Jumat, 16 November 2012

[Spoiler] Nice Guy Episode 20 - Final

shot0661

Perhatian: spoiler ini singkat dan bagi yang tidak suka spoiler sebaiknya tidak dibuka. Ada beberapa bagian/kalimat yang mungkin salah atau berbeda dengan sinopsis lengkapnya, karena aku membuat spoiler ini berdasarkan recap beberapa orang sebelum subsnya keluar. Harap maklum ;)

Apa jawaban Eun Gi atas pertanyaan Maru di akhir episode 19? Maukah Eun Gi melarikan diri bersama Maru ke suatu tempat, hanya berdua, ke tempat tak ada seorangpun mengenal mereka? Jawabannya, tidak.

Bagi Eun Gi yang terpenting baginya sekarang adalah Taesan, kebenaran di balik kematian ayahnya dan kecelakaan Jun Ha. Eun Gi menerima sebuah telepon dan beranjak pergi. Maru tiba-tiba memeluk Eun Gi, lalu akhirnya menyuruh Eun Gi pergi. Maru tampaknya enggan melepas Eun Gi. Walau tidak mengatakan apapun, Eun Gi terpengaruh dengan pelukan itu.

shot0648 shot0652

Eun Gi menemui Sekretaris Jo. Saat Sekretaris Jo hendak duduk, tiba-tiba Eun Gi menendang kursinya hingga Sekretaris Jo jatuh terjengkang. Eun Gi memaksa Sekretaris Jo memberitahunya siapa yang ada dibalik kecelakaan Jun Ha.

shot0663 shot0665

Maru menemui Jae Hee dan memintanya menyerahkan diri pada polisi. Sesuai janjinya, ia akan menunggu Jae Hee jika Jae Hee menyerahkan diri pada polisi. Tapi Jae Hee menolak. Ia lebih baik mati dan mengajak Maru mati bersama. Apa jawaban Maru?

“Jika kau mau mati, matilah sendiri. Aku ingin hidup sekali lagi seperti harapanku. Aku tidak akan mati.”

Maru tiba-tiba mendapat serangan sakit kepala lagi. Ia berusaha menutupinya di depan Jae Hee lalu pergi secepatnya.

shot0668 shot0671

Eun Gi tetap mendampingi Jun Ha tapi kata-kata Maru mengenai melarikan diri bersama terngiang di kepalanya. Jari-jari Jun Ha menunjukkan pergerakan.

Jae Gil pulang ke rumah dan menemukan Maru tergeletak tak sadarkan diri di lantai. Ia membawa Maru ke rumah sakit lalu menghubungi Choco. Choco shock saat mengetahui apa sebenarnya yang terjadi pada kakaknya. Ia merasa bersalah karena selama ini ia tidak menyadari kalau kakaknya sakit. Tapi ia menahan dirinya untuk menemui Maru dan pergi dari rumah sakit.

shot0685 shot0688

Dokter Seok mendesak agar Maru dioperasi besok. Kemungkinan hidup adalah 50/50. Ia bahkan menyarankan agar Maru memakan apa yang diinginkannya, melakukan apa yang dilakukan, dan mengakui perasaannya sebelum mati. Jadi Dokter Seok selama ini tahu hubungan Eun Gi dan Maru. Ia bahkan menyesal telah membantu mengembalikan ingatan Eun Gi karena ia tahu orang yang akan ditikam Eun Gi pertama kali adalah Maru. Maru yang telah meminta bantuan Dokter Seok untuk membantu Eun Gi.

Jun Ha mulai sadar.

shot0690 shot0691

Jae Hee mendapat kunjungan dari kakaknya. Kali ini Jae Shik bersikap sebagai kakak. Ia memberitahu Jae Hee kalau ia disuruh membunuh Maru dengan imbalan officetel dan tadinya ia akan melakukannya. Tapi selama ini Choco memberinya makan, bahkan memasak sup rumput laut saat ia berulang tahu. Ia tak ingin lagi membunuh Maru. Dan lagi Maru akan segera mati. Mendengar itu Jae Hee sangat terkejut. Ia meminta penjelasan kakaknya.

shot0697 shot0699

Choco pergi ke noraebang (karaoke) untuk mengenyahkan kesedihannya. Jae Gil membujuknya untuk menemui Maru tapi Choco menolak. Ia bercerita saat Maru dipenjara dulu, ia sangat tertekan dan ingin mati. Tapi dalam pikirannya ia belum boleh mati karena kakaknya belum melihatnya. Ia belum boleh mati.

Karena itu sekarang ia tidak akan menemui kakaknya. Mungkin kakaknya akan berpikiran sama (ah Choco belum melihatku, aku belum boleh mati) dan tidak akan mati. Jae Gil mengerti. Sedih banget :’(

shot0701 shot0702

Jae Hee menelepon Jae Gil dan bertanya di mana Maru sekarang. Ia bergegas hendak pergi ke rumah sakit bertepatan dengan pulangnya Eun Gi. Jae Hee mengurungkan niatnya untuk pergi dan menemui Eun Gi di kamarnya. Ia memberitahu Eun Gi kalau Maru sangat….sangat sakit.

Eun Gi mengetahui cerita seluruhnya dari Jae Gil. Bahwa Maru sakit karena kecelakaan itu dan juga Maru selama ini menunda operasinya untuk merawat Eun Gi.

shot0706 shot0709

Eun Gi pergi ke rumah sakit tapi ia tidak mampu membuka pintu kamar Maru. Maru mendapat firasat ada orang di luar kamarnya. Ia membuka pintu namun Eun Gi tidak ada.

shot0710 shot0713

Eun Gi menyusuri jalan sambil mengingat semua kata-kata menyakitkan yang pernah dilontarkannya pada Maru. Ia menangis menyadari betapa kata-kata itu telah menyakiti Maru. Di kamarnya, Jae Hee juga menangis sendirian.

shot0715 shot0721

Jae Hee mendapat telepon dari Min Young. Min Young berkata tugasnya belum selesai. Ia menyuruh Jae Hee mengatakan pada polisi kalau semua ini perbuatan Min Young seluruhnya (termasuk kematian Presdir), untuk mendapatkan Taesan dan bukan untuk mendapatkan Jae Hee. Dengan demikian Jae Hee akan terbebas dari semua tuduhan.

Jae Hee menyadari Min Young akan melakukan sesuatu pada Eun Gi. Dengan panik ia berusaha menelepon Eun Gi tapi Eun Gi tidak mau mengangkatnya. Min Young memperhatikan Eun Gi dari jauh.

shot0722 shot0723

Jae Gil pergi ke rumah sakit menjenguk Maru. Ia bertanya apakah Eun Gi datang menjenguknya. Maru bingung, lalu ia sadar Eun Gi telah mengetahui keadaannya. Ia langsung pergi meninggalkan rumah sakit.

Di saat yang sama, Eun Gi mengambil sebuah keputusan. Ia berbalik dan berlari kembali ke rumah sakit. Mereka bertemu di jalan saat lampu merah, berseberangan. Keduanya saling menatap lalu tersenyum. Saat lampu hijau menyala, keduanya berjalan saling mendekati.

shot0733 shot0735

Maru hampir mencapai Eun Gi saat ia melihat Min Young mendekati Eun Gi dari belakang. Menyadari ada bahaya mengancam, Maru menarik Eun Gi dan berbalik hingga ia yang tertikam. Karena begitu cepat, tak ada yang menyadari apa yang terjadi termasuk Eun Gi. Ia pikir Maru sedang memeluknya.

 shot0739 shot0742

Keduanya duduk di bangku taman (yup, dalam keadaan Maru telah tertikam namun ia menutupinya dengan baik di depan Eun Gi). Maru berkata ia sangat lelah hari ini karena penyakitnya. Jadi akan mengatakan semua yang ingin dikatakannya pada Eun Gi, besok. Ia juga akan mendengar perkataan Eun Gi, besok. Eun Gi mengerti tapi ada satu hal yang sangat ingin ia tanyakan. Mengapa Maru tidak menghindar saat Eun Gi hendak menabraknya dalam terowongan itu?

shot0749 shot0752

Maru berkata ia tidak tahu tapi ia akan memberitahu lebih banyak besok. Maru mengantar Eun Gi naik taksi. Sebelum naik taksi, Eun Gi mencium Maru dengan penuh perasaan. Eun Gi berkata ia akan menemui Maru besok. Ia bahkan merasa berterima kasih pada Jae Hee karena telah membiarkannya menemui Maru.

shot0760 shot0764

Jae Hee menyerahkan diri ke polisi.

Setelah Eun Gi pergi, Maru berusaha berjalan kembali ke rumah sakit. Dalam hatinya ia menjawab pertanyaan Eun Gi. Alasan ia tidak menghindar dari kecelakaan itu adalah karena ia ingin mati. Ia berharap dalam kehidupan selanjutnya ia bertemu Eun Gi kembali dan berkencan seperti yang biasa dilakukan orang. Ia ingin memulai kembali dengan orang yang ia cintai. Ia berdoa untuk itu.

Berarti Maru mencintai Eun Gi sejak sebelum kecelakaan itu terjadi.

Maru akhirnya tak sanggup lagi dan rubuh ke jalan. Ia berbaring di jalan yang gelap…sendirian.

shot0771shot0772

Tujuh tahun kemudian.

Choco dan Jae Gil telah menikah. Mereka memiliki seorang puteri dan hidup bahagia.

shot0776 shot0781

Jae Shik membuka sebuah restoran ayam goreng. Dan ia bersurat-suratan dengan…. Sekretaris Ottoke^^

shot0788 shot0795

Jae Hee memarkir mobilnya di depan penjara. Ia menanti Min Youn yang akan dibebaskan hari ini. Saat melihat mobil Jae Hee, Min Young berjalan mendekati. Ia melihat Jae Hee tertidur di dalam mobil. Min Young berjalan pergi.

shot0803 shot0805

Jae Hee terbangun dan hendak mengejar Min Young. Tapi Jun Ha (yang sepertinya juga menanti Min Young) menahannya. Ia berkata agar Jae Hee membiarkan Min Young pergi.

Ternyata Jae Hee juga baru beberapa bulan dibebaskan dari penjara. Selama ini Eun Gi yang merawat Eun Seok dan Eun Seok menolak bertemu dengan ibunya selama ini. Jae Hee meminta Jun Ha menyampaikan rasa terima kasihnya pada Eun Gi, jika Jun Ha bertemu dengan Eun Gi (artinya Jun Ha tidak bersama dengan Eun Gi).

shot0809 shot0813

Di sebuah kota kecil, Eun Gi berjalan tergesa-gesa sambil menggendong seorang anak perempuan yang sakit di punggungnya. Anak itu memanggil Eun Gi dengan sebutan kakak. Eun Gi mengantar anak itu ke sebuah klinik dan menyerahkannya pada perawat di sana. Ia berkata akan menjemput anak itu setelah menutup tokonya.

shot0817 shot0821

Eun Gi menutup tokonya lalu kembali ke klinik. Ia melihat seorang dokter sedang berbicara dengan anak itu. Maru. DOKTER MARU!!! *jingkrak-jingkrak*

Anak itu bertanya apakah Maru benar lulusan Amerika. Ia juga bertanya mengenai luka di kepala Maru sebelum Maru pergi ke Amerika. Benarkah Maru kehilangan ingatan setelah dioperasi? Maru membenarkan.

Anak perempuan itu berusaha menjodohkan Maru dengan kakak yang selama ini merawatnya. Siapa lagi kalau bukan Eun Gi? Maru tidak terlihat mengenali Eun Gi.

shot0825 shot0827

Maru sepertinya langganan di kedai Eun Gi. Eun Gi diam-diam memotret Maru. Ia tertangkap basah oleh Maru. Maru memeriksa kamera Eun Gi. Isinya foto Maru semua. Ia bertanya apakah Eun Gi seorang paparazzi. Eun Gi berkata ia memotret Maru karena Maru tampan (sebutan Eun Gi pada Maru saat mereka hendak putus pertama kali). Maru bertanya sejak kapan Eun Gi menyukainya. Baru-baru ini, jawab Eun Gi. Kapan, tanya Maru lagi. Eun Gi malu untuk menjawabnya.

shot0833 shot0842

Pada suatu sore, seperti biasa Eun Gi menyusuri kota kecil itu dengan sepedanya. Maru pergi ke tokonya dan melihat pesan bahwa Eun Gi sedang pergi. Ia menunggu di sebuah bangku di pinggir jalan. Eun Gi melihat Maru, sengaja berjalan berlambat-lambat berharap Maru memanggilnya. Akhirnya ia ikut duduk di bangku itu. Keduanya bagai ABG yang baru saling taksir. Cute^^ 

shot0851 shot0855

Maru memberi sesuatu pada Eun Gi. Sebuah kotak merah kecil. Eun Gi membuka kotak itu. Isinya sepasang cincin. Cincin yang dulu dibeli Maru namun tak jadi diberikan pada Eun Gi. Eun Gi menyadari Maru ingat padanya. Mereka tersenyum.

shot0858 shot0861

“Dalam kehidupan selanjutnya, aku ingin bertemu dengan Eun Gi kembali dan berkencan seperti orang kebanyakan, dalam dunia yang sederhana dan memulai kembali dengan orang yang kucintai. Ia mendoakan doa yang sama. Dan terima kasih.... sekarang aku bahagia…..” (sepertinya ini doa Maru saat ia terbaring di jalan yang dingin setelah ia tertikam Min Young)

shot0869 shot0872

Komentar:

Huaaaa….happy ending^^ (walau air mataku tak henti-hentinya mengalir sepanjang episode ini T_T)

Waktu pertama kali mengikuti recapnya di soompi aku sempat bingung karena reaksi semua orang berbeda-beda mengenai endingnya. Ada yang berkata happy ending, ada yang berkata doa Maru terakhir adalah doa sebelum ia mati dan peristiwa selanjutnya hanyalah impiannya agar semua orang bahagia, ada juga yang menganggap endingnya menggantung. Tapi aku sangat suka episode ini.

Walau tetap harus menunggu subnya, aku yakin Maru tidak mati. Ia benar-benar pergi ke Amerika dan menjadi dokter lalu kembali ke Korea. Mengenai amnesia, mungkin saja ia mengalami amnesia tapi ingatannya sudah kembali saat terakhir ia bertemu Eun Gi.

Sepertinya Eun Gi selama ini memang mengikuti Maru. Ia tahu kondisi Maru (pasti Eun Gi masih berhubungan dengan Choco dan Jae Gil, tidak mungkin mereka tidak tahu keadaan Maru) dan memutuskan untuk meninggalkan Taesan demi mendapatkan Maru kembali. Dan selama Eun Gi diam-diam mengikutinya, mungkin saja lambat laun Maru mendapatkan kembali ingatannya.

Aku senang dengan akhir drama ini. Untuk penulis seperti Lee Kyung Hee, akhir ini sudah bisa dibilang seperti akhir Secret Garden hehehe :D

Mengenai Jae Hee dan Min Young, kurasa Min Young belajar dari Jun Ha dan Maru. Mencintai berarti membiarkan orang yang kita cintai bahagia. Sepertinya Min Young menyadari Jae Hee tidak mencintainya karena itu ia memilih pergi. Ia tidak ingin Jae Hee bersamanya karena rasa tanggung jawab (Jae Hee yang telah menyeret Min Young). Mengenai apakah Jae Hee akan mencintai Min Young dan mencarinya, kita pembaca dipersilakan berandai-andai :p

Pada akhirnya drama ini adalah mengenai membuat pilihan yang benar dan menjalani konsekuensinya. Seringkali kita merasa membuat pilihan yang benar namun ternyata berakibat buruk. Hanya saja jangan sampai kita putus harapan, berapa kalipun keputusan salah yang kita buat, pada akhirnya kita akan tahu pilihan benar apa yang harus kita ambil. Awal yang baru selalu menanti.

Nantikan sinopsis lengkapnya di Kutudrama ya^^

97 komentar:

  1. akhirnya openingnya senyum...
    Happy ending..

    BalasHapus
  2. hore...spoiler nya udh ada..thx u mb fanny..pemikiran mba fanny sm ky aku...maru ga mati dan dia ingat eun gi pas adegan terakhir di bangku...ayoo mb dee di tg sinospis nya.^^

    BalasHapus
  3. tq mbak fanny, akhirnya hilang sudah galaunya

    BalasHapus
  4. Daebaakkkk....

    Finally happy ending....🎎

    Makasihh mbakkk spoilernyaa..

    BalasHapus
  5. hm. . . .emang ne drama TOP bgt. . . .endingx ci emang gk trlalu wah. . . .tp cukup mengenah di hati
    Walaupn harapanku yg menikah n punya anak tu maru ma eun gi. . . . .
    Yg penting adalah happy ending. . .

    BalasHapus
  6. hiks ..........................
    Sedih drama ini berakhir

    BalasHapus
  7. Makasih... Makasih banyak... Happy ending... Makasih u/ mba' fanny n dee,,, yg selalu update. Love this drama... (Sisa menunggu kasetx keluar u/ nonton langsung :D :D)

    BalasHapus
  8. aku sengaja ga buka thread NG di soompi ampe eps 20 berakhir. bener2 ga sanggup ngebaca postingan yg ada. setelah berakhir baru aku baca postingan terakhirnya..
    MARU BE A DOCTOR........
    aku surprise membacanya dan pastinya merinding.

    bener kata mba fanny, klo baca postingan yg ada ya memang beda2 pandangannya. ada yg bilang puas, ada juga yg bilang tanggung.

    kesan pertamaku (sebelum menonton langsung), ya... endingnya tanggung.
    tapi begitu eps 20 nongol di yt, aku langsung download dan menontonnya.
    sepanjang nonton, bener deh mba, air mata ini ga berhenti mengalir.
    mulai dari penolakan eungi pd maru, waktu eungi tau maru sakit, ketika berjumpa di zebra cross, when Eungi kissed maru, maru was dying, dan ketika maru dan eungi bertemu kembali. dan yg terakhir ketika maru memberikan cincin pernikahan mereka. tatapan mereka itu loh.... SEMPURNA.
    ......
    PUAS.
    aku benar2 puas mba. LKH-nim is DAEBAK!!!
    .......
    Buat mba fanny dan mba dee, gomawoyo eonni. I love u full

    BalasHapus
  9. Kita semua pasti akan kangen sama drama ini... :(

    BalasHapus
  10. *ikutan jingkrak jingkrak* ~(˘▾˘~) ~(˘▾˘)~ (~˘▾˘)~

    BalasHapus
  11. akhirnya muncul juga yang ditunggu-tunggu
    makasih mba spoilernya.,akhir yang tidak mengecewakan walaupun ttp bikin mata berkaca-kaca.,padahal baru baca,gimana pas nonton langsung.,kayanya bakalan banjir

    BalasHapus
  12. Q jga beranggapan klo maru mati n adegan terakhir tu seperti keinginan maru sblum mati yg terwujud semua org bahagia pi setelah bca recap ni pemikiran Q berubah maru tidak mati n akhirY dia bisa berbahagia dgn eun gi memulai ri awal lgi sweet ending bgt (^_-) ni nyata n bukan hanya mimpi maru;^) tinggal nunggu sinopsis lengkapY n berburu dvdY :-D thanx

    BalasHapus
  13. Haii. mba fanny,thx. spoiler nya,bener wlopun end nya g terlalu gmn n y bs dibilang gantung tp seneng liat eunma bs bareng n happy
    Ya aku jg berharap ky secret garden sampe nikah n punya anak,tp gpp lah segitu jg dah buat aku bahagia hahaha
    Love eunma
    Love mba fanny n mba dee

    BalasHapus
  14. debak deh mba fanny......makasih banget krn aq dah terinspirasi ama drama ini,ceritanya klasik tp keren emang begitulah hidup mesti memilih walaupun kita merasa sanggup namun ada saatnya kita mesti berhenti dan memberikan kesempatan itu pada yg lain.....I love this story already....awalnya iseng baca diblog ehh ternyata wow......
    makasih ya mba sinop nya gampang dimengerti.....good job....aq tunggu di drama yg lain ya mba.....(uwie)

    BalasHapus
  15. T.T

    teori california mba dee terbukti.. tepuk tangan untuk mba dee!! *prok prok prok*

    ternyata klimaksnya memang di ep 20 ya
    kalo ada yg bilang endingnya dipaksakan menurutku tidak, sejak awal alur NG mmg cepat, proses jatuh cinta eun gi dan maru jg digambarkan cepat dan ga bertele-tele, begitu juga dg endingnya.. penyelesaian cepat dg ending yg manis :)

    yg bersalah mendapat balasan.. ga smpe mati tp yg pasti 'merasa sndr' di dunia ini bukankah hukuman terberat? apalagi smpe seorang ibu yg ga pengen dilihat anaknya..

    dan eun gi.. sejak awal dia suka dg maru, dia mmg lbh memilih maru drpd taesan.. jd ga aneh setelah smua masalah selesai eun gi melepas taesan dan mengejar maru..

    dan maru... akhirnya setelah penderitaan yg dilalui slama ini, doa mu terkabul :') gak perlu smpe dikehidupan selanjutnya, msh dikehidupan yg sama, hanya membuka lembaran baru aja

    makasih byk untuk mba dee dan mba fanny :D
    tnpa kalian NG ga akan lengkap.. huehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren kata2nya... setuju.

      Hapus
  16. smalem ntn streamingnya..bener2 tegang dibantu dgn sesama teman2 yg lain sama2 mengartikan ending dr nice guy..saya smpt kaget wkt liat intronya maru tersenyum pdhalkan slama ini dia selalu menitikan air mata....(itu menandakan bakal happy ending... :D)

    sedikit kurang puas ama endingnya..mengingatkanku pd ending drama arang and the magistrate dimana pemain keduanya yg hidup bahagia bahkan sampai punya anak pasangan (bang woll/doel sue),sedangkan pemeran utamanya hidup bahagia walau mengalami amnesia..hikz...

    BalasHapus
  17. oia tambahan.. kurasa ini memang kenyataan , bukan sekedar harapan maru.. krn time jump 7 tahun cukup masuk akal untuk smw orang memulai hidup baru..

    lagian kalo ini hanya khalayan, detail bgt kan ya.. hehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, setuju...
      khayalan maru tergolong detail kalo dibilang itu imajinasi :)

      Hapus
  18. makasih banyak atas spoilernya
    sangat terharu ama nice guy
    Pinginnya sih masih berkelanjutan tapi ternyata memang seperti inilah bagusnya karena kalo di perpanjang pastinya terkesan memaksakan.
    saranghae Maru .... ^_^

    BalasHapus
  19. yiipppiiee...akhirnya semua pada tempatnya...sesuai harapan...tengkiuuu yaaa..udah recap-in... lanjut I miss You... ^_^

    BalasHapus
  20. setelah byk air mata, SW-nim mungkin kasian ma kita, jd dbuat ending yg tkesan gantung n mank ga bsa dtebak kn akhirx...
    tp tetep dong kita puas dg endingx, tq mb fanny, dtunggu sinop lengkapx yua...^^v

    BalasHapus
  21. Kenapa aku lebih terharu baca spoilernya ya dari pada nonton film-nya. Hehehe. Makasih mbak atas kebaikannya selama ini.

    -Olive Safcha-

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gitu heheh
      ga hanya NG aja tp hampir kebanyakan drama yg dibuat sinopnya sm mba dee dan mba fanny...
      mungkin gaya penulisan dan interpretasi dua penyinop ini thdp stiap drama yg mereka proyekin kali yaaa ^^

      Hapus
  22. Ikut curhat juga ya teman2 hehe, dah gatel ni pengen ikutan curcol..
    Pertama nonton drama ini bener2 di buat senam jantung, menguras emosi, baru nonton drama yang dramatis kayak gini...!!
    Saya juga ngarepnya mereka menikah, punya anak terus hidup bahagia, karena dari awal maru dalam drama ini menderita terus,dan penderitaannya tuh gak nanggung2, bener2 painfull.Tapi setelah membaca sinopsis ending ini justru, saya lebih puas dengan ending drama'y yang kayak gini.karena menurut saya ending ini adalah harapan dan doa maru,dimana ia ingin hidup di kehidupan baru dengan orang yang ia cintai dan memulai berkencan seperti yg dilakukan kebanyakan orang,dan di episode ending ini doa maru terwujudkan,akhirnya dia ketemu eungi cewek yg ia cintai, dan ia benar2 mulai jatuh cinta, dan pacaran.tergambar jelas di adegan ketika mereka duduk di bangku dengan kedua tatapan mereka yg penuh cinta seperti pasangan2 muda yang baru jatuh cinta untuk pertama kalinya.Terimakasih mbak fanny untuk sinopsisnya terus bisa curhat juga disini,jadi penasaran bgt pengen nonton ending'y. Lega dramanya berakhir happy ending..tapi bakalan kangen bgt ama joong ki oppa,hahaha dia keren buanget di drama ini,seperti kata eun gi "karna kamu tampan"...

    BalasHapus
  23. so much pain in ths drama. tapi smuanya brakhir bahagia. wohooooo...!!!!

    BalasHapus
  24. Wow....
    Aku cuma bilang "wow" tapi nggak perlu koprol kan ^_*

    -anit-
    senangnya drama ini happy ending

    BalasHapus
  25. Hayooo.....siapa yg g nangis baca spoiler eps 20 ini? fe

    BalasHapus
    Balasan
    1. ampe merinding bacanya..

      Hapus
    2. Klo aku malah nahan nangis bisa baca sspoiler ini pas lg di mall. Klo nangis kan mlh malu >///<

      Hapus
    3. #angkt ktek, oOps *nurunin..

      nangiss ampe terisakk2 TT
      puasss dg endingx~~

      Hapus
  26. Aaahhhhhh, leganya....
    Klo menurutku sih happy ending ah, klo smua cm harapan maru smata kita akan diberikan cuplikan gmbar kuburan maru ato dg situasi smua pmain hidup tanpa maru, tp inikan tdk, palagi opening NG dg gmbar maru senyum bkn maru mnangis..

    Aku salut ma eun gi, dia bs mnyamakan kdudukan dlm hal penantia pd maru.
    Maru d pnjara mnanti jae hee slama 6 thn + mnanti eun gi yg amnesia = 7 taun eun gi mlepaskan taesan mnunggu maru yg hilang ingatan,
    *aah, so sweet ^,^

    Buat mba fanny & mba dee, thank atas kerjasamanya yg dahsyat, ditunggu duet mautnya lg ya.. :)
    Gomawoyo eonni..

    ~ie_cha~

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6 taun d pnjara demi jae hee + 1 taun mnanti eun gi yg amnesia maksudnya :)

      Hapus
  27. Setelahh sedihh dr awal episode ampe ending rasanya tetep sama GALAU :)
    tp penantian Maru biar sama bersama Eungi lama banget yah ampe 7tahun :(
    udah nggu 7tahun ending tetep gantung cm ngasih cincin tanpa sepatah katapun :(
    But so far im happy :)
    Maru aku akn sangat merindukanmu :)

    Please be real sama Moo chae won sapa tau kenyataan nya ampe married,,hahahha
    #ngarep :)

    BalasHapus
  28. akhirnya happy ending juga,,..

    BalasHapus
  29. Ia..ia setuju banget ama mbak fanny ama meli jg...kata aku sih ini nggak ngegantung ending nya,karena ini emng yg diharepin ama maru.kalo aq baca dari sinopsis ini cih, endingnya drama ini mewujudkan semua harapan maru, yang tidak pernah ia dapatkan di kehidupan maru yang dulu. kalo dari analisis ku ya hehe.pertama ia mengalami amnesia dan menghilang selama 7 tahun, dibalik cerita mengapa maru amnesia dan selama tujuh tahun ia mengilang dan baru ketemu eun gi setelah 7 tahun, tentu saja karena disini penulis ingin menjelaskan.dengan hilangnya ingatan maru, maka maru akan melupakan semua memori atau kenangan kehidupan yg kelamnya dulu dari ingatannya dan terlahir menjadi sosok maru yang baru dan memulai kehidupan baru tanpa ada kenangan pahit yang membayanginya,nah menurut saya penulis ingin menjelakan, kalo dlm 7 tahun itu maru adalah sosok yang baru, dimana dlm kehidupan yg dulu ia gagal jadi seorang dokter tp di kehidupan yang baru,maru berhasil mewujudkan impiannya menjadi dokter. Lalu yang kedua, kenapa jae gil dan choko yang menikah lalu punya anak,dan bukan maru dan eungi yang menikah dan punya anak?jawabannya adalah karena selama maru hidup maru ingin melihat choko hidup bahagia, "bukankah alasan knpa maru tetap bertahan hidup walaupun ia harus menjual badan dan hatinya, kan semua itu ia lakukan buat choko" jadi itulah alasan kenapa jaegil ama choko yang menikah dan punya anak, karena harapan maru dari awal adalah ingin melihat choko bahagian dan akhirnya, choko bahagia kan??!!! lalu yang ketiga kenapa maru dan eun gi bertemu setelah 7 tahun, dan maru terlihat seperti tidak mengenali eunggi tetapi, eun gi di episod ending ini masih sprti eunggi yang terlihat di awal2 episod,ia jatuh cinta kepada maru dan senang sekali mengambil foto maru .tentu disini sang penulis cerita,ingin menjelaskan kepada penonton.dlm proses 7 tahun ini, maru terlahir sbg maru yang baru. maru bertemu dg cinta sejatinya bukan sbg maru yang penuh dendam ,bad guy,dan memanfaatkan eungi.tetapi ia bertemu eun gi cinta sejatinya sebagai maru seorang nice guy dan seorang dokter yang baik , bahkan maru dan eungi terlihat seperti pasangan muda yang baru dilanda asmara,dan jatuh cinta untuk pertama kalinya, dari situlah maru memulai kehidupan yang baru, hidup yang normal, tanpa ada dendam dan ancaman dlm hidupnya dan melakukan kencan seperti layaknya pasangan pada umumnya. so drama ini berakhir dengan happy ending karena, semua harapan dan doa maru yg terlihat di episode2 awal akhirnya menjadi kenyataan di epsiode ending ini...* ini hanyalah analisis ku aja hahaha,yg setuju reply ya hehe. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. NB, knpa mereka bertemu setelah 7 tahun kemudian. seperti kata temen2 diatas, tujuh tahun ini, merepresentasikan besarnya penantian eungi untuk maru,begitupun maru pada eun gi dulu. jd ini menggambarkan bahwa eungi dan maru, keduanya mempunyai ikatan cinta yang sangat kuat....

      Hapus
    2. setujuuuuuuu... hehehe kalo endingnya nunggu maru eungi married smpe punya anak maka time jumpnya ga cukup hanya tujuh tahun.. hehehe,

      lagian sm spt maru, menunggu eun gi ingat dulu baru mau menikahinya begitu pula eungi menunggu maru inget dia dulu ^^
      mereka ingin slg mencintai secara sadar tnpa ada lagi yg sembunyikan

      Hapus
    3. Saya setuju,,, happy ending,,,

      Hapus
  30. seperti dugaan gw, Maru jatuh cinta pada eungi waktu pernyataan cinta di malam berhujan itu... =)
    wah... waktu baca sih agak terharu,, ga tau klo ntn ntar sama ato kagak, ato malah lebih... hehehhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku merasanya jauh sebelum itu.. semua dimulai pas eungi mabuk trus nelpon maru, yg dia kira maru gambar 3D itu looo.. disitu maru mulai merasa bersalah.. dan muncul rasa untuk eun gi

      Hapus
    2. ia bener,aku juga mikirnya maru jatuh cinta ama eun gi abis mereka ujan2nan itu.terus kan abis itu eungi tidur di rumah maru pake baju si cho ko,trs pas eung gi tidur, maru cium pipi eun gi,dan itu terlihat maru udah suka.sl'ya pas cium pipi eungi,marunya kelihatan dah suka,ciumannya penuh cinta gitu hehe,trs kan pas maru ke tmpt jae hee gara2 di tlpn kalau kakak'y jae hee mau mebunuhnya,maru bilang dia menyesal karena udah membawa eun gi kedalam urusan mereka,jelas bgt kalo disitu maru udah suka ama eungi,dan kata2 yang pas maru ucapin ke eungi waktu mereka di pantai yg kemudian eungi menabrak maru di terowongan, aku rasa maru sebenarnya gak punya rencana sedikitpun untuk mengeluarkan kata2 itu ma eunggi,cuma karena maru gak mau menyakiti eunggi lebih dalam lg, jadi maru terpaksa mengatakan itu agar eunggi membenci dia.trs yg paling jelas lg,setelah kejadian kecelakaan itu, maru pun ngomong ke jae gil kalo " eun gi kembali" dan jae gil menjawab pd maru,"jd sbnr'ya engkau tetap tinggal disini karena kamu menunggu eunggi,dan takut eunggi akan mencarimu"....*maaf jd curhat hehe ^^

      Hapus
    3. Kalo aku tau maru suka eun gi itu pas mereka putus pertama kali.. Raut mukanya maru pas eung gi bilang putus itu kayanya ngerasa kehilangan bangeeet. Atau mungkin maru udah suka sm eung gi setelah ciuman di kastil? kan ada yg bilang cinta itu dari bibir turun ke hati *ehh XXDDD
      pokoknya seneng banget bs happy ending. Dan jujur aku iri sama eung gi krn ada seseorang yg cintanya dalem bgt buat dia *___* hehehe just have fun :))

      thx mba fanny :D

      Hapus
    4. halo para anonim... hehehe.. wahh... ternyata dugaannya pada beda ya... cm anonim yg ke 2 aja yg s7 sama saya,,,
      barusan saya baca artikel yg menyatakan ternyata dugaan saya dan anonim ke 2 tepat sekali, yg mengatakan klo maru jatuh cinta pada eungi waktu pernyataan cinta di malam berhujan itu... hehehehe...
      klo ada anonim yg liat balasan komen ini, boleh liat artikelnya di blog www.diananasta.blogspot.com

      Hapus
  31. sempat galau lagi soalnya banyak yang bilang endingnya ngegantung... tapi setelah baca spoiler yang dibuat sama mbak fanny, menurutku sama sekali ga ngegantung. pas baget malah... seperti yang dibilang sama mbak fanny kalo selama 7 tahun itu ga mungkin mereka kehilangan kontak, apalagi jaegil dan coco sendiri yang bilang sama eungi kalo maru sakit...

    pokoknya saya masih agak speecless deh... lee kyung hee emang daebaaaakkkk...

    selamat tinggal eunma Couple... bakalan kangen sama mereka...

    BalasHapus
  32. lega rasaanya dah mbaca sinopsisnya sampai akhir dengan ending yang membahagiakan juga,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepakat.. lega banget bacanya,, dan baru nyadar maru senyum d awal pas baca komen hehehe saking ku khusu'nya baca spoilernya mbak fanny hwaaaaaa...... sukaaaaa banget.... makasih mbak fanny and mbak dee... chonmal saranghaeeee...

      Hapus
  33. ternyata marugak mati....tks ya sinop nya.....di harapkan menulis sinop2 yg menarik lg di tggu ya,,,,mbak.....sukses selalu

    BalasHapus
  34. seneng banget happy ending..
    udah ada rasa takut kang ma roo bakal mati, tapi untunglah happy ending sama eun gi ^_^

    BalasHapus
  35. da yg tau g yach klo mo download sklian subtitlenya msti dmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo kmrn c NG di You tube udah banyak...
      kalo qmu mau dowmld ind sub'y,buka aja islandsubs.com..
      atau di www.koreandrama.tv
      nanti qmu dwld'y pake IDM...

      Hapus
    2. kl aku subtitle disini http://fatur-s.blogspot.com/
      kl filmnya di medium quality ato mini drama portal

      Hapus
    3. aq koq ga nemu ng ep20 d youtube yaa???

      Hapus
  36. Akhirnya kebingunganku berakhir.
    HAPPY END *sorak2 pake pom2*
    Drama nya Daebak...
    Mba Fanny dan Mba Dee jg Daebak...
    Thanks bgt buat spoilernya.
    Antara senang dan sedih NG berakhir. Soalnya blm nemu drama baru lg yg ceritanya se Daebak NG.
    Ada reccoment?
    Di tgg sinop ep 19 dan 20 nya.
    Hwaiting!

    BalasHapus
    Balasan
    1. dramanya yoon eun hye ama micky yoo chun missing you,kayaknya bagus deh...

      Hapus
    2. maap salah,maksudnya i miss u...

      Hapus
  37. Horeeeeeeee.... Bener-benerrr memuaskannnnnn.... Happy end... Tidak mengecewakannn...love it... Mba dee n mba fanny kerreeeenn...love you all... Teruskan yah buat sinopnya... ^^
    -nova-

    BalasHapus
  38. YA AMPUUNN MBA FANNY SAMAAAAAA...AKU JUGA GA TAHAN NANGISSSSS TERUSSSSSSSSSS.....HIKS HIKS

    BalasHapus
  39. mba aku baca di facebooknya RF ya.. dari web nice guy katanya infonya.. katanya maru ga lost full his memory tapi hanya prosopagnosia..
    jd cuma lupa wajah eun gi tp memori ttg eun gi ttp inget
    bener ga itu kira2??

    tp mau hilang ingatan semua atau cuma prosopagnosia, yg ptg di ending maru ud inget dan ngasih cincin untuk eungi dan of course happily ever after in their simple and romantic way

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, Maru mengaku menderita prosopagnosia bukan amnesia seluruhnya seperti Eun Gi, karena itu ia bisa menjadi dokter.

      Tapi yang menarik adalah perdebatan apakah Maru pura-pura tidak mengenali Eun Gi atau memang tidak mengenalinya. Karena menurut anak kecil itu, kue dan makanan yang dijual Eun Gi rasanya tidak enak. Hanya Maru yang menjadi pelanggan Eun Gi dan membeli makanan di sana tiga kali sehari ;D

      Hapus
    2. kaya nya cuma pura-pura ni mba fanni.. wkwkwk
      yang penting semua bahagia :)

      Hapus
    3. menurutku si emang prosopagnosia aja x ya mba...
      tapi lidah dan sensasi rasa tetep sama.. waktu eun gi buat sarapan untuk maru kan maru bilang sarapan eun gi enak hehe
      jd muka boleh lupa rasa masakan tetep sama hehehehehe

      aaaaaaahh.. selesai sudah drama ini ga ada lg yg bisa di galau-in
      makasih mba^^

      Hapus
  40. Fanny eonni aku mo tanya.. klo menurut eonni stelah operasi yg dijalankan maru apa bner dia mengalami amnesia? Kesimpulan eooni gmn..? Kug klo ak blg maru cm pura2 amnesia yah
    Tp ini bner2 akhir yg baik, aku suka :)

    BalasHapus
  41. drama ini keren banget.....
    semua harapan maru terwujud di episode terakhir ini.aku nangis waktu liat maru jatuh di jalan karena dah gak kuat nahan sakit dari luka yg dia dapet dari min young.tapi aku juga seneng banget waktu eun gi dan maru sama2 tersenyum di akhir episode(sampe jingkrak2).mereka tersenyum dengan setulus hati,tak ada dendam,niat buruk,atau hal lainnya.yg ada hanya CINTA tulus dari hati yg paling paling dalam.

    terima kasih banyak buat mbaak dee dan mbak fanny yg buat sinopsisnya.drama ini bener2 amazing.....


    -sasa-

    BalasHapus
  42. Keprok-keprok tepuk tangan bahagia teriak-teriak begitu tahu happy endiiiinnnggggg...:D
    Bru pulang kuliah belum nyampe kamar kos, udah di kasih tahu salah satu penghuni kos kalo NG happy ending...Hwwaaaa, masuk kamar langsung ngenet...:D
    Aaaahhh, malam ini bisa tidur nyenyak...:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah koq sama,, jadi nyenyak tidur pas tahu happy ending :D

      Hapus
  43. Ep drama baru keluar eng subnya tuh yg ga ngerti bhs inggris masih blg cmn khayalan maru doang ending nya tega bgt deh :p
    Jelas2 maru jelasin ke anak kecilnya kl dy abs big surgery dan kuliah doctor di amerika.. Jg blg kalo dy lost his memory... :D

    BalasHapus
  44. wow bgt ama nih episode..
    brarti skarang brp ya umurnya eun gi ama maru?
    kira kira 30'an ..tapi masih innocent #abaikan..

    akhirnya nice gyu happy ending juga..skarang tinggal i miss you..

    btw untuk project selanjutnya selain faith..apa lagi ni mbak fanny?
    -Diva- ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan 30 tahun deh kayak'y,tp mereka berkisar 37 tahun an (tp muka'y masih imut2).masih inget ga scene yang eun gi pergi ke rumah maru bareng sekertaris hyun ,pas awal episode eungi amnesia.eun gi kan sempat menghilang disitu.waktu mencari eungi tanp sengaja sekertaris hyun ketemu jae shik lalu ia nanya pd jaeshik "apa kah ia ketemu dg seorang gadis memakai sweater putih kira2 usianya 30 tahunnan"..berarti jika waktu itu eungi umurnya 30 tahun,di tambah waktu setelah 7 tahun kemudian jd umurnya eungi dan maru kira2 37 tahun....

      Hapus
    2. ia..yang penting 30'an.hehe

      Hapus
  45. Wow !!! Yg nge-respon bnyk bgt.. Mb dee & fanny unnie daebak !!

    BalasHapus
  46. Wow !!! Yg nge-respon bnyk bgt.. Mb dee & fanny unnie daebak !!

    BalasHapus
  47. Wow !!! Yg nge-respon bnyk bgt.. Mb dee & fanny unnie daebak !!

    BalasHapus
  48. Wow !!! Yg nge-respon bnyk bgt.. Mb dee & fanny unnie daebak !!

    BalasHapus
  49. annyong oenni fanny...
    saya penggemar blog oenni udah lama loch,dari waktu TMTETS,tapi selama ini cuma silent reader aj,pas moment NICE GUY ngk tahan juga buat komen hehhe...
    sebenarnya td mlm udh nonton streamingnya(cuma nebak2 ap yg diomongin krn ngk ngerti bahasanya T_T),tapi sempet kepikiran klo akhir ceritanya memang "sad ending"(cz maru memang meninggal dan cerita akhir itu cuma khayalan maru yang divisualisasikan),,tapi tadi nonton lagi karena subtitlenya udaha keluar dan akhirnya kesimpulan saya HAPPY ENDING...
    knp kesimpulan saya HAPPY ENDING...
    krn 1.operasi hematoma maru berhasil selamat dan hidup, walaupun dia hilang ingatan(plot ky bgni pernah ada di drama taiwan auntumn concertony vannes wu,pasca operasi otak yg rumit leadmale tetap hidup walaupn hilang ingatan) 2.catatan kriminal maru yang jadi narapidana krn kasus pembunuhan sdh terhapus(cz jae hee udh ngaku kejahatan pembunuhan 7th lalu yg menjadikan maru kambing hitam)makanya maru bisa lanjutin lagi kuliah kedokteran di US dengan promosi dari profesor suk 3.doa2 maru terkabul,krn maru bisa berhubungan dengan eun gi layaknya pasangan normal..
    pertanyan kenapa maru bisa jadi dokter pasca amnesia,,klo menurutq pasca operasi maru memang mengalami amnesia,tapi tidak menghilangkan kemampuan otak maru yang superrrr hebat(kuliah kedokteran,,tapi juga bisa belajar bisnis cuma semaleman*episode 6/7 klo ngk salah y!!)..
    sekian uneg2 tentang NICE GUY,,oenni mianhe!!cz komenny PANJANGGGG BGT!^____^
    fanny oenni&dee oenni gumaoshimida udh meluangkan waktu&tenaga untuk sinop,spoiler,update,bts tentang NICE GUY...
    fanny oenni&dee oenni DAEBAK!!!YOU ARE AWESOME!!!#hugjauh
    -desyyummyz-

    BalasHapus
  50. Makasih Bnyak ea,,,, Good drama... :)

    BalasHapus
  51. menurut aku...
    ending ini udah sesuai.. sesuai dengan apa yang di inginkan maru.
    semua berakhir bahagia, jae hee yang sadar, minyoung juga. pokoknya semuanya bahagia.

    BalasHapus
  52. makasi mbak, untuk spoilernya yang segera terbit.
    akhirnya happy ending juga:)
    dan akhir dari drama ini enggak mengecewakan kok!

    BalasHapus
  53. .ga jd mti pnsaran,,,smga NG bsa dinget krn crita & emainny yg TOP ga cpet lpa krn ad drmkor yg bru. bny yg bsa dambl dr drama in...gomawo

    BalasHapus
  54. akhirnya happy ending jg^^

    bnyak yg bilang maru dah meninggal dan skedar mmpnyai impian
    ada jg yg bilang maru hidup dan tdk jd mnggal,,
    supaya adil maru tuhH mati suri,,hehehehe..

    ..makasih mba spoilernya jd gak penasaran berkepnjangan..:D



    che_lika

    BalasHapus
  55. hiks...hiks... ending nya sesuai yg diharapkan ...
    mks yg uda buat spoiler... O_o

    BalasHapus
  56. kyaaaaaa...... aku gak rela nice guy tamat.

    BalasHapus
  57. duch. .pgn liat ne drama yg epizode terakhr. . .downlod dmana ya?yg da subtitlex?. ,kok q nyari2 gk ada. . .d youtube blum keluar

    BalasHapus
  58. lompat lompat kegirangan liat maru akhirnya jadi dokter ..
    waktu nonton ep 2, bener-bener berharap maru bisa jd dokter lagi. tp makin lama kok makin ga mngkin.. eh ternyata di ep terakhir menit2 akhir, akhirnya maru ssi bisa jadi dokter ^^

    BalasHapus
  59. .www.dramaepisode.com

    BalasHapus
  60. waahh..
    keren banget ceritanya. aku penasaran, pengen nonton ..

    BalasHapus
  61. sumvehh.. NG daebakk eps terakhir bkn nangis terisak2 TT
    senengg bgt bs Happy Ending Yaiiiii ><
    makassih bwt mba fanny yg udh bkn sinopx *Bow
    gomawo~~

    BalasHapus
  62. wahhh seneng happy end,:)
    ga nyangka maru bakal jadi dokter,
    heee

    *makasihh sinopnya,,,dtunggu yg laen hee
    ganbatte!!

    BalasHapus
  63. akhir.a ending jg,,hmMm..senang.a :)
    bisa fokus lg ma' kegiatan2 yg terbengkalai..curcOL (-_-")

    stelah ini mw cuti dulu nonton drama,,
    al.a drama klw udah sekali di nNton,, slanjut.a dah bikin ketagihan dan pnasaran..-____-

    gumawo mba' spoiler.a,,^^
    mba fanny mmang daebaAkK..(duajempol)


    che_lika

    BalasHapus
  64. thanks buat sinopsis'y mba fanny sama mba dee

    BalasHapus
  65. iya kayaknya maru pura2 anak kecil itu kan nanya "kenapa dokter lulusan amerika memilih bekerja didaerah terpencil? maru menjawab katanya banyak cewe cantik disini««««« nah saya rasa Marulah yg mengikuti eungi dimana tinggal kkkkkkkk

    BalasHapus
  66. iya kayaknya maru pura2 anak kecil itu kan nanya "kenapa dokter lulusan amerika memilih bekerja didaerah terpencil? maru menjawab katanya banyak cewe cantik disini««««« nah saya rasa Marulah yg mengikuti eungi dimana tinggal kkkkkkkk

    BalasHapus
  67. iya kayaknya maru pura2 anak kecil itu kan nanya "kenapa dokter lulusan amerika memilih bekerja didaerah terpencil? maru menjawab katanya banyak cewe cantik disini««««« nah saya rasa Marulah yg mengikuti eungi dimana tinggal kkkkkkkk

    BalasHapus
  68. iya kayaknya maru pura2 anak kecil itu kan nanya "kenapa dokter lulusan amerika memilih bekerja didaerah terpencil? maru menjawab katanya banyak cewe cantik disini««««« nah saya rasa Marulah yg mengikuti eungi dimana tinggal kkkkkkkk

    BalasHapus
  69. Kayaknya emang maru awalnya menderita prosopagnasia, tapi pas udah jadi dokter di desa itu dia udah inget sama eun gi cuman dia pura-pura aja masih lupa..haha.. aku baru ngeh pas anak kecil itu nanya, " kenapa dokter selalu datang ke toko kue unnie, padahal kan menurut orang-orang rasa sandwich & cookies di toko unnie sangat mengerikan.. LOL, orang2 bahkan merasa aneh krna kau sepertinya menyukai kue itu, bahkan kau membelinya untuk setiap waktu, untuk sarapan, makan siang & makan malam. apakah sebegitu lezatnya ? hahhaa.. super LOL.. :p dan maru cuman senyum sambil angkat alisnya... hahha .. kocak pas bagian ini.. :D

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)