Selasa, 14 Desember 2010

The Little Mermaid

 

Mengapa perbandingan dirinya dengan “The Little Mermaid” membuat Ra-im terluka sampai menampar Joo-won? “The Little Mermaid” ditulis oleh Hans Christian Andersen, berkebangsaan Denmark, seorang penulis cerita anak-anak, diterbitkan pertama kali pada tahun 1837. Jangan harap cerita “The Little Mermaid” ini berakhir bahagia seperti Ariel dalam film Disney “Little Mermaid”. Sebaliknya kisah ini berakhir tragis.

Kisah ini dimulai di bawah laut. Puteri duyung kecil tinggal di kerajaan bawah laut bersama dengan ayahnya, sang Raja Laut, neneknya dan enam kakak perempuannya, masing-masing berbeda satu tahun usiamya. Ketika putri duyung mencapai usia 15 tahun, ia diijinkan berenang ke permukaan untuk melihat dunia di atas laut, dan jika usia mereka sudah cukup, satu dari mereka bergantian melihat permukaan laut  tiap tahunnya. Setiap seorang dari mereka kembali, puteri duyung kecil mendengar dengan penuh kerinduan seluruh keindahan di permukaan dan cerita-cerita tentang manusia.

Akhirnya giliran puteri duyung kecilpun tiba. Dia berkelana kepermukaan laut, melihat sebuah kapal dengan seorang pangeran tampan di dalamnya, ia pun jatuh cinta dari kejauhan. Sebuah badai besar melanda, mengakibatkan pangeran tampan terlempar ke laut. Putri duyung kecil menolong pangeran yang tak sadarkan diri dan membawanya ke pantai dekat sebuah kuil. Di sana ia menunggu sampai seorang gadis dari kuil menolong sang pangeran. Pangeran tidak pernah melihat putri duyung kecil.

Putri duyung kecil bertanya pada neneknya apakah seorang manusia dapat hidup selamanya jika mereka tidak tenggelam. Nenek menjelaskan bahwa manusia memiliki umur lebih pendek dari para duyung yang rata-rata berusia 300 tahun. Ketika duyung mati, mereka berubah menjadi gelembung laut dan lenyap tak berbekas, sementara manusia mempunyai jiwa abadi yang hidup di surga. Putri duyung kecil yang merindukan pangeran dan ingin memiliki jiwa yang abadi, mendatangi Penyihir Laut. Penyihir Laut menjual ramuan yang dapat memberinya sepasang kaki. Ditukar dengan suara putri duyung kecil (suara putri duyung adalah yang paling murni di dunia).

Penyihir Laut memperingatkan, begitu putri duyung menjadi manusia, dia tidak boleh kembali ke laut. Meminum ramuan itu akan terasa seperti sebilah pedang menusuknya. Lalu dia akan memperoleh sepasang kaki, bahkan bisa berdansa lebih dari manusia lainnya. Hanya saja, kakinya akan terasa seperti berjalan di ujung pisau tajam, dan terluka parah. Sebagai tambahan, ia hanya akan memperoleh jiwa jika pangeran mencintainya dan menikahinya, dengan begitu sebagian jiwa pangeran akan mengalir kepadanya. Sebaliknya, pada subuh pertama sang pangeran menikahi gadis lain, putri duyung akan patah hati dan terurai menjadi gelembung-gelembung laut.

Putri duyung meminum ramuan itu dan bertemu pangeran, yang tertarik pada kecantikan dan keanggunannya walau ia bisu. Tapi yang paling ia sukai adalah melihat putri duyung menari, dan ia menari untuk pangeran walaupun sakitnya tak tertahankan. Ayah pangeran memerintahkan pangeran menikahi putri dari kerajaan tetangga. Pangeran mengatakan ia hanya mencintai gadis dari kuil yang menolongnya, tapi juga menambahkan putri duyung kecil telah mulai mengambil hatinya. Namun apa daya, ternyata putri kerajaan tetangga adalah gadis dari kuil, yang dikirim ayahnya untuk belajar di sana. Pangeran mencintainya dan menikahinya.

Putri duyung patah hati. Dia memikirkan semua yang telah ia korbankan dan sakit yang telah ia tanggung. Ia menderita, menunggu datangnya kematian. Tapi sebelum datangnya subuh, kakak-kakak putri duyung kecil datang membawa pisau yang telah mereka tukarkan dari Penyihir Laut dengan rambut panjang mereka. Jika putri duyung memenggal pangeran dengan pisau itu dan membiarkan darah pangeran menetes ke kaki putri duyung, penderitaannya akan berakhir dan ia akan terus hidup.

Putri duyung kecl tak sanggup membunuh pangeran yang sedang tidur dengan pengantinnya. Saat subuh tiba, ia melemparkan diri ke laut. Tubuhnya berubah menjadi gelembung namun bukannya lenyap tak berbekas, ia merasakan hangatnya matahari, ia berubah menjadi roh, anak perempuan dari udara. Putri udara yang lain berkata padanya ia menjadi salah seorang dari mereka karena ia berjuang segenap hatinya untuk memperoleh jiwa abadi. Dia akan memperoleh jiwanya dengan melakukan perbuatan-perbuatan baik, dan pada saatnya akan naik ke surga. Ini fiksi ya…..

Kalau begitu mengapa Ra-im terluka mendengar perbandingannya dengan “The Little Mermaid”? Aku rasa karena dengan demikian, Ra-im menjadi pihak yang harus berkorban. Dan pada akhirnya Ra-im tidak mendapatkan apa-apa. Bukan berarti Ra-im menginginkan sesuatu dari Joo-won, tapi ia setidaknya berhak menerima perasaan cinta dan kasih sayang. Ra-im berhak bersama dengan seseorang yang mencintainya dan memperlakukannya dengan hormat. Bagaimana pendapat kalian?

Sumber: Wikipedia – The Little Mermaid

11 komentar:

  1. siapa juga wanita yang ingin kisah cintanya berakhir tragis?
    tidak satu orangpun, kak...

    blognya baguss banget!
    keep up the great job, yah!
    AJA!!!


    drinaros_bekasi

    BalasHapus
  2. haduuh..makasih ya udah ngepost ini!! akhirnya aku ngerti dh knp mereka sering bgt nyebut2 little mermaid...maklum, lupa2 inget sm jalan ceritanya..hehe

    ngomong2 aku penggemar secret garden lho!
    aku juga suka bgt sama drama 49 days, my princess..
    oiya, kira2 Worlds Within tuh bagus gak sih? yang main kan hyun bin sm song hye kyo ya?

    BalasHapus
  3. @siskadm: Worlds Within bercrt seputar kehidupan sutradara. Aku blm ntn semua episodenya, kurang suka sama crtnya. tapi chemistry Hyun Bin dan Song Hye-kyo ok banget^^

    BalasHapus
  4. setelah lihat film my girl friend is gumiho, saya jadi ingin tahu cerita little mermaid yang sebenarnya. ternyata sedih banget sampai pengen nangis, kalau boleh tau dimana ya beli buku cerita aslinya yang versi indonesia?

    BalasHapus
  5. wow..... very sad.. boleh copas gakk ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong jangan di-copas, diberi link langsung saja. terima kasih :)

      Hapus
  6. wah..ternyata begini kisahnya little mermaid, sedih banget yah..andai kisah secret garden itu kisah nyata, pasti seorang Ra Im bahagia banget sekarang :)
    nice post

    BalasHapus
  7. Ahaa, its pleasant conversation regarding this piece of writing here
    at this blog, I have read all that, so now me also commenting at this place.


    my website :: france travel warnings 2012

    BalasHapus
  8. eh mau kasih tau, kenapa ra im itu ga mau kaya little mermaid, karena cerita aslinya putri itu bunuh diri pake pisau yang disuruh kakak2 dia buat bunuh pangeran

    BalasHapus
  9. Hi! Do you use Twitter? I'd like to follow you if that would be ok. I'm absolutely
    enjoying your blog and look forward to new posts.

    Here is my website ... vakantiehuisje frankrijk (vakantiehuisjefrankrijk.drupalgardens.com)

    BalasHapus

Terima kasih komentarnya^^
Maaf aku tidak bisa membalas satu per satu..tapi semua komentar pasti kubaca ;)