Rabu, 05 September 2012

Choi Young – Gong Min – No Gook

imagesCAAT7A29

Dalam drama Faith, selain hubungan antara Choi Young dan Eun Soo, aku juga tertarik dengan hubungan antara Gong Min, No Gook, dan Choi Young. Ketiganya benar-benar ada dalam sejarah Korea lho^^

Raja Gong Min adalah Raja ke-31 Dinasti Goryeo. Dinasti ini berakhir pada Raja ke-34, digantikan dengan Dinasti Yi yang lebih kita kenal dengan Joseon.

Dimulai dari Raja ke-25 Raja Chungnyeol, Goryeo berada di bawah pengaruh Kerajaan Yuan. Dinasti Yuan dipimpin oleh orang-orang Mongol yang saat itu menguasai Cina. Kubilai Khan (Kaisar Dinasti Yuan) menikahkan puterinya dengan Raja Chungnyeol dan selama lebih dari 80 tahun berikutnya, Raja Goryeo selalu dinikahkan dengan puteri dari kerajaan Yuan.

Bukan hanya itu saja, pewaris tahta dikirim ke kerajaan Yuan untuk dididik hingga dewasa dan mewarisi tahta.

Raja Gong Min dinikahkan dengan Puteri No Gook, puteri dari kerajaan Yuan. Gong Min memerintah Goryeo dari tahun 1351-1374.

imagesCA5CEL0S

Raja Gong Min terkenal karena ia yang mengawali usaha untuk mereformasi pemerintahan Goryeo. Ia menyingkirkan semua pejabat yang pro Mongol dan mengakibatkan pejabat yang tidak terima dengan perlakuan itu merencanakan kudeta.

Pejabat tinggi Jo In Shil (Penasihat Jo) berusaha mengambil alih pemerintahan tapi berhasil digagalkan oleh Jenderal Choi Young. Hmm…pantes dalam drama mereka tidak akur^^

imagesCA9FWCI6

Hubungan Gong Min dan No Gook tercatat sangat dekat. No Gook gagal menghasilkan ahli waris dan mengajukan permintaan agar Gong Min mengambil isteri kedua, tapi Gong Min mengabaikan permintaan itu. Ratu No Gook akhirnya hamil tapi meninggal dunia saat melahirkan. Hal ini membuat Gong Min dilanda depresi dan menderita ketidakstabilan mental. Ia tidak mau lagi mengurusi masalah politik dan menyerahkan urusan kenegaraan kepada seorang biksu bernama Shin Don.

170PX-~1

Shin Don menjadi serakah dan korup. Choi Young terus menentangnya. Shin Don memfitnahnya hingga Choi Young diasingkan dan hampir dieksekusi. Setelah kematian Shin Don, barulah Choi Young dikembalikan ke posisi semula.

Bagaimana akhir hidup mereka dalam sejarah?

Gong Min menghabiskan waktunya dengan mengejar pria (eww...) dan masalah keagamaan. Ironis banget ya >,< Gong Min di bunuh oleh para pemuda yang dikumpulkannya karena salah seorang di antaranya berselingkuh dengan seorang selir Gong Min. Sebelum ia dihukum mati oleh Gong Min, ia membunuh Gong Min terlebih dulu.

Raja Gong Min dikenal memiliki kemampuan artistik dan salah satu seniman paling berbakat jaman Goryeo. Ia juga terkenal dengan seni kaligrafinya.

imagesCALDE325

Sementara itu Choi Young hidup cukup lama hingga jaman Raja terakhir Dinasti Goryeo. Ia bersama seorang bawahannya, Yi Seong Gye, berhasil mengalahkan Mongol.

Sementara itu Dinasti Yuan di Cina juga mulai runtuh. Digantikan oleh Dinasti Ming. Yi Seong Gye melakukan kudeta dan mengalahkan Choi Young. Choi Young diasingkan ke Goyang dan dipenggal di bawah pemerintahan Yi Seong Gye. Hal ini masih menjadi pertentangan sampai sekarang. Apakah Choi Young seorang jenderal yang setia pada negara atau seorang tiran konservatif yang menguasai pemerintahan. Mengenai Choi Young lebih detilnya bisa dibaca di sini.

Yi Seong Gye menjadi Raja pertama Dinasti Yi (Joseon) dengan sebutan Raja Taejo.

Intermezzo:

imagesCAECVSVD imagesCA173KGL

Siapa yang senang menonton film silat? To Liong To atau Pedang Pembunuh Naga? Tokoh utamanya adalah Thio Bu Ki. Thio Bu Ki akhirnya menjadi ketua sekte Ming namun jatuh cinta pada Puteri Min Min, puteri Mongol.

Sekte Ming dipimpin Thio Bu Ki dan para jenderalnya, berhasil mengalahkan Mongol. Karena itu berdirilah Dinasti Ming, menggantikan dinasti Yuan. Thio Bu Ki diharapkan menjadi Raja pertama Dinasti Ming, tapi ia memilih berkelana bersama Min Min pujaan hatinya.

Cerita ini hanya fiktif, hanya kalau dilihat-lihat jaman Thio Bu Ki ini hampir sama dengan jaman Choi Young. Dan dua-duanya jago ilmu pedang. Bahkan mempunyai ilmu tenaga dalam yang hebat. Jika keduanya bertemu dan sama-sama menyerang Ki Chul, kira-kira apa yang terjadi?? Hehe…angan-angan….

source: http://en.wikipedia.org/wiki/Gongmin_of_Goryeo

19 komentar:

  1. gak jaman dulu, gak jaman sekarang, politik itu kejaaaaaaaaaam.............. :(((

    BalasHapus
  2. ih to liong to tontonan aku jaman dulu.. hahahha... karena udah jadul jadi udah lupa ceritanya gmn.. XD
    tontonan jadul dari film yoko (legend of the condor hero), to liong to, pendekar harum trus apa lagi yah.. ah banyaak XDDD

    BalasHapus
  3. mbak fanny aku bertahan mengikuti faith saat ini demi melihat kelanjutan hubungan Gong Min dan No Gook,, tak disangka akhir kisah cinta mereka dalam sejarah sangatlah tragis,, apalagi akhir hidup Gong Min,, semoga dalam Faith ga sampe deh diliatin tragisnya akhir hidup mereka,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mudah-mudahan dalam drama ini hanya diperlihatkan saat mereka bahagia bersama^^

      Hapus
  4. Aku lbh penasaran kisah cinta young and eun soo.. Jd ga sabar nunggu kisah kelanjutannya..

    BalasHapus
  5. kalau mau liat sisi gelap raja Gong Min dan ratu No Guk nonton aja fil korea yang judulnya The Frozen Flower yang di bintangi Song Ji-Hyo (Princess Hours,jumong,Gyebaek)...tapi film ini termasuk kategori "R" di korea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Frozen Flower memang mengambil setting jaman Gong Min dan No Gook, tapi dalam film ini Gong Min memang sejak awal sudah menyukai pria dan tidak mencintai istrinya, jadi cukup menyimpang dari sejarah aslinya.
      Film ini berkategori Dewasa (sangat dewasa malah) jadi aku tidak menganjurkan untuk menontonnya bagi yang belum cukup umur.

      Hapus
    2. aku nonton mba =="

      kirain film apa. taunya rrrrrrrrr apa deh ceritanya. film porno itu mah :|

      Hapus
    3. nambahin ya..di a frozen flower raja gong-min kan dinikahkan dengan ratu baru/selir( song ji hyo)jadi waktu putri no gook udah meninggal,makanya dia gak suka n malah nyuruh kepala pengawalnya buat emem sama ratunya itu..eh keterusan n malah dikebiri hiiii
      akhir yang tragis tapi salut buat film ini karena udah menjadi awal buat aktor2 keren kayak song joong ki n im ji hwan..

      Hapus
    4. Intinya raja sbenernya cintanya di ratu no guk

      Hapus
  6. aahhh,,, baru mo comment ternyata benner, raja gongmin nih critanya ngelanjut di film frozen flower, fiuh.. untungnya ku dpat yg edisi sdah d sensor... wahahaha....

    BalasHapus
  7. jadi sbnernya kisahnya choi young sm eun soo itu ga ada di sejarahnya kan yaa?? *gampang bingung*
    nnt faith jadi pnasaran pngen tau sejarah kerajaannya trnyata ada bneran..XD g nyangka klo raja gong min itu suka pria, kapan2 coba liat frozen flower ah XD

    BalasHapus
  8. Kalo thio bu ki ketemu choi young .. Hmm .. Yg pertama dilakukan pastinya kenalan dlu :D

    BalasHapus
  9. KEREN DEH AKTING LEE MIN HOO
    suka banget sama rambutnya,

    ratu sama rajanya kisah cinta mereka wowwww

    agak ngebingungin critanya soalnya dua jaman,dua waktu....
    kurang sreg sama endingnya...

    BalasHapus
  10. Lah bukanya gongmin itu normal,orang ceritanya aja dia sedih banget (sangat) waktu ratu meninggal

    BalasHapus
  11. aku g'tau kalu flim frozen flower itu ceritannya zaman sejarah,itu disejarah raja gong min bener"suka namja ya?tp kok di faith,kelihatannya raja gong min sangat dan tulus mencintai ratu no gook?**entahlah aku gampang bingung**

    BalasHapus
  12. Mungkin Dulunya (raja Go Min ) normal tapi scr Psikologi brubah karena kejadian dalam hidupnya yang ga dapat diteima oleh akal sehatnya
    saat kematian RaTu itu..
    Akhirx dia Jadi Gay.
    kan biasa Psikologis orang akan b'rubah bila terjadi peristiwa hebat dlm hidupnya.
    bisa berubah ke Positif ato Negatif
    Klo kasus Raja Go Min ini pastinya ke Negatif ya.
    Dia jadi Gay...huhuuuuhuu..
    Maaf klo sok tahu, it menurut Q sih.
    Gomawo..^^

    BalasHapus
  13. tpi katanya kisah raja gong min yg jadi gay itu gak benar dlm sejarah aslinya,mreka ttp jd cinta sejati kayak romeo and juliette-nya korea :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam sejarah, Raja Gong Min tercatat menderita depresi dan kelainan mental setelah kematian No Gook dan menyukai pria muda.

      Hapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)