki.

shot0002 shot0003

shot0005 shot0006

Kemudian kilas balik saat ia masih berada di Goryeo. Ia dan ibunya melarikan diri bersama para wanita lain agar tidak dikirim ke Yuan untuk dijadikan budak. Namun ibunya mati terkena panah karena melindunginya. Sebelum mati, ibu Seung Nyang memberitahu puterinya kalau ayahnya masih hidup.

shot0017shot0018

Seung Nyang tumbuh dengan menyamar sebagai pria untuk bertahan hidup. Dan saat itulah ia bertemu dengan Wang Yoo.

 shot0031 shot0032

Lomba memanah sambil mabuk. 

shot0035 shot0041

berakhir dengan kericuhan...

shot0044 shot0048

Seung Nyang terbangun di sebuah kamar dan melihat Wang Yoo.

shot0054 shot0055

Tapi Wang Yoo tidak tahu Seung Nyang adalah seorang wanita.

shot0062  shot0063

Kali ini berakhir dengan ancaman pisau.

shot0067 shot0069

Mereka pun berteman. Seung Nyang sempat menyelamatkan Wang Yoo.

shot0075shot0084

Tapi perbedaan status mereka menjadi masalah.

shot0090shot0093

Bahkan Seung Nyang menantang Wang Yoo membunuhnya.

 shot0101shot0097 

shot0109 shot0112

Wang Yoo sepertinya diangkat menjadi Raja Goryeo.

shot0120 shot0117

Dalam sebuah pertempuran, Seung Nyang bertemu seorang pemuda mencurigakan.

shot0126 shot0127

Pemuda itu adalah Ta Hwan, yang tak lain dan tak bukan adalah Pangeran Yuan.

shot0131 shot0133

Pangeran sudah dijodohkan dengan Puteri Danashiri.

shot0135 shot0140

Pertemuan Yuan dan Goryeo...pertemuan dua rival.

shot0145 shot0147

Ta Hwan menjalin persahabatan dengan Seung Nyang.

shot0149 shot0152

Seung Nyang menyelamatkan Ta Hwan namun berakhir dalam bahaya.

shot0159 shot0165

Sepertinya Raja Ta Hwan yang kekanakkan lebih cocok sama Puteri Danashiri deh^^

shot0175shot0178   

Balas dendam dan cinta....

shot0182 shot0183

dari seorang wanita....

shot0184 shot0185

Komentar:

Rasanya seperti melihat perpaduan Kim Hang Ah di King 2 Hearts dan Hwan Jin Yi^^

Ha Ji Won selalu cocok memerankan peran wanita berkarakter tegas namun tetap ada kelembutan di baliknya. Selain itu ia juga sangat cocok memerankan wanita ahli bela diri.  Aktingnya sih tidak diragukan lagi :)

Aku tidak menonton Jang Ok Jung in Love karena aku sudah menonton Dong Yi. Dan drama itu berkesan dalam di hatiku hingga sulit untuk melihat karakter Jang Ok Jung sebagai wanita yang baik. Yup, silly me ;p

Tapi dalam drama ini aku tidak begitu keberatan jika ceritanya tidak sesuai dengan sejarah karena Raja Chunghye ditiadakan dan diganti dengan Wang Yoo. Selain itu, aku belum menonton drama yang menampilkan Permaisuri Ki sebagai sosok antagonis hingga tidak sulit untuk menerima ceritanya.

Seperti yang pernah kuposting dalam sebuah artikel, aku menyukai drama sageuk dengan pemeran utama wanita yang lebih menonjol. Karena itu aku tertarik dengan drama ini, apalagi diperankan oleh Ha Ji Won. Aku akan menganggap drama ini sebagai drama fiksional seperti Faith dan Gu Family Book, dan menikmati dramanya tanpa memikirkan sejarah aslinya. Namun aku tidak akan membuat sinopsisnya. Drama 50 episode jarang sekali berakhir dengan baik dalam kamusku hehe....bisa menonton sampai tamat saja sudah luar biasa. Jika ada waktu sempat, mungkin sesekali aku akan membuat reviewnya^^ Jika sempat.....

65 komentar:

  1. Wuihhh... HJW kurusan yah dsni... Cantik bangett.. Sllu suka sama drama dia. Jd ingat drama HJY, dia keren banget dstu, lebih keren dr Song Hye Gyo di versi filmnya #menurut aku.. Tp 50 episode? Pertengahan Taon 2014 br selese yah? hehe.. Tq infonya mb Fanny.

    BalasHapus
  2. Kayanya ceritanya rumit ya ka, apalagi kalo diliat dr episodenya smpe 50 waw mungkin bikin mata lelah kalo liatnya, hehehe
    Pemain laki"nya baru ya ka? Blom pernah liat soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joo Jin Mo aktor veteran, sejaman dengan Jang Dong Gun. Cuma memang akhir-akhir ini ia lebih banyak main film. Filmnya yang paling terkenal: 200 Pounds Beauty dan Frozen Flower.
      Ji Chang Wook sebenarnya tergolong aktor baru tapi ia sudah menjadi pemeran utama di beberapa drama

      Hapus
    2. Tdk akan menyesal melihatnya
      Meski menyimpang dr sejarah tp ckp bagus juga ceritanya

      Hapus
  3. mbak fanny, itu cwonya yang di drama bachelors vegetable store bukan?? kok mirip banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, Ji Chang Wook pemeran utama di The Bachelors Vegetable Store dan Warrior Baek Dong Soo^^

      Hapus
  4. uri Ji Won eonni ^o^ penampilan eonni pas nyamar jadi cowok jadi ngingetin ke Kim Hang Ah, potongan rambutnya hampir sama. Walau jadi cowok eonni masih kelihatan cantik, apa penyamarannya gak kebongkar tuh.. hehe
    tapi episodenya 50an, berat T.T
    nungguin movie eonni yg "Joseon Beautiful Three Musketeers" aja deh dan review yang mungkin sesekali bakal mbak Fanny buat, hihi :D
    gomawo mbak Fanny ^o^

    BalasHapus
  5. Berarti tidak sama dengan versi buku/novel nya.
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah novel..itu empress orchid. Tentang selir cina yg jadi ratu. Hampir sm ceritanya.

      Hapus
    2. salam kenal^^ Aku pernah baca Empress Orchid juga walau agak lupa-lupa inget ceritanya hehe....MBC juga mengeluarkan novel Empress Ki bersamaan dengan dramanya. Tapi sepertinya masih menunggu cukup lama untuk bisa terbit di Indonesia.

      Hapus
  6. Wow 50 episode yang panjang unt ukrn drama korea, tapi kalau ceritanya bagus dan menarik sih gak apa2 epsodex panjang
    hehhe :D :D

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Kalau mbak fanny sempat,review drama ini Ɣå媪 mbak ^_^. Kalau MBC q lihat,kalau mslh drama saeguk gtu slalu TOP BGT.. Berharap drama ini pun sprti itu..

    BalasHapus
  9. Drama senin selasa MBC tema sejarah semua dr GFB,Goddes of fire lanjut empress ki..

    BalasHapus
  10. Yang jadi wang yoo kurang ganteng, wajahnya maap.. cenderung licik.
    Cakepan raja yuannya.. piss... heheheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chang Wook oppa memang selalu cakep, tapi karakternya bikin sedih... T.T

      Hapus
  11. ha ji won unniiii sarangheyooo

    BalasHapus
  12. benar mba fanny. salah 1 alasan aq untuk ga menonton atau mengikuti drama jung ok jong jga krna drama dong yi sudah meracuniku... heheheh


    dan setuju jga... hajiwon selalu bagus dalam memerankan karakter tegas, pintar bela diri namun feminim... hahahah like this....

    BalasHapus
  13. benar mba fanny. salah 1 alasan aq untuk ga menonton atau mengikuti drama jung ok jong jga krna drama dong yi sudah meracuniku... heheheh


    dan setuju jga... hajiwon selalu bagus dalam memerankan karakter tegas, pintar bela diri namun feminim... hahahah like this....

    BalasHapus
  14. wah...kangen ma Ha Ji Won.......mau tau nih...blog mana yah yg mau buat sinopnya....

    iyaloh...nonton dong yi ma nonton jang ok jung...yang ada malah pusing....

    yg tetep karakternya mah permaisuri inhyeon aja....

    soalnya memang aslinya raja sukjong itu cinta matinya yah jang ok jung sih...bukannya don yi....

    san

    BalasHapus
  15. 50 Episode......berapa bulan tuh????

    BalasHapus
  16. da yang tau ga klo pngen liat sinopsis hwang jin yi dmna ya?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://sinopsisdramakorea.wordpress.com/2011/10/20/hwang-jin-yi-daftar-episode/

      Hapus
  17. wah mbc rajin bgt y bkin drama saeguk,,,tp meski ga sjalan dg sejarah asliny stidakny ngbkin org yg liat pengen tw sejarah asliny
    makasih ud share info ny teh Fanny,,,sy emg penasaran ama drama in krn HJW yg maenny

    BalasHapus
  18. ralat itu min
    seung nyang bukan bertemu ta hwan dlm pertempuran tp saat berkemah ta hwan kabur krn tau dia akan dibunuh dan menyelinap ke tempat seung nyang....hehe cmiww

    BalasHapus
  19. andai pemeran cowoknya lee seung gi... pasti tambah kkeren... min ad perkiraan gk mereka main bareng lagii ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. setujaaaa.... uhuhuuuuuu....
      kalo lee seung gi yang jadi kaisar aku gak bakalan terlalu sakit hati kalo seung nyang end up sama kaisar... #efekparahking2hearts

      kalo begini kan aq jadi heartbreak banget ngeliat wang yuu... kasian gg jadi sama seung nyang... T,T

      Hapus
    2. iya...bangetz,ha ji won onnie n lee seung gi oppa bgs bgt pas di k2h...tp skrg oppa jadian ma si yoonA, :-(

      Hapus
  20. Hallo mba.. saya reader baru.. salam kenal..
    Ha Ji Won tu kalo main keren banget ya.. awalnya agak sungkan mau nonton seaguk goryeo apalagi 50 eps.. tapi setelah nonton beberapa eps waaah saya klepek2 bukan main Wow..
    Kalo ditanya dikubu mana saya pendukung Ta Hwan sama Sung Nyang, kalo ini pasangan lebih seru dan melengkapi.. kalo sama Wang Yoo tu boring banget sama2 seriusnya.. semiga ending Sung Nyang bisa terima Ta Hwan.. jangan sama Wang Yoo Gak relaa saya... ini aja udah harap2 cemas pengen liat endingnya.. tapi masih jauh banget euy...
    Maaf ya terlalu banyak komen.. buat penggemar Wang Yoo-Sung Nyang maaf..
    Thank youu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Sung Nyang dengan Ta Hwan hihihi
      cucok mereka berduaaaaaa ....

      Hapus
  21. hi..slm kenal..penasaran banget mw nton..
    btw cb nton Jang 0k Jung..bagus sih...aku dah nton..
    kykx mirip dgn Empress Ki..balas dendam dan cinta seorang wanita..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku Drama Jang Ok Jung : Live in Love nyebelin banget. Aku belum nonton Dong Yi, jadi belum kenalan ama peran Jang Ok Jung. tadinya aku pikir Ok Jung itu wanita baik hati lemah lembut dan tidak sombong (hehehe), eh, tapi ternyata, dia wanita yg ambisius, cerdik, berakal bulus buat menuhin ambisinya. Dan yg buat aku makin sebel adalah setelah semua kebaikan yg berlanjut jadi kejahatan utk ambisi Ok JUng, ending nya malah Ok Jung musti trasgis gitu, disuruh minum racun ya kalo ga salah inget. Ok Jung nurut aja minum racun, pdhl dia segitu ambisiusnya.. Mian kalo kepanjangan

      Hapus
  22. Mba Fanny, aku ijin link sinopsis ini ya di blog ku :)

    BalasHapus
  23. Ha ji won --> king 2 heart. Great!!
    tegas dan hebat tapi tetap cantik ^^
    ngliat Empress Ki yg mainnya Ha ji won. jd tertarik nonton
    setuju mbak fanny. shes beautiful as always ^^

    BalasHapus
  24. Empress qi TOP BGT deh :)....
    Tiap episode bikin jantung dgdgan tinggal 11 episode lagi neeh..
    Emang Ha Ji Won pas bgt meranin perempuan tegas (baca:sadis) wkwkw...

    BalasHapus
  25. kenapa sad ending yaa,, ini kan drama fiksi kenapa gg dibuat happy ending.. kan peneonton gg terlalu kecewa.. apalagi seung nyang uda jatuh cinta ama tahwan.. huaaaa'

    BalasHapus
  26. Joo jin mo di sini emg g cakep tp di queen of the game senyumx bikin meleleh...

    BalasHapus
  27. Empress ki mantapppp.. bikin org ga tidur ampe pagi.. nempel nih pantat. Hahaha.

    BalasHapus
  28. Empress ki mantapppp.. bikin org ga tidur ampe pagi.. nempel nih pantat. Hahaha.

    BalasHapus
  29. wah sama dong mba, saya juga suka drama sageuk yang lebih nonjolin pemeran ceweknya... kira2 mbak tau drama sageuk yang kayak empress ki? terima kasih mbak :)

    BalasHapus
  30. Mirip2 queen seon deok yg tayang di mbc juga , ratu pertama di korea. Tp klo jiwonnie unnie yg pemerannya, kyaaaak... Gk prlu diragukan lgi,gaya tomboynya pas,gak lebay,trus klo 'aegyp' bisa cute bgt tp g lebay jg,saranghae ji wonnie

    BalasHapus
  31. Kapan yab ha ji won bareng lg sm hyun bin

    BalasHapus
  32. Maaf nih mbk fanny aku cuma ngsih saran bwt nnton jang ok jung jga. Biar bsa lihat satu hal dr dua sdut brrbeda. Klo mnertku joj lbh mndekti sejarah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jang Ok Jung aku tidak menonton tapi membaca recapnya^^ Menurutku tidak ada drama sejarah yang benar-benar mengikuti sejarah karena tetap dibutuhkan imajinasi dan karakter-karakter tambahan untuk membuat sebuah cerita sejarah yang memikat.
      Bila dilihat dari sejarah yang kubaca di Wikipedia, justru Dong Yi yang lebih mendekati sejarah dibandingkan dengan drama JOJ. Dalam sejarah, Dong Yi memang disebut sebagai wanita yang baik, terbalik dengan Jang Ok Jung yang memang digambarkan ambisius.
      Dalam drama Dong Yi sendiri, Jang Ok Jung tidak digambarkan sekejam itu melainkan ia hanya menjadi korban dari keserakahan kakak dan ibunya.
      Daripada menggambarkan Jang Hee Bin sebagai seorang yang baik, aku lebih keberatan penggambaran Dong Yi sebagai seorang oportunis dan licik. Karena itu aku tidak menonton Jang Ok Jung :)

      Hapus
    2. Wajar jika sejarah bisa d putar balikkan_ anak dong yi mjd raja (raja yeongjo) , kemudian berusaha memulihkan nama dong yi (ibunya) agar stratanya diterima_ kemungkinan ditimbulkan lah pencitraan yg baik
      Juga mampu membunuh putranya sendiri (pangeran sado)
      Apalagi jika hanya mengubah sejarah, cerita antara ok jung & ayahnya
      Padahal sukjong termasuk salah 1 raja hebat_ kecil kemungkinan bisa diperdaya wanita selama bertahun2

      Hapus
  33. Stju bgtz maa komenna kak fanny yg terakhr....empress ki smpai ckrg q blm ntn...cz sprtinaa chang wok oppa ga jdi pemain utama d stoo..jdi agak mlas gtoo ntnna hehehe

    BalasHapus
  34. Stju bgtz maa komenna kak fanny yg terakhr....empress ki smpai ckrg q blm ntn...cz sprtinaa chang wok oppa ga jdi pemain utama d stoo..jdi agak mlas gtoo ntnna hehehe

    BalasHapus
  35. Sekedar membetulkan novel 'Empress Orchid' itu bukan ttg Empress Ki tapi kisah ttg Permaisuri/Ibu Suri terakhir Dinasti Qing yg bernama Tzu Zhi dr marga klan Yehonala. Sblm masuk istana utk jadi selir kaisar, Tzu Zhi semasa gadisny memang bernama Orchid. Sekian thx utk perhatianny dan maaf klo komennya tdk berkenan

    BalasHapus
  36. Salam kenal. Ikutan nimbrung :)
    Baru banget namatin empress ki. Endingnya sungguh tak terduga! Meski 51 eps, tapi ga ada satupun scene yg ngebosenin buat ditonton. Endingnya sedih banget, mubazir air mata :'(

    BalasHapus
  37. film ini membuat a sampai jatuh sakit....bagus baget

    BalasHapus
  38. Br tamat nonton,,, endingnya bikin mewekkk :'(

    BalasHapus
  39. Br tamat nonton,,, endingnya bikin mewekkk :'(

    BalasHapus
  40. Idem sm sis Kalikha... sy jg baru selesai nntn Empress Ki bbrp hari lalu. Dari awal kemunculan Empress Ki blm ada ketertarikan nntn krn drama sageuk dan episodenya yg sgt panjaaaang. Tapi sy makasih bgt sm trans7. Heheheee... krn dr situ semangat nonton Empress Ki muncul. Alhasil, lembur nonton drama ini demi pngen tahu akhir ceritanya.

    Meski berakhir sedih tapi sy puas dg jalan ceritanya, malah merasa menyesal bgt "Kenapa ngga nonton dr 2013 yg lalu?" Hehehee...

    BalasHapus
  41. yak bener bgt...bikin q drop gegara ngebut sampe tengah malem...aura empress ki buat cinta mati raja yuan...cinta sejati raja georyo...cinta dalam hati jendral tal tal dan cinta tapi benci si pembunuh ibunya....ha ji won daebak...ji chang wook bikin betah nonton...

    BalasHapus
  42. Awalnya ga tertarik..tp setelah iklan ny d tv jd penasaran,searchng youtube dan akhirnya tertarik bgt :) jujur ini drama kolosal korea yg paling aku suka...jd fans bgt sm ha ji won :) pemain2 nya jg keren

    BalasHapus
  43. Gue fan beratnya Ha Ji Won. .aduuh aduuuh semua drama yg dia perankan oke n amazing banget. Ha ji won emang cucok badai kalo memerankan karakter tomboy, tegas, bisa bela diri, tp cute. Mulai dr secret Garden,King of to heart, Empress Ki, film sector 7 aktingnya benar2 memukau. Skrg lg nunggu fim "The chronicle of a blood merchant (2015) yg sampai skrg belum keluar2 di toko kaset. But para penggemar ji won yg lain ud nnton "the time we were not in love" gak?? Ceritanya lucu cuma ceritanya gak sehebat di drama/dilm2 action nya.

    BalasHapus
  44. Aku fans baru drama korea, ga tau akhir-akhir ini lagi suka banget sama drama atau film korea. waktu pertama kali nonton secret garden langsung jatuh cinta sama Ha Ji Won unnie, dan searching semua tentang Ha Ji Won, ternyata makin suka dan aku jatuh cinta sama unnie satu ini. Empress Ki salah satu drama favorit aku, Ha Ji Won disini keren banget, All The Best Ha Ji Won.

    BalasHapus
  45. Penasaran banget sama drama ini yg katanya seru dan dapet banyak penghargaaan , tapi episodenya ini loh yang bikin mager !! Dvd kaset nya udah ada blm yah di indonesia , answer me please 😊😊

    BalasHapus
  46. Penasaran banget sama drama ini yg katanya seru dan dapet banyak penghargaaan , tapi episodenya ini loh yang bikin mager !! Dvd kaset nya udah ada blm yah di indonesia , answer me please 😊😊

    BalasHapus
  47. Hallo mbak fany thanks review nya, meskipun saya telat banget nnton drama ini. Sdh tau sejak lama tapi mls dgn episode nya. Dari beberapa minggu kmren saya sdh selesai 51 eps tp sampai skrg blm bisa move on �� suka banget dengan jln ceritanya. Apalagi saya mmg penggemar ji chang wook dan ha jiwon. Pokoknya drama ini daebak lah. Like pake banget seung nyang ta hwan ����

    BalasHapus
  48. Empress Ki Baguuusss dan kereennn bgt gak bakal nyesel deh walau 50 episode gak bosenin....selalu seru ditiap episodenya heheee daebak!!!

    BalasHapus
  49. Entah berapa kali q Nonton Empress Ki ga pernah bosen selalu q ulang ceritanya menarik ... paling suka Nonton drama saeguk Ha Ji won Ji Chang Wook acting mereka keren kaya beneran, walau sad ending 51 ep ..

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)