Monday, 8 April 2013

Buku Keluarga Gu

8542679365_7db82501e9_b

Drama Gu Family Book menceritakan kisah Kang Chi yang merupakan makhluk setengah manusia-setengah gumiho, yang ingin menjadi manusia. Untuk menjadi manusia, ia harus menemukan buku keluarga Gu. Ayah Kang Chi bernama Gu Wal Ryung (marga Gu), artinya buku itu adalah buku turun temurun milik keluarga ayah Kang Chi. Ayah Kang Chi pun sepertinya sempat mencari buku yang sama karena ia ingin menjadi manusia dan hidup bersama Seo Hwa.

8542679715_0a28838c20_b

Dikisahkan, buku ini adalah sebuah rahasia turun temurun keluarga Gumiho selama ribuan tahun. Buku ini adalah perjanjian yang dibuat Hwanung ketika turun ke bumi, untuk memberikan kesempatan pada para penunggu bumi untuk menjadi manusia.

Untuk menerima perjanjian itu, ada tiga larangan yang harus dipatuhi:

1. Tidak boleh membunuh manusia.

2. Tidak boleh berpura-pura tidak tahu ketika seorang manusia meminta pertolongan.

3. Tidak memboleh membiarkan seorang manusia pun tahu kalau ia seorang penunggu.

Jika ada seseorang yang sanggup mematuhi 3 larangan ini selama 100 hari, barulah buku keluarga Gu akan muncul di hadapannya.

Tapi cerita ini sepertinya hanya menjadi legenda yang disebarkan dari mulut ke mulut dari para sarjana yang mempelajari Dangun. Tidak ada seorang pun yang pernah melihat buku ini. Dan ini dikarenakan tidak ada satupun dari keluarga Gumiho yang berhasil menyelesaikan doa 100 hari.

Source: imbc
English translation:
tryp96.wordpress.com

2kga2

Apa itu Hwanung dan Dangun?

Dangun adalah pendiri legendaris Gojoseon(kerajaan pertama Korea). Menurut mitosnya, Dangun adalah keturunan beruang. Lho kok bisa?

Ceritanya begini. Seekor harimau dan seekor beruang berdoa pada Hwanung (putera Dewa Langit yang rindu tinggal di bumi, dan akhirnya diijinkan Dewa Langit mendiami Gunung Baekdu bersama 3000 pengikutnya) agar mereka menjadi manusia. Mendengar permohonan mereka, Hwanung memberikan 20 butir bawang putih dan seikat mugwort  (entah tanaman apa ini? Mungkin Hermione tau^^). Mereka diperintahkan hanya memakan bawang putih dan mugwort serta menjauhi sinar matahari selama 100 hari.

Setelah 20 hari, harimau menyerah dan meninggalkan gua. Tapi beruang tetap tinggal dan menjadi manusia, menjadi seorang wanita yang sangat cantik. Wanita beruang ini menjadi istri Hwanung dan melahirkan seorang putera yang dinamai Dangun Wanggeom. Dangun artinya “Pangeran Altar” dan “Cendana”. Dangun akhirnya membangun kerajaan Gojoseon yang akhirnya menjadi Korea.

Source: visitkorea.com, wikipedia

Komentar:

Tapi bagaimana dengan Preview Episode 1? Di preview tersebut, Kang Chi membunuh seorang pengejarnya untuk melindungi Yeo Wool. Apakah itu artinya larangan itu sudah dilanggar? Atau saat itu Kang Chi belum tahu kalau dirinya setengah gumiho? I hope so....

10 comments:

  1. Wow !! Dramanya kayaknya bagus ya unnie...

    || honey ||

    ReplyDelete
  2. Lee Seung Gi belah tengaaaaaahhh X)))))

    ReplyDelete
  3. apa ntar jadinya kang chi juga gak bakal jadi manusia seutuhnya kayak dulu gumiho? :(

    ReplyDelete
  4. or it can be called as "Buku eyangnya eyang dari eyangnya eyang"

    ReplyDelete
  5. semakin penasaran sama drama ini^^

    ReplyDelete
  6. Agak bingung tapi itulah yg membuat penasaran..

    ReplyDelete
  7. 24 episode itu dikitt buat LSG, nunggu dramanya aja udah 1taun dari TK2H... Mbak fanny... Gumawo review nya.
    Fighting...buat nulis sinopsisnya.
    Aq baru tau blog ini waktu Flower boys next door. Abis itu ketagihan.. みϱ"̮みϱ"̮みϱ"̮みϱ (⌒˛⌒)╯..
    Mbak fanny daebak!

    ReplyDelete
  8. gumaw0yo 0nni,uda nggu kgn ma tlsanny 0nni...biz fbnd kmrn ngecek 2xsmgu tp ada p0st bru paketan q mlah hbz huft..
    Hwaiting 0nni..aja aja..

    ReplyDelete
  9. kang chi kayak na belom tahu klo dia setengah makhluk gaib... 1 lagi kak kang chi nggak membunuh pengejarnya itu dia cuma nyodok pake sarung pedang... kena ulu hati langsung tepar... hahaha... seperti kata kang chi anggota penginapan 1000 tahun adalah keluarganya jadi mana mungkin kang chi mbunuh keluarganya?

    ReplyDelete
  10. aku ingin menjadi gumiho seperti kang chi.aku bersumpah aku ingin menjadi gumeho seperti mereka.jika gumeho ingin menyerah menjadi gumeho.tapi aku adalah manusia yang ingin menyerah menjadi manusia,aku ingin menjadi setengah makhluk mitos.tapi aku tak kan lupa dgn tuhanku sendiri dan aku akan terus menyembeh tuhan ku yaitu allah,dan aku tetap menjadi agama islam.itulah ke inginan ku yg terindah dlm hidup ku.jika kata kataku ini jelek dan jorok aku minta maaf

    ReplyDelete

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)